window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Persaingan Hatchback Sport Tanah Air, Honda Civic Paling Populer?

Enda · 18 Nov, 2020 18:30

Persaingan Hatchback Sport Tanah Air, Honda Civic Paling Populer? 01

Honda Civic Hatchback

Mempunyai bentuk fisik berpenampilan sport, Honda Civic Hatchback sampai dengan saat ini masih memiliki daya tarik tersendiri bagi sebagian para pecinta otomotif nasional. Tak heran jika Honda Civic Hatchback meraih salah satu predikat sebagai salah satu mobil terpopuler dikalangan hatchback sport Tanah Air.

Terlebih ketika Honda Civic Hatchback generasi ke-10 ini mendapatkan penyegaran pada awal tahun lalu. Pihaknya menawarkan Civic Hatchback dengan tampang lebih sporty, serta hadirnya varian RS sebagai trim tertingginya.

Perlu diketahui, ada juga varian Type R yang ditujukan untuk memberikan tantangan tersendiri bagi para pecinta mobil sport. Hal itu membuat Honda Civic Hatchback semakin populer.

Dan berikut adalah alasan mengapa Honda Civic Hatchback menjadi mobil terpopuler di kelasnya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Bentuk Honda Civic hatchback paling sporty dibanding pesaingnya

Persaingan Hatchback Sport Tanah Air, Honda Civic Paling Populer? 01

Subaru BRZ dan Toyota 86

Sebelum Honda Civic Hatchback hadir, terdapat varian hatchback sporty lainnya dari beberapa brand ternama, yang lebih dulu hadir meramaikan kancah otomotif Tanah Air.

Yup, ini adalah Toyota 86. Hatchback sporty besutan pabrikan tiga oval ini hadir tidak sendirian. Setidaknya mobil ini memiliki saudara kembar yang diberi nama Subaru BRZ.

Persaingan Hatchback Sport Tanah Air, Honda Civic Paling Populer? 02

Tampilan belakang Honda Civic Hatchback

Seolah mengetahui kiprah keduanya tidak begitu gemilang, PT Honda Prospect Motor menghadirkan Civic Hatchback pada 2017 dengan tampilan yang terlihat lebih sporty dari kedua pesaingnya. Honda Civic Hatchback berkodekan FK ini memiliki tampilan lebih sport dengan desain menyudut yang dianggap aerodinamis dan lebih agresif.

Selain tampilannya yang terlihat paling sporty, hatchback kompak berpenampilan sport ini mendapatkan mesin dengan dorongan turbo.

Populer karena Honda Civic Hatchback memakai turbo

Diketahui bahwa Toyota 86 dan Subaru BRZ mendapatkan mesin dengan layout boxer berkubikasi 2.0L. Namun mesin ini kalah populer dengan mesin berkodekan L15B yang ditanamkan pada Honda Civic Hatchback.

Persaingan Hatchback Sport Tanah Air, Honda Civic Paling Populer? 03

Mesin Honda Civic Turbo

Menurut data di atas kertas, mesin berteknologikan DOHC 4 silinder 1.500 cc 16 Valve VTEC Turbo + DBW ini mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 171 Hp @5.500 Rpm dengan torsi mencapai 220 Nm @1.700 - 5.500 Rpm.

Tenaga yang dihasilkan terbilang cukup besar untuk ukuran mesin dengan dorongan turbo.

Semakin populer berkat hadirnya Type R

Untuk melengkapi lini Honda Civic Hatchback, Honda menghadirkan Type R sebagai varian paling sporty, yang basisnya diambil dari Honda Civic Hatchback.

Honda Civic Type R tersedia dalam 1 varian saja. Yang mana dibandrol dengan harga berkisar Rp 1,07 Milyar. Ini merupakan harga Honda Civic Type R tahun ini yang dilansir dari situs resminya.

Melihat dari harga yang ditawarkan, dapat dikatakan Honda Civic type R ini termasuk dalam mobil sport yang masuk dalam golongan kelas premium.

Sebagai pembeda dengan Civic Hatchback, Honda Civic Type R dapat dikenali dari ornamen eksterior, interior sporty, dapur pacu, dan transmisi yang terlihat berbeda.

Persaingan Hatchback Sport Tanah Air, Honda Civic Paling Populer? 05

Mesin Honda Civic Type R

Mobil sport yang dibanderol dengan harga menembus lebih dari Rp1 Miliar ini diketahui menggunakan mesin berkodekan K20C1. Mesin ini berkubikasi 2.0L 4 silinder segaris, VTEC Turbo DOHC + DBW, mampu melecutkan tenaga mencapai 296 Hp @6.500 Rpm dengan torsi maksimal 400 Nm @2.500 - 4.500 Rpm.

Hebatnya Honda Civic Type R hanya ditawarkan transmisi manual saja dengan 6 tingkat percepatan.

Menjadi populer dengan transmisi CVT yang bisa dibuat ‘galak’

Persaingan Hatchback Sport Tanah Air, Honda Civic Paling Populer? 06

Transmisi CVT Honda Civic Hatchback

Honda Civic Hatchback juga mendapatkan transmisi CVT with Earth Dream Technology. Transmisi CVT memang memiliki karakter yang lembut dalam setiap perpindahannya. Namun siapa sangka, mobil ini semakin terkenal akan kebuasannya karena telah dilengkapi fitur paddle shift.

Untuk menikmati performa berkendara lebih, kebuasan tenaga yang dihasilkan mesin ber-turbo tersebut bisa lebih dirasakan secara spontan menggunakan fitur ini.

Lebih populer berkat adanya ECON Mode, pada Honda Civic Hatchback

Persaingan Hatchback Sport Tanah Air, Honda Civic Paling Populer? 07

ECON Mode Honda Civic Hatchback

Di balik kebuasan yang bisa mengakibatkan penggunaan bahan bakar menjadi lebih boros, nyatanya konsumsi BBM Honda Civic Hatchback bisa distel menjadi lebih irit. Hal ini terjadi karena Honda Civic Hatchback berhasil disematkan fitur ECON Mode yang mana bisa memberikan kehematan semakin lebih baik.

Akan tetapi penerapan ECON Mode harus dibarengi dengan penerapan eco driving untuk mendapatkan tingkat efisiensi yang lebih maksimal.

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda Civic Hatchback RS

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil