window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Perbandingan Keasyikan Mengemudi Suzuki Baleno Hatchback dengan Toyota Yaris

Alex · 22 Jun, 2020 12:00

Perbandingan Keasyikan Mengemudi Suzuki Baleno Hatchback dengan Toyota Yaris 01

Suzuki Baleno Hatchback saat ini dijual dengan range harga Rp 230 sampai Rp 240 jutaan. Sebagai sebuah hatchback, tentu pengendalian dan pengalaman mengemudi mobil ini sangatlah diidam-idamkan.

Di Indonesia, New Suzuki Baleno tersedia dalam dua varian, yakni Suzuki Baleno M/T dan Suzuki Baleno A/T. Harga Suzuki Baleno berkisar dari Rp 230 juta hingga Rp 242 jutaan. Ini merupakan harga Baleno 2020. Saudara New Baleno dari pabrikan yang sama, yakni Suzuki Ignis. Mobil Suzuki Ignis memiliki total 4 tipe. Harga mobil Suzuki Ignis terbaru berkisar dari Rp 170 juta hingga Rp 200 juta. Ini merupakan harga Ignis 2020. Konsumen juga bisa melihat harga promo Suzuki Ignis dan mobil Suzuki Indonesia lainnya di situs otomotif.

Baleno Hatchback sendiri terkenal akan harganya yang cukup ekonomis di kelasnya. Produk Suzuki Indonesia satu ini masuk ke dalam kelas compact hatchback yang salah satu musuhnya adalah Toyota Yaris baru.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Harga New Toyota Yaris berkisar dari Rp 259 juta hingga Rp 291 jutaan. Ini merupakan harga mobil Yaris terbaru 2020. Sekilas info saja, saudara Toyota Yaris New, yakni Toyota Alphard memiliki 3 varian dengan harga berkisar dari Rp 1,04 Milyar hingga Rp 1,95 Milyar. Ini merupakan harga mobil Alphard 2020.

Perbandingan Keasyikan Mengemudi Suzuki Baleno Hatchback dengan Toyota Yaris 01

Jika bicara harga, New Suzuki Baleno Hatchback tentu lebih murah dibanding mobil Yaris baru. Lantas bagaimana perbandingan mengemudi Baleno Hatchback dengan Toyota Yaris New?

Untuk itu, dalam artikel ini kita akan kupas perbandingan mengemudi dua compact hatchback ini. Dalam memulai perbandingan keasyikan mengemudinya, bisa kita awali dari melihat karakteristik mesinnya masing-masing.

Perbandingan Keasyikan Mengemudi Suzuki Baleno Hatchback dengan Toyota Yaris 02

Suzuki membekali New Baleno Hatchback dengan mesin yang kapasitasnya cukup kecil di kelasnya, hanya 1.373 cc. Tenaga puncak mobil ini mencapai 91 HP. Sementara mobil Yaris baru ternyata lebih powerful.

Dengan modal mesin berkapasitas bersih 1.496 cc, mobil Yaris baru bisa mengail tenaga puncak sampai di angka 105 HP. Dari sisi tenaga tentu Baleno Hatchback kurang mengasyikkan untuk mengejar kecepatan tinggi ketimbang mobil Yaris New.

Perbandingan Keasyikan Mengemudi Suzuki Baleno Hatchback dengan Toyota Yaris 03

Bagaimana dari segi torsi? Dapur pacu mobil Suzuki Indonesia mobil New Suzuki Baleno Hatchback diklaim mampu merilis torsi maksimum di angka 130 Nm. Lagi-lagi angka tersebut lebih rendah dari mobil Yaris New. Sebab compact hatchback kebanggaan Toyota itu mampu mengail torsi sampai 140 Nm.

Bicara teknologi mesin, kedua hatchback ini sama-sama mengusung teknologi Dual Over Head Camshaft (DOHC). Namun memang ada kelebihan pada mesin Yaris baru, sudah ada teknologi Dual VVT-i yang membuatnya kian asyik dikendarai, terutama bagi pecinta kecepatan.

Perbandingan Keasyikan Mengemudi Suzuki Baleno Hatchback dengan Toyota Yaris 04

Untuk menambah unsur fun to drive tentu opsi varian dua pedal alias matic wajib Anda pilih dari mobil ini. Nah, bicara transmisi juga menarik. Sebab keduanya punya perbedaan yang membuat mobil Yaris lagi-lagi unggul.

Dengan transmisi otomatis berteknologi continuously variable transmission (CVT), tentu mengendarai Toyota Yaris akan lebih asyik. Mulai dari kehalusan perpindahan gigi, kehematan bahan bakar dan kepresisian harusnya bisa dicapai lebih baik ketimbang New Suzuki Baleno Hatchback matic yang belum menganut CVT.

  Baleno Yaris
Kode K14B 2NR-FE
Kapasitas 1.373 cc 1.496 cc
Tenaga  91 HP 105 HP      
Torsi 130 Nm 105 HP

Keseruan berkendara juga makin sulit dikejar Baleno Hatchback berkat adanya fitur paddle shift di Toyota Yaris. Sedangkan Suzuki hanya sebatas memberi tombol audio steering switch dan engine start-stop button dalam menghadirkan keasyikan berkendara di New Baleno Hatchback. Tentu dua fitur itu juga dimiliki mobil Yaris Toyota New.

Untuk urusan bantingan suspensi, sebenarnya kedua hatchback ini menggunakan spesifikasi serupa. Namun pengendalian lebih mantap disajikan oleh Toyota Yaris. Keduanya sama-sama pakai suspensi depan tipe Macpherson Strut dan suspensi belakang Torsion Beam.

Kesimpulan

Dari segi mesin, teknologi dan fitur bisa disimpulkan bahwa New Baleno Hatchback sulit menyaingi Toyota Yaris New. Namun bagi Anda yang bermodal terbatas namun tetap mengidamkan keasyikan berkendara khas compact hatchback tentu mobil New Suzuki Baleno Hatchback jawabannya.

Alex

Seorang mantan product planner and researcher, sangat menyukai data dan semua yang berbau kutu buku. Mobil-mobil favoritnya adalah mobil analog dengan enam silinder

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Suzuki Baleno 2020 MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil