Mobil Toyota Vellfire 2020 Menonjol Tampil Elegan!

Kurnia Soemarno · 25 Mar 2020 12:00

Toyota Vellfire 2020 tampil dengan bentuk yang lebih futuristis dan juga dinamis. Mobil mewah satu ini merupakan mobil MPV keluaran Toyota. 

Perubahan pada Toyota Vellfire bukanlah sekedar facelift, namun mengalami banyak perubahan signifikan, seperti mesin baru, sistem suspensi, kabin yang lebih luas, penambahan perlengkapan interior, alat navigasi dan juga tampilan eksteriornya. 

Kini banyak pabrikan yang membuat mobil MPV sekelas sedan dengan kapasitas yang lebih banyak dan kabin yang luas. Misalnya saja Toyota yang merilis Alphard dan Vellfire dengan beberapa perbedaan. 

Alphard dan Vellfire memiliki karakter yang berbeda meskipun keduanya menempati segmen yang sama. Alphard memiliki nuansa yang lebih formal dan dinamis, sedangkan Vellfire lebih terkesan cool, modern dan high tech.

Sebelum membahas mengenai perbedaan Alphard dan Vellfire lebih lanjut, berikut kita lihat beberapa fitur yang dibekali untuk Toyota Vellfire.

Fitur Kenyamanan

Dengan identitasnya sebagai mobil mewah, Toyota Vellfire dibekali dengan berbagai fitur kenyamanan agar penumpang betah di dalamnya. 

AC  

Power Window Depan  

Power Window- Belakang  

Automatic Climate Control  

Power Steering  

Pemanas  

Ventilasi AC Belakang   

Engine Start Stop Button  

Adjustable Seats  

Kursi Pengemudi Dengan Penyesuai Ketinggian  

On Board Computer  

Spion Lipat Elektrik  

Power Outlet  

Lingkar kemudi Dengan Tombol Multi Fungsi  

Kursi Lipat Belakang  

Pembuka Bagasi  

Lampu Pengingat Jumlah Bahan Bakar  

Lampu baca  

Headrest Kursi Belakang    

Arm Rest Belakang Tengah  

Cup Holder - depan    

Cup Holder - belakang

Bottle Holder  

Keyless Entry  

Mesin dan Performa 

Toyota Vellfire 2020 memiliki mesin dengan kapasitas yang lebih banyak 0.1 L daripada Toyota Vellfire 2019, yakni 2.5L. Mobil ini menggunakan mesin 2AR-FE 4 silinder 16 Valve DOHC Dual VVT-i. 

Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 180 ps per 6.000 rpm dan torsi maksimal 23.9 Kgm per 4.100 rpm. Dengan adanya sistem Start/Stop membuat konsumsi bahan bakar mobil ini menjadi lebih efisien.

Fitur Keselamatan dan Keamanan 

Fitur keamanan dan keselamatan merupakan salah satu bahan pertimbangan yang penting pada saat membeli mobil. Begitu juga dengan Toyota Vellfire 2020 dengan beberapa fitur keselamatan dan keamanan yang menjadi bahan pertimbangan.

Airbag Penumpang Depan  

Child Safety Locks  

Kantong Udara Pengemudi  

EBD (Electronic Brake Distribution)  

Sabuk Pengaman Belakang  

Pengingat Pemakaian Sabuk Pengaman  

Kamera Belakang  

Sensor Parkir   

Crash Sensor    

Engine Check Warning  

Pelindung Benturan Depan

Pelindung Benturan Samping

Pengingat Pintu Terbuka

Anti Theft Device    

Engine Immobilizer

Dikatakan kembar tapi tak sama, Toyota Alphard dan Vellfire memiliki beberapa perbedaan.

Perbedaan antara Toyota Alphard dan Toyota Vellfire​​​​​  
  Vellfire Alphard
Konsep  Futuristik dan Sporty Formal dan Dinamis
Mesin 2.5 L  2AR-FE 3.5 L  2AR-FE
Jumlah Varian 1 varian 3 varian
Harga Rp 1.15 Milyar Rp 997 jutaan-Rp 1.89 Milyaran
 

1. Eksterior

Toyota Vellfire dan Toyota Alphard memiliki perbedaan yang besar pada eksterior dan interior. Eksterior All New Toyota Vellfire memiliki grill depan yang terdapat 3 garis horizontal dengan baris terbawah memiliki lebar yang lebih pendek dari baris 1 dan 2. 

Bentuk lampu depan Vellfire lebih lancip dan mengikuti alur garis dari grill. Ini membuat tampilan depan Vellfire terkesan lebih sangar daripada Alphard. 

Eksterior bagian belakang Vellfire terdapat Aerokit yang dipadukan dengan side moulding di bagian samping dan menampilkan kesan sporty.

Tetapi pada bagian belakang mobil, Vellfire dan Alphard tidak memiliki banyak perbedaan. Keduanya memiliki struktur berbentuk U yang menggabungkan lampu kombinasi belakang dengan hiasan plat. 

Toyota Vellfire memiliki stop lamp dengan cover warna bening dan lampu mundur dengan cover warna gelap. Sedangkan Toyota All New Alphard memiliki stop lamp dengan cover warna merah dan lampu mundur dengan cover warna bening.

2. Interior

Pada bagian interior, baik Toyota Alphard maupun Vellfire memiliki kapasitas tempat duduk 7 penumpang dan didominasi dengan warna hitam. Baris kedua menggunakan captain seat dengan beragam konfigurasi kursi. 

Pada sandaran tangan Vellfire terdapat ornamen kayu berwarna hitam dengan corak abu-abu, serta pinggiran logam yang terkesan elegan dan mewah. Pada Interior Vellfire dipasang peredam suara halus dan getaran mobil. Dengan begitu akan mengurangi suara gesekan udara saat mobil bergerak. 

Vellfire juga dibekali dengan touchscreen berukuran 8 inci Head Unit EMV yang dilengkapi dengan fitur audio, navigasi dan juga JBL Dolby Surround 5.1 Ch.

Vellfire memiliki privasi di kabin dengan adanya tirai di kaca belakang. Selain itu, Vellfire juga memiliki fitur pengisian baterai wireless dengan cara meletakkan handphone di tempat pengisian baterai dan akan terisi secara otomatis.

Interior Alphard memiliki konsep Delightful Journey dengan ornamen kayu (Brown Wood) pada tipe 2.5 X dan 2.5 G. Sedangkan pada 3.5 Q didominasi dengan aksen brown olive ash burl wood grain. Kursi captain seat dengan legrest yang membuat kaki tidak cepat lelah saat melakukan perjalanan jauh.

Alphard dibekali Dual Climate AC Control with Captive Touch untuk memudahkan penumpang mengatur suhu di dalam kabin mobil. Fitur AC Plasmacluster ini dapat menyaring debu dan ion-ion negatif, selain itu juga secara otomatis mengikuti suhu ideal yang diinginkan.

3. Mesin dan Performa

Toyota Vellfire 2020 memiliki mesin dengan kapasitas yang lebih banyak 0.1 L daripada Toyota Vellfire 2019, yakni 2.5L. Mobil ini menggunakan mesin 2AR-FE 4 silinder 16 Valve DOHC Dual VVT-i. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 180 ps per 6.000 rpm dan torsi maksimal 23.9 Kgm per 4.100 rpm. Mesin ini sepadan dengan varian menengah dari Alphard.

Alphard memiliki segmen yang diperluas, sehingga Toyota menambahkan varian 3.5 Q sebagai varian tertinggi dan juga termahal untuk Alphard. Varian 3.5 Q ini memiliki mesin 2GR-FE dengan kapasitas 3.456 cc V6 24 Valve DOHC VVT-i. 

Mesin ini menghasilkan torsi yang besar pada putaran bawah dan membuat Alphard menjadi responsif. Mesin Alphard ini tidak ada di Vellfire.

4. Harga

Harga Toyota Vellfire 2020 dibanderol dengan biaya sebesar Rp 1.15 Milyar. Sedangkan harga Toyota Alphard dibanderol dengan biaya mulai dari Rp 997 Jutaan hingga Rp 1.89 Milyar. 

Vellfire pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 2008 dengan desain yang berkarakter tegas. Tahukah Anda bahwa Vellfire sebelumnya merupakan varian tertinggi di keluarga Alphard, namun dipisahkan untuk mengikat segmen konsumen berbeda.

Toyota Vellfire hadir sebagai mobil yang mewah dan elegan. Harga mahal dengan desain yang eksklusif membuat orang yang mengemudi mobil Toyota Vellfire menjadi berkelas. Tertarik? Lihat saja dulu!

Komentar

Mobil Terbaru