window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Musim Hujan Begini, Mitsubishi Xpander Cross 2021 Gak Kuat Nanjak?

Enda · 5 Des, 2020 19:00

Musim Hujan Begini, Mitsubishi Xpander Cross 2021 Gak Kuat Nanjak? 01

Tampilan luar Mitsubishi Xpander Cross 2021

Mitsubishi Xpander Cross 2021, merupakan salah satu lini produk PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) yang masuk dalam segmen Low Sport Utility Vehicle (LSUV).

Mitsubishi Xpander Cross 2021 dihadirkan dengan menggunakan platform serta mesin yang sama dengan Xpander. Untuk membuatnya menjadi SUV, beberapa sektor diubah demi mendapatkan tampilan layaknya LSUV 7-seater masa kini.

Oiya, bicara LSUV di bawah Rp300 juta, Mitsubishi Xpander Cross 2021 memilki beberapa kompetitor, diantaranya: Toyota Rush 2021, Daihatsu Terios 2021, Suzuki XL-7, dan Honda BR-V.

Dari masing-masing model dan brand, menawarkan kelebihannya masing-masing. Seperti Toyota Rush 2021 dan Daihatsu Terios 2021 yang dihadirkan menggunakan penggerak belakang. Dalam hal ini mobil akan terasa mudah menakhlukan medan yang menanjak dan menurun.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Berbeda dengan Mitsubishi Xpander Cross 2021 beserta dua pesaingnya yang menggunakan roda depan untuk dapat menggerakan mobil. Dalam kondisi musim hujan seperti ini, apakah Mitsubishi Xpander Cross 2021 masih bisa diandalkan untuk melibas kondisi jalan yang menanjak dan menurun?

Mitsubishi Xpander Cross 2021 ditanami mesin bertenaga yang membuatnya jarang selip ketika menanjak

Musim Hujan Begini, Mitsubishi Xpander Cross 2021 Gak Kuat Nanjak? 01

Mesin Mitsubishi Xpander Cross 2021

Bicara jantuk mekanik, Mitsubishi Xpander Cross 2021 ditanami mesin yang sama persis dengan kepunyaan Xpander maupun Nissan All New Livina. Di mana mesin 1.5L MIVEC DOHC 16 Valve dengan volume silinder 1499 cc ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 106 PS @6.000 Rpm serta torsi maksimal 141 Nm @4.000 Rpm.

Mesin 1.5L ditanamkan dengan posisi transverse (melintang) yang mana untuk menggerakan mobil agar bisa berjalan, putaran dari mesin diarahkan kepada dua buah roda di depan.

Meski menggunakan penggerak roda depan, Mitsubishi Xpander Cross 2021 nyatanya dapat dengan mudah menakhlukan berbagai tanjakan dengan tingkat kemiringan yang cukup curam. Hal ini terjadi karena mesin 1.5L nya cukup bertenaga.

Agar bisa menanjak dengan mulus, Mitsubishi Xpander Cross 2021 mendapat dua pilihan transmisi

Musim Hujan Begini, Mitsubishi Xpander Cross 2021 Gak Kuat Nanjak? 02

Transmisi otomatis Mitsubishi Xpander Cross 2021

Seperti kebenyakan LSUV pada umumnya, Mitsubishi Xpander Cross 2021 juga ditawarkan dua pilihan transmisi, manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan. Transmisi otomatisnya belum menggunakan CVT karena dianggap mudah dalam perawatan dan lebih responsif dan aman ketika digunakan di jalan yang menanjak dan menurun.

Berhenti di tengah tanjakan, Mitsubishi Xpander Cross 2021 tidak akan mundur

Musim Hujan Begini, Mitsubishi Xpander Cross 2021 Gak Kuat Nanjak? 03

Fitur HSA (Hill Start Assist) Mitsubishi Xpander Cross 2021

Ketika mobil diharuskan berhenti di tengah jalan yang menanjak, kalian tidak perlu khawatir tiba-tiba mobil mundur dengan sendirinya. Pasalnya, Mitsubishi Xpander Cross 2021 sudah dilengkapi fitur HSA (Hill Start Assist) yang dapat menjamin keselamatan berkendara ketika berhenti di jalur yang menanjak.

Secara sederhana, Hill start assist ini merupakan fitur pada sistem rem yg menahan kendaraan beberapa detik agar tidak bergerak mundur saat perpindahan kaki dari pedal rem ke pedal gas.

HSA sendiri membantu pengemudi supaya tidak panik ketika kendaraannya bergerak mundur di tanjakan. Pada Mitsubishi Xpander Cross 2021, fitur HSA ini bisa diaktif atau nonaktifkan secara manual oleh pengemudinya.

Musim Hujan Begini, Mitsubishi Xpander Cross 2021 Gak Kuat Nanjak? 04

Fitru ASC (Active Stability Control) Mitsubishi Xpander Cross 2021

Demi menunjang keselamatan berkendara, Mitsubishi Xpander Cross 2021 juga berhasil dilengkapi fitur keselamatan lainnya berupa ASC (Active Stability Control), ESS (Emergency Stop Signal), Anti-lock Braking System), EBD (Electronic Brake Distribution), Dual SRS Airbags, BA (Brake Assist) dan Criuse Control.

Ukuran yang lebih besar dibandingkan Toyota Rush 2021 maupun Daihatsu Terios 2021

Musim Hujan Begini, Mitsubishi Xpander Cross 2021 Gak Kuat Nanjak? 05

Tampilan samping Mitsubishi Xpander Cross 2021

Dibandingkan dengan Toyota Rush maupun saudara kembarnya, Mitsubishi Xpander Cross 2021 ini memiliki ukuran lebih besar dan jarak kabin dengan permukan aspal yang lebih tinggi, loh!

Mendapat spesifikasi data situs resminya, Mitsubishi Xpander Cross 2021 mempunyai panjang 4.500 mm, lebar 1.800 mm dan tinggi 1.750 mm. Sedangkan Ground Clearancenya 255 mm.

Bicara dimensi Toyota Rush 2021 dan Daihatsu Terios 2021 memiliki panjang 4.435 mm, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.706 mm. Jarak antara kabin luar dengan permukaan aspal setinggi 220 mm.

Kesimpulan

Sebagai LSUV 7-seater penggerak roda depan, Mitsubishi Xpander Cross 2021 masih sangat bisa diandalkan dalam menakhlukan medan yang menanjak dan menurun.

Mengingat mobil ini ditanami fitur keselamatan pendukung, mesin bertenaga, transmisi responsif, serta Ground Clearance tinggi yang menunjang pengemudi dalam melibas segala medan yang dilaluinya.

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Mitsubishi Xpander Cross MT 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil