window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Perbandingan Spesifikasi Honda BR-V Vs Mitsubishi Xpander Cross, Mana Lebih Unggul?

Franky · 6 Jun, 2020 13:00

Perbandingan Spesifikasi Honda BR-V Vs Mitsubishi Xpander Cross, Mana Lebih Unggul? 01

 

Perbandingan Spesifikasi Honda BR-V Vs Mitsubishi Xpander Cross, Mana Lebih Unggul? 02

Kehadiran ragam fitur pada suatu mobil, saat ini tampaknya menjadi syarat utama untuk memilih mobil terbaik. Mobil yang memiliki spesifikasi dan ragam fitur cukup lengkap, bukan tidak mungkin akan lebih banyak dipilih. Sama halnya dengan Mitsubishi Xpander Cross dan Honda BR-V, bersaing di angka Rp. 250 jutaan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Perbandingan Spesifikasi Honda BR-V Vs Mitsubishi Xpander Cross

Hal itulah yang coba dilakukan oleh kedua mobil ini. Hadir menyasar segmen Low-MPV, ragam fitur yang ditawarkan kedua mobil ini bisa dibilang cukup krusial dan akan sangat dibutuhkan, baik bagi pengemudinya ataupun penumpangnya.

Lantas, spesifikasi dan ragam fitur apa saja yang disematkan oleh Honda BR-V dan Mitsubishi Xpander Cross terbaru? Nah berikut ini, kami akan coba membedah spesifikasi dan fitur apa saja yang terdapat pada kedua mobil ini.

Spesifikasi Honda BR-V

Honda BR-V adalah sebuah SUV mini yang diproduksi oleh Honda sejak tahun 2015. Mobil ini pertama kali diperkenalkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show 2015 pada tanggal 20 Agustus 2015. Mobil New Honda BRV ini kemudian mulai dipasarkan pada tanggal 23 Januari 2016. Mobil ini saling berbagi platform dengan Brio, Mobilio, dan Amaze. Dengan harga mulai dari Rp. 248,9 juta, berikut adalah spesifikasi yang ditawarkan oleh Honda BR-V keluaran terbaru 2020.

SPESIFIKASI HONDA BR-V
DIMENSI BODI
Panjang x Lebar x Tinggi 4.453 mm x 1.735 mm x 1.666 mm
Wheelbase 2.662 mm
PERFORMA MESIN
Tipe Mesin 1.5 Liter SOHC 4 Silinder Segaris 16 Katup i-VTEC + DBW
Kapasitas Silinder 1.497 cc
Daya Maksimum 120 PS / 6.600 Rpm
Torsi Maksimum 145 Nm / 4.600 Rpm
Sistem Transmisi 6 Percepatan Manual / CVT
KAKI-KAKI
Suspensi Depan MacPherson Stru
Suspensi Belakang H-Shape Torsion Beam
Rem Depan Ventilated Disc
Rem Belakang Drum


1. Mesin Dan Transmisi Honda BR-V

Honda BR-V mengusung mesin i-VTEC berkapasitas 1.5 Liter yang terdiri dari 4 silinder model segaris 16 katup DOHC. Mesin i-VTEC pada mobil ini mampu memberikan tenaga maksimal sebesar 120 Hp pada 6600 rpm serta torsi maksimal 145 Nm pada 4600 rpm.

Mesin berteknologi i-VTEC ini memiliki keunggulan yang mampu menghasilkan tenaga yang sama dengan mesin bersilinder besar meskipun silinder yang dimiliki BR-V kecil. Ditambah, mesin i-VTEC dapat membuat konsumsi bahan bakarnya jadi lebih irit dan efisien sehingga mobil ini nyaman dipakai sehari-hari.

New Honda BRV tersedia dalam 4 varian. Harga Honda BRV berkisar dari Rp 251 juta hingga Rp 294 jutaan. Ini merupakan Honda BR-V di tahun 2020. New Honda BRV memiliki saudara yang satu pabrikan dengannya, yakni New Honda HRV. New Honda HRV memiliki total 5 varian. Harga Harga New Honda HRV berkisar dari Rp 302 juta hingga Rp 421 jutaan. Ini merupakan harga HRV di tahun 2020. Konsumen juga bisa mencari harga promo Honda BRV maupun New Honda HRV dari situs otomotif.

Perbandingan Spesifikasi Honda BR-V Vs Mitsubishi Xpander Cross, Mana Lebih Unggul? 01

Mesin Honda BR-V yang dibekali teknologi i-VTEC

Untuk variannya, New Honda BRV memiliki tiga tipe, yaitu S (M/T), E (M/T, CVT) serta Prestige (CVT). Varian tertinggi, yaitu Prestige (CVT), memiliki fitur spesial, seperti fitur Vehicle Stability Assist, Hill Start Assist, Nano Ionizer dan Aero kit.

2. Dimensi Honda BR-V

Secara dimensi, Honda BR-V juga lebih besar dari Mobilio yang menjadi saudara satu platform-nya. Panjang Honda BRV mencapai 4.456 mm atau lebih panjang 60 mm. Sementara lebarnya adalah 1.735 mm (lebih lebar 52 mm), dan tinggi 1.666 mm. Yang tidak kalah penting adalah, New Honda BR-V memiliki wheelbase sepanjang 2.662 mm, sehingga menjanjikan kelapangan ruang kabin.

Perbandingan Spesifikasi Honda BR-V Vs Mitsubishi Xpander Cross, Mana Lebih Unggul? 02

Tampilan interior Honda BR-V yang sporty, elegan dan nyaman

New Honda BR-V interiornya memiliki desain kabin luas dan memberikan kenyamanan selama perjalanan. Kini dilengkapi dengan aksen merah yang bernuansa sporty serta elegan.

3. Fitur Utama Honda BR-V

Dalam fitur keselamatan, New Honda BRV menggunakan struktur rangka bodi G-CON + ACE. Struktur rangka bodi tersebut, kabarnya mampu bekerja dengan baik dalam meredam energi benturan, meski harus berbenturan dengan mobil yang memiliki ukuran jauh lebih besar.

Perbandingan Spesifikasi Honda BR-V Vs Mitsubishi Xpander Cross, Mana Lebih Unggul? 03

Rangka bodi G-CON + ACE yang digunakan Honda BR-V

Selanjutnya, Honda juga menyematkan sistem pengereman Anti Lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA) pada New Honda BRV. Tersemat juga Dual Front Airbags yang akan mengurangi potensi cedera pengemudi dan penumpang saat terjadi benturan.

Perbandingan Spesifikasi Honda BR-V Vs Mitsubishi Xpander Cross, Mana Lebih Unggul? 04

Pretensioner With Load Limiter Seatbelt tersedia untuk memberikan keamanan kepada pengemudi

Ada juga, sabuk keselamatan di tiga titik di seluruh jok kecuali pada jok baris kedua di tengah. Pasalnya, jok tengah masih dibekali dengan sabuk keselamatan dua titik. Tersedia juga Seatbelt Reminder, yang akan mengingatkan pengemudi dan penumpang depan, apabila belum mengenakan sabuk keselamatan.

Spesifikasi Mitsubishi Xpander Cross

Setelah mengulas spesifikasi Honda BRV, kini kita beralih ke Mitsubishi Xpander Cross. Pada November 2019 lalu PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) meluncurkan versi SUV dari Xpander yang dinamai Xpander Cross. Dengan harga mulai dari Rp 270,7 juta, mobil ini memadukan kenyamanan sebuah MPV dengan ketangguhan sebuah SUV.

Saudara Mitsubishi Xpander Cross, yakni mobil Xpander. Mobil Mitsubishi Xpander memiliki total 8 tipe dengan Mitsubishi Xpander GLX sebagai varian terendah. Harga Mitsubshi Xpander 2020 berkisar dari Rp 243 juta hingga Rp 275 jutaan. Harga mobil Xpander ini tidak beda jauh dengan charga expander 2019.

Secara konsep, Mitsubishi Xpander Cross memiliki fitur MPV yang ramah-keluarga, dengan styling SUV yang kuat. Mitsubishi Xpander Cross memberikan nuansa baru dimana ketangguhan, style dan kepraktisan yang sedang menjadi ikon mobil tren saat ini.

Perbandingan Spesifikasi Honda BR-V Vs Mitsubishi Xpander Cross, Mana Lebih Unggul? 05

Inilah tampilan Mitsubishi Xpander Cross terbaru

Desainnya secara umum masih mempertahankan aksen Dynamic Shield yang merupakan DNA Mitsubishi Motors Corporation. Bahasa desain ini menggambarkan keseimbangan antara kedinamisan dan power. Demi mempertegas kesan SUV, maka terdapat skid plate pada bumper bawah yang kuat dan protektif. Selain itu, ground clearance Xpander Cross juga lebih tinggi 20 mm menjadi 225 mm dipadukan dengan suspensi khusus dengan Rebound Spring.

Kombinasi ini memberikan kenyamanan maksimal kepada pengendara dan penumpang dalam melalui berbagai medan. Bila dibandingkan dengan versi MPV, maka Mitsubishi Xpander Cross ini makin bongsor. Mobil Xpander Cross ini didesain 50 mm lebih lebar untuk memberikan kesan lebih luas dan stabil. Kian mewah, Mitsubishi Xpander Cross ditunjang dengan fitur Cruise Control untuk memudahkan pengendara mengontrol kecepatan selama perjalanan.

SPESIFIKASI MITSUBISHI XPANDER CROSS
DIMENSI BODI
Panjang x Lebar x Tinggi 4.500 mm x 1.800 mm x 1.750 mm
Ground Clearance 225 mm
PERFORMA MESIN
Tipe Mesin 1.5 Liter 16 Katup DOHC MIVEC
Kapasitas Silinder 1.499 cc
Daya Maksimum 105 PS / 6.000 Rpm
Torsi Maksimum 141 Nm / 4.000 Rpm
Sistem Transmisi 4 Percepatan Otomatis / 5 Percepatan Manual
KAKI-KAKI
Suspensi Depan MacPherson Strut dengan Coil Spring
Suspensi Belakang Torsion Beam
Rem Depan Disc Brake
Rem Belakang Drum Brake

1. Mesin Dan Transmisi Mitsubishi Xpander Cross

Spesifikasi mesin yang digunakan Mitsubishi mobil Xpander Cross serupa dengan Nissan Livina, yaitu mesin 4A91. Berbeda dengan mesin seri 4A9 yang ada pada mobil X pander, mesin baru itu terdapat peningkatan efisiensi bahan bakar dan kehalusan suara mesin. Mesin bensin dengan kapasitas 1.5 Liter 16 katup sanggup menghasilkan tenaga 105 PS.

Perbandingan Spesifikasi Honda BR-V Vs Mitsubishi Xpander Cross, Mana Lebih Unggul? 06

Performa tangguh hasil kombinasi mesin MIVEC 1.5 L dan suspensi canggih

Mitsubishi Xpander Cross hadir dalam opsi transmisi manual 5 percepatan dan transmisi otomatis 4 percepatan. Dukungan teknologi Mitsubishi Innovative Valve timing Electronic Control (MIVEC) berfungsi untuk menghasilkan output tinggi namun emisi rendah.

2. Dimensi Mitsubishi Xpander Cross

Kabin Mitsubishi Xpander mobil tipe Cross mengakomodasi tujuh tempat duduk dengan ruang kepala yang lapang bagi seluruh penumpang. Interiornya memiliki tata letak yang memungkinkan penumpang masuk dan keluar dengan mudah. Desain interior terkesan nyaman dan mewah didominasi dengan warna hitam dan coklat pada dashboard. 

Perbandingan Spesifikasi Honda BR-V Vs Mitsubishi Xpander Cross, Mana Lebih Unggul? 07

Tampilan interior Mitsubishi Xpander Cross yang mewah, elegan dan nyaman

Kabin Mitsubishi Xpander Cross ukurannya semakin lega karena dimensinya bertambah lebar menjadi 50 mm. Konfigurasi kursi fleksibel dan bisa dilipat bila dibutuhkan membawa barang berukuran panjang. Kursi di baris kedua dan baris ketiga dapat dilipat yang datar dengan berbagai kombinasi untuk muatan berukuran besar.

Kursi di baris kedua mobil Xpander Cross bisa dilipat dengan pembagian 60:40, kemudian kursi baris ketiga memiliki konfigurasi 50:50. Sama seperti Xpander, sandaran tengah dari kursi baris kedua dapat dilipat supaya menjadi ruang untuk menaruh barang-barang yang sangat panjang.

3. Fitur Utama Mitsubishi Xpander Cross

Rancangan Mitsubishi Xpander Cross menggunakan struktur bodi monokok dengan teknologi Reinforced Impact Safety Evolution (RISE). Rancangan body Xpander Cross memakai material ringan berkekuatan tinggi. Struktur rangka Xpander Cross sanggup menyerap energi benturan secara efisien dengan integritas kabin tinggi.

Perbandingan Spesifikasi Honda BR-V Vs Mitsubishi Xpander Cross, Mana Lebih Unggul? 08

Teknologi rangka bodi yang kokoh dirancang khusus (Rise Body Reinforced Impact Safety Evolution)

Agar lebih nyaman dan stabil di medan Off-Road, maka Mitsubishi juga menyiapkan suspensi khusus dengan rebound spring sehingga dapat memberikan kenyamanan maksimal. Selain itu, fitur rear camera yang terhubung dengan layar audio dan sensor parkir dapat memudahkan pengemudi saat perlu parkir mundur.

Perbandingan Spesifikasi Honda BR-V Vs Mitsubishi Xpander Cross, Mana Lebih Unggul? 09

Anti-Lock Braking System (ABS) pada Mitsubishi Xpander Cross

Untuk fitur keselamatan aktif pun cukup lengkap, seperti Reinforced Impact Safety Evolution (RISE), Brake Assist, Anti-lock Braking System (ABS), Active Stability Control (ASC), Hill Start Assist (HSA), Emergency Stop Signal System (ESS) yang membuat pengemudi percaya diri saat kondisi perjalanan dalam situasi buruk. Selain itu, Mobil tidak mudah tergelincir saat berkendara di jalan licin dan tidak melorot saat akan akselerasi di tanjakan.

Kesimpulan

Kedua mobil di atas, baik itu New Honda BRV atau Mitsubishi Xpander Cross, memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Keduanya bisa dibilang mirip, mulai dari performa mesin, desain, dimensi keseluruhan mobil sampai fitur keselamatan yang ditawarkan. Namun ada beberapa aspek yang menjadi kekuatan dari masing-masing mobil.

Seperti New Honda BR-V yang lebih ramah di kantong jika dibandingkan dengan Mitsubishi Xpander Cross dengan semua spesifikasi yang ditawarkan, dan Mitsubishi Xpander Cross sendiri yang lebih mewah, elegan dan teknologi keselamatan yang lebih lengkap dan canggih, tentunya harga kembali berbicara. 

Nah, dari ulasan di atas, para calon pembeli tentunya memiliki gambaran kriteria masing-masing dalam memilih mobil dambaan mereka. Demikian ulasan ini dibuat, Semoga tulisan ini memberikan sedikit informasi bagi para calon pembeli dalam memilih mobil yang cocok sesuai selera masing-masing.

Franky

Berhati-hatilah dalam membuat keputusan yang benar di hadapan semua orang

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

2022 Honda BR-V 1.5 S M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil