window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Perbandingan Spesifikasi Suzuki Ignis Vs Honda Brio RS, Siapa juaranya?

Franky · 5 Jun, 2020 12:00

Perbandingan Spesifikasi Suzuki Ignis Vs Honda Brio RS, Siapa juaranya? 01

Perbandingan Spesifikasi Suzuki Ignis Vs Honda Brio RS, Siapa juaranya? 02

Di lini mobil Hatchback, tentu para konsumen harus cerdik dalam memilih yang terbaik. Untuk ini, dalam kesempatan kali ini akan dibahas tentang perbandingan spesifikasi Suzuki Ignis Vs Honda Brio RS. Jalanan kota yang semakin padat dan macet mengharuskan kita mencari mobil kecil, lincah, praktis dan bandel. City Car hadir untuk menjawab keinginan pasar.

Segmentasi pasar mobil kelas City Car bisa dibilang cukup ketat. Hampir seluruh manufaktur mobil ternama di Indonesia memiliki tipe mobil di lini ini seperti Datsun Go, Toyota Yaris, Honda Jazz dan masih banyak lagi yang lain.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Perbandingan Spesifikasi Suzuki Ignis Vs Honda Brio RS

Dari banyaknya mobil City Car terdapat dua nama yang cukup menonjol yaitu Suzuki Ignis dan Honda Brio RS terbaru. Mobil Suzuki Ignis dan Honda Brio RS baru sama-sama mengusung konsep Mobil City Car non LCGC (Low Cost Green Car). Rivalitas Suzuki Ignis dan Honda Brio RS dapat terlihat dari angka penjualannya.

Sebelum membahas angka penjualannya, mari kita mengetahui harga dari kedua mobil ini dulu. Harga mobil Honda Brio terbaru berkisar dari Rp 148 juta hingga Rp 202 jutaan. Sedangkan harga mobil Suzuki Ignis baru berkisar dari Rp 170 juta hingga Rp 200 jutaan. Ini merupakan harga Ignis dan Brio baru tahun 2020. Jika dilihat sekilas, varian tertinggi dari mobil Ignis dan Brio baru hanya beda tipis saja.

Secara detail, Harga Suzuki Ignis dimulai dari Rp 170 juta, sedangkan harga Honda Brio RS terbaru dimulai dari Rp 187 jutaan. Selanjutnya, mari kita lihat perbandingan angka penjualan dari mobil Ignis dan Brio baru.

Di Periode 2018, mobil Suzuki Ignis Indonesia terjual lebih dari 30 ribu unit. Honda Brio RS terbaru tak mau kalah, pada periode 2019 tercatat sebanyak 16 ribu unit terjual. Maka kali ini kita akan membandingkan mobil Suzuki Ignis dengan Honda Brio RS baru, siapakah yang akan keluar sebagai pemenangnya?

Suzuki Ignis

Mobil Suzuki Ignis diperkenalkan di Indonesia pada awal 2017. Setelah sebelumnya menoreh kesuksesan di Jepang, PT Suzuki Indomobil Indonesia mendatangkan mobil Ignis ke Indonesia pada April 2017. Kini Model terbaru yang berada di pasaran Indonesia yaitu New Suzuki Ignis. Penasaran seperti apa spesifikasi dari mobil Suzuki Ignis Indonesia yang dibanderol dengan harga Rp 170 jutaan? Yuk, langsung kita ulas singkat mobil Suzuki Ignis.

1. Mesin dan Transmisi Suzuki Ignis

Diusung dengan Mesin berkapasitas 1.197 cc dan 4 silinder mampu membuat Suzuki Ignis melecut daya 83 ps/ 6000 rpm dan torsi 113 Nm/4.200 rpm. Mobil Suzuki Ignis juga memiliki girboks dengan 5 speed manual dan 5 speed AMT atau yang disebut Suzuki dengan AGS.

Perbandingan Spesifikasi Suzuki Ignis Vs Honda Brio RS, Siapa juaranya? 01

Mesin K12M yang digunakan oleh Suzuki Ignis

Suzuki mengklaim Ignis AGS yang terpasang mesin dengan kode K12M ini memiliki tingkat konsumsi BBM sebesar 23,4 Km/Liter. Dengan tangki BBM sebesar 32 liter mampu membuat mobil Suzuki Ignis menempuh jarak 751 KM sekali pengisian bahan bakar.

2. Dimensi Suzuki Ignis

Body mobil Ignis bisa dibilang cukup bongsor dengan ukuran dimensi (P x L x T) 3.700 mm x 1.690 mm x 1.595 mm. Body yang lebih besar membuat kelegaan interior Suzuki Ignis lebih terasa. Wheelbase yang lebih panjang membuat mobil Suzuki Ignis memiliki ruang kaki yang lebih lega terutama untuk penumpang belakang.

Perbandingan Spesifikasi Suzuki Ignis Vs Honda Brio RS, Siapa juaranya? 02

Tampilan interior Suzuki Ignis yang luas dengan ruang kaki yang lega

Kapasitas tampung penumpang mobil Ignis memang hanya 5 orang, cukup standar untuk City Car, namun daya tampung bagasi Suzuki Ignis bisa dikatakan sangat luas. Mobil Ignis yang memiliki bagasi dengan bagasi 267 liter bukanlah angka yang kecil untuk ukuran City Car.

3. Fitur Utama Suzuki Ignis

Fitur keselamatan mobil Suzuki Ignis bisa dibilang sudah lengkap. Dibekali dengan Pretensioner with Load Limiter Seatbelt, dua airbag, ABS+EBD dan ISOFIX. Mobil Suzuki Ignis Indonesia juga menyematkan sasis dengan teknologi yang canggih memberikan rangka yang kuat tapi tetap ringan. Suzuki mengandalkan platform HEARTECH untuk model sasisnya. Diklaim, HEARTECH memiliki struktur yang kuat namun tetap ringan dan memberikan performa yang lebih baik saat berkendara dijalan lurus ataupun berkelok.

Perbandingan Spesifikasi Suzuki Ignis Vs Honda Brio RS, Siapa juaranya? 03

Tampilan sasis HEARTECH yang digunakan oleh Suzuki Ignis

Selain itu ada juga fitur Keyless Entry yang menjadi fitur andalan dari mobil Suzuki Ignis membuat pengendara semakin aman dan nyaman. Memiliki Dashboard multimedia yang sangat mewah dengan Port USB dan Aux.

Honda Brio RS

Setelah mengulas spesifikasi Suzuki Ignis, kini kita beralih ke Honda Brio RS baru. Mobil ini diluncurkan di Indonesia pada Agustus 2012. PT HPM memutuskan untuk meluncurkan Honda Brio RS pada tahun 2016. Seri RS merupakan seri Sport dan merupakan varian tertinggi dari Honda Brio. Selain Honda Brio RS, tersedia juga Honda Brio Satya yang bermain pada segmen LCGC. Seperti apa perbedaan yang diberikan Honda Brio RS yang dijual dengan harga Rp 183 juta? Berikut ulasan singkat Honda Brio RS.

1. Mesin dan Transmisi Honda Brio RS

Dengan kubikasi 1.199 cc, mesin Honda Brio yang berkode L12B mampu menorehkan angka yang fantastis. Bermodalkan teknologi i-VTEC, mesin ini mampu melecut daya 90 ps / 6000 rpm dan torsi 110 Nm/ 4.800 rpm. Daya pacu Honda Brio RS lebih terasa oke apabila berada pada putaran roda gigi tinggi dan kecepatan yang tinggi dan stabil. Untuk performa akselerasi dan kemampuan di bidang Stop and Go kurang memuaskan. Honda Brio RS memiliki dua pilihan girboks, yaitu 5 speed manual dan CVT.

Perbandingan Spesifikasi Suzuki Ignis Vs Honda Brio RS, Siapa juaranya? 04

Mesin Honda Brio RS yang dibekali teknologi i-VTEC

Untuk tingkat konsumsi BBM bisa dibilang tidak terlalu boros. Tercatat Honda Brio RS mampu mengkonsumsi 20 Km/Liternya. Kapasitas tangki BBM sebesar 35 liter mampu melakukan perjalanan sejauh 710 Km untuk sekali pengisian bahan bakar.

2. Dimensi Honda Brio RS

Ukuran mobil Honda Brio RS relatif lebih kecil daripada mobil Suzuki Ignis dengan (P x L x T) 3.815mm x 1.680mm x 1.485mm. Tapi jangan salah, kabin supir dan penumpang sangatlah lega dan tidak membuat sesak. Ruang kaki yang lapang serta Headrest yang bisa diatur memberikan kenyaman dalam melakukan perjalanan bersama Honda Brio RS.

Perbandingan Spesifikasi Suzuki Ignis Vs Honda Brio RS, Siapa juaranya? 05

Tampilan interior Honda Brio RS yang Sporty dan nyaman

Kapasitas penumpang memang standard, hanya untuk 5 orang serta kapasitas bagasi yang hanya bisa memuat 175 liter.

3. Fitur Utama Honda Brio RS

Honda Brio RS memiliki fitur keselamatan yang mirip dengan mobil Suzuki Ignis. Sama-sama dibekali Pretensioner with Load Limiter Seatbelt, dua airbag, dan ABS+EBD. Perbedaannya terletak pada teknologi sasis yang digunakan. Honda Brio RS mengusung teknologi G-CON+ACE™. Honda mengklaim dengan teknologi ini mampu meredam benturan dan melindungi kabin penumpang dari tabrakan depan maupun samping.

Perbandingan Spesifikasi Suzuki Ignis Vs Honda Brio RS, Siapa juaranya? 06

Teknologi sasis yang digunakan Honda Brio RS demi memberikan perlindungan ekstra untuk penumpangnya

Selain itu Touchscreen Display yang terpasang juga sudah cukup canggih. Dengan koneksi bluetooth untuk multimedia dan sudah terpasang fitur Hands Free Telephone demi kemudahan komunikasi saat berkendara. Ini merupakan fitur andalan dari mobil Honda Brio RS terbaru.

Kesimpulan

Kedua mobil di atas, baik itu mobil Suzuki Ignis dan Honda Brio RS baru, memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Keduanya bisa dibilang mirip, mulai dari performa mesin, dimensi keseluruhan mobil sampai fitur keselamatan yang ditawarkan.

Namun ada beberapa bidang yang menjadi kekuatan dari masing-masing mobil. Seperti Suzuki Ignis yang memiliki kapasitas bagasi yang luas dan Irit BBM, dan Honda Brio RS dengan mesin yang bandel dan tampilan lebih sporty dan futuristik.

Ulasan ini tidaklah bersifat mutlak. Para calon pembeli pasti memiliki kriteria masing-masing dalam memilih mobil. Semoga ulasan mengenai mobil Suzuki Ignis dan Honda Brio RS terbaru ini memberikan sedikit informasi dan sudut pandang tambahan dalam memilih mobil di masa yang akan datang.

Franky

Berhati-hatilah dalam membuat keputusan yang benar di hadapan semua orang

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Suzuki Ignis GX MT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil