Mobil Toyota Kijang Innova 2020 dan kilas balik Kijang Grand Extra

Kurnia Soemarno · 3 Mar 2020 04:00

Di Indonesia, sejak diluncurkannya Toyota Kijang Innova pada tahun 2015, tidak ada sentuhan apapun yang dilakukan pada Kijang Innova. Sekarang kabarnya akan segera diluncurkan generasi terbaru. Jadi, coba dilihat aja ya!

Meski masih belum ada kejelasan resmi dari pihak PT Toyota Astra Motor, tapi sudah terdengar desas-desus bakal ada dilakukan penyegaran pada tahun 2020 ini.

Informasi ini berasal dari salah seorang loyalis Innova yang tidak ingin diketahui namanya. Dia mengatakan beredar info-info di komunitas bahwa akan ada penyegaran Innova di tahun ini. Selain itu, peluncurannya akan dilakukan di bulan Maret 2020 ini. 

Toyota India telah resmi meluncurkan Innova terbarunya beberapa waktu yang lalu. Jika ditinjau dari segi penampilan memang tidak ada perubahan yang drastis. Karena lebih difokuskan ke arah sektor mesin untuk mengimbagi emisi BS6 yang sedang booming. 

Para komunitas belum mengetahui mengenai perubahan yang secara detail. Tapi banyak yang bilang mengacu pada model Innova Crysta India.

Informasi mengenai adanya produk baru juga didapat dari seorang tenaga penjual Toyota yang berada di kawasan Jakarta Selatan. Tapi mengetahui detail produknya, mungkin merujuk pada Innova dan mungkin saja bukan juga. 

Kabarnya model baru akan diluncurkan dalam dua tiga bulan di awal tahun 2020. Harga Toyota Kijang Innova 2020 dibanderol dengan kisaran harga Rp 322 Jutaan hingga Rp 425 Jutaan. Harga Kijang Innova 2004 2.0 G dibanderol dengan harga Rp 92 jutaan.

Eksterior

Toyota Kijang Innova terbaru diperkirakan memiliki desain eksterior yang jauh lebih baik bila dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Penampilan mobil ini akan terlihat semakin sporty dan juga premium. 

Dengan desain fascia depan yang tebal dan gagah terlihat pada Headlamp yang berbentuk trapesium tajam dan sipit, ini membuat mobil Kijang Innova semakin menarik. 

Headlamp mobil ini juga sudah dibekali dengan teknologi LED dan juga DRL (Daytime Running Lighting). 

Selain itu, terdapat fog lamp yang dilengkapi lampu sein. Dengan tampilan grill besar berwarna hitam yang menambah kesan gagah pada mobil Kijang Innova ini. 

Toyota Kijang Innova Venturer memiliki side rocker moulding dengan chrome plating yang berkelas. 

Bagian depan bumper juga ada spoiler hitam dengan aksen chrome plating dan juga grill depan yang beraksen bumerang. 

Pada bagian samping, mobil ini terlihat macho dengan kehadiran shoulder line dan beltline yang meninggi ke belakang. Shoulder line yang berujung ke taillight dan beltline yang berujung kaca segitiga yang membuat pilar D tampak lebih kekar. 

Toyota Kijang Innova memiliki moulding plastik hitam yang mengelilingi body bagian bawah dan dipadukan body kit yang tampak gagah. Dengan ditambahkan aksen chrome pada body kit yang membuat penampilan MPV Toyota semakin mewah. 

Pemilik mobil juga tidak perlu membanting pintu saat menutupnya karena mobil ini telah dibekali sistem vakum.

Interior

Interior Kijang Innova telah didesain dengan mewah dan berkelas. MPV medium ini memiliki kabin yang luas, elegan dengan nuansa gelap dan mampu menampung hingga 7 orang penumpang. 

Pada dashboard dibekali dengan desain wood panel dan berwarna redwood yang terkesan mahal. 

Di samping itu, balutan kulit pada jok Toyota Kijang dengan warna dominan hitam dan kursi tengah berdesain Captain Seat. 

Ada juga fitur All Auto Window yang meningkatkan kenyamanan penumpang MPV medium ini.

Kilas Balik Era Toyota Kijang generasi 3

Tahun 1986 hingga 1996 merupakan era Toyota Kijang generasi 3 yang dimulai dari tahun 1986 hingga 1996. 

Pada saat itu diaplikasikan proses produksi yang populer saat itu, yaitu full pressed body (tahun 1986-1991) dan Toyota Original Body (Tahun 1992-1996). 

Toyota Kijang yang sudah terkenal sebagai mobil andalan keluarga, awalnya diciptakan sebagai kendaraan niaga yang berbentuk pick up dan memakai mesin di depan (bonet). 

Mobil Kijang Grand Extra merupakan salah satu varian yang terdapat di generasi 3 Kijang Innova. Di samping itu, mobil Kijang ini juga merupakan varian yang tertinggi didalamnya.

Kijang Grand Extra memiliki dua pilihan model, yakni Long Grand Xtra (LGX) dan Short Grand Xtra (SGX). 

Kelebihan dari mobil Kijang Grand Extra adalah telah memiliki power window, power steering, pelek aluminium alloy merk Enkei dan AC yang Double Blower.

Apa Tanggapan Pengemudi Toyota Kijang Innova?

Toyota memang merupakan perusahaan mobil yang berkualitas tinggi. Keluarga saya semuanya pengguna Mobil Toyota karena kualitasnya yang tinggi dan harga terjangkau. 

Mobil Toyota pertama kali yang yang dibelikan ayah saya adalah Innova 2010, kemudian berganti menjadi Innova 2016 yang merupakan keluaran Innova terbaru.

Teknologi Innova 2016 memiliki mesin dan teknologi yang mantap. Keluarga saya menyukai mobil Innova itu karena mobil ini dapat membawa kami sekeluarga bepergian ke beberapa kota di Indonesia. 

Mobil Innova ini sangat luar biasa karena bensinnya tidak boros. Saya sangat bersyukur mempunyai mobil Innova sebagai mobil keluarga saya. Terima kasih Innova.

Kualitas mobil Kijang Innova telah dipercayai sejak dulu. Selain memiliki penampilan yang OK, mobil ini juga hemat BBM. Pengen punya mobil yang sudah diakui kualitasnya? Buruan beli Toyota Kijang Innova!

Komentar

Mobil Terbaru