window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Pahami Kelebihan dan Kekurangan Honda Civic Hatchback RS

Dhoni · 19 Sep, 2020 10:59

Honda Civic Hatchback RS teranyar dengan tagline ‘Sexiness Intensified’ memang telah mengalami perubahan, khususnya bagian penampilan lebih sporty yang tentunya didukung kekuatan pada dapur pacu. Namun sebenarnya, apa saja kelebihan maupun kekurangan dari generasi ke 10 sejak Honda Civic diperkenalkan tahun 1972 lalu.

Pahami Kelebihan dan Kekurangan Honda Civic Hatchback RS 01

Kelebihan Honda Civic Hatchback RS

Dengan banderol nyaris menyentuh angka 500 juta, Honda Civic Hatchback RS bermain pada pangsa pasar yang masih sepi pesaing. Hal ini tentu menjadi poin tersendiri

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Pahami Kelebihan dan Kekurangan Honda Civic Hatchback RS 01

Eksterior Sporty  Civic Hatchback RS

Secara konsep ‘Extremely Sporty Design With Innovative Silhouette’, perubahan eksterior yang paling sporty terlihat pada bagian belakang melalui penempatan diffuser di bumper dan juga New Centre Exhaust Pipe.

Pahami Kelebihan dan Kekurangan Honda Civic Hatchback RS 02

Untuk bagian ekterior lainnya yang menjadi kelebihan Honda Civic Hatchback RS versi Facelift dapat dirasakan seperti yang telah kami bahas pada artikel sebelumnya.

Kabin Civic Hatchback RS Luas & Nyaman

Luas Kabin Honda Civic Hatchback RS yang dapat menampung lima penumpang memiliki kesan mewah dan sporty. Kelebihan Civic Hatchback RS dapat dirasakan dengan adanya 6 buah Airbag, Pretensioner Seatbelt dan Load Limiter hingga ISOFIX & Tether.

Pahami Kelebihan dan Kekurangan Honda Civic Hatchback RS 03

Mesin Berperforma Tinggi & Hemat Bahan Bakar

Masih menggunakan mesin 1.5L VTEC Turbo 16 valve dengan Earth Dreams Technology berkapasitas 1498 cc, namun diklaim lebih hemat bahan bakar berkat fitur Econ. Mesin Honda Civic Hatchback RS bekerja dengan dukungan transmisi Automatic CVT Earth Dream Technology dengan mode manual virtual 7 percepatan melalui paddle shift.

Pahami Kelebihan dan Kekurangan Honda Civic Hatchback RS 04

Mesin Civic Hatchback RS terbukti memiliki kelebihan dibanding Mazda CX-3 sebagai pesaing dekatnya. Bahkan mesin berkapasitas 2,000cc dengan teknologi SkyActive-G yang hanya menghasilkan tenaga 153 PS pada putaran mesin 6.000 rpm dengan torsi 200 Nm masih kalah dengan mesin turbo Honda Civic RS yang menyemburkan tenaga 173 PS di putaran 5.500 rpm dengan torsi sebesar 220 Nm pada 1.700 – 5.000 rpm.

Fitur Mewah Andalan Civic Hatchback RS

Begitu pula dengan beragam fitur yang terddapat pada Honda Civic Hatchback RS seperti Electric Parking Brake Hill Start Assist, Vehicle Stability Assist, sistem pengereman Antilock Braking System (ABS) + Electronic Brake-force Distribution (EBD) + Brake Assist (BA), Brake Override System, hingga Emergency Stop Signal.

Kekurangan Honda Civic Hatchback RS

Bicara kelebihan, tentu celah kekurangan Honda Civic Hatchback RS masih tetap dapat dirasakan. Bahkan kekurangan yang terdapat pada mobil line up teranyar dari tipe RS, dapat menurunkan pamor nama besar dari Honda.

Kabin Civic Hatchback RS Sempit

Mampu menampung 5 penumpang, ternyata ruang untuk penumpang baris kedua Honda Civic Hatchback RS masih kurang terasa luas. Begitu pula dengan ruang bagasi yang juga bervolume terbatas. Namun khusus ruang bagasi dapat diperluas dengan melipat bangku baris kedua. Hal ini merupakan hal wajar pada kendaraan tipe hatchback.

Pahami Kelebihan dan Kekurangan Honda Civic Hatchback RS 05

Suspensi keras

Demi menyesuaikan performa mesin 1.5L VTEC Turbo 16 valve, tentu harus ada yang dikorbankan pada Honda Civic Hatchback RS. Bagian yang terkena dampak dari semburan tenaga adalah suspensi lebih keras. Tujuannya tak lain agar mobil tidak limbung maupun berayun saat digeber dalam kecepatan tinggi.

Kualitas Tak Sebanding Harga

Harga 499 juta, tentu harapan besar konsumen adalah memiliki kendaraan dengan kualitas bagus. Namun rumor yang beredar tentang mobil keluaran Honda di Indonesia adalah, disain mewah hingga fitur melimpah tidak seiring dengan ‘Built Quality’ atau kualitas material kurang bagus. Butuh waktu untuk memastikan kemampuan hingga daya tahan Honda Civic Hatchback RS yang sesuai dengan banderolnya.

Pahami Kelebihan dan Kekurangan Honda Civic Hatchback RS 06

Kesimpulan Honda Civic Hatchback RS

Baik performa mesin hingga tongkrongan Honda Civic Hatchback RS memang tidak perlu diragukan lagi. Apalagi saat digeber di jalan raya, kesan sporty dari mobil harian sangat terasa. Namun harga yang ditawarkan seakan masih sebanding dengan kualitas.

Tetapi bagi mereka yang ingin menambahkan koleksi kendaraan pribadi, tentuHonda Civic Hatchback RS dapat menjadi pilihan.

 

Dhoni

Reporter

Telah menjadi jurnalis sejak 2008 dengan mengkhususkan diri ke dunia sepeda, namun mulai 2015 mulai menjalani karir sebagai wartawan di dunia otomotif. Namun lebih memilih motorsports sebagai prioritas. Dia tertarik pada teknologi mobil - mobil 4WD. Instagram: dhoni_bima

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Civic RS 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil