Perbandingan Biaya Perawatan Land Rover Range Rover Vs BMW X5, Siapa Pemenangnya?

Franky · 5 Jul 2020 10:00

Land Rover Range Rover Indonesia dikenal sebagai salah satu mobil premium 4x4 keluaran Inggris berjenis SUV (Sport Utility Vehicle). Sosoknya tergolong eksklusif karena mempunyai harga tinggi di kisaran Rp3,7 miliar. Mobil ini memiliki spesifikasi Wheelbase 2.681 mm dengan panjang keseluruhan mencapai 4.972 mm, lebar 2.216 mm dan tinggi 1.877 mm.

Ada jenis Land Rover Range Rover lainnya, yakni Range Rover Evoque. Harga Range Rover Evoque dibanderol dengan biaya sekitar Rp1,7 miliar. Harga Range Rover Evoque 2020 tersebut masih berstatus off the road dan kemungkinan banderolnya akan jauhh lebih mahal tergantung dari aksesori atau fitur tambahan yang ingin konsumen sematkan ke Range Rover Evoque 2020. Ini tidak beda jauh dengan harga Range Rover Evoque 2019. Terlepas dari situ, ada satu hal yang menarik dari harga yaitu kenaikannya tidak terlalu tinggi dibanding Range Rover Evoque model terdahulu.

Hampir sama dengan BMW X5 yang memiliki dimensi Wheelbase (LWB) 3.122 mm. Bodinya terlihat maskulin, menerapkan dimensi panjang 4.371 mm, lebar 2.125 mm, dan tinggi 1.868 mm.

Melihat dimensi bodi yang dimiliki, BMW X5 terbilang cukup pantas untuk dijadikan tandingan Land Rover Range Rover Indonesia. Sehingga, BMW X5 kerap menjadi kompetitor Land Rover Range Rover dalam segi komparasi. Untuk kisaran harga sendiri, BMW X5 memiliki harga yang lebih rendah yakni di angka Rp2,3 miliar.

Perbandingan Biaya Perawatan Land Rover Range Rover Vs BMW X5

Ditinjau dari segi dimensi bodi, BMW X5 memang terlihat sedikit lebih besar ketimbang Land Rover. Tapi jangan salah, keduanya punya dimensi Wheelbase yang mirip. Tak heran, akhirnya banyak konsumen membandingkan keduanya.

Di kesempatan kali ini, kami tak akan membandingkan keduanya secara keseluruhan, tapi lebih kepada soal biaya perawatan. Kira-kira dari keduanya, siapa yang paling hemat? Berikut kita simak bersama, Perbandingan Biaya Perawatan Land Rover Range Rover Indonesia Vs BMW X5.

1. Biaya Perawatan Land Rover Range Rover

Dari data resminya, Land Rover Range Rover Indonesia adalah mobil SUV yang menawarkan berbagai tipe mesin yakni 3.0 Liter V6, 5.0 Liter V6 dan PHEV. Memang, mobil satu ini punya kelebihan soal tenaganya yang unggul, sehingga mampu untuk diajak berjalan di perkotaan maupun Offroad.

Tersedia pula 2 model utama bagi Land Rover Indonesia Range Rover, model Standard Wheelbase (SWB) dan Long Wheelbase (LWB). Nah, versi LWB inilah yang menjadi pesaing utama dari BMW X5.

Dua model Land Rover Range Rover, dibedakan dari dimensi Wheelbase

Kembali ke pembahasan biaya perawatan, sebagian besar interval layanan Land Rover Range Rover berada di kisaran jarak tempuh 25.000 km sampai dengan 50.000 Km atau setidaknya setahun sekali.

Terkait dengan hal tersebut, berapakah estimasi biaya perawatan Land Rover Range Rover yang dikeluarkan dalam tiap jarak tempuh tersebut?

Pada jarak tempuh 25.000 Km, akan diperlukan penggantian filter oli bak mesin dan filter udara kabin. Biaya filter oli dipatok dengan harga Rp. 250.000, oli mesin 6 Liter Rp1,6 juta, Tune-Up Chemical Rp175.000, jasa penggantian oli Rp150.000 dan jasa Tune-Up Rp350.000. Sehingga estimasi biaya yang dikeluarkan berada di kisaran Rp6,5 Juta.

Komponen rem harus dirawat dengan melakukan penggantian secara rutin

Selanjutnya, di jarak tempuh 50.000 Km, akan diperlukan pemeriksaan sistem kemudi, pemeriksaan selang Power Steering, inspeksi saluran bahan bakar, pemeriksaan Driveshaft, pemeriksaan sistem rem, dan penggantian kampas rem.

Untuk rincian detailnya terdiri dari kampas rem depan 2 unit seharga Rp8,5 juta, kampas rem belakang 2 unit senilai Rp5,2 juta serta jasa ganti kampas rem Rp600.000. Total biaya yang harus dikeluarkan berkisar Rp14,3 juta.

Penggantian oli mesin sebaiknya dilakukan sesuai jadwal yang ditentukan

Ada pula tambahan biaya ketika melakukan penggantian Sensor Brake Pad depan dan belakang, seharga Rp1 juta, Brake Pads Replacement Rp1,5 juta dan penggantian busi mobil senilai Rp5 juta. Komponen lain seperti kuras Air Radiator juga sebaiknya diganti setiap tahun untuk menjaga suhu mobil dan mencegah terjadinya Overheating. Perkiraan biaya mengganti radiator adalah Rp100 ribu saja.

Jadi, estimasi biaya perawatan dan pemeliharaan yang dikeluarkan untuk mobil Land Rover Range Rover dalam setahun ini berkisar dari Rp20 jutaan.

2. Biaya Perawatan BMW X5

Selanjutnya, akan dibahas biaya perawatan dari kompetitor utama Land Rover, yakni BMW X5. Sedikit penjelasan, BMW X5 merupakan mobil generasi pertama perusahaan otomotif BMW kelas atas berjenis SUV crossover mid-size.

BMW X5 menawarkan beberapa model berbeda dengan kekuatan mesin yang berbeda-beda pula. Salah satunya adalah 3.0i, yakni model pertama yang dirilis pada tahun 2000-2006. Model ini menggunakan mesin berkapasitas 3 Liter yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 228 Hp dan torsi sebesar 300 Nm pada 3.500 rpm, sehingga terbilang cukup unggul dalam segi ketahanan tenaganya.

Inilah sosok menawan dari BMW X5

Kembali ke pembahasan awal, hal yang perlu diperhatikan pada saat jarak tempuh telah mencapai 15.000 Km hingga 25.000 Km adalah dilakukannya pengecekan mobil, yang diantaranya; Inspeksi rem, pemeriksaan tekanan ban, Jasa tune up (busi Rp175 ribu, kalibrasi injector Rp350 ribu, STP Cleaner Rp325 ribu filter udara LX 622/LX 422 Rp250 ribu, filter bensin (3.000 cc) Matile Rp650 ribu. Estimasi biaya yang dikeluarkan untuk keseluruhan adalah sekitar Rp1,75 juta.

Selanjutnya, pada jarak tempuh sekitar 50.000 Km, perlu dilakukan ganti oli transmisi dan pembersihan filter Rp1,5 juta. Penggantian kampas rem Textar dan Hella Pagid sendiri menghabiskan biaya Rp1,3 juta. Komponen lain seperti Arm atas dan bawah Lemforder seharga Rp2 juta.

Begitu juga soal Arm atas dan bawah SWAG Rp2 juta. Arm belakang lurus dan bengkok juga perlu direvitalisasi, senilai Rp2 juta. Selain itu, tersedia juga tambahan biaya untuk Shockbreaker depan Bilstein Rp4,5 juta, Shockbreaker depan BOGE Rp, selang radiator Rp475 ribu, Cooling Coil BMW Rp550 ribu.

Jadi, estimasi biaya perawatan yang dikeluarkan untuk BMW X5 ini kurang lebih sebesar Rp15 juta. Namun perkiraan harga ini tidak dapat dipastikan sama rata bagi para pemilik mobil. Karena, harga akan menyesuaikan kebutuhan dan masing-masing dealer.

Kesimpulan

Dari ulasan di atas, dapat disimpulkan bahwa perkiraan biaya perawatan dan pemeliharaan yang dikeluarkan untuk mobil Land Rover Range Rover Indonesia dalam setahun memiliki perkiraan biaya sebesar Rp20 juta. Sedangkan untuk perkiraan biaya pemeliharaan dan perbaikan BMW X5 dalam setahun adalah sebesar Rp15 juta.

Perbandingan Biaya Perawatan Land Rover Range Rover VS BMW X7

MODEL

TOTAL BIAYA

25.000 Km

Land Rover Range Rover

Rp. 6,5 juta

BMW X7

Rp. 1,75 juta

50.000 Km

Land Rover Range Rover

Rp. 20 juta

BMW X7

Rp. 15 juta

Perlu dicatat bahwa informasi di atas bersifat sebagai referensi umum. Lantaran, perkiraan biaya yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan berdasarkan kebijakan tiap-tiap dealer dan perusahaan otomotif yang bersangkutan.

Komentar