Perodua Ativa, Kembaran Toyota Raize dan Daihatsu Rocky di Malaysia Segera Meluncur di Awal Maret?

Indra Fathan · 20 Feb 2021 09:00

Foto rendering atau ilustrasi tampilan Perodua Ativa oleh Theophilus Chin

Jika di Indonesia, kita masih harus menunggu kepastian perilisan Toyota Raize dan Daihatsu Rocky, yang kabarnya akan dilakukan dalam hitungan bulan, berbeda dengan yang terjadi di Malaysia, di mana Perodua sebagai "saudara" Daihatsu dikabarkan akan merilis kembaran Raize-Rocky ini pada awal Maret mendatang, bernama Perodua Ativa.

Mobil ini terdiri dari tiga tipe: 1.0 X, 1.0 H, dan 1.0 AV. Meskipun belum ada gambar penampakan utuhnya (baru berupa foto render digital), tetapi bisa dipastikan bahwa Perodua masih mempertahankan desain keseluruhan dari Raize-Rocky, namun mereka hanya mengubah desain di beberapa komponen seperti gril, bumper depan, bumper belakang, dan pelek.

Bukan hanya bagian eksterior, di interior terutama desain dasbor, kemungkinan besar masih mirip sekali dengan saudaranya dari Jepang, seperti panel instrumen full digital berukuran 7 inci dan head unit layar sentuh dengan layar berukuran 9 inci yang didukung dengan berbagai konektivitas melalui smartphone serta fitur voice command dari Google.

Berbeda dengan versi Indonesia, Perodua Ativa hanya menyediakan satu pilihan mesin dan transmisi, yaitu bensin 1.000 cc turbo berkode 1KR-VET yang bertenaga 98 PS dan torsi 140 Nm dan bertransmisi D-CVT atau transmisi CVT yang menggabungkan roda gigi dan sabuk dalam sistem tersebut, yang diklaim dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar, akselerasi, dan kenyamanan dalam berkendara.

Hal ini menjadikan Ativa sebagai mobil Perodua pertama yang menggunakan mesin turbo dan transmisi CVT sekaligus. Keunggulan lainnya, Ativa memiliki fitur keselamatan yang sangat berlimpah, tidak hanya fitur passive safety seperti 6 buah airbag, ABS+EBD+BA, dan stability control yang jadi standar, namun juga kumpulan fitur active safety yang disebut Advanced Safety Assist (A.S.A) 3.0.

Dari tipe terendah alias 1.0 X, Ativa sudah dilengkapi fitur ASA 3.0 yakni Pre-Collision Warning & Braking, Pedal Misoperation Control, Front Departure Alert, serta Lane Departure Warning & Prevention, tetapi untuk tipe tertinggi alias 1.0 AV, fitur tersebut ditambah dengan Adaptive Cruise Control, Blind Spot Monitor, Rear Cross Traffic Alert, dan Lane Keep Control.

Perodua memberikan estimasi harga semua tipe Ativa yakni dari 62.500 ringgit hingga 73.400 ringgit atau sekutar 216 jutaan rupiah hingga 254 jutaan rupiah. Tersedia dalam 7 pilihan warna yaitu Cobalt Blue, Granite Grey, Glittering Silver, Pearl Delima Red, Pearl Diamond White, dan khusus tipe 1.0 AV termasuk warna dual tone Pearl Delima Red + Black Roof dan Pearl Diamond White + Black Roof.

 

Komentar