Perbandingan Kelegaan & Kepraktisan Toyota 86 Vs Honda Civic Type R, Siapa Juaranya?

Franky · 17 Jul 2020 12:00

Toyota 86 adalah mobil sport kupe berukuran kompak hasil kolaborasi antara Toyota dan Subaru. PT Toyota Astra Motor (TAM) memperkenalkan mobil Toyota 86 di Indonesia pada tanggal 1 Juni 2012. Harga Toyota 86 sendiri dibanderol di kisaran Rp. 768,75 sampai Rp. 809,95 juta, Toyota 86 termasuk dalam kelas mobil sport dengan bentuk rangka 2-Door kupe, mobil ini merupakan mobil sport pertama yang resmi dijual oleh Toyota.

Toyota 86 tersedia dalam 3 varian. Harga mobil Toyota 86 berkisar dari Rp 776 juta hingga Rp 817 jutaan. Ini merupakan harga Toyota 86 2020. Apalagi mobil Toyota 86 bekas dengan harga yang lebih rendah menjadi komoditas menarik di pasar mobil bekas.

Harga yang bisa dibilang tinggi tentu menjadi pertimbangan Anda dalam memilih mobil ini. Namun, Anda bisa memilih alternatif lain seperti membeli versi bekasnya. Harga mobil Toyota 86 bekas sendiri dibanderol sekitar Rp. 650 jutaan hingga Rp. 700 jutaan.

DAFTAR HARGA TOYOTA 86 2020
Toyota 86 Manual Rp. 775.75 Juta
Toyota 86 Automatic Rp. 782.15 Juta
Toyota 86 Automatic TRD Rp. 816.95 Juta

Sementara hadir sebagai kompetitor Toyota 86, sebut saja Honda Civic, merupakan mobil yang diproduksi oleh PT Honda Prospect Motor yang pertama kali diperkenalkan pada Juli 1972 sebagai kupe 2 pintu. Honda Civic sendiri ditawarkan dengan harga mulai dari Rp. 533 jutaan. Mengetahui potensi Civic yang besar untuk jadi mobil performa tinggi, Honda akhirnya membuat tipe tertinggi dari Civic yaitu New Honda Civic type R.

New Honda Civic Type R tersedia dalam 1 varian saja. Honda Civic Type R harganya berkisar Rp 1,07 Milyar. Ini merupakan harga Honda Civiv Type R di tahun 2020. Dilihat dari harga mobil Civic terbaru ini, dapat dikatakan bahawa New Honda Civic turbo Hatchback type R ini termasuk dalam mobil kelas premium.

DAFTAR HARGA HONDA CIVIC TYPE R 2020
Honda Civic Type R 6 Speed MT Rp. 1.067 miliar

Perbandingan Kelegaan & Kepraktisan Toyota 86 Vs Honda Civic Type R

Sementara hadir sebagai kompetitor Toyota 86, sebut saja Honda Civic, merupakan mobil yang diproduksi oleh PT Honda Prospect Motor yang pertama kali diperkenalkan pada Juli 1972 sebagai kupe 2 pintu. New Honda Civic sendiri ditawarkan dengan harga mulai dari Rp. 533 jutaan. Mengetahui potensi Civic yang besar untuk jadi mobil performa tinggi, Honda akhirnya membuat tipe tertinggi dari Civic yaitu New Honda Civic type R yang dipasarkan dengan harga Rp. 1,067 miliar.

Kelegaan dan kepraktisan mobil adalah suatu hal selalu menjadi aspek yang penting bagi sebagian orang, maka dari itu ulasan berikut akan menyisir tentang perbandingan kelegaan dan kepraktisan dua mobil yang berada di kelas sport ini. Keduanya sama sama berada di pasar mobil sport dengan nilai penjualan yang mirip-mirip, maka dari itu layak bagi keduanya untuk diulas perbandingannya.

New Honda Civic dan Toyota 86 telah terkenal bersaing ketat sejak tahun 2017 silam dengan nilai penjualan yang sama yaitu di angka 51 unit dengan Market Share 36,69 persen. Maka dari itu persaingan dua mobil ini tidak berhenti sampai disitu, keduanya tetap menghadirkan fitur yang akan memanjakan konsumen baik dengan pembaruan tampilan desain atau pertambahan fitur kepraktisan mobil.

Kelegaan & Kepraktisan Toyota 86

Begitu Toyota 86 hadir di pasaran, kehadirannya langsung disambut baik oleh pecinta mobil dan membuat konsumen jatuh cinta. Bagaimana tidak, dibanderol dengan harga yang lebih rendah dibanding mobil sekelasnya ditambah dengan performa yang menawan, Toyota 86 2020 menjadi begitu populer di seluruh dunia, khususnya di Indonesia. Seperti penjelasan sebelumnya, harga mobil Toyota 86 sendiri dijual di kisaran Rp. 700 jutaan.

Berikut adalah tampilan menawan dari mobil Toyota 86

Toyota 86 2020 sendiri hadir dengan panjang 4.240 mm, lebar 1.775 mm, tinggi 1.320 mm dan wheelbase 2.570 mm dengan jarak pijak roda depan 1.520 mm, serta bagian belakang 1.540 mm. Dari ukuran dimensi dan kelegaan bisa dibilang mungil, namun fitur praktis mobil ini bisa dapat dikatakan baik dengan adanya glove box atau laci pada dashboard yang dapat menyimpan barang-barang penting.

1. Ruang Kaki Toyota 86

Begitu Anda masuk ke ruang kemudi Toyota 86 2020, Anda akan disambut dengan desain interior kabin depan yang mewah, sporty dan elegan. Untuk baris pertama kelegaan bisa dibilang baik karena menawarkan Leg Room atau ruang kaki yang cukup walaupun pas pasan alias tidak terlalu luas. Tapi hal ini tidak akan mengurangi kenyamanan pengemudi maupun penumpang di baris depan mobil ini. Sayangnya untuk baris kedua bagi penumpang, agaknya ruang kaki mobil ini bisa dikatakan sempit.

Tampak dashboard depan dan kelegaan ruang kaki Toyota 86

2. Ruang Kepala Toyota 86

Untuk headroom atau ruang kepala Toyota 86 2020, lagi lagi tidak terlalu lega tetapi tetap cukup baik dan masih nyaman untuk pengemudi dan penumpang baris depan. Karena memang dirancang sebagai mobil sport 2+2, Toyota 86 memiliki ekstra jok lipat di belakang untuk membawa barang tambahan. Untuk Headroom atau ruang kepala Toyota 86 ini masih tersisa 3 sampai 4 jari yang tentu saja masih nyaman untuk tinggi badan rata-rata orang indonesia.

Tampilan interior Toyota 86 khususnya kelegaan Headroom pengemudi

3. Kapasitas Bagasi Toyota 86

Karena hadir sebagai mobil sport yang mengutamakan performa mesin saat digunakan berkendara, maka untuk kapasitas bagasi Toyota 86 2020 tidak terlalu besar, sehingga sebaiknya Anda tidak membawa banyak barang ketika berkendara menggunakan mobil ini. Meski bagasi Toyota 86 tidaklah terlalu besar namun masih bisa mampu menampung beberapa barang.

Tampilan kapasitas bagasi Toyota 86

4. Fitur Cruise Control pada Toyota 86

Selain kelegaan, fitur kepraktisan pada sebuah mobil pun tak kalah penting bagi para pecinta mobil. Dengan adanya fitur praktis yang mempermudah pengemudi dalam berkendara, tidak dapat dipungkiri jika hal ini dapat mendorong seseorang untuk membeli sebuah mobil. Salah satunya adalah fitur Cruise Control pada mobil Toyota 86 2020.

Fitur Cruise Control pada Toyota 86

Cruise control merupakan salah satu teknologi baru pada mobil yang memiliki fungsi mengatur kecepatan mesin sehingga tetap stabil dan otomatis. Fitur ini memungkinkan mobil yang Anda tumpangi untuk tetap bergerak dengan kecepatan yang stabil tanpa harus terus menginjak pedal gas. Nah dengan membeli Toyota 86, fitur ini pun sudah bisa Anda jumpai pada mobil Toyota 86.

5. Fitur Paddle Shift pada Toyota 86

Fitur praktis Toyota 86 2020 berikutnya yaitu Paddle Shift yang didesain begitu apik dan menambah kesan sporty mobil Toyota 86. Fitur ini sendiri ditandai dengan adanya dua tuas yang berada di balik kemudi yang bertujuan untuk membuat pengendaraan mobil dengan transmisi otomatis seperti layaknya mobil bertransmisi manual. Teknologi ini memungkinkan pengemudi mengoper gigi secara manual dengan cara menekan tuas yang terletak di balik kemudi.

Tampilan fitur praktis Paddle Shift pada Toyota 86

Kelegaan dan Kepraktisan Honda Civic Type R

Nah setelah membahas kelegaan dan kepraktisan mobil Toyota 86, sekarang kita beralih membahas pesaing mobil di kelas sport ini yaitu Honda Civic khususnya pada tipe teratas Civic yaitu Honda Civic Type R.

Tampilan mobil Honda Civic Type R

Lahir dengan ukuran dimensi lebih lega dari Toyota 86, Honda civic hadir dengan panjang 4.557 mm, lebar 2.076 mm, tinggi 1.421 mm dengan ukuran wheelbase 2.700 mm dengan jarak pijak roda depan 1.547 mm, serta bagian belakang 1.563 mm.

Secara kelegaan Honda Civic Type R memang lebih unggul dari Toyota 86, namun apakah fitur kepraktisannya juga unggul? Mari kita simak ulasan tentang Honda Civic Type R di bawah ini.

1. Ruang Kaki Honda Civic Type R

Begitu Anda masuk ke ruang kabin depan Honda Civic Type R, kelegaan yang ditampilkan mobil ini tergolong cukup lega, leg room atau ruang kaki yang tersedia masih baik walaupun tidak bisa dibilang sangat luas. Namun masih sangat nyaman digunakan untuk berkendara mengingat presisi desain yang sudah dibuat senyaman mungkin bagi pengemudi.

Inilah visual kelegaan leg room (ruang kaki) kabin depan Honda Civic Type R

2. Ruang Kepala Honda Civic Type R

Memiliki tinggi mobil 1.421 mm, maka ruang kepala yang dihadirkan oleh New Honda Civic Type R masih sangat nyaman bagi penumpang terutama di bagian depan. Kelegaan dari ruang kepala atau headroom dari mobil ini pun masih tersedia sekitar 4-5 jari. Hal ini tentunya masih sangat baik untuk mendukung kenyamanan pengemudi ataupun penumpang mobil.

Tampilan headroom (ruang kepala) Honda Civic Type R

3. Kapasitas Bagasi Honda Civic Type R

Karena panjang mobil memang lebih pendek dari tipe honda civic yang lainnya, Honda Civic Type R memiliki kapasitas bagasi yang tidak terlalu luas, tetapi masih bisa menyimpan beberapa barang. Namun disarankan untuk tidak terlalu membawa barang bawaan yang banyak ketika memakai mobil ini karena kapasitas bagasi yang tidak terlalu lega.

Seperti halnya tipe Honda Civic yang lain, pada bagasi mobil ini, tersedia juga tonneau cover yang berfungsi untuk menutup barang bawaan anda agar terlihat nyaman dan rapi.

Tampilan kapasitas bagasi Honda Civic Type R

4. Fitur Cruise Control pada Honda Civic Type R

Dengan memiliki mobil Honda Civic Type R maka anda Anda akan dibuat semakin praktis dengan fitur yang ada pada mobil ini. Seperti halnya fitur Cruise control yang juga tersedia di Honda Civic Type R. Fitur ini berada di roda kemudi untuk mengatur kecepatan mesin agar tetap stabil dan tetap nyaman saat berada di jalanan bebas hambatan.

Fitur praktis Cruise Control pada Honda Civic Type R

5. Fitur Paddle Shift Pada Honda Civic Type R

Desain paddle shift yang simple namun masih sangat sporty akan menyambut Anda jika anda masuk ke kabin depan mobil ini. Fitur yang terletak di balik kemudi ini sangat penting karena dari segi fungsional, paddle shift memiliki kegunaan sebagai tuas perpindahan gigi pada persneling. Honda Civic Type R pun sudah memiliki fitur ini.

Fitur praktis Paddle Shift pada Honda Civic Type R

Kesimpulan

Setelah melihat kedua ulasan tentang Toyota 86 dan Honda Civic Type R, apakah anda sudah memutuskan untuk menaruh pilihan pada mobil yang mana? Dari segi kelegaan walaupun keduanya masih cukup berimbang untuk tipe mobil sport, namun tidak dapat dipungkiri jika New Honda Civic Type R memang sedikit lebih unggul dari Toyota 86.

Ditambah lagi, untuk fitur kepraktisan pun keduanya kurang lebih sama baiknya dan masih sangat mendukung kenyamanan para pengemudi ataupun penumpang. Tetapi secara desain dan visual, khususnya pada eksterior mobil, Toyota 86 2020 masih unggul dengan desain yang apik, sporty dan tentunya sangat elegan bila dipandang.

Harga mobil Toyota 86 yang dibanderol Rp. 700 jutaan, ternyata sudah sangat ideal untuk dijadikan mobil idaman. Bukan saja menawarkan kelegaan dan kepraktisan, tapi juga punya desain sporty dan mesin mumpuni.

Namun kedua mobil ini jelas memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pilihan tentunya tergantung pada preferensi Anda untuk memilih mobil yang mana. Apakah Anda menginginkan mobil yang lebih unggul di aspek kelegaan, desain atau lebih ke arah aspek kepraktisan. Pilihan jelas masih di tangan anda. Baiklah, sekian ulasan tentang New Honda Civic turbo hatchback dan Toyota 86, semoga informasi ini dapat membantu.

Komentar