window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Penasaran, Seirit Apa Sih Konsumsi BBM All New Toyota Fortuner?

Franky · 20 Mei, 2020 12:00

Penasaran, Seirit Apa Sih Konsumsi BBM All New Toyota Fortuner? 01

SUV besutan Toyota memang sudah banyak diakui oleh konsumen Tanah Air. Salah satunya adalah Toyota Fortuner, yang dijual di rentang harga Rp. 492 jutaan hingga Rp. 600 jutaan. Toyota Fortuner memiliki total 8 varian. Diantaranya ada 2 jenis mobil VRZ, yakni Toyota Fortuner 2.4 VRZ AT dan Toyota Fortuner VRZ AT 4x4 yang dibanderol dengan biaya sebesar Rp 542 juta dan Rp 685 jutaan. Ini merupakan harga mobil Fortuner terbaru 2020. Harganya yang relatif mahal, perlu dimaklumi mengingat mobil satu ini sudah dipersenjatai fitur-fitur lengkap.

Dalam jajaran SUV yang sudah ada dipasaran Indonesia, nama Toyota Fortuner tentu sudah tidak asing lagi. Mobil pabrikan Jepang yang pertama kali masuk di Indonesia pada tahun 2005 ini sudah menjadi primadona. Di tahun 2019 saja, jumlah penjualan wholesales Toyota Fortuner sebanyak 16.600-an unit. Sedangkan penjualan langsung ke konsumen atau ritel di periode itu sebanyak 18.200-an unit.

Banyak alasan untuk membeli mobil ciamik dan berwajah garang ini, tapi apakah tingkat Konsumsi BBM Toyiota Fortuner menjadi salah satu alasannya?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Konsumsi Bahan Bakar Toyota Fortuner

Toyota mengklaim secara langsung di sela-sela peluncurannya, kedua mesin yang dimiliki Toyota mobil Fortuner baru memiliki tingkat konsumsi bahan bakar yang lebih baik dari pendahulunya. Meski begitu, Toyota enggan memberikan data secara resmi tentang konsumsi BBM All New Toyota Fortuner dalam hitungan Km/Liter. Toyota berpendapat bahwa kondisi mobil, kondisi jalan dan style berkendara sangat mempengaruhi konsumsi BBM All New Toyota Fortuner.

Cara Kami Menguji Keiritan Bahan Bakar

Dalam pengujian bahan bakar kali ini bisa dibilang cukup standar. Ada dua cara untuk mengukurnya yaitu:

1. Perjalanan Rute Dalam Kota

Pada rute dalam kota, putaran roda gigi dan percepatan mobil Fortuner Toyota tidaklah stabil, karena faktor kemacetan dan lampu merah. Rute dalam kota ini diperuntukkan untuk orang-orang yang bepergian dalam jarak yang tidak jauh dan atau banyak berhenti. Lonjakan akselerasi dan fluktuasi kecepatan mobil Fortuner baru menjadi salah satu faktor yang harus diperhatikan. Belum lagi penggunaan RPM yang tinggi menjadi salah satu faktor meningkatnya konsumsi BBM.

Penasaran, Seirit Apa Sih Konsumsi BBM All New Toyota Fortuner? 01

Pengujian tingkat konsumsi bahan bakar Toyota Fortuner

2. Perjalanan Rute Luar Kota

Lain cerita lagi untuk perjalanan jarak jauh. Di rute ini, putaran roda gigi dan kecepatannya relatif lebih stabil karena melewati jalur toll yang bebas hambatan. Dengan kecepatan yang stabil, beban performa Toyota Fortuner yang diberikan pada mesin lebih berkurang.

Toyota Fortuner Generasi Pertama

Sebelum mengulas tingkat konsumsi BBM pada All New Toyota Fortuner, mari lihat berapa tingkat konsumsi bahan bakar yang dimiliki Toyota Fortuner generasi sebelumnya. Seperti kita ketahui bersama Toyota All New Fortuner kini dilengkapi dengan 2 mesin baru. Masing-masing adalah mesin bensin 2 TR with Dual VVT-i dan mesin diesel 2GD-FTV. Keduanya menggantikan mesin-mesin versi terdahulu yakni 2TR VVT-i dan 2KD-FTV.

Penasaran, Seirit Apa Sih Konsumsi BBM All New Toyota Fortuner? 02

Toyota Fortuner facelift generasi pertama

Mesin Toyota mobil Fortuner baru diesel 2GD-FTV memiliki kapasitas 2.300cc yang 100cc lebih kecil dari pendahulunya, meski dari segi tenaga justru lebih tinggi. Namun sayangnya, hal ini tidak didukung saat melakukan test akselerasi. Apabila mesin terdahulunya dengan kode mesin 2KD-FTV mampu melesat 0-100 Km/Jam dalam waktu 12,4 detik, mesin 2GD-FTV hanya mampu melesat dalam waktu 12,8 detik saja.

Konsumsi Bahan Bakar Toyota Fortuner Generasi Pertama

Pada rute dalam kota Toyota Fortuner dengan kode mesin 2KD-FTV memiliki tingkat konsumsi BBM sebesar 9 Km/Liter. Dijalur yang cukup padat dan percepatan yang tidak stabil memang memaksa mesin untuk bekerja lebih keras.

Sedangkan untuk rute luar kota, tercatat Toyota Fortuner mengkonsumsi BBM sebesar 12 Km/Liter. Jalur yang lengang dan tidak terburu-buru menginjak gas memang menjadi faktor utama untuk menghemat tingkat konsumsi BBM.

Lantas, bagaimana dengan konsumsi bahan bakar All New Toyota Fortuner terbaru?

Perbandingan Konsumsi Bahan Bakar All New Toyota Fortuner Bensin vs Diesel

Kini beralih pada generasi penerusnya. All New Toyota Fortuner hadir dengan mengusung dua tipe mesin. Tipe SRZ dengan bahan bakar Bensin dan VRZ dengan bahan bakar Diesel. Kedua tipe ini datang dengan fitur utama untuk untuk mengatur tingkat konsumsi BBM. 2 pilihan pengaturan yaitu Eco Mode dan Power Mode.

Dalam pengujian kali ini, pengaturan yang digunakan adalah Eco Mode. Dalam pengaturan ini tingkat konsumsi bahan bakar ditekan dengan mengorbankan sedikit performa mesin.

Penasaran, Seirit Apa Sih Konsumsi BBM All New Toyota Fortuner? 03

Tampilan garang All New Toyota Fortuner

Banyak orang mengira dengan body yang kekar dan garang serta mesin besar membuat mobil ini boros. Tipe pilihan bensin menjadi tidak terlalu disegani, tapi apakah benar seperti demikian?

1. Konsumsi Bahan Bakar All New Toyota Fortuner Bensin

Langsung menuju pengujian konsumsi bahan bakar untuk tipe mesin Bensin. Pada rute dalam kota, terjadi fluktuasi konsumsi BBM. Di jalur padat dan sering tersendat, konsumsi bahan bakar Toyota Fortuner tercatat hanya sebesar 9,6 Km/Liter.

Beda lagi pada rute luar kota. Dengan kecepatan yang stabil dan Cruising pada jalur cepat dan panjang membuat tingkat konsumsi bahan bakar sangat hemat. Tercatat hanya mengkonsumsi sebesar 11,7 Km/Liter.

Penasaran, Seirit Apa Sih Konsumsi BBM All New Toyota Fortuner? 04

Multi Information Display (MID) menunjukkan konsumsi bahan bakar yang tergolong irit

2. Konsumsi Bahan Bakar All New Toyota Fortuner Diesel

Sekarang kita beralih pada model All New Toyota Fortuner berbahan bakar diesel. Tipe VRZ masih menjadi primadona di antara model-model Toyota Fortuner lainnya. Dengan tangki bahan bakar sebesar 80 Liter, tentu banyak orang beranggapan bahwa untuk urusan keiritan bahan bakar, diesel yang menjadi juara. Apakah benar demikian? berikut hasil pengujiannya.

Penasaran, Seirit Apa Sih Konsumsi BBM All New Toyota Fortuner? 05

Mesin diesel pada Toyota Fortuner lebih hemat, apakah benar?

Pada rute dalam kota memang lebih banyak menggunakan putaran gigi bawah. Konsumsi BBM All New Toyota Fortuner relatif boros. Pengujian yang dilakukan di dalam kota yang sepanjang perjalanan banyak melakukan stop and go, menunjukkan performa yang cukup buruk. All New Toyota Fortuner mengkonsumsi BBM 12,2 Km/Liter.

Sedangkan pada rute luar kota All New Toyota Fortuner memiliki tingkat konsumsi BBM 16,4 Km/Liter. Cukup mengesankan bukan? Dengan dapur pacu dan performa yang garang, konsumsi BBM dari Toyota Fortuner salah satu mobil SUZ terbaik mampu ditekan. Faktor yang sangat berpengaruh disini adalah putaran RPM yang cenderung tidak naik turun serta saat cruising jarak jauh dengan kecepatan stabil membuat Konsumsi BBM All New Toyota Fortuner menjadi jauh lebih irit.

Konsumsi Bahan Bakar Toyota Fortuner
MODEL RUTE DALAM KOTA RUTE LUAR KOTA
Toyota Fortuner Generasi Pertama 9 Km/Liter 12 Km/Liter
Toyota Fortuner Terbaru (Bensin) 9,6 Km/Liter 11,7 Km/Liter
Toyota Fortuner Terbaru (Diesel) 12,2 Km/Liter 16,4 Km/Liter

Kesimpulan

Ternyata dalam penggunaannya, Konsumsi bahan bakar All New Toyota Fortuner terbilang tidak terlalu “haus” apabila dibandingkan dengan generasi pendahulunya.

Memang, dengan harga mobil sebesar Rp. 492 jutaan, tingkat konsumsi BBM bukanlah prioritas utama. Namun dengan keunggulan ini, Toyota Fortuner mampu menarik minat para calon pembeli. Selain segi hemat biaya BBM, terlalu sering keluar masuk SPBU untuk mengisi bahan bakar dirasa kurang nyaman. Namun jangan khawatir, karena All New Toyota Fortuner memiliki kapasitas tangki bahan bakar sebesar 80 Liter.

Dari pemaparan singkat tentang Konsumsi BBM All New Toyota Fortuner, dapat disimpulkan bahwa Toyota mobil Fortuner baru dengan bahan bakar diesel dirasa lebih irit bahan bakar. Namun bukan berarti model yang lain lebih buruk,semua kembali ke pilihan masing-masing. Banyak faktor yang harus diperhatikan saat menguji tingkat konsumsi bahan bakar.

Selain kondisi jalan dan kondisi mobil, perilaku berkendara sangatlah berpengaruh terhadap tingkat konsumsi BBM. Selalu jaga putaran mesin agar tidak terlalu tinggi, dan pastikan anda bermain pada economic speed kisaran 60-80 Km/Jam. Dijamin efisiensi BBM akan jauh lebih irit daripada asal injak pedal gas saja.

Franky

Berhati-hatilah dalam membuat keputusan yang benar di hadapan semua orang

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

2021 Toyota Fortuner 2.4 G M/T 4x2

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil