Nissan Livina Hanya Sebuah Proyek Rebadging di Indonesia?

Nissan telah memamerkan mobil MPV Livina pada GIIAS 2019 (Gaikindo Indonesia International Auto Show). MPV yang memiliki 7 tempat duduk ini telah berkeliling di pasar Asia dan dibuat berdasarkan platform mobil populer Mitsubishi Xpander.

Tetapi apakah Nissan Livina merupakan proyek rebadging untuk maju bersaing di segmen MPV yang berkembang di Indonesia? Tidak adakah sesuatu yang spesial pada Nissan Livina? Mari kita cari tahu.

Informasi Dasar Mobil Livina

Nissan Livina memulai debutnya di Indonesia setahun lalu pada 2019. Setelah sebelumnya dicurigai melakukan sedikit penyamaran, Livina baru menggantikan model lama yang berjuang untuk bersaing di segmen low MPV di Indonesia, di mana Toyota Avanza, Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga bermain di dalamnya.

Nissan Livina baru yang ada di segmen MPV kursi tiga baris yang memiliki harga murah yang hadir menggunakan platform Mitsubishi Xpander. Sebagian besar lembaran logamnya adalah “milik” Xpander, tetapi Nissan membuat sedikit modifikasi pada wajah Dynamic Shield milik mitra aliansi yang menjadi donornya.

Nissan Livina di Indonesia dipasarkan mulai dari harga 205,3 juta rupiah untuk varian terendahnya-Nissan Livina E MT, sampai pada harga 269,1 juta rupiah untuk varian tertingginya-Nissan Livina VL AT.

Ada lima varian dan empat tingkat trim Livina di Indonesia, yaitu E MT, EL MT, EL AT, VE AT dan yang teratas adalah VL AT. Semua model memiliki kantong udara ganda dan ABS/EBD, pada varian VE dan VL ditambahkan brake assist, Vehicle Dynamics Control (VDC) dan kamera parkir mundur.

Eksterior Nissan Livina

Penampilan luar Nissan Livina berbeda dari Xpander yang terlihat pada bemper bawahnya, dengan lip perak lebar dan lampu kabut bersudut pada tiap ujung sampingnya (vs lampu kabut bulat pada Xpander yang menyempit). Lip depan yang kontras secara visual terhubung pada side skirt-nya yang berwarna perak.

Wheel arch depan Livina juga berbentuk bundar, bukannya persegi ala Mitsubishi. Pada bagian samping, tampak garis seperti irisan dalam khas Nissan, bersama “floating roof” yang tercipta oleh setrip hitam kecil yang menghubungkan sisi dan area kaca belakang.

Pada bagian belakang, bentuk klaster lampu belakangnya serupa, meskipun berbeda pada grafis LED-nya yang khas berbentuk bumerang yang menekuk keluar. Bentuk tailgate Nissan Livina juga lebih simpel pada desainnya daripada tailgate Xpander, yang menonjolkan garis yang menyerupai desain Dynamic Shield. Dan yang terakhir, diffuser pada Livina berwarna perak yang terbelah dua. Kita seperti melihat X-Trail pada bagian belakangnya.

Interior Nissan Livina

Pada kenyataannya, Livina dan Xpander serupa. Livina baru memiliki jajaran mekanis dan mesin yang sama dengan Mitsubishi Xpander-mesin 1.5 liter dengan 104 PS dan torsi 141 Nm pada 4000 rpm, yang disandingkan dengan 5-percepatan manual atau 4-percepatan automatik. Ketinggian maksimum ground clearance 205 mm dengan roda 16 inci merupakan sebuah hal yang penting bagi pembeli Indonesia.

X-Gear

Dengan adanya X-Gear, pada dasarnya Anda mendapatkan Livina dengan fitur trim interior yang berbeda dan eksterior yang dihiasi oleh hiasan plastik.

Tidak bisa dikatakan sebagai sebuah facelift, lebih sebagai dekorasi eksterior. Ini cukup baik, karena wheel arch trim dan roof rail-nya ‘mematahkan’ bentuk standar memanjang Livina dengan cukup rapi, memberikan ilusi sebagai mobil yang proporsional. Akan tetapi efek ini menjadi percuma karena model X-Gear yang diwarnai hitam.

Mesin

Mesin Nissan Livina adalah hal yang terbaik. Anda akan suka menekan throttle-nya setiap saat dengan mesin ini-dan ia pun suka untuk dipacu. Selain itu, Anda akan mendapat penawaran lebih baik dari dealer Nissan daripada dealer Honda.

Masalah Yang Dihadapi oleh Para Pemilik Mobil Livina

Yang pertama adalah pompa kompresor pendingin udara yang sering mengeluarkan suara keras dari area mesin. Yang lainnya adalah mounting, seperti engine mounting, gear box mounting, lower arm, subframe dan anti-roll bar bush.

Hal ini disampaikan oleh seorang pemilik Nissan Livina yang mengeluhkan bahwa mounting harus diganti karena mobil berderak. Bahkan setelah penggantian dengan suku cadang asli Nissan, masalah yang sama muncul kembali beberapa bulan kemudian. Dan karena mekanik di bengkel menyampaikan bahwa suku cadang asli Nissan tidak bergaransi, maka dia harus membeli suku cadang merek pihak ketiga.

Secara keseluruhan, walaupun terlihat seperti kembar, Nissan Livina tidak sesederhana itu dikatakan sebagai sebuah proyek rebadging, dan dengan mudah kita dapat membedakan Livina dan Xpander.

Meskipun ada kemiripan dengan Xpander, para insiyur Nissan memastikan Livina memiliki fitur desain khas merek mereka yang membuat Nissan Livina menjadi pemain yang hebat-kendaraan yang cepat, sangat bernilai dan juga MPV yang sangat bagus.

 

↓ ↓ ↓ Ayok Para Miliuner, Sukai dan Bagikan!

Berita Terbaru

Kelebihan dan Kekurangan Honda Odyssey Panduan Membeli
Kelebihan dan Kekurangan Honda Odyssey Honda Odyssey adalah sebuah mobil MPV yang diproduksi oleh pabrikan otomotif Honda sejak tahun 1994. Mobil yang masuk ke dalam segmen MPV premium ini hanya memasarkan satu variannya saja di Indonesia, yakni Honda Odyssey 2.5L Prestige. MPV dengan pintu geser ini dibanderol dengan harga Rp776 jutaan.Di segmen yang sama, Honda Odyssey bersaing dengan Toyota Alphard dan Nissan Elgrand. Banderol harganya yang tidak menyentuh angka 1 miliar membuat mobil ini memiliki kelebihan tersendiri, tapi sama s
Mau Beli Mazda CX-5? Ketahui Dulu Biaya Perawatannya! Reparasi
Mau Beli Mazda CX-5? Ketahui Dulu Biaya Perawatannya! Mobil pasti membutuhkan perawatan secara berkala agar tetap berada dalam kondisi yang prima. Biaya perawatan atau servis berkala dari sebuah mobil memang perlu kita ketahui terlebih dahulu sebelum kita membelinya. Dan kali ini, kita akan membahas tentang biaya perawatan dari Mazda CX-5.Mazda CX-5 sendiri merupakan mobil SUV andalan Mazda yang sudah ada di Indonesia sejak tahun 2012. Mobil yang masuk ke dalam segmen SUV premium ini dibanderol dengan kisaran harga Rp508,8 juta hingga Rp588,8 juta.
Review Honda Accord 2020: Sporty Dilengkapi Fitur Honda Sensing Reviews
Review Honda Accord 2020: Sporty Dilengkapi Fitur Honda Sensing Dikenal juga dengan nama All New Honda Accord, sedan legendaris Honda ini sudah memasuki generasi kesepuluh. Desainnya yang sporty didukung sistem Honda Sensing berhasil memberikan rasa berkendara yang menyenangkan serta praktis untuk berkendara bersama keluarga di jalanan perkotaan.Harga Model Harga All New Honda Accord Rp729.600.000 Spesifikasi Mesin Tipe Mesin 1.5T 4-silinder segaris 16 katub VTEC Turbo + DBW Kapasitas Silinder 1.498 cc Tenaga Maksi
Honda Akan Merilis Motor Empat Silinder Baru dengan Tampilan Mirip Honda CBR1000RR-R Sepeda Motor
Honda Akan Merilis Motor Empat Silinder Baru dengan Tampilan Mirip Honda CBR1000RR-R Honda Akan Merilis Motor Empat Silinder Baru dengan Tampilan Mirip Honda CBR1000RR-RHonda Jepang baru-baru ini mengumumkan akan segera merilis keluarga baru CBR dengan mesin 4 silinder yang memiliki desain mirip Honda CBR1000RR-R.Motor baru tersebut adalah generasi terbaru dari CBR600RR model tahun 2021.Rencananya motor gede atau moge ini mulai dibuka tudungnya pada 21 Agustus 2020 pekan depan.Menilik gambar yang diunggah melalui situs resmi Honda.co.jp, desain  Honda CBR600RR memiliki tamp
Kupas Tuntas Biaya Perawatan Nissan Juke Hingga 100 Ribu Km Tips
Kupas Tuntas Biaya Perawatan Nissan Juke Hingga 100 Ribu Km Nissan Indonesia memiliki satu model SUV crossover yang bernama Nissan Juke. Mobil berkapasitas 5 penumpang ini dibanderol Rp303 jutaan hingga Rp336 jutaan. Sayangnya beberapa tahun belakangan nama Nissan Juke mulai meredup pamornya. Padahal, biaya perawatan Nissan Juke bisa dibilang sangat terjangkau, lho!Mobil yang cocok digunakan untuk anak muda ini memberikan gratis biaya jasa hingga jarak tempuh 50 ribu kilometer atau setara dengan 5 tahun. Kira-kira, berapa ya biaya yang harus dikeluarkan

Lebih

Rekomendasi Mobil

Terbaru Populer
Toyota Corolla Cross
RM 457,80 - 497,80 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
MINI 3 Door
Rp 0,74 - 15,00 TBC Milyar
Dapatkan Harga Terbaik
Mitsubishi Pajero Sport
Rp 486,50 - 697,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
BMW 8 Series Coupe
Rp 2,41 TBC Milyar
Dapatkan Harga Terbaik
DFSK Glory i-Auto
Rp 329,70 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
BMW X3 M
RM 2,49 TBC Milyar
Dapatkan Harga Terbaik
BMW X4 M
RM 2,53 TBC Milyar
Dapatkan Harga Terbaik
Wuling Cortez
Rp 208,80 - 282,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Lexus LM
RM 239,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Lamborghini Huracan
Rp 8,90 TBC Milyar
Dapatkan Harga Terbaik
Audi Q3
RM 875,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
BMW 3 Series Touring
RM 1,46 TBC Milyar
Dapatkan Harga Terbaik
Suzuki Ignis
Rp 171,00 - 200,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
BMW X6
Rp 1,79 - 2,16 TBC Milyar
Dapatkan Harga Terbaik
Renault Kwid
Rp 134,00 - 149,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Mercedes-Benz GLS-Class
Rp 2,15 - 5,23 TBC Milyar
Dapatkan Harga Terbaik
MG ZS
RM 258,00 - 289,80 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Mazda CX 3
Rp 399,90 - 464,40 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Mazda CX 9
Rp 846,80 - 954,90 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Civic Hatchback
Rp 433,60 - 474,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Mazda CX 30
Rp 479,90 - 519,90 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
BMW M5
Rp 3,76 TBC Milyar
Dapatkan Harga Terbaik
Peugeot 5008
Rp 745,00 - 820,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Agya
Rp 138,20 - 158,60 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Peugeot 3008
Rp 690,00 - 730,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Mercedes-Benz A-Class Sedan
Rp 899,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Mazda CX 8
Rp 664,80 - 746,80 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Avanza
Rp 191,10 - 221,25 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Brio
Rp 147,00 - 199,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Kijang Innova
Rp 312,05 - 414,75 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Jazz
Rp 249,50 - 292,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Civic
Rp 527,90 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Agya
Rp 138,20 - 158,60 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Nissan Livina
Rp 205,30 - 269,10 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Mobilio
Rp 203,00 - 258,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik