window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Penasaran Sejarah Mobil Morries Pilik Raffi Ahmad? Cek Sekarang!

Rezky Yusuf · 16 Mar, 2020 17:00

Mobil Morris merupakan salah satu Mini Cooper. Tahukah Anda bahwa Mini merupakan salah satu mobil paling berpengaruh di abad ke-20 pada tahun 1999? Yah, posisi Mini berada di belakang Ford Model T, tetapi berada di depan Volkswagen Beetle dan Citroën DS pada masa itu.

Mobil Morris bahkan muncul di film “The Italian Job” tahun 1969, yang terkenal dengan trio Mini dalam pengejaran epik penutupannya. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

 

Selain itu, mobil Mini ini kembali terkenal karena Raffi Ahmad, seorang selebriti Indonesia yang baru saja membeli mobil ini.

Sekilas Sejarah Mini

Mini merupakan mobil ekonomi kecil yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1959. Mobil ini diproduksi oleh British Motor Corporation dan sempat dianggap sebagai ikon Inggris pada tahun 1960-an.

Dengan interior yang inovatif dan mesin yang melintang ke depan, mobil ini memberi kenyamanan penuh bagi penumpangnya dan berpengaruh besar bagi pada seluruh generasi produsen mobil.

Desain khasnya di desain oleh Sir Alec Issigonis untuk British Motor Corporation dan dibuat di beberapa pabrik mobil di seluruh dunia.

Kembali ke Saat Ini

Dan mobil Mini ini dimiliki oleh Raffi Ahmad yang terkenal sebagai salah satu selebriti tanah air yang memiliki sejumlah koleksi mobil mewah. 

Raffi memiliki sekitar 7 atau lebih mobil mewah, antara lain ada Mercedes-Benz G Class G63, Rolls-Royce, Lamborghini Aventador, Toyota Alphard, Lamborghini Silver dan mobil mewah lainnya beserta beberapa kendaraan roda dua yang dibanderol dengan harga fantastis.  

Sebagai pengoleksi mobil mewah, Raffi Ahmad baru-baru ini mulai mengoleksi mobil klasik Andre Taulany yang dibanderol dengan harga Rp 700 juta. 

Mobil klasik itu adalah Mini Morris MK1 tahun 1961 yang sudah direstorasi oleh Andre Taulany. 

Penasaran Sejarah Mobil Morries Pilik Raffi Ahmad? Cek Sekarang! 01

Mini Morris MK1 ini merupakan mobil pertama pabrikan Mini Cooper yang dirilis pada bulan Juli 1961 silam. Raffi Ahmad mengatakan bahwa setelah membeli mobil klasik ini akan memberi modifikasi untuk mobilnya. 

Pada bagian depan mobil ini akan diberi cat warna kuning dan bagian bodi belakang yang diberi warna kombinasi merah.Lalu, Raffi Ahmad juga berpikir akan menambahkan bendera Inggris atau Indonesia di bagian atap mobil untuk menambahkan kesan grafis. 

Raffi Ahmad mengatakan bahwa setelah dimodifikasi, Mini Morris MK1 akan digunakan sebagai transportasi antar-jemput sekolah untuk anaknya, Rafathar. 

Latar belakang Raffi Ahmad membeli mobil Morris MK1 dar Andre Taulany

Sebenarnya tujuan kedatangan Raffi ke rumah Andre Taulany bukanlah untuk membeli mobil, melainkan ingin mengajak membuat podcast bersama. 

Namun ketika Raffi melihat mobil klasik koleksi Andre, dia langsung suka dan dengan nada bercanda Raffi menawar mobil yang asalnya dari Inggris itu dan mengatakan bahwa anaknya, Rafathar menyukai mobil itu ketika menonton film komedi Mr. Bean. 

Andre Taulany awalnya tidak ingin melepaskan mobil Morris Mini Cooper MK1 yang merupakan kesayangan anaknya dan sangat sulit untuk membangunnya. Biaya memodifikasi mobil itu mencapai Rp 500 juta dan banyak komponennya yang diimpor langsung dari Inggris. 

Raffi Ahmad sempat menawar mobil itu dengan harga Rp 600 juta karena perkiraan biaya untuk mobil ini menurut Andre sekitar Rp 500 juta. Namun setelah bernegosiasi dengan sang anak, Kenzy, akhirnya Andre mau melepas mobil berkelir hijau itu dengan biaya Rp 700 juta. 

Penasaran Sejarah Mobil Morries Pilik Raffi Ahmad? Cek Sekarang! 02

Sebenarnya Andre awalnya tidak membeli mobil klasik itu dengan kondisi bagus seperti itu. Pembawa acara Talkshow ini membeli bahan mobil dengan harga yang diperkirakan sekitar Rp 200 juta. 

Lalu, ditambah dengan ongkos restorasi dan pembelian komponen dari luar negeri yang menghabiskan biaya sekitar Rp 500 juta.

Tapi dibanderol dengan harga Rp 700 juta, ini memang merupakan harga yang cukup fantastis bagi rakyat jelata. Meskipun tidak sanggup membeli, tapi kita bisa cuma melihat saja bukan? Melihat gratis kok, tidak perlu keluar uang!

Spesifikasi mobil Morris Mini Cooper MK1

Morris Mini Cooper MK1 yang resmi dibeli Raffi Ahmad merupakan mobil yang diproduksi sekitar tahun 1959 sampai 1966-an. 

Tampilan mobil ini cukup ikonik dan desain khas Mobil Morris ini masih diminati oleh para kolektor mobil di Indonesia. 

Salah satu desain khas adalah penggunaan kaca geser pada pintu kemudi dan penumpang yang berada disampingnya. Mobil ini dirancang oleh Sir Alec Issigonis bersama dengan pembalap dan Ir. John Cooper pada tahun 1959. 

Penasaran Sejarah Mobil Morries Pilik Raffi Ahmad? Cek Sekarang! 03

Mobil ini dibekali dengan mesin yang memiliki kapasitas 997 cc dan dilengkapi dengan transmisi manual 4-speed. 

Mobil mampu menghasilkan tenaga maksimal 55 bhp per 6000 rpm dan torsi maksimal 55 lb-ft per 3600 yang disalurkan melalui sistem penggerak roda depan atau yang disebut sebagai Front Wheel Drive (FWD). 

Mini Morris MK1 ini mampu mencapai kecepatan 141 km/jam dengan akselerasi 0-96 km/jam dalam waktu 18 detik.

Merupakan salah satu mobil mewah Raffi Ahmad dan memiliki sejarah yang cukup panjang juga. Raffi tertarik karena desainnya yang klasik dan direstorasi dengan komponen impor dari Inggris. 

Mantap bukan? Apalagi dikabarkan bahwa mobil ini merupakan generasi pertama dari Mini Cooper, cukup Wow ya pemirsa. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

MINI 3-Door GT Edition

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil