window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Ojek Online Belum Bisa Angkut Penumpang di Semua Wilayah

Alex · 8 Jul, 2020 12:00

Ojek Online Belum Bisa Angkut Penumpang di Semua Wilayah  01

Ojek online merupakan salah satu moda transportasi yang terdampak dari pandemi virus Corona. Pemerintah melarang ojek online alias ojol untuk mengangkut penumpang sejak beberapa bulan lalu.

Namun seiring sudah dikendorkannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), ojol kini terpantau sudah boleh membawa penumpang lagi. Namun ternyata tak semua daerah, beberapa wilayah masih melarang transportasi berbasis online ini untuk membawa penumpangnya.

Sebenarnya di wilayah Jakarta, ojol sudah diperbolehkan membawa penumpang sejak 8 Juni lalu. "(Ojek) motor boleh angkut penumpang mulai 8 Juni," ujar Kepala Dinas Perhubungan DKI Syafrin Liputo saat dikonfirmasi Suara.com pada Jumat 5 Juni 2020.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Masalahnya, Jakarta tak bisa lepas dari kota penyangga di sekitarnya. Sementara beberapa kota di sekitar Jakarta tersebut belum semuanya memperbolehkan ojek online mengangkut penumpang.

Kepala Bidang Angkutan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bekasi Fatikhun sempat menyebut bahwa hingga kini pihaknya masih menunggu kesiapan aplikator ojek online memenuhi penerapan protokol pencegahan Covid-19 ketika beroperasi.

Ojek Online Belum Bisa Angkut Penumpang di Semua Wilayah  01

Foto: Liputan6

 

Fatikhun mengatakan, pihak Pemkot telah memberikan surat perjanjian kesepakatan yang harus dipenuhi aplikator ojek online saat nantinya beroperasi di Bekasi. Misalnya, pengemudi harus membawa hand sanitizer, menggunakan masker, pengecekan suhu normal, dan tempat duduk dibatasi.

Namun saat berita ini disusun, Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, akhirnya mengizinkan ojek online bisa mengangkut penumpang lagi mulai Kamis 9 Juli 2020 besok.

Lain halnya yang terjadi di Tangerang. Dishub Kota Tangerang hingga saat ini masih belum mengizinkan transportasi ojek  online maupun ojek pangkalan untuk mengangkut penumpang di wilayahnya.

“Karena masih masa PSBB, ojek online dan ojek konvensional di Tangerang belum bisa mengangkut penumpang dan hanya bisa mengangkut barang ataupun pemesanan makanan,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Tangerang, Wahyu Iskandar saat dihubungi Beritasatu.com, Selasa (7/7).

Boleh Beroperasi di Depok

Beruntung di Depok tak seperti di Tangerang dan Bekasi. Walau ojol sudah boleh beroperasi di Depok, namun tentu ada hal baru yang harus dipatuhi.

Wali Kota Depok Mohammad Idris mengatakan ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi para pengemudi ojek online tersebut jika akan mengangkut penumpang. Seperti motor harus dilengkapi dengan pembatas antara pengemudi dengan penumpang, penyemprotan helm secara berkala dan standar protokol kesehatan Covid-19.

Semoga saja dengan mulai beroperasinya ojol yang boleh membawa penumpang segera memulihkan aktivitas ekonomi seperti sedia kala. Bagi Anda yang mengandalkan transportasi satu ini jangan lupa untuk selalu mematuhi protokol kesehatan demi memutus rantai penyebaran virus Corona.

Alex

Seorang mantan product planner and researcher, sangat menyukai data dan semua yang berbau kutu buku. Mobil-mobil favoritnya adalah mobil analog dengan enam silinder

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil