window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Nyaris Dihantam Truk Gara-gara Pengendara Tak Waspada!

Alex · 8 Jul, 2020 11:06

Nyaris Dihantam Truk Gara-gara Pengendara Tak Waspada! 01

Sebuah kejadian yang nyaris berujung kecelakaan lalulintas belum lama ini terekam kamera pengawas. Kejadian ini terlihat jelas karena akibat kecerobohan seorang pengendara motor. 

Video rekaman yang diunggah di akun Instagram @newdramaojo.id ini memang cukup "menggemaskan" Pasalnya kecerobohan pengendara motor itu bisa saja berakibat fatal.

Jika saja truk putih yang datang dari arah belakangnya tak berhasil mengerem dengan baik, bukan tak mungkin pemotor dan penumpangnya bisa mengalami nasib tragis. Bahkan truk yang berhenti mendadak juga bisa berpotensi menimbulkan kecelakaan beruntun.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Kejadian yang belum diketahui lokasinya ini langsung menuai berbagai respon di kolom komentar. Rata-rata netizen geram akan kelakuan pemotor di video tersebut.

"Untung mobil nya kosong. Coba kalo lagi isi muatan bisa bablas tu motor jadi kripik,mobil gede muatan penuh paling ga jarak 20 meter udah ancang2 ngerem kalo dadakan bisa kebalik atau bablas," ujar akun Instagram saha_nya223.

"LO YANG SALAH LO YANG GALAK. itu mungkin kata kata sang supir truk," akun bernama nndadw ikutan menimpali. "org ini galak krn merasa menjadi korban, dimana dia hampir kehilangan nyawanya.. dia ga sadar, klo dia hampir kehilangan nyawanya, 100% krn ketololannya," geram asudja.

Dalam video jelas terlihat kesalahan si pengendara motor yang tak waspada akan situasi jalan raya. Harusnya ia memperhatikan spion atau bahkan menengok ke belakang sebelum masuk ke ruas jalan raya.

Menghindari Tabrakan dengan Truk

Sebagai kendaraan besar, truk memang kerap menabrak kendaraan lain yang ukurannya lebih kecil. Mulai dari menabrak sepeda motor hingga mobil pribadi.

Hal tersebut bisa dihindari jika Anda paham bagaimana berkendara yang aman demi terhindar tabrakan dengan truk. Ada beberapa hal yang harus Anda pahami saat mengemudi dan di jalan banyak truk yang melaju.

Dilansir dari beberapa sumber, yang pertama Anda harus lakukan adalah menjaga jarak aman. Jarak aman berguna untuk mengantisipasi terjadinya rem mendadak antara mobil atau truk di depan.

Kedua adalah menghindari blind spot. Sebagai kendaraan besar, truk punya banyak area buta alias blind spot. Jangan pernah mendahului truk dari sisi kirinya, sebab area kiri truk adalah blind spot terbesar. Saat mendahului dari kanan jangan lupa beri tanda bahwa Anda akan menyusulnya.

Ketiga, Anda wajib waspada selama mengemudi. Mengemudi mobil atau motor sekalipun merupakan full time job. Anda tak boleh mengemudi sambil main handphone atau kegiatan lainnya karena bisa mengganggu konsentrasi.

Biasakan setiap 10 detik sekali mengecek semua kaca spion agar kita selalu tahu akan situasi dan bisa sigap jika terjadi potensi bahaya dari luar.

Kejadian yang terjadi pada video menunjukkan kewaspadaan pengendara motor yang sangat buruk. Hindari kejadian serupa dengan meningkatkan kewaspadaan.

Alex

Seorang mantan product planner and researcher, sangat menyukai data dan semua yang berbau kutu buku. Mobil-mobil favoritnya adalah mobil analog dengan enam silinder

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

2021 Toyota Raize 1.0T G MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil