Perbandingan MPV Indonesia: Honda Mobilio vs Suzuki Ertiga

Membandingkan Honda Mobilio MPV dengan Suzuki Ertiga MPV bukanlah perbandingan paling menarik yang pernah saya lakukan. Faktor kecepatan, handling, dan menyenangkan bukanlah indikator relatif dalam tes MPV. Hal-hal seperti kepraktisan, ruang, daya tahan, dan nilai uang harus dipertimbangkan saat kami menentukan dengan tepat apa yang harus Anda beli untuk menggantikan Toyota Avanza.

Honda Mobilio vs Suzuki Ertiga: Praktikalitas

Tidak banyak perbedaan antara ukuran Mobilio dan Ertiga, Mobilio sedikit lebih panjang, Ertiga sedikit lebih tinggi. Keduanya memiliki tiga baris tempat duduk, tetapi Mobilio memiliki bagasi yang sedikit lebih besar saat semua kursi tegak. Faktor penentu dalam kapasitas muatan adalah ketika Anda mulai melipat kursi. Barisan belakang kursi Ertiga terlipat rata dengan rapi menyediakan tempat penyimpanan yang rata dan lebih besar, Mobilio harus dilipat dan kemudian diangkat untuk mendapatkan bagian bagasi yang rata.

Jika Anda cenderung memuat barang-barang besar dan panjang ke dalam mobil Anda seperti sepeda atau papan seluncur maka Ertiga lebih nyaman karena seluruh bagian belakang dapat dilipat rata. Kursi Mobilio ketika dilipat tidak memberikan ruang muatan datar saat kursi menonjol dalam posisi setengah terlipat. Kedua baris dalam Mobilio dapat dimiringkan ke depan tetapi ini mengurangi panjang muatan.

Jika Anda hanya ingin menggunakan kursi untuk duduk maka kedua kendaraan ini sangat fleksibel. Baris tengah jok pada kedua mobil dapat meluncur ke depan dan belakang serta berbaring untuk memberikan posisi duduk yang lebih nyaman. Akses ke barisan belakang dengan tarikan satu tuas sederhana dan kursi akan terlipat atau miring di Mobilio, atau setengah terlipat dan geser ke depan pada Ertiga. Kedua sistem bekerja dengan baik, tetapi Mobilio lebih mudah mengakses kursi belakang. Dari segi kenyamanan, baris belakang Suzuki dengan tempat duduk bergaya bioskop yang paling nyaman, baris belakang Mobilio tidak cocok untuk orang yang besar karena lutut Anda cenderung sejajar dengan telinga Anda saat berada di belakang.

Honda Mobilio vs Suzuki Ertiga: Mesin

Jika Anda mencari mesin berteknologi canggih maka ini bukan segmen untukmu. Honda Mobilio menggunakan bensin 1,5 Liter yang diserap alami dengan tenaga 116 hp dan torsi 145 Nm sedangkan Suzuki Ertiga menggunakan bensin 1,5 Liter dengan tenaga 103 hp dan torsi 138 Nm. Mereka juga menggunakan gearbox manual five-speed standar.

Honda jelas terasa lebih baik karena torsi dan keunggulan tenaganya, juga sedikit lebih irit bahan bakar, dengan klaim 6,1L / 100km dan 6,6L / 100km dari Suzuki. Kekurangan Ertiga ada pada rpm di jalan kosong, dengan 4000 rpm pada 120kph dan sedikit bising di kabin, sebaliknya Mobilio berada pada 3200 rpm, yang lebih besar menggunakan bahan bakar lebih irit di jalan bebas hambatan.

Honda Mobilio vs Suzuki Ertiga: Interior

Dari sudut pandang build yang kokoh, Ertiga terasa jauh lebih baik, dashboard running gear langsung dari Suzuki Swift, meskipun dengan warna krem ​​yang mengecewakan. Kursi-kursi juga diwarnai dengan warna krem ​​dan tampaknya dihiasi dengan strip perada emas adalah kemunduran dari warisan India-nya. Spesifikasinya baik, lengkap dengan port USB, port 12V dan pendingin udara juga untuk penumpang depan dan belakang.

Mobilio tidak merasa dirakit seperti Ertiga, garis tutupnya sedikit rapuh dan celah penutup glovebox begitu besar sehingga sepertinya seluruh unit terbuka. Getaran juga parah di jalan yang tidak rata. Spesifikasi sama dengan Ertiga dan nilai tambah utama, dasbor berwarna hitam seperti halnya kain kursi.

Setir dan Mengemudi

Saat berada di lalu lintas di mana keduanya cenderung menghabiskan banyak waktu mereka, Mobilio lebih nyaman dikendarai, tinggi yang lebih rendah juga membantu untuk duduk lebih baik di belokan yang berarti penumpang tidak harus menahan diri di jendela setiap waktu Anda berbelok.

Ertiga juga tidak buruk, rasanya sedikit lebih besar dan berat di jalan, terutama di jalan kosong di mana Anda mengubah jalur dan menghindari lalu lintas yang lebih lambat. Keduanya enak dikendarai untuk ukuran, gundukan atau lubang di jalan, tidak terlalu sampai ke kabin dan Anda merasa percaya diri ketika Anda berkendara di sekitar kota bahwa para penumpang akan merasa nyaman. Keduanya lebih baik daripada Toyota Avanza.

Vonis

Mobilio dan Ertiga adalah MPV yang praktis, mereka juga menyerbu pasar dengan harga yang berorientasi pada value sehingga mudah dijual kepada publik di pasar tujuh kursi dengan anggaran terbatas. Mobilio memiliki mesin yang lebih baik dan lebih baik saat berisi penuh daripada Ertiga, tetapi Ertiga mendapatkan penghargaan tertinggi di departemen kepraktisan serta kualitas build yang jauh lebih unggul. Kelemahannya adalah interior krem.

Faktor perbedaan harga antara Mobilio 1.5 S dan Ertiga 1.5 GA yang kami miliki di sini dan Ertiga adalah Rp 2jt lebih murah daripada Honda. Ini mungkin lebih dari cukup untuk meyakinkan saya untuk memilih Ertiga. Mobilio meskipun lebih mahal, masih membuat saya menjauh dari Toyota Avanza.

 

↓ ↓ ↓ Ayok Para Miliuner, Sukai dan Bagikan!

Berita Terbaru

Mengetahui Konsumsi BBM Suzuki Jimny, Pantaskah Dibilang Irit? Panduan Membeli
Mengetahui Konsumsi BBM Suzuki Jimny, Pantaskah Dibilang Irit? Pagelaran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, sempat dihebohkan salah satu jenama mobil asal Jepang, di mana Suzuki kembali memperkenalkan Jimny terbaru.Sebagai mobil petualang, SUV dengan Wheelbase pendek dan bermodelkan sasis tangga ini, sudah tidak lagi menggunakan mesin kecil 1.000 cc yang dianggap kurang bertenaga.Pada Jimny generasi keempat, Suzuki telah menanamkan mesin baru berkodekan K15B pada SUV berkonfigurasi empat penumpang ini. Yang mana diketahui mesi
Sensasi Berkendara Toyota C-HR, Apakah Lebih Asyik daripada Honda HR-V? Reviews
Sensasi Berkendara Toyota C-HR, Apakah Lebih Asyik daripada Honda HR-V? Toyota C-HR mungkin kalah pamor dengan beberapa crossover merek lain yang ada di Indonesia. Mungkin bagi banyak orang, mobil seharga Rp509 jutaan ini kemahalan. Untuk model yang lebih valuable, masih ada Honda HR-V yang tak kalah keren.Sekalipun mahal, Toyota C-HR bukan berarti tidak menarik. Mobil ini menawarkan suatu kenikmatan fun to drive ala Toyota. Penampilannya lebih agresif dengan sudut-sudut tegas.Sebelum membahas soal impresi berkendara, kita harus tahu juga spesifikasi Toyota C-HR yan
 Toyota Corolla Cross Resmi Debut di Thailand! Bukan Sedan apalagi Hatchback Berita
Toyota Corolla Cross Resmi Debut di Thailand! Bukan Sedan apalagi Hatchback Toyota Corolla Cross akhirnya resmi meluncur di Thailand. Belakangan ini kabar mengenai calon mobil baru Toyota ini memang cukup menghebohkan dunia maya. Selain menjadi mobil dengan model baru, produk SUV ini juga heboh karena menggunakan sebuah nama yang sudah eksis dan sukses akan model sedan Toyota. Nyaris tak ada DNA Corolla sedan pada mobil ini. Wajar saja karena mobil baru ini adalah SUV. Hanya saja, kesamaannya adalah rancang bangun yang menganut Toyota New Global Architecture (
Mercedes-Benz S-Class Generasi Baru Pakai MBUX yang Semakin Humanis Berita
Mercedes-Benz S-Class Generasi Baru Pakai MBUX yang Semakin Humanis Mercedes-Benz S-Class yang merupakan sedan flagship merek three pointed star ini memiliki infotainment canggih. Bernama Mercedes-Benz User Experience atau disingkat MBUX, fitur ini sudah menjadi gebrakan saat pertama kali diperkenalkan saat 2018 silam.Nah, baru saja Mercedes-Benz memperkenalkan generasi terbaru dari MBUX. Walau teknologi MBUX generasi pertama masih jauh dari kata usang atau bahkan ketinggalan zaman, namun pabrikan asal Jerman ini tetap memberikan peningkatan kemampuan infotainmn
Perbandingan Spesifikasi Wuling Confero S dan Suzuki Ertiga, MPV Keluarga Masa Kini Panduan Membeli
Perbandingan Spesifikasi Wuling Confero S dan Suzuki Ertiga, MPV Keluarga Masa Kini Sejak Wuling Confero diperkenalkan pada 2017 silam, kehadirannya langsung menggebrak segmen MPV keluarga Tanah Air. Bersaing dengan Ertiga dengan harga mulai dari Rp205 jutaan, spesifikasi Wuling Confero S yang dibanderol Rp197 jutaan hampir sama baiknya.DimensiMobil Wuling Confero masuk ke dalam segmen Low MPV dengan dimensi yang hampir sama dengan Ertiga. Tapi kabin Confero cukup lapang dengan wheelbase 2.720 mm. Namun keunggulan Confero S adalah kapasitas bagasi yang terbaik dibandingkan segm

Lebih

Rekomendasi Mobil

Terbaru Populer
Mazda CX 8
Rp 664,80 - 746,80 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Mercedes-Benz A-Class Sedan
Rp 899,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Avanza
Rp 191,10 - 221,25 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Brio
Rp 147,00 - 199,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Kijang Innova
Rp 312,05 - 414,75 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Jazz
Rp 249,50 - 292,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Civic
Rp 527,90 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Agya
Rp 138,20 - 158,60 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Nissan Livina
Rp 205,30 - 269,10 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Mobilio
Rp 203,00 - 258,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik