window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Perbandingan Kenyamanan Berkendara Honda Civic Hatchback RS Vs Mazda3 Hatchback

Franky · 14 Jul, 2020 12:00

Perbandingan Kenyamanan Berkendara Honda Civic Hatchback RS Vs Mazda3 Hatchback 01

Perbandingan Kenyamanan Berkendara Honda Civic Hatchback RS Vs Mazda3 Hatchback 02

PT Honda Prospect Motor resmi luncurkan model terbaru dari Honda Civic Hatchback di awal tahun 2020, yaitu All-New Honda Civic Hatchback RS. Mobil ini sukses mendapat sambutan antusias dari para pelanggan setia Honda. Bagaimana tidak, penyegaran dari Honda Civic Hatchback ini berhasil menghadirkan tampilan mobil yang semakin memikat melalui sentuhan desain yang semakin sporty dan juga agresif. Mobil yang menjadi varian tertinggi dari Honda Civic ini dibanderol dengan harga senilai Rp. 499 juta.

Mobil New Honda Civic Indonesia tersedia dalam 3  varian, yakni Honda Civic Hatchback S, E, dan RS. Harga Honda Civic terbaru Hatchback ini berkisar Rp 431,6 jutaan hingga Rp 499 jutaan. Ini merupakan harga Civic 2020.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Pada awal tahun 2020 ini Honda Indonesia meluncurkan varian RS untuk model ini dan varian lainnya berhenti dijual. Dengan demikian, Anda tak punya opsi varian selain RS dalam menentukan pembelian Honda Civic Hatchback.

Melihat data penjualan sejak tahun 2017 hingga 2019, Honda tercatat berhasil menjual Honda Civic dengan total 5.232 unit di Indonesia. Sebanyak 1.579 unit merupakan Honda Civic Hatchback, dengan pangsa pasar sebesar 5%. Sehingga, Honda Civic Hatchback terbilang cukup diminati ketimbang versi sedannya. Berikut kami lampirkan daftar Harga Honda Civic Hatchback RS.

HARGA HONDA CIVIC HATCHBACK 2020
Honda Civic Hatchback RS Rp. 499.000.000


Hal ini tentu menjadi tantangan bagi segmen Hatchback di kalangannya, salah satunya adalah All-New Mazda3 Hatchback yang tak lain dikenal sebagai kompetitor utama Honda Civic Hatchback RS. Mobil yang dibanderol dengan harga Rp. 508 juta ini mempunyai konsep desain “Less is more” yang dapat kita lihat dari efisiensi komponen yang digunakan, sehingga mobil ini tampak sederhana namun tetap terkesan mewah.

 

Mobil All New Mazda 3 Indonesia tersedia dalam 2 jenis, yakni Mazda 3 Sedan dan Mazda 3 Hatchback. Harga Mazda 3 Sedan berkisar dari Rp 550 jutaan. Sedangkan harga Mazda 3 Hatchback berkisar dari Rp 509 jutaan. Inilah harga kedua jenis mobil Mazda 3 di Indonesia di tahun 2020.

Bukan rahasia lagi jika Mazda terasa lebih eksklusif dibandingkan pabrikan Jepang lainnya. Begitu pula dengan biaya perawatan Mazda 3. Apalagi merek Mazda yang tak terlalu dikenal konsumen awam di Indonesia membuat harga Mazda 3 bekas cukup turun di pasaran.

HARGA MAZDA 3 HATCHBACK 2020
Mazda 3 Hatchback Rp. 508.800.000

Perbandingan Kenyamanan Berkendara Honda Civic Hatchback RS Vs Mazda 3 Hatchback

Ditinjau dari dimensi bodi, varian RS dari Honda Civic Hatchback ini menerapkan panjang 4.501 mm, lebar 2.075 mm, tinggi 1.421 mm dan wheelbase 2.700 mm. Sementara Mazda 3 Hatchback menerapkan panjang 4.460 mm, lebar 1.795 mm, tinggi 1.435 mm dan wheelbase 2.725 mm.

Dengan demikian, New Honda Civic Hatchback RS mempunyai dimensi lebih panjang 41 mm dan lebih lebar 280 mm, sedangkan All New Mazda3 mempunyai Wheelbase lebih panjang 25 mm dan lebih tinggi 14 mm.

Perbandingan Kenyamanan Berkendara Honda Civic Hatchback RS Vs Mazda3 Hatchback 01

Perbandingan Kenyamanan Berkendara Honda Civic Hatchback RS Vs Mazda3 Hatchback 02

Penampilan emblem RS yang diusung sesuai tagline New Honda Civic Hatchback RS yaitu “Sexiness Intensified”

Sehingga, New Honda Civic Hatchback RS dan Mazda3 Hatchback memanglah pantas untuk disandingkan, mulai dari spesifikasi, mesin, hingga harga yang ditawarkannya. Tak heran apabila banyak konsumen yang kerap membandingkan kedua mobil tersebut, mengingat keduanya sama-sama pesaing kuat di kelas medium Hatchback Tanah Air.

Nah, pada kesempatan kali ini akan dibahas lebih lanjut mengenai perbandingan kenyamanan berkendara Honda Civic Hatchback RS Vs All new Mazda3 Hatchback. Manakah yang lebih menawarkan sensasi ‘Fun to drive’? Mari kita simak ulasan berikut.

Kenyamanan Berkendara Honda Civic Hatchback RS

Topik yang pertama kali dibahas adalah kenyamanan berkendara Honda Civic Hatchback RS. Mobil yang banyak digandrungi oleh para eksekutif muda ini, memang seringkali dipertanyakan soal keasyikan berkendaranya.

1. Mesin Honda Civic Hatchback RS

New Honda Civic Hatchback RS ini mengusung mesin 1.5L VTEC Turbo 1.500 cc dengan Earth Dreams Technology. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 171 HP pada 5.500 rpm dengan torsi maksimal 220 Nm pada 5.500 rpm. Mobil ini juga dibekali Turbocharger pada mesinnya, sehingga akselerasi yang dihasilkan sangatlah baik.

Perbandingan Kenyamanan Berkendara Honda Civic Hatchback RS Vs Mazda3 Hatchback 03

Inilah mesin yang digunakan oleh Honda Civic Hatchback

2. Transmisi Honda Civic Hatchback RS

Akselerasi yang dihasilkan tersebut juga tidak lepas dari perpindahan gigi pada sistem transmisi nya. New Honda Civic turbo Hatchback RS ini menggunakan sistem transmisi CVT yang memberikan rasa halus pada lajunya di setiap putaran mesin. Mesin juga sudah memberikan torsi padat sejak putaran awal, yang memang menjadi ciri khas dari transmisi tambahan gear ini.

Perbandingan Kenyamanan Berkendara Honda Civic Hatchback RS Vs Mazda3 Hatchback 04

Transmisi CVT sukses memberikan performa pergantian gigi yang lebih halus

3. Body Roll Honda Civic Hatchback RS

New Honda Civic turbo Hatchback RS ini memang menawarkan karakter sporty ala Civic type R, namun tetap mengadaptasi kenyamanan khas sedan. Sehingga, kerap dinilai sebagai mobil dengan karakter mengemudi paling baik dan nyaman di kelasnya. Kenyamanan mobil ini dapat dirasakan dengan tenangnya kabin saat berada di kecepatan tinggi, tidak sedikitpun mobil terasa goyang. Dalam kecepatan tersebut, kabin mobil juga tetap kedap suara, sehingga kenyamanan berkendara pun tetap terjaga.

Perbandingan Kenyamanan Berkendara Honda Civic Hatchback RS Vs Mazda3 Hatchback 05

Perbandingan Kenyamanan Berkendara Honda Civic Hatchback RS Vs Mazda3 Hatchback 06



Penampilan bodi kokoh dari Honda Civic Hatchback 2020

4. Fitur Praktis Honda Civic Hatchback RS

New Honda Civic Hatchback RS ini juga menghadirkan beberapa fitur praktis, diantaranya adalah fitur Pedal Shift. Cukup dengan tekan pedal gas lebih dalam, secara otomatis mesin akan memberi respon cepat dengan torsi instan di putaran tengah. Lalu untuk menyalip mobil lain, cukup tekan Pedal Shift untuk pindah ke gigi yang lebih rendah. Selain praktis, fitur ini memberi sensasi menggeber mobil sport bagi para pengemudinya.

Perbandingan Kenyamanan Berkendara Honda Civic Hatchback RS Vs Mazda3 Hatchback 07

Perbandingan Kenyamanan Berkendara Honda Civic Hatchback RS Vs Mazda3 Hatchback 08

Tampilan fitur Multi Angle Rear Camera dan fitur Smart Key

Selain itu, ada juga fitur-fitur praktis lainnya meliputi Multi Angle Rear Camera dan Smart Key. Paling praktis adalah Smart Key, yang memudahkan pengemudi untuk membuka mobil, menyalakan mesin dan AC secara otomatis. Untuk memaksimalkan kenyamanan, New Honda Civic Hatchback RS ini juga dilengkapi fitur seperti Rain Sensing Windshield Wiper dan Rear Parking Camera.

Kenyamanan Berkendara Mazda3 Hatchback

Kedua adalah soal kenyamanan berkendara All New Mazda3 Hatchback. Kira-kira hal menarik apa yang ditawarkan oleh mobil satu ini?

1. Mesin Mazda3 Hatchback

Mazda tetap mempertahankan mesin 4 silinder SkyActiv-G 2.0 Liter untuk All-New Mazda3. Menariknya, komponen seperti Piston, Intake Force dan Cooling Control-nya telah dioptimasi. Alhasil, mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 150 HP pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 200 Nm di putaran 4.000 rpm.

Perbandingan Kenyamanan Berkendara Honda Civic Hatchback RS Vs Mazda3 Hatchback 09

Mesin Mazda3 menggunakan konfigurasi SkyActiv-G

2. Transmisi Mazda3 Hatchback

All New Mazda3 Hatchback ini dibekali dengan transmisi SkyActiv yang membantu akselerasi transmisinya sangat responsif. SkyActiv Drive ini memadukan 3 jenis transmisi otomatis yaitu Dual Clutch, CVT dan Conventional AT. Akselerasi ini terasa pada saat pengemudi menginjak pedal gas, RPM dan kecepatan mobil akan langsung naik bersamaan.

Perbandingan Kenyamanan Berkendara Honda Civic Hatchback RS Vs Mazda3 Hatchback 10

Inilah pedal gas, transmisi dan kopling, dari Mazda3

3. Body Roll Mazda3 Hatchback

Mobil All NEW Mazda3 Hatchback juga dikenal sebagai salah satu hatchback medium ternyaman di kelasnya. Hal ini dibuktikan dengan bantingan suspensi nya yang kian semakin lembut saat menangani adanya kegoyahan terhadap kabin. Selain itu, kekedapan kabin Mazda3 ini juga cukup baik saat mobil hendak melaju. Di laju 60 Km/Jam, suara yang terdeteksi di kabin tidaklah lebih dari 60 dB.

Perbandingan Kenyamanan Berkendara Honda Civic Hatchback RS Vs Mazda3 Hatchback 11

Style Up Design Mazda3 Hatchback 2020

4. Fitur Praktis Mazda3 Hatchback

All New Mazda 3 ini tentunya juga dibekali dengan berbagai fitur yang dapat menunjang kenyamanan penumpangnya, diantaranya adalah fitur Auto Dimming atau Electrochromatic yang diletakkan di sisi spion driver. Fungsi fitur ini sebagai penggelap pantulan cahaya berlebihan di malam hari dan meminimalisir efek silau yang mengganggu kenyamanan penglihatan. Selain itu ada juga fitur pelengkap lainnya seperti lampu otomatis, wiper otomatis dengan sensor khusus, rem parkir elektrik (EPB), Paddle Shift dan Auto Hold.

Perbandingan Kenyamanan Berkendara Honda Civic Hatchback RS Vs Mazda3 Hatchback 12

Tampilan fitur Mazda3 Multi Function Commander

Fitur yang tersedia pada All New Mazda3 Hatchback ini terbilang mumpuni, terutama yang termasuk ke dalam i-ACTIVSENSE seperti Smart City Brake Support, Blind Spot Warning System, High Beam Control, Rear Cross Traffic Alert. Adapun Fitur lain yang tidak terdapat di Honda Civic Hatchback RS seperti Head-Up Display dan Adaptive Headlamp.

Kesimpulan

Dari ulasan di atas, dapat disimpulkan bahwasanya kedua mobil ini memang memiliki sederet similaritas, mulai dari performa mesin hingga harga jualnya. Dari segi kenyamanan berkendara, Honda Civic Hatchback lebih menawarkan sensasi Fun To Drive. Bukan saja soal keunggulan mesin Turbocharger-nya, tapi juga soal kestabilan berkendara meski berada di kecepatan tinggi.

Terlepas dari itu, keduanya tetaplah memiliki keunggulan masing-masing. Honda Civic Hatchback RS memiliki ukuran kabin yang lebih melegakan, sehingga pengemudi dan penumpang akan merasa lebih nyaman dan leluasa saat berada di dalam mobil tersebut.

Sementara, soal fitur jelas All New Mazda3 Hatchback yang lebih unggul. Hal ini tampak dari beberapa fitur yang disandang oleh Mazda 3 Hatchback masih belum ada pada Honda Civic Hatchback RS. Namun, pilihan tetap kembali kepada diri Anda sendiri. Pilihlah mobil yang sekiranya cocok dengan kebutuhan Anda.

Demikianlah ulasan singkat kami mengenai Perbandingan Kenyamanan Berkendara Honda Civic Hatchback RS Vs All New Mazda3 Hatchback, semoga informasi yang kami sampaikan dapat memberi sedikit referensi bagi para pembaca.

Franky

Berhati-hatilah dalam membuat keputusan yang benar di hadapan semua orang

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda Civic Hatchback RS

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil