window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Perbedaan Spesifikasi Nissan Livina Generasi Pertama dan Kedua

Bent Aulia · 2 Nov, 2020 17:00

Perbedaan Spesifikasi Nissan Livina Generasi Pertama dan Kedua 01

Apa yang membedakan Nissan Livina generasi pertama dengan model baru yang ditawarkan tahun 2019? Perubahan yang membuat Livina semakin mirip dengan Mitsubishi Xpander cukup signifikan. Dalam perjalanan Low MPV andalan Nissan, perhatikan perbedaan dari Nissan Livina generasi pertama dan kedua di Indonesia.

Nissan Livina generasi pertama

Nissan Grand Livina bekas yang sekarang banyak di pasaran merupakan generasi pertama. Tandanya adalah nama “Grand” yang masih digunakan. mobil keluarga dengan kabin yang lapang ini pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 2007.

Nissan Grand Livina

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Ketika pertama kali masuk ke Indonesia, Nissan Grand Livina menawarkan berbagai tipe, yaitu Livina 1.5 SV, 1.5 XV, 1.8 XV, dan 1.8 Ultimate sebagai varian tertinggi. Baru setelah facelift, Grand Livina mendapatkan tipe Highway Star dan Highway Star Autotech sebagai varian tertinggi.

Nissan Livina generasi pertama eksterior

Bahkan ketika pertama kali diperkenalkan di Indonesia, Nissan Grand Livina menawarkan tampilan eksterior yang modern dan berbagai fitur yang menawan. Grille yang memanjang menghubungkan lampu depan yang sudah menggunakan teknologi halogen dan lampu kabut di bawah.

Nissan Grand Livina

Dilihat dari dimensi dan wheelbase, Grand Livina memiliki bodi mobil yang panjang. Menawarkan ruang kabin yang sangat baik, namun sayangnya membuat radius putar cukup besar dibandingkan MPV lainnya, mencapai 5.5 meter.

Tampilannya memang cukup aerodinamis, meski overhang belakang terlihat cukup panjang. Tapi hal ini memberikan kepraktisan tersendiri dengan membawa ruang bagasi yang cukup lapang. Sedangkan ground clearance tercatat 185 mm, cukup baik untuk perjalanan di dalam kota.

Nissan Grand Livina Highway Star

Bagian belakang menawarkan kaca belakang yang membulat dan pintu bagasi yang cukup lega. Sedangkan pada edisi facelift, ada mika pada bagian lampu belakang untuk membuat cluster stop lamp yang lebih besar. Dilengkapi spoiler belakang dengan high mounted stop-lamp untuk keselamatan.

Spesifikasi Nissan Grand Livina generasi pertama
Panjang x lebar x tinggi 4.485 mm x 1.700 mm x 1.650 mm
Jarak poros roda 2.600 mm
Ground clearance 185 mm
Radius putar 5.5 m
Bobot mobil 1.250 kg
Kapasitas tangki 52L
Transmisi 6-percepatan manual dan 4-percepatan otomatis
Tipe ban 185/65 R15
Velg 15 inci alloy
Suspensi depan Macpherson strut with Stabilizer
Suspensi belakang Torsion Beam with Stabilizer
Rem depan Ventilated Disc
Rem belakang Drum

Nissan Livina generasi pertama interior

Meski baru generasi pertama, tapi kabin menghadirkan interior yang berwarna hitam dengan aksen chrome pada sisi tengah. Menggunakan material plastik, tapi terlihat lebih berkualitas dibandingkan MPV lain, semisal Toyota Avanza.

dashboard Nissan Grand Livina

Generasi pertama sebelum facelift sayangnya belum mendapatkan airbag maupun MID. Sistem kemudi juga masih polos, tanpa steering wheel audio. Baru pada tahun 2010 Livina mendapatkan facelift dengan beberapa peningkatan sistem interior.

setir Nissan Grand Livina

Livina mengusung konfigurasi tujuh tempat duduk di dalam kabin. Ruang kaki terbilang lega mengingat dimensi mobil ini yang panjang. Bodi yang boxy membuat mobil ini menawarkan ruang kepala yang sangat lega.

Kenyamanan berkendara terasa mengingat Nissan sudah menghadirkan ventilasi AC yang bisa diatur dengan baik untuk penumpang di belakang. Sistem suspensi yang ditawarkan terasa empuk, bahkan ketika dibawa berkendara di jalanan bergelombang.

kursi Nissan Grand Livina

Ruang bagasi di belakang terbilang sangat lega untuk menampung barang-barang sepanjang perjalanan. Kursi belakang juga bisa dilipat untuk memudahkan penumpang mendapatkan ruang penyimpanan yang lebih lapang di belakang.

Nissan Livina generasi pertama mesin

Dalam hal teknis, spesifikasi Nissan Livina menawarkan dua pilihan mesin. Yaitu mesin HR15DE 1.5L yang mampu mengeluarkan 109 PS dan torsi maksimal 148 Nm dan mesin MR18DE bertenaga 128 PS dan 174 Nm torsi maksimal.

mesin Nissan Grand Livina

Hanya saja dibandingkan model MPV lainnya, Nissan Grand Livina hanya membawa mesin bensin, belum ada mesin diesel. Tenaga pun disalurkan ke roda depan menggunakan transmisi manual 6-percepatan serta transmisi otomatis 4-percepatan.

suspensi Nissan Livina

Dilihat dari mesin yang tersedia, Livina memang tak membawa tenaga yang besar. Hanya saja ada kenyamanan berkendara dengan handling layaknya sedan. Meski bodyroll masih tetap terasa mengingat mobil ini berbodi boxy yang terbilang tinggi.

Mesin Nissan Grand Livina generasi pertama
Tipe Mesin HR15DE 1.5L 4-silinder DOHC and Twin VTC MR18DE 1.8L DOHC and Twn VTC
Isi Silinder 1.499 cc 1.797 cc
Daya maksimal 109 PS/ 5.600 rpm 128 PS/ 5.200 rpm
Torsi maksimal 148 Nm/ 4.400 rpm 174 Nm/ 4.800 rpm
Teknologi mesin Electronic Concentrate-engine Control System (ECCS)
Diameter dan langkah 78.0 mm x 78.4 mm

Nissan Livina generasi pertama fitur

Meski berumur lebih dari 10 tahun, namun teknologi yang bisa didapatkan pada Nissan Grand Livina bekas masih tetap mengesankan. Beberapa fitur dari spesifikasi Nissan Livina bekas yang sudah tersedia yaitu,

Nissan Livina generasi pertama fitur eksterior

  • Halogen Headlamp
  • Foglamp
  • High mounted stop lamp with LED
  • Rear wiper
  • Window Chrome Belt Line

Nissan Livina generasi pertama fitur hiburan

  • Low-fatigue front seat
  • Circular AC vents
  • Rear AC vents
  • 2DIN touchscreen wide display head unit
  • Roof monitor (tipe Livina HWS)
  • Analog New Design 2 Gauge Meter + Drive Computer (With Tachometer)
  • 2nd Row Armrest with Cup Holder
  • 2nd Row Headrest
  • 3rd Row Seat Foldable Quick System

Nissan Livina generasi pertama fitur keselamatan

  • Power Door Lock with (Speed Sensor)
  • Seat Belt 1st Row 3-Point ELR (x2) with Pre-tensioner
  • Seat Belt 2nd Row 3-Point ELR (x2) + 2-point ELR (x1)
  • Seat Belt 3rd Row 3-Point ELR (x2)
  • Anti-lock Braking System (ABS)
  • Electronic Brake-force Distribution (EBD)
  • Parking sensors
  • Rear view camera
  • Side impact beam
  • Collapsible steering column
  • Shock sensor

Harga Nissan Grand Livina bekas

Salah satu kekurangan Nissan Livina bisa dibilang terdapat pada harga jual kembali yang cukup naik turun. Contohnya saja Nissan Grand Livina tahun 2003 hingga tahun 2006 berkisar antara Rp60 jutaan hingga Rp70 jutaan.

Nissan Grand Livina bekas

Sedangkan model yang lebih baru menawarkan harga yang lebih tinggi. Misalnya Grand Livina facelift pertama keluaran tahun 2010 bisa didapatkan dengan harga Rp70 jutaan hingga Rp80 jutaan. Dan Livina keluaran di atas 2012 biasanya dibanderol mulai dari Rp80 jutaan.

Nissan Livina 2019 generasi kedua

Ada perubahan yang cukup signifikan ketika pertama kali Nissan Livina 2019 meluncur sebagai generasi kedua. Apalagi tampilan depan yang dibuat mirip Mitsubishi Xpander. Mengingat mobil ini dikembangkan bersamaan dengan MPV andalan Mitsubishi tersebut.

Nissan Livina 2020

Nissan Livina 2019 saat ini tersedia dalam empat varian, yaitu Livina 1.5 E, 1.5 EL, 1.5 VE, dan 1.5 VL sebagai varian tertinggi. Selain varian terbatas Nissan Livina Sporty Package, kemungkinan besar tak ada perubahan pada model Nissan Livina 2021 tahun depan.

Nissan Livina 2019 Eksterior

Dari luar, Nissan Livina 2019 masih mempertahankan bahasa desain Nissan dengan grille depan V-Shape yang diberi nama grille V-Motion. Desainnya dibuat lebih mewah dengan kehadiran lampu depan berteknologi Dual LED Signature dengan lampu DRL.

bagian depan Nissan Livina

Di samping ada desain velg baru berukuran 16 inci yang dibuat lebih sporty dan aerodinamis untuk meningkatkan efisiensi. Begitu juga dengan ground clearance yang dibuat lebih tinggi, mencapai 200 mm. Sehingga membuatnya cukup baik ketika dibawa ke luar kota.

spion Nissan Livina

Kali ini Nissan menambah 25 mm panjang dan dibuat 45 mm lebih tinggi dibandingkan generasi pertama. Termasuk wheelbase 175 lebih panjang, memberikan ruang kabin yang lebih lega untuk kenyamanan bagi penumpang di belakang.

Tampilan belakang juga berubah banyak. Tapi tak begitu banyak berbagi kesamaan dengan Xpander. Lampu belakang dibuat lebih kekar begitu juga dengan rear spoiler dan high mount stop-lamp yang masih tersedia.

Dimensi All New Nissan Livina 2019
Panjang x lebar x tinggi 4.510 x 1.750 x 1.695 mm
Jarak poros roda 2.775 mm
Ground clearance 200 mm
Radius putar 5.5 m
Bobot mobil 1.240 kg
Kapasitas tangki 45L
Transmisi 5-percepatan manual dan 4-percepatan otomatis
Tipe ban 185/65 R15
Velg 15 inci alloy
Suspensi depan Macpherson strut with Stabilizer
Suspensi belakang Torsion Beam with Stabilizer
Rem depan Ventilated Disc
Rem belakang Drum

Nissan Livina 2019 Interior

Ketika diperkenalkan, interior Nissan Livina 2019 dibuat mirip dengan Xpander. Varian entry level mendapatkan warna hitam-coklat, sedangkan Livina VL sudah mendapatkan interior yang didominasi oleh warna hitam layaknya trim Sport Xpander.

interior Nissan Livina 2019

Desain dashboard dibuat lebih modern dibandingkan generasi pertama. Apalagi dengan kedatangan sistem infotainment menggunakan head unit 7 inci yang sudah dilengkapi sistem navigasi, kompatibilitas Apple CarPlay dan Android Auto, serta smartphone mirroring.

head unit Nissan Livina

Ditambah dengan setir multifungsi dengan pengaturan tinggi-rendah (tilt) dan maju-mundur (teleskopik) yang jarang ditemukan pada model Low MPV lainnya. Ditambah pengaturan posisi duduk yang lebih ergonomis untuk mempermudah pengendaraan di jalanan.

fitur start stop engine

Ruang kaki masih tetap baik dan nyaman. Dan yang masih dipertahankan adalah kapasitas bagasi yang lega. Terlebih kursi baris ketiga bisa dilipat rata lantai untuk memberikan ruang yang lebih besar serta mempermudah kepraktisan dalam membawa barang di belakang.

bagasi Nissan Livina

Nissan Livina 2019 Mesin

Nissan Livina 2019 akhirnya tak lagi mendapatkan mesin 1.8L layaknya Nissan Grand Livina bekas. Kali ini Livina hanya membawa mesin 1.5L 4-silinder 16 katup dengan teknologi DOHC dan Variable-valve Timing Control (VTC).

mesin Nissan Livina 2020

Tenaga yang dikeluarkan lebih rendah dibandingkan sebelumnya, yaitu 104 PS dan torsi 141 Nm. Namun tenaga dibuat lebih efisien guna menghemat bahan bakar ketika berkendara. Tenaga disalurkan ke roda depan menggunakan transmisi 5-percepatan manual dan 4-percepatan otomatis.

transmisi Nissan Livina

Mesin All New Nissan Livina 2019
Tipe Mesin 1.5L 4-silinder 16 katup DOHC dan twin VTC (Variable-valve Timing Control)
Isi Silinder 1.499 cc
Daya maksimal 104 PS/ 6.000 rpm
Torsi maksimal 141 Nm/ 4.000 rpm
Teknologi mesin Electronic Concentrate-engine Control System (ECCS)
Diameter dan langkah 78.0 mm x 78.4 mm

Nissan Livina 2019 Fitur

Hal yang paling membedakan generasi kedua dengan generasi awal adalah teknologi yang ditawarkan. Nissan memberikan berbagai kelengkapan teknologi yang memberikan kemudahan tersendiri ketika berkendara.

fiur Nissan Livina 2019

Spesifikasi Nissan Livina kali ini mulai dari sistem i-Key dan push Start/Stop button, Vehicle Dynamic Control (VDC), Traction Control System (TCS) & Hill Start Assist (HSA).

Hill Start Assist

Dengan perubahan yang baru diperkenalkan tahun lalu, teknologi yang ditawarkan kemungkinan besar tak banyak berubah pada Nissan Livina 2021.

Nissan Livina 2019 Fitur eksterior

  • Halogen Headlamp with Auto - Off Headlight
  • Dual Line LED: Positioning Lamp & Daytime Running Light
  • Courtesy Light Before & After Driving
  • Foglamp
  • LED Rear Combination Lamp (Body & Back Door)
  • Door Mirrors Chrome
  • Door Mirrors Electric Adjustment
  • Door Mirrors Auto Folding Outside Mirrors
  • Outside Door Handle Chrome
  • I-Key + Push Start and Stop Button
  • Window Chrome Belt Line

Nissan Livina 2019 Fitur hiburan

  • Seat Material Black Leather
  • Driver Seat Height Adjuster
  • 3rd Row Seat Seatback + Cushion (Split) & Full Flat Floor
  • Ip Panel - Wooden Ornament
  • Multi Information Display with Eco Indicator - Color LCD Display
  • Steering Material Black (Leather)
  • Steering Adjustment: Tilt & Telescopic
  • Multimedia Control Switches on Steering Wheel & Bluetooth Hands Free Phone
  • Air Conditioning Front Manual + Rear Air Conditioning Blower
  • Speaker 6 Pieces
  • 7" display touchscreen Radio, Smartphone connectivity (Android Auto/Auto CarPlay - ready), BT, USB
  • Power Outlet(12v) - 3 pcs (1st, 2nd & 3rd row seat)

Nissan Livina 2019 Fitur keselamatan

  • SRS Airbag Driver
  • SRS Airbag Front Passenger
  • Safety Belt 3P ELR 7 pcs (Fr Driver & Fr Passenger with Pretensioner & Force Limiter) with Seatbelt reminder Driver & Assistant
  • Auto Hazard Light on Emergency Braking
  • Vehicle Dynamic Control (VDC), Traction Control System (TCS) & Hill Start Assist (HSA)
  • Parking Sensor & Rear-View Camera
  • Immobilizer

Harga Nissan Livina 2020

Ada empat varian Nissan Livina 2020 yang ditawarkan saat ini dengan dua pilihan transmisi manual dan otomatis. Varian entry level Livina 1.5 E yang hanya ditawarkan dalam transmisi manual dibanderol mulai dari Rp208 jutaan.

Nissan Livina Sporty Package

Nissan Livina 2020 1.5 EL merupakan satu-satunya varian yang mendapatkan transmisi manual yang dibanderol Rp231 jutaan dan transmisi otomatis yang dibanderol Rp242 jutaan. Selanjutnya ada varian 1.5 VE AT yang dihargai mulai dari Rp259 jutaan.

Varian tertinggi Livina 1.5 VL AT bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp272 jutaan. Dengan tahun yang akan berganti, belum ada detail lengkap tentang penambahan maupun pengurangan harga dari Nissan Livina 2021 nantinya.

Kesimpulan

Ruang kabin yang lapang serta kenyamanan berkendara memberikan rasa berkendara yang menyenangkan tersendiri bagi pengguna Nissan Livina 2020. Harga Nissan Livina 2020 saat ini bisa dibilang cukup terjangkau. Namun tak menutup kemungkinan Nissan Livina 2021 akan mendapatkan peningkatan harga tahun depan.

Bent Aulia

Penyuka sejarah dan film, di belakang laptop sebagai penulis baru di ranah otomotif.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Nissan Livina E MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil