window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Perbandingan Daihatsu Terios dan Suzuki XL7, Pemain Lama vs Pendatang Baru

Yongki Sanjaya · 10 Mei, 2020 13:00

Perbandingan Daihatsu Terios dan Suzuki XL7, Pemain Lama vs Pendatang Baru 01

Jakarta - Daihatsu Terios bisa dibilang sebagai salah satu model SUV yang sudah cukup lama eksis di Indonesia. Mobil ini melanjutkan tongkat estafet model SUV Daihatsu pasca ditinggalkan oleh Daihatsu Taruna. Sebagai pemain lama, Daihatsu Terios mendapat banyak rival, Salah satunya Suzuki XL7, bagaimana perbandingan keduanya?

Tidak bisa dipungkiri, Segmen Sport Utility Vehicle (SUV) di Indonesia terus berkembang. Hampir setiap pabrikan terus menghadirkan model terbaru di segmen ini karena pangsa pasar yang lagi naik daun. Baik Daihatsu Terios ataupun Suzuki XL7, keduanya memiliki kelengkapan khas SUV, yang mampu menggoda masyarakat.

Kedua model Daihatsu Terios ataupun Suzuki XL7 tersebut juga memiliki basis dari MPV yang dikembangkan sebagai sebuah SUV serba guna. Hal pertama yang tentunya dicari konsumen Indonesia dari sebuah SUV ialah desain atau penampilan dari mobil tersebut. Keduanya punya fisik macho dengan banyak garis detail bodi yang gagah.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Desain Terios ataupun XL7 dipercantik dengan aksen krom di beberapa bagian. Pada Terios tipe R Deluxe, aksen krom hadir di muffler tip, lis jendela samping dan belakang, grille dan bezel fog lamp. SUV jagoan Daihatsu ini juga mendapat penambahan side stone guard ornamen yang memperkuat kesan tegas.

Perbandingan Daihatsu Terios dan Suzuki XL7, Pemain Lama vs Pendatang Baru 01

Terios menjadi penyempurnaan untuk SUV 4X2 yang menggabungkan kemampuan melibas jalanan yang rusak dan nyaman untuk dipakai harian. All New Daihatsu Terios juga menjadi alternatif model bagi konsumen Daihatsu yang ingin naik kelas dari Daihatsu Xenia. Bicara soal ketangguhan, Daihatsu selama ini selalu membuktikan kemampuan Terios di ajang Daihatsu Seven Wonders yang menyiksa Terios hingga ke pelosok Indonesia. 

Tampilan All New Terios mengalami perubahan yang signifikan yang lebih sporty. Gril kini lebih lebar dan menyatu dengan lampu utama. Tak ada lagi “konde” ban serep di pintu belakang Terios. Ban cadangan Terios di simpan di bawah yang tak nampak dari sisi luar.

Sosok Suzuki XL7, Penantang Daihatsu Terios 

Suzuki XL7 adalah versi SUV dari Ertiga sehingga desainnya punya banyak kemiripan. Sebagai pendatang baru, XL7 juga mengadopsi panel krom di beberapa bagian seperti crossbar front grille, door handle, dan number plate garnish.

Perbandingan Daihatsu Terios dan Suzuki XL7, Pemain Lama vs Pendatang Baru 02

Suzuki XL7 hadir dengan desain bold dan gagah dengan konfigurasi tujuh tempat duduk.  SUV ini juga berbasis platform HEARTECT yang membuat kendaraan jauh lebih ringan namun tetap kokoh. Sistem pencahayaan utama juga mengadopsi LED. 

Perbandingan Spesifikasi Daihatsu Terios dan Suzuki XL7

Perbandingan Daihatsu Terios dan Suzuki XL7, Pemain Lama vs Pendatang Baru 03

Suzuki XL7 dibekali mesin K15B berkapasitas 1.462 cc yang dapat menghasilkan daya sebesar 104,7 PS pada putaran 6.000 rpm serta torsi maksimal 138 Nm pada putaran 4.400 rpm. Sebagai informasi, Suzuki XL7 memakai sistem penggerak roda depan. 

Daihatsu masih percaya diri dengan mesin 2NR-VE 1.500 cc dari generasi sebelumnya. Konfigurasi ini menghasilkan tenaga tenaga 104 PS di putaran mesin 6.000 rpm dan torsi 136,3 Nm pada 4.200 rpm. 

Mesin Daihatsu Terios ini dikenal irit, namun tetap memiliki performa yang optimal. Tidak seperti XL7, Terios didukung dengan sistem penggerak roda belakang. 

Spesifikasi jadul ini dipertahankan Daihatsu karena sudah terbukti ketangguhannya. Penggerak roda belakang dinilai lebih mampu melahap jalan tanjakan yang cukup sulit daripada penggerak roda belakang. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Daihatsu Terios X M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil