window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Nissan Grand Livina Lebih Irit Dari Honda Mobilio, dan Suzuki Ertiga

Samuel Tito · 26 Okt, 2020 09:30

Nissan Grand Livina Lebih Irit Dari Honda Mobilio, dan Suzuki Ertiga 01

Dalam industri otomotif Indonesia, pasar terbesar hingga saat ini masih pada segmen kendaraan serba guna (MPV). Melihat pasar yang menggiurkan ini, beberapa merek kini ikut merambah pasar otomotif di Indonesia.

Namun, dari beberapa merk MPV yang dipasarkan di Indonesia terdapat tiga model yang cukup diminati yaitu Nissan Grand Livina, Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga yang kini menjadi rival kuat bagi Avanza-Xenia 'Kembar'.

Ketiga model tersebut tercatat selama kiprahnya di Tanah Air mendapatkan penjualan yang cukup baik. Hal tersebut wajar jika mengingat beberapa model tersebut memiliki keunggulan masing-masing di kelasnya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Keunggulan Interior Nissan Grand Livina

Nissan Grand Livina Lebih Irit Dari Honda Mobilio, dan Suzuki Ertiga 01

Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan, beberapa model tersebut dipastikan dapat memenuhi kebutuhan pecinta mobil keluarga di Indonesia. Dimana ketiga mobil keluarga tersebut menawarkan kabin yang lapang serta fitur dan interior modern yang mampu memanjakan pengemudi dan penumpangnya.

Nah, yang cukup menarik adalah kelebihan yang dimiliki oleh Nissan Grand Livina. Berdasarkan hasil pengujian kami, Nissan Grand Livina memiliki tingkat kenyamanan terbaik. Baik berkendara di kota yang memiliki intensitas kepadatan tinggi, maupun di luar ibu kota dengan kondisi jalan berkelok dan berbukit.

Jika dibandingkan dengan rivalnya lainnya, Nissan Grand Livina memiliki suspensi paling nyaman dan empuk selain itu Grand Livina yang empuk ditunjang material jok yang bagus dengan busa yang tebal dan lapisan kain yang berkualitas.

Keunggulan lainnya, saat bangku ditekuk, Nissan Grand Livina juga menawarkan ruang kabin yang lega. Bagi pemilik mobil ini dan ingin jalan-jalan ke luar kota, mereka tidak perlu khawatir bahkan membawa perlengkapan yang banyak.

Berbeda dengan kedua rivalnya tersebut, untuk Honda Mobilio versi lawas, kenyamanan ada di urutan kedua. Pasalnya, bangku (jok) terasa lebih tipis. Hal tersebut membuat kenyamanan penumpang tidak maksimal. Jok Mobilio dibuat tipis agar ruang kabin lebih luas.

Kenyamanan Berkendara Nissan Grand Livina

Nissan Grand Livina Lebih Irit Dari Honda Mobilio, dan Suzuki Ertiga 02

Tidak hanya itu, ketika berkendara dengan dua penumpang saja, suspensinya sedikit kurang bagus jika dibandingkan dengan Nissan Grand Livina, karena mobil saat dikendarai terasa agak sedikit goyah.

Dan untuk Suzuki Ertiga, berdasarkan hasil pengujian masih di bawah Grand Livina dan Honda Mobilio untuk kenyamanan. Saat dikemudikan, suspensi terasa keras baik pada jumlah penumpang kecil maupun penuh (7 penumpang).

Selain itu, kabin Suzuki Ertiga terasa lebih sempit dan tidak dapat menampung banyak barang bawaan saat penumpang dalam keadaan penuh. Padahal ketiga model MPV ini memiliki kapasitas penumpang yang sama yaitu 7 penumpang dan dimensinya tidak jauh berbeda.

Membahas suatu mobil untuk keluarga, tentunya kebanyakan pemiliknya ingin mendapatkan mobil hemat bahan bakar. Dari ketiga mobil tersebut, ada beberapa hal yang dapat disimpulkan, tentang mesin dan konsumsi bahan bakar terbaik. Dimana hasilnya cukup mengejutkan.

Mesin dan Efisiensi BBM

Nissan Grand Livina Lebih Irit Dari Honda Mobilio, dan Suzuki Ertiga 03

Dari sisi dapur pacu, Suzuki Ertiga sendiri dibekali dengan mesin 1400cc. Kemudian, Honda Mobilio dengan mesin 1500cc dan terakhir Nissan Grand Livina juga dibekali mesin 1500cc.

Namun ukuran ruang bakar (kapasitas silinder) tidak menjamin mobil memiliki kemampuan yang lebih baik karena kapasitas mesin yang kecil merupakan keunggulan dalam penghematan konsumsi bahan bakar (walaupun tidak selalu), yang jelas masih banyak pendukungnya. faktor-faktor, misalnya terkait dengan teknologi mesin atau material mesin.

Ketiga mobil MPV low end ini masih menggunakan mesin 4 silinder. Dan yang terbilang mengherankan, Nissan Grand Livina sukses menyalip kedua rivalnya tersebut. Berdasarkan catatan, Nissan Grand Livina juga menjadi juara untuk masalah konsumsi bahan bakar yang mampu menempuh jarak 18,4 kilometer untuk setiap liter bahan bakar (Pertamax).

Sedangkan posisi kedua ditempati oleh Honda Mobilio yang bermesin 1500cc dengan tenaga sebesar 118 hp. Selama pengujian, Honda Mobilio memiliki konsumsi bahan bakar 16,4 kilometer per liter. Untuk kelas MPV bertenaga besar, pencapaian ini terbilang cukup baik.

Urutan ketiga diisi oleh Suzuki Ertiga dengan mesin 1400cc dengan tenaga paling kecil diantara para rivalnya, yaitu 94 hp. Capaian konsumsi bahan bakarnya masih cukup bagus, sekitar 14,6 kilometer per liter.

Dengan hasil tes mobil tersebut, diantara ketiga model tersebut dapat disimpulkan bahwa Nissan Grand Livina bisa dibilang mengungguli kedua rivalnya tersebut. Selain memiliki ruang kabin yang luas dan nyaman. MPV tersebut juga didukung mesin yang irit bahan bakar dan tenaga mumpuni di kelasnya.

Catatan Efisiensi Nissan Grand Livina

Nissan Grand Livina Lebih Irit Dari Honda Mobilio, dan Suzuki Ertiga 04

Nissan Grand Livina kembali hadir dengan tampilan baru yang tampak mewah dan elegan. Mobil besutan Nissan ini telah mengalami ubahan pada interior dan eksteriornya yang bertujuan agar nyaman dan tentunya menjadi salah satu mobil favorit bagi keluarga di Indonesia.

Apalagi dengan bertambahnya jumlah mobil setingkat Chevrolet Spin, MPV Honda Brio, Suzuki Ertiga, dan duo maut Xenia-Avanza. Lihat juga disini konsumsi bahan bakar Suzuki Ertiga.

Nissan Grand Livina diklaim oleh pabrikan sebagai mobil irit. Langsung saja kita simak ulasan konsumsi BBM Grand Livina dari beberapa pengujian di bawah ini:

  • Metode mengemudi ECO, menggunakan bahan bakar Pertamax dan menggunakan MID (Multi Information Display). Nissan Grand Livina MT mencapai 25,0 kilometer per liter. Otomatis All New Grand Livina mencapai 25,6 km / liter.
  • Nissan Grand Livina MT bisa menempuh jarak 22,8 kilometer per liter menggunakan metode Eco Driving.
  • Nissan Grand Livina 1.5 XV A / T, Eco Riding, konsumsi bahan bakar dalam kota 13,2 km / l, sedangkan konsumsi bahan bakar tol bisa mencapai 18,2 km / l.
  • GL 1.8 X-Gear untuk dalam kota bisa menempuh jarak 10,5 km / l, sedangkan untuk luar kota bisa menempuh jarak 15,1 km untuk tiap liternya.

Review konsumsi bahan bakar di sini tidak bisa dijadikan patokan resmi. Konsumsi bahan bakar dapat memberikan hasil yang berbeda satu sama lain karena dapat dipengaruhi oleh gaya berkendara, beban mobil dan juga kondisi jalan raya.

Semoga review mobil dan konsumsi BBM Nissan Grand Livina dapat bermanfaat bagi anda. Semoga bermanfaat, salam otomotif.

Samuel Tito

Automotive writer who cover in-depth reports in an easy-to-understand for the readers

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Nissan Livina E MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil