window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Perbandingan Kenyamanan Berkendara Suzuki Ertiga Vs Honda Mobilio, Mana Juaranya?

Franky · 3 Agu, 2020 20:00

Perbandingan Kenyamanan Berkendara Suzuki Ertiga Vs Honda Mobilio, Mana Juaranya? 01

Perbandingan Kenyamanan Berkendara Suzuki Ertiga Vs Honda Mobilio, Mana Juaranya? 02

Diproduksi sejak tahun 2012, Suzuki Ertiga adalah mobil berjenis Low MPV dengan 7 tempat duduk yang dirilis pada pertengahan Februari 2020 lalu. All New Suzuki Ertiga terbaru merupakan perpaduan MPV dan Sedan dengan platform Suzuki Swift generasi ketiga. Harga Suzuki Ertiga dibanderol mulai dari Rp 205 jutaan sampai Rp 249 jutaan. Ini merupakan harga mobil Suzuki terbaru di tahun 2020. All New Suzuki Ertiga 2020 hadir dengan 5 tipe. Di kesempatan kali ini, perbandingan kenyamanan berkendara Suzuki Ertiga Vs Honda Mobilio. Berikut daftar harga mobil Suzuki Ertiga terbaru 2020.

DAFTAR HARGA ALL NEW SUZUKI ERTIGA 2020
Suzuki Ertiga GA MT Rp205.000.000
Suzuki Ertiga GL MT Rp224.500.000
Suzuki Ertiga GL AT Rp235.000.000
Suzuki Ertiga GX MT Rp238.500.000
Suzuki Ertiga GX AT Rp249.000.000

Sementara pesaingnya, menyisir pasar Low MPV dengan 7 tempat duduk pula, mobil Honda Mobilio tampil menawan dan agresif dengan desain sporty yang memikat. Diproduksi oleh produsen mobil Jepang PT. Honda Prospect Motor (HPM), All New Honda Mobilio yang dirilis pada 2019 lalu itu dibanderol dengan harga Rp 203,4 jutaan sampai Rp 259 jutaan dengan tampilan baru yang stylish dan atraktif. Berikut tabel rincian harga All New Honda Mobilio 2020.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });
DAFTAR HARGA ALL NEW HONDA MOBILIO 2020
Honda Mobilio S MT Rp203.400.000
Honda Mobilio E MT Rp224.400.000
Honda Mobilio E CVT Rp235.800.000
Honda Mobilio RS MT Rp248.200.000
Honda Mobilio RS CVT Rp 259.000.000

Perbandingan Kenyamanan Berkendara Suzuki Ertiga Vs Honda Mobilio

Jika dilihat dari harga, keduanya berada di range selevel dengan perbedaan harga lumayan tipis. Suzuki Ertiga yang merupakan mobil Suzuki terbaru menang dari segi harga karena lebih murah daripada mobil Honda Mobilio. Hal ini tentu menjadi poin yang menentukan mengingat harga sebuah mobil adalah unsur yang penting bagi konsumen.

Untuk dimensi keduanya, Suzuki Ertiga terbaru hadir dengan dimensi lebih besar dibandingkan dengan mobil Honda Mobilio. Suzuki Ertiga terbaru tampil dengan dimensi panjang 4.395 mm, lebar 1.735 mm dan tinggi 1.690 mm, serta Wheelbase 2.740 mm. Sedangkan dimensi Honda mobilio memiliki panjang 4.386 mm, lebar 1.683 mm dan tinggi 1.603 mm, serta dimensi Wheelbase 2.650.

Berpatok pada data penjualan bulan Februari 2020 yang lalu, angka penjualan Suzuki Ertiga terbaru masih kalah dengan All New Honda Mobilio. Fakta membuktikan penjualan sebanyak 1.168 unit diraih untuk New Mobilio, sedangkan Suzuki Ertiga terbaru terjual hanya sebanyak 946 unit.

Meskipun begitu, bukan hanya harga dan angka penjualan saja yang akan mempengaruhi konsumen, namun tingkat kenyamanan berkendara pun dewasa ini patut diperhitungkan dan dibahas lebih detail.

Nah, di kesempatan kali ini, akan dibahas lebih lanjut tentang perbandingan kenyamanan berkendara Suzuki Ertiga dan Honda Mobilio baru. Siapakah yang lebih menawarkan Fun To Drive?

Kenyamanan Berkendara Suzuki Ertiga

Pertama-tama kami akan membahas kenyamanan berkendara Suzuki Ertiga yang merupakan Suzuki Indonesia mobil baru, apakah performa mesin, kenyamanan transmisi, body roll serta fitur yang ada pada mobil ini menawarkan kenyamanan bagi pengemudi maupun penumpang mobil? Untuk lebih jelasnya, marilah kita simak penjelasan berikut.

1. Performa Mesin Suzuki Ertiga

Suzuki Ertiga terbaru menggunakan mesin K15B (DOHC-VVT) dengan kapasitas 1.462 cc yang digadang-gadang merupakan Mesin generasi terbaru yang mampu memberikan performa lebih bertenaga dengan standarisasi EURO IV.

Perbandingan Kenyamanan Berkendara Suzuki Ertiga Vs Honda Mobilio, Mana Juaranya? 01

Penampakan mesin K15B, DOHC, 1.462CC pada Suzuki Ertiga

Dengan kapasitas mesin tersebut, Suzuki Ertiga terbaru mampu menghasilkan tenaga dan torsi yang lebih besar, yakni 103 HP pada 6.000 Rpm dan 138 Nm di 4.400 Rpm. Dengan kata lain, mesin Suzuki Ertiga terasa lebih responsif dan masih sangat enak jika digunakan di jalanan kota.

2. Kenyamanan Transmisi Suzuki Ertiga

Untuk kenyamanan transmisi Suzuki Ertiga terbaru, mobil ini masih konsisten menggunakan transmisi otomatis empat percepatan dan transmisi manual lima percepatan. Walaupun masih menggunakan transmisi lama, transmisinya menawarkan perpindahan yang mulus dan rasio gear yang seimbang. Jadi tenaga dan torsinya mengalir progresif. Terlebih lagi jika Anda memakai yang otomatis, perpindahan akan terasa lebih responsif di gigi awal.

Perbandingan Kenyamanan Berkendara Suzuki Ertiga Vs Honda Mobilio, Mana Juaranya? 02

Transmisi otomatis 4 percepatan dan manual 5 percepatan pada Suzuki Ertiga

3. Body Roll Suzuki Ertiga

Saat berada di belokan, gejala limbung masih akan Anda rasakan, tetapi jika beloknya santai maka tidak akan begitu terasa. Hal ini dikarenakan hasil kerja dari platform baru Heartec yang lebih kokoh dan ringan yang membuat performa mesin lebih stabil. Untuk guncangan akan minim Anda rasakan karena suspensinya sudah berfungsi baik dalam meredam guncangan. Hal ini tentu mendukung performa mobil terbaru Suzuki Indonesia saat digunakan bergerak aktif seperti menyalip dan pindah lajur.

Perbandingan Kenyamanan Berkendara Suzuki Ertiga Vs Honda Mobilio, Mana Juaranya? 03

Berikut tampilan eksterior Suzuki Ertiga

4. Fitur Praktis Suzuki Ertiga

Mobil Suzuki Indonesia, Suzuki Ertiga terbaru juga memiliki fitur praktis yang semakin mendukung kenyamanan berkendara Anda. Dilengkapi dengan colokan USB dan AUX Dashboard, memudahkan proses mendengarkan musik favorit dari Gadget Anda. Selain itu, desain baru stir kemudi berbalut kulit yang disertai ornamen kayu juga telah dilengkapi dengan tombol pengatur audio dan koneksi Bluetooth.

Perbandingan Kenyamanan Berkendara Suzuki Ertiga Vs Honda Mobilio, Mana Juaranya? 04

Fitur yang ditawarkan oleh Suzuki Ertiga

All New Ertiga terbaru juga dilengkapi berbagai fitur dan fasilitas penunjang keselamatan bagi Anda dan keluarga, seperti hill hold control untuk membantu mengatur efisiensi mesin agar tetap stabil saat di jalan menanjak, Anti-lock Braking System (ABS) untuk pengereman mendadak, dan dual SRS airbag untuk mendukung keselamatan keluarga Anda.

Kenyamanan Berkendara Honda Mobilio

Nah, setelah membahas kenyamanan berkendara Suzuki Ertiga terbaru, sekarang marilah kita membahas pesaingnya yaitu mobil Honda Mobilio. apakah performa mesin, kenyamanan transmisi, body roll serta fitur yang ada pada mobil ini menawarkan kenyamanan bagi pengemudi maupun penumpang mobil? Untuk lebih jelasnya, marilah kita simak penjelasan berikut.

1. Performa Mesin Honda Mobilio

Untuk performa mesin mobil Honda Mobilio, tampaknya honda masih mengandalkan teknologi yang sama dengan varian sebelumnya, yakni mesin tipe 1.5 Liter SOHC 4 Silinder Tunggal berteknologi i-VTEC+DBW yang disebut mampu memberikan tenaga besar dan akselerasi mumpuni. Mesin tersebut juga mampu mengeluarkan tenaga maksimal hingga 118 HP pada putaran 6.600 Rpm, serta mencapai torsi maksimum 145 Nm pada putaran mesin 4.600 Rpm.

Perbandingan Kenyamanan Berkendara Suzuki Ertiga Vs Honda Mobilio, Mana Juaranya? 05

Ketangguhan mesin 1.5L VTEC mampu menghasilkan tenaga dan torsi tertinggi di kelasnya

Ditambah lagi, mesin All New Honda Mobilio sudah dilengkapi dengan fitur yang lebih canggih seperti ECO Indicator yang dapat mendukung berkendara hemat bahan bakar serta setara dengan standar EURO IV. Selain itu, Pengaplikasian sistem injektor bahan bakar berteknologi PGM-FI juga diklaim dapat membantu proses pembakaran bahan bakar menjadi lebih maksimal dan efisien.

2. Kenyamanan Transmisi Honda Mobilio

Untuk kenyamanan transmisi All New Honda Mobilio, akan terasa halus dan bahkan terkadang tidak terasa oleh pengemudi, hentakan saat perpindahan gigi juga sangat kecil dan masih sangat nyaman. Hal ini tentunya berkat sistem transmisi penggerak 2 varian yaitu dengan sistem transmisi otomatis Continuous Variable Transmission (CVT) dan varian 5 percepatan bertransmisi manual.

Perbandingan Kenyamanan Berkendara Suzuki Ertiga Vs Honda Mobilio, Mana Juaranya? 06

Transmisi manual 5-percepatan CVT pada Honda Mobilio

3. Body Roll Honda Mobilio

Memiliki karakter suspensi yang keras dan terkesan mengurangi rasa nyaman jika berkendara dengan kurang hati-hati, membuat mobil ini memiliki konsekuensi, yakni jika Anda melewati jalan bergelombang atau tidak rata, maka harus membawanya secara perlahan. Namun, karakter suspensi ini juga memiliki kelebihan yaitu membuat Body Roll atau kelimbungan mobil Honda Mobilio dirasa cukup minim.

Perbandingan Kenyamanan Berkendara Suzuki Ertiga Vs Honda Mobilio, Mana Juaranya? 07

Inilah tampilan eksterior Honda Mobilio

4. Fitur Praktis Honda Mobilio

Selain itu, pada kabin depan pengemudi, terdapat display yang menampilkan konsumsi bahan bakar serta jarak tempuh yang dilalui. Posisi stir kemudi juga sudah dapat disesuaikan menurut selera masing-masing. Mobil All New Mobilio juga telah dilengkapi berbagai fitur praktis, seperti sistem audio pada mobil Mobilio yang dapat memainkan MP3, CD, Radio AM/FM yang juga dilengkapi dengan USB input dan AUX input.

Perbandingan Kenyamanan Berkendara Suzuki Ertiga Vs Honda Mobilio, Mana Juaranya? 08

Tampilan interior Honda Mobilio

Fitur keamanan juga telah mumpuni, mobil Honda Mobilio telah dibekali dual SRS airbags plus G-Con+ACE tm untuk meredam dan menyalurkan energi ketika terjadi tabrakan, sehingga bisa meminimalisir fatalitas yang mungkin terjadi. Selain itu, New Mobilio juga dilengkapi dengan ABS+EBD yang dimaksudkan untuk menunjang kenyamanan para pengemudi dan penumpang.

Kesimpulan

Nah, dari ulasan di atas dapat kita simpulkan bahwa baik Suzuki Ertiga terbaru ataupun mobil Honda Mobilio memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun, jika Anda ingin membeli mobil yang nyaman untuk digunakan berkendara dengan rigiditas yang stabil, Anda patut memilih Suzuki Ertiga yang merupakan mobil Suzuki terbaru. Harga yang lebih murah dari pesaingnya juga patut Anda pertimbangkan dan menjadi nilai plus tersendiri.

Tetapi jika Anda lebih suka mobil dengan performa dan kapasitas mesin yang mumpuni dan enak diajak berlari kencang di jalanan, Anda patut memilih mobil Honda Mobilio karena Honda Mobilio memiliki tenaga dan torsi yang lebih besar dibanding Suzuki Ertiga terbaru. Desain dan spesifikasi Honda Mobilio juga menjadi aspek penting karena terkesan lebih atraktif yang cocok bagi kawula muda.

Sekian ulasan tentang perbandingan kenyamanan berkendara mobil Honda Mobilio vs Suzuki Ertiga terbaru. Baik keduanya, memiliki poin yang menonjol dan menguntungkan bagi konsumen, pilihan masih tetap berada di tangan anda. Nah, demikian ulasan ini kami buat semoga dapat memberikan informasi yang Anda butuhkan.

Franky

Berhati-hatilah dalam membuat keputusan yang benar di hadapan semua orang

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Suzuki Ertiga GA MT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil