window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Perhatikan Kondisi Ban Saat Road Trip Staycation di Masa Pandemi

Budi · 12 Mar, 2021 07:00

Situasi pandemi Covid-19 di Indonesia masih membuat beberapa instansi dan sekolah menerapkan kondisi WFH (Work from Home) ataupun sekolah daring. Kondisi ini jelas tak ideal, bahkan terkadang membuat kepenatan melanda Anda dan keluarga.

Perhatikan Kondisi Ban Saat Road Trip Staycation di Masa Pandemi 01

Tak ayal, saat ini memilih untuk berlibur sejenak dan melepas lelah banyak dilakukan, meski protokol kesehatan tetap harus diperhatikan. Salah satu pilihan masyarakat saat ini adalah dengan melakukan perjalanan darat atau road trip dengan mobil pribadi, untuk meminimalisir terjadinya kontak dengan orang lain.

Road trip bersama keluarga dengan kendaraan pribadi menjadi opsi yang menarik saat ini. Apalagi dengan adanya jalan tol Trans Jawa, menjadikan road trip dapat dilakukan secara singkat, dengan hanya bermalam satu atau dua hari alias staycation. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Meski begitu, saat melakukan road trip ini tentunya ada beberapa hal yang harus diperhatikan pada mobil yang digunakan. Kondisi kelayakan dan keselamatan kendaraan sangat penting untuk diperhatikan, salah satunya adalah pemeriksaan kondisi ban.

Perhatikan Kondisi Ban Saat Road Trip Staycation di Masa Pandemi 01

Selalu perhatikan agar kondisi ban selalu prima sebelum melakukan perjalanan jauh 

“Ban adalah satu-satunya bagian kendaraan yang bersentuhan langsung dengan jalan, sehingga sebelum perjalanan jarak jauh perlu bagi pengguna kendaraan untuk selalu mengecek kondisi ban agar tetap aman dan nyaman selama perjalanan”, sebagaimana disampaikan Arko Kanadianto, Head of Corporate Communications & Public Relations PT Bridgestone Tire Indonesia. 

Berikut ini adalah tips memeriksa kondisi ban dari Bridgestone yang perlu anda perhatikan sebelum anda memulai road trip bersama keluarga:

Periksa Kondisi Fisik Ban

Cara termudah untuk memeriksa kondisi ban adalah melihat langsung kondisi fisiknya. Pastikan tidak ada kerusakan fisik yang terlihat baik di telapak ban maupun side wall. Periksa juga kemungkinan adanya keausan yang tidak merata atau kerusakan pada spot tertentu (spot wear), atau adanya goresan (thread cut/chipping) yang dapat mempengaruhi kinerja dan keamanan ban.

Perhatikan Kondisi Ban Saat Road Trip Staycation di Masa Pandemi 02

Cek tekanan angin sesuai panduan pabrikan secara berkala

Cek Tekanan Angin Ban Sesuai dengan Petunjuk Penggunaan

Ban akan lebih dapat mengalirkan udara secara baik ketika diisi tekanan angin ban yang sesuai dengan petunjuk penggunaan. Sempatkan diri anda untuk memeriksa tekanan angin sebelum berangkat perjalanan jauh.

Pastikan Telapak Ban Masih Bagus dan Tidak Gundul 

Cara paling mudah adalah dengan memeriksa Tread Wear Indicator (TWI) pada Ban dan memastikan bahwa telapak atau kembang ban tidak kurang dari TWI tersebut.

Perhatikan Kondisi Ban Saat Road Trip Staycation di Masa Pandemi 03

Perhatikan Tread Wear Indicator (TWI) agar ban tetap optimal

Selain itu Bridgestone juga memberikan rekomendasi produk yang cocok untuk kendaraan pribadi yang digunakan untuk perjalanan road trip bersama keluarga, yaitu Bridgestone ECOPIA EP150 dan Bridgestone TURANZA T005A.

Perhatikan Kondisi Ban Saat Road Trip Staycation di Masa Pandemi 04

Meski harganya terjangkau, namun Bridgestone Ecopia EP150 memiliki kemampuan yang hebat

Bridgestone ECOPIA EP150 adalah produk Bridgestone dengan teknologi terbaru melalui penciptaan produk dengan hambat gulir rendah (low RRC) sehingga menghasilkan konsumsi bahan bakar yang lebih efisien dengan tetap mengutamakan kinerja ban yang handal. Selain lebih ramah lingkungan karena menurunkan emisi CO2 dari teknologi low RRC, Bridgestone ECOPIA EP150 juga akan memberikan pengalaman umur pakai ban yang lebih lama sehingga lebih ekonomis.

Perhatikan Kondisi Ban Saat Road Trip Staycation di Masa Pandemi 05

Bridgestone Turanza T005A merupakan produk premium

Sedangkan Bridgestone TURANZA T005A berkonsep produk premium yang eksklusif untuk perjalanan lebih tenang karena tingkat kebisingan yang lebih rendah dan aman karena keandalan pengendalian di jalan kering maupun basah. Pola telapak asimetris atau “asymmetric pattern” dari Bridgestone Turanza T005A meningkatkan performa ban di permukaan jalan basah sehingga menjadikan perjalanan anda menjadi lebih aman dan nyaman.

Jangan lupa untuk selalu memeriksa kondisi ban mobil Anda sebelum berkendara bersama keluarga dan sesuaikan pilihan produk ban anda dengan kebutuhan perjalanan Anda (*)
 

Budi

Head of Content

Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak lebih dari 15 tahun, Ia telah mencicipi berada di beberapa sisi industri, PR, agency dan media, baik cetak maupun online. Kegemarannya berkendara membawa Ia mencoba berbagai jenis mobil, mulai single seater di lintasan sirkuit hingga off-road di lintasan salju bersuhu -15 derajat Celsius. Facebook: budityas Instagram: budityasbebe

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Honda Civic RS 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil