Toyota Rush dan Mitsubishi Xpander merupakan dua model mobil yang masuk dalam daftar pencarian tertinggi di berbagai platform jual beli kendaraan. Sekilas tentang kedua mobil ini, Toyota Rush sebelumnya sudah masuk dalam kategori Low SUV, sementara Mitsubishi Xpander baru datang selanjutnya di segmen Low MPV. Kedua mobil tersebut ini pun sering dibandingkan, baik oleh penjual maupun oleh calon pembeli.
Tidak hanya itu, pada saat Mitsubishi Xpander diperkenalkan tidak jauh jaraknya Toyota Rush juga diperkenalkan oleh Toyota Indonesia. Kedua pabrikan mengklaim bahwa setiap model memiliki konsep silang yang sama, contohnya Mitsubishi Xpander yang diklaim menawarkan ketangguhan ala SUV digabungkan dengan kenyamanan suatu mobil MPV. Sementara Toyota Rush, lahir sebagai suatu SUV yang bisa menampung banyak penumpang layaknya jenis MPV.
Meski kedua mobil ini tidak masuk ke dalam di kelas yang sama, baik Rush dan Xpander ini mampu menyita perhatian calon konsumen berkat fitur dan tampilan yang lebih menarik dibandingkan model sebelumnya.
Selain itu, Toyota Rush dan Mitsubishi Xpander juga memiliki kembaran yang akan menambah pilihan Anda jika tertarik untuk membelinya. Juga, meskipun Mitsubishi Xpander LMPV dan Toyota Rush LSUV, tawarkan konfigurasi serupa. Xpander adalah MPV untuk SUV, dan Rush adalah SUV dengan MPV yang menawarkan kapasitas 7 kursi. Harga keduanya pun sedikit serupa.
Desain & Eksterior Toyota Rush dan Mitsubishi Xpander
Semakin tinggi ukuran ground clearance, semakin dapat diandalkan untuk menerobos genangan air. Di sini, Xpander menawarkan dua pilihan ground clearance seperti varian Ultimate, Sport dan Exceed yang memiliki jarak terendah dari permukaan tanah berukuran 205 mm, sedangkan varian GLX dan GLS memiliki ukuran 200 mm.
Sedangkan kompetitornya memiliki ground clearance 220 mm karena berstatus SUV. Perbedaan ukuran akan mempengaruhi kemampuan mobil melibas genangan air, termasuk mempengaruhi pengendalian dan kenyamanan penumpang dan pengemudi.
Mesin Toyota Rush dan Mitsubishi Xpander
Berbicara soal mesin, Xpander hadir dengan kapasitas 1.500 cc dengan tenaga 104 PS dan torsi puncak 141 Nm. Kemudian tenaga Mitsubishi Xpander tersebut disalurkan ke bagian roda depan, melalui transmisi otomatis 4 percepatan konvensional.
Sementara itu, Toyota Rush sendiri juga menggunakan mesin berkapasitas 1.500 cc, dengan tenaga 104 ps dengan torsi maksimal 139 Nm. Toyota Rush juga mengandalkan system gerak roda belakang. Dengan tetap menggunakan transmisi otomatis 4 percepatan konvensional.
Mesin Toyota Rush |
Tipe Mesin |
2NR-VE, DOHC, Dual VVT-i |
Kapasitas Silinder |
2NR-VE, DOHC, Dual VVT-i |
Tenaga Maksimal |
102 HP @ 6.000 rpm |
Akselerasi 0-100 km/jam |
13,5 detik (estimasi) |
Konsumsi bahan bakar |
11,5 km/liter (dalam kota), 16 km/liter (jalan tol) |
Transmisi |
Manual 5-percepatan / Otomatis 4-percepatan |
Sistem Penggerak |
Rear-Wheel Drive |
Jika melihat mesin dan transmisinya, kedua mobil ini bersaing sangat ketat. Di bagian kap Toyota Rush terdapat mesin terbaru dari Toyota yaitu dengan kode 2NR. Sedangkan Mitsubishi Xpander menggunakan mesin berkode 4A91. Keduanya sama-sama memasang konfigurasi 4 silinder, dengan teknologi pengapian terpisah seperti MIVEC dari Mitsubishi dan Dual VVT-i dari teknologi Toyota.Untuk sektor dapur pacu, keduanya hampir serupa dan seimbang. Namun tentunya nanti pengendara akan melihat performa dan penghematannya di jalan raya.
Lebih detailnya, kedua mobil ini sama-sama memiliki tenaga 104 PS dengan torsi 141 Nm pada 4.000 RPM di Xpander dan Rush dengan 136 Nm pada 4.200 Nm. Lanjutkan ke transmisi, keduanya menawarkan pilihan manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan dengan Rush yang mengandalkan penggerak roda belakang dan Xpander yang menggunakan penggerak roda depan.
Mesin Mitsubishi Xpander |
Tipe Mesin |
4A91, MIVEC, DOHC 16 Valve |
Kapasitas Silinder |
1.499 cc |
Tenaga Maksimum |
103 HP @ 6.000 rpm |
Torsi Maksimum |
141 Nm @ 4.000 rpm |
Akselerasi 0-100 km/jam |
13,4 detik |
Konsumsi Bahan Bakar |
12 km/l (dalam kota), 20,2 km/l (luar kota) |
Transmisi |
Otomatis 4-Percepatan & Manual 5-Percepatan |
Sistem Penggerek |
Front-wheel-drive |
Interior Toyota Rush dan Mitsubishi Xpander
Toyota Rush menawarkan konsumen dengan posisi duduk yang tinggi. Tapi saying setirnya tidak bisa teleskopik dan tidak ergonomis. Joknya juga dirasakan keras. Ada hal yang menarik adalah pada sisi interiornya yang kini berwarna hitam, sehingga terlihat kabin mobil ini lebih gagah.
Sementara Mitsubishi Xpander memiliki posisi duduk lebih rendah dan ergonomis. Pada bagian setir atau lingkar kemudi juga sudah dilengkapi dengan pengaturan telescopic dan jok yang lebih empuk. Sayangnya, untuk warna jok untuk tipe Ultimate, Mitsubishi Xpander berwarna beige sehingga terihat lebih mudah kotor. Untuk interior di depan, Mitsubishi Xpander lebih nyaman karena ergonomis untuk diduduki di bagian depan kabin.
Fitur Toyota Rush dan Mitsubishi Xpander
Mitsubishi Xpander tidak memiliki banyak fitur khusus di dalamnya. Paling tidak Xpander sudah memiliki audio dengan konektivitas ke gadget kesayangan Anda, ada kontrol stabilitas, lalu ada power window dengan teknologi mampu melipat secara elektrik. Ada juga kamera mundur, dan kontrol arah AC. Bahkan model Mitsubishi Xpander Ultimate terbaru dilengkapi dengan cruise control.
Dalam hal ini, Toyota Rush terasa lebih lengkap dan mewah. Audio Rush sudah tersedia konektivitas gadget, serta kontrol stabilitas dan power window dengan pelipatan elektrik seperti milik Mitsubishi Xpander.
Tapi rasanya lebih modern. Sudah ada auto light, auto wiper, dan reverse camera dibantu sensor parkir. Kemudian AC-nya juga sudah digital, meski sayangnya belum dilengkapi dengan pengontrol arah hembusan aliran AC seperti pada Mitsubishi Xpander.
Secara umum, banyak pengendara menghargai fitur-fitur yang dimiliki Toyota Rush lebih modern daripada Mitsubishi Xpander. Namun, Toyota Rush kalah dalam hal fitur pengaturan AC dan cruise control.
Fitur Kenyamanan Toyota Rush dan Mitsubishi Xpander
Sebagai SUV dengan kapasitas seperti MPV, Toyota Rush memiliki ground clearance yang lebih tinggi. Tapi dirasakan memiliki kemungkinan untuk bisa mengalami gangguan di jalan. Sebab, pada model terbaru, suspensi dirasa lebih keras untuk mereduksi kendala ini.
Masalahnya itu bisa membuat posisi kursinya jadi tidak enak. Namun dari sisi peredaman suaranya cukup baik. Hanya saja pada kecepatan 100 km per jam dengan rpm mencapai 3.000 rpm, suara mesin bisa merembes ke dalam kabin Toyota Rush.
Sedangkan Mitsubishi Xpander terasa sangat nyaman. Terasa seperti Medium MPV. Dari performa memang tidak sekuat Toyota Rush saat kabin terisi penuh, tapi masih cukup memadai. Senyap juga bagus dan suara mesin juga tidak menembus kabin. Buat perjalanan jauh lebih nyaman.
Performa Berkendara Toyota Rush dan Mitsubishi Xpander
Meski Xpander lembut, namun memiliki kendali yang cukup baik untuk sebuah MPV. Dia stabil dan memiliki kendali alami. Pengadopsian suspensi belakang yang disebut-sebut sebagai bentuk adopsi dari mobil Mitsubishi Lancer Evolution memberikan hasil yang positif.
Sementara itu, Toyota Rush terasa cukup lincah dalam merespon pergerakan dari setir atau roda kemudinya karena suspensi yang keras. Ada gejala pusing tapi terasa tertahan oleh kerasnya suspensi.
Kesimpulannya, Mitsubishi Xpander lebih stabil dan mudah bermanuver dibanding ToyotaRush. Meski di sisi lain, pengendalian Toyota Rush masih dirasakan tergolong bagus, karena dibantu suspensi profilnya yang keras.
Performa Toyota Rush dan Mitsubishi Xpander
Untuk akselerasi Toyota Rush dari kondisi diam atau 0 km per jam hingga ke 100 km per jam, tercatat pada 14,3 detik. Untuk efisiensi konsumsi bahan bakar, dalam kota dengan kecepatan rata-rata 22 km per jam mencapai tingkat efisiensi 11,5 km per liter. Sedangkan untuk konsumsi luar kota dengan kecepatan rata-rata 100 km per jam, hasil efisiensinya 15,2 km per liter.
Sementara akselerasi dari diam hingga ke kecepatan 100 km per jam, Mitsubishi Xpander berhasil mencatatkan waktu 13,8 detik. Sedangkan untuk konsumsi BBM dalam kota mencapai 12 km per liter. Lalu untuk rute luar kota bisa mencapai 19,8 km per liter.
Bengkel Toyota Rush dan Mitsubishi Xpander
Untuk Toyota Rush memiliki garansi 4 tahun atau 100.000 km, dan jaringan dilernya sudah mencapai 329 yang tersebar di seluruh Indonesia. Sedangkan Mitsubishi Xpander ada garansi selama 3 tahun atau 50.000 KM, atau mana yang dicapai lebih dulu, sedangkan jaringan dealer mencapai 127 titik yang tersebar di seluruh Indonesia. Dalam hal ini, Toyota lebih unggul dari Mitsubishi. Apalagi bagi Anda yang tinggal di luar kota besar.
Harga Toyota Rush dan Mitsubishi Xpander
Bicara soal harga, keduanya cukup bersaing. Lihat tabel di bawah ini.
Tipe |
Harga |
Toyota All-New Rush 1.5 G M/T |
Rp 255.150.000 |
Toyota All-New Rush 1.5 G A/T |
Rp 265.150.000 |
Toyota All-New Rush 1.5 S M/T TRD |
Rp 266.550.000 |
Toyota All-New Rush 1.5 S A/T TRD |
Rp 276.550.000 |
Tipe |
Harga |
Mitsubishi Xpander GLX M/T |
Rp 215.800.000 |
Mitsubishi Xpander GLS M/T |
Rp 232.300.000 |
Mitsubishi Xpander GLS A/T |
Rp 243.300.000 |
Mitsubishi Xpander EXCEED M/T |
Rp 240.800.000 |
Mitsubishi Xpander EXCEED A/T |
Rp 251.200.000 |
Mitsubishi Xpander SPORT M/T |
Rp 258.400.000 |
Mitsubishi Xpander SPORT A/T |
Rp 268.400.000 |
Mitsubishi Xpander ULTIMATE A/T |
Rp 272.100.000 |