window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Pertarungan Fitur Praktis, Inilah Perbandingan Kepraktisan Mitsubishi Xpander Vs Toyota Avanza Dan Suzuki Ertiga

Franky · 23 Mei, 2020 18:00

Pertarungan Fitur Praktis, Inilah Perbandingan Kepraktisan Mitsubishi Xpander Vs Toyota Avanza Dan Suzuki Ertiga 01

Pasar mobil Indonesia memiliki persaingan yang cukup ketat dengan salah satu yang menjadi penjualan terbanyak adalah kategori mobil Low Multi Purpose Vehicle (Low-MPV), mobil multifungsi untuk keluarga yang cukup diminati di Indonesia. Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat data penjualan mobil kategori Low MPV indonesia pada periode Oktober 2019 berkontribusi sebesar 19.282 unit dari total penjualan 96.030 unit atau sekitar 20 persen.

Dengan persaingan pasar mobil Low-MPV, Mitsubishi Xpander adalah salah satu mobil yang cukup diminati di segmen Low-MPV. Mulai dari peluncurannya di tahun 2017 lalu, Mitsubishi Xpander berhasil memberikan dobrakan perubahan di kelas mobil keluarga.

Sekilas info, Mitsubishi Xpander sendiri memiliki total 8 tipe dengan Mitsubishi Xpander GLX sebagai varian terendahnya. Harga Mitsubishi Xpander saat ini di kisaran Rp 218 juta hingga yang termahal adalah Rp 275 jutaan. Ini merupakan harga mobil Xpander 2020 yang tidak beda jauh dengan charga eXpander 2019. Kemudian, konsumen juga bisa mencari harga promo Xpander di internet.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Kemudian, Mobil Suzuki Ertiga terbaru memiliki total 7 tipe. Harga Suzuki Ertiga berkisar dari Rp 207 juta hingga Rp 263 jutaan. Ini merupakan harga mobil Suzuki terbaru di tahun 2020. 

Sedangkan tipe mobil Toyota Avanza berjumlah 5 tipe. Harga Toyota Avanza berkisar dari Rp 200 juta hingga Rp 230 jutaan. Ini merupakan harga new Avanza di tahun 2020 dan tidak beda jauh dengan harga mobil Avanza 2019. Saudara Toyota Avanza, Toyota Veloz memiliki 4 tipe. Harga Toyota Veloz 2020 berkisar dari Rp 225 juta hingga Rp 249 jutaan.

Perbandingan Kepraktisan Mitsubishi Xpander, Toyota Avanza Dan Suzuki Ertiga

Mitsubishi Xpander juga menjadi salah satu pesaing yang cukup kompetitif untuk mobil-mobil sekelasnya yang lebih dulu ada. Toyota All New Avanza dan Suzuki All New Ertiga terbaru merupakan beberapa merek mobil yang punya aspek-aspek yang siap bersaing dengan Mitsubishi Xpander mobil. Salah satu aspek yang sering dijadikan perbandingan adalah kepraktisan dari masing-masing mobil yang menjadi faktor kenyamanan bagi penggunanya.

1. Perbandingan Ruang Penyimpanan Dan Fitur-Fitur Kepraktisan Pengendara

Jika Anda bingung dalam perbandingan kepraktisan dari setiap mobil ini, maka akan dibahas lebih lengkap mengenai sisi kepraktisan Mitsubishi Xpander dan para kompetitornya Toyota Avanza dan Suzuki Ertiga terbaru pada masing-masing seri tertingginya.

Pertarungan Fitur Praktis, Inilah Perbandingan Kepraktisan Mitsubishi Xpander Vs Toyota Avanza Dan Suzuki Ertiga 01

Perbandingan Ruang Kabin Depan Mitsubishi Xpander (kiri), Toyota Avanza (kanan atas) dan Suzuki Ertiga (kanan bawah)

  • Ruang Penyimpanan

Ruang penyimpanan merupakan salah satu kepraktisan yang paling dilihat di kategori mobil keluarga. Sebagai salah satu tipe Low-MPV dengan julukan mobil keluarga multifungsi, ketersediaan ruang penyimpanan seakan menjadi kenyamanan tersendiri bagi keluarga untuk membawa barang bawaannya.

Pertarungan Fitur Praktis, Inilah Perbandingan Kepraktisan Mitsubishi Xpander Vs Toyota Avanza Dan Suzuki Ertiga 02

Ruang penyimpanan Mitsubishi Xpander sangat melimpah di kelas Low-MPV

Ruang penyimpanan Mitsubishi Xpander mobil ini termasuk yang paling melimpah di kelasnya, dengan total ada 16 Cup Holder, yaitu 2 di konsol tengah, 3 di masing-masing doortrim dan 2 di kabin belakang dan total terdapat 35 ruang penyimpanan seperti Glove Box serta penyimpanan kecil lainnya di dalam mobil eXpander. Tidak jarang beberapa review pengguna dari mobil Xpander memberikan pendapatnya mengenai kenyamanan yang mereka rasakan karena ketersediaan ruang penyimpanan yang sangat melimpah.

Pertarungan Fitur Praktis, Inilah Perbandingan Kepraktisan Mitsubishi Xpander Vs Toyota Avanza Dan Suzuki Ertiga 03

Laci penyimpanan pada bangku depan Mitsubishi Xpander

Sedangkan untuk kompetitornya, Toyota Avanza yang merupakan salah satu tipe mobil Toyota ini memiliki 15 Cup Holder dan total 27 ruang penyimpanan. Tak begitu dengan Suzuki Ertiga yang hanya memiliki 8 Cup-holder satu buah Cup-holder lengkap dengan ruang penyimpanan terbuka.

Meski begitu, masih ada bagian menarik pada konsol tengah Suzuki Ertiga yang merupakan mobil Suzuki terbaru, ditemui fitur Cup Holder berventilasi layaknya ruang penyimpanan minuman agar tetap dingin yang tidak dimiliki oleh Mitsubishi Xpander dan Toyota Avanza. Ruang kompartemen tertutup sendiri ada 2 tempat, di laci Dashboard untuk yang besar sementara yang berukuran kecil ada di sisi kanan. Total ruang penyimpanan terdapat 24 buah yang tersebar di seluruh kabin Suzuki Ertiga terbaru.

Jadi dalam hal ruang kepraktisan ruang penyimpanan Mitsubishi Xpander masih merajai dari 2 kompetitornya mobil Toyota Avanza dan Suzuki Ertiga terbaru. Hal tersebut bukan berarti kompetitornya tidak memiliki ruang penyimpanan yang minim, hanya saja Mitsubishi Xpander mobil memiliki lebih banyak ruang penyimpanan.

  • Fitur-Fitur Kenyamanan Pengendara

Mulai dari setir Mitsubishi Xpander memiliki kenyamanan fitur Tilt (naik-turun) dan Telescopic (maju-mundur) Steering yang lebih mudah untuk menyesuaikan kenyamanan mengemudi. Sedangkan Toyota Avanza dan Suzuki Ertiga terbaru hanya memiliki fitur Tilt Steering yang hanya bisa menyesuaikan ketinggiannya saja. Sehingga, Mitsubishi mobil X pander memiliki keunggulan dari penyesuaian setir ketimbang Toyota Avanza dan Suzuki Ertiga mobil Suzuki Indonesia terbaru.

Pertarungan Fitur Praktis, Inilah Perbandingan Kepraktisan Mitsubishi Xpander Vs Toyota Avanza Dan Suzuki Ertiga 04

Perbandingan tampilan kemudi Mitsubishi Xpander (kiri), Toyota Avanza (tengah) dan Suzuki Ertiga (kanan)

Tombol pada setir kemudi juga menjadi salah satu kepraktisan bagi pengemudi. Mitsubishi Xpander mobil memberikan fitur Bluetooth Telephony Steering Switch yang memudahkan pengemudi dalam menghubungkan Smartphonenya dengan Audio mobil. Untuk para kompetitornya fitur ini masih tergolong baru dimunculkan, seperti contohnya pada Suzuki Ertiga baru memunculkan fitur ini di varian Suzuki Ertiga Sport yang baru muncul di tahun 2019.

Tombol lainnya yang masih berhubungan dengan fitur kenyaman adalah tombol pengaturan kaca spion. Pada Varian tertingginya yaitu Ultimate, Mitsubishi Xpander hanya memiliki  pengaturan kaca spion yang hanya bisa melakukan pengaturan posisi kaca spion secara elektrik tetapi menghilangkan fitur Retractable Mirror (pelipatan kaca spion secara elektrik). Fitur ini dimiliki oleh para kompetitornya seperti Toyota Avanza dan Suzuki Ertiga terbaru pada beberapa variannya hingga varian tertingginya.

Dalam hal kepraktisan lainnya Mitsubishi Xpander mobil ini juga unggul dalam jumlah Power Socket yang hampir terdapat di setiap baris pada mobil ini dengan rincian Satu di bawah Center Cluster, satu di konsol tengah untuk baris kedua dan satu di kabin belakang. Sedangkan untuk para kompetitornya, Toyota Avanza dan Suzuki Ertiga Suzuki Indonesia mobil hanya menyediakan 2 Power Socket yang terdapat di kabin depan dan di kabin kursi baris kedua.

2. Kepraktisan Pelipatan Dan Penyesuaian Kursi

Sebagai salah satu mobil keluarga yang Multi-fungsi pelipatan dan penyesuaian kursi sudah pasti menjadi hal yang sangat diperhitungkan dalam memilih kategori ini. Hal ini akan mendukung penggunanya dalam hal kenyamanan duduk penumpang, ruang yang nyaman dan berbagai akses yang fleksibel.

Pertarungan Fitur Praktis, Inilah Perbandingan Kepraktisan Mitsubishi Xpander Vs Toyota Avanza Dan Suzuki Ertiga 05

Perbandingan Ruang Kabin Mitsubishi Xpander dan Suzuki Ertiga

  • Sliding Dan Reclining

Fitur Sliding dan Reclining yang didukung ruang kabin yang besar pada Mitsubishi Xpander mobil ini memberikan kelegaan yang maksimal dari para kompetitornya. Salah satu kelebihannya adalah Sliding ke samping di kursi baris kedua yang masih belum ada di para kompetitor di kelasnya.

  • Center Arm-rest

Mitsubishi Xpander memberikan fitur Center Arm-rest pada kursi baris kedua, yang bisa dilipat saat tidak diperlukan atau butuh Space untuk penumpang di tengah. Fitur ini juga terdapat di Suzuki Ertiga dengan model yang berbeda dan masih belum terdapat pada Toyota Avanza.

  • Ruang Belakang

Untuk memaksimalkan ruang belakang mobil Xpander memiliki konfigurasi pelipatan kursi yang sama dengan Suzuki Ertiga terbaru, dengan perbandingan 50:50 di baris ketiga dan 60:40 di baris kedua. Hal ini membuat kelegaan ruang belakang Mitsubishi Xpander dan Suzuki Ertiga memiliki kelegaan yang lebih lapang dari pada Toyota Avanza yang konfigurasi kelipatannya masih belum bisa rata lantai dan menyisakan ruang.

  • Akses Kursi Baris Ketiga

Mitsubishi Xpander mobil yang memberikan fitur lipatan kursi pada baris kedua dengan fitur One Touch Tumble, yang memungkinkan kursi dapat dilipat penuh ke depan hanya dengan satu sentuhan. Hal ini juga terdapat pada Toyota Avanza, sedangkan pada Suzuki Ertiga terbaru masih menggunakan tipe geser pada kursi baris kedua dengan tuas yang berada di samping sandaran kursi. 

Kesimpulan

Beberapa data diatas menggambarkan kepraktisan Mitsubishi Xpander masih menjadi yang paling melimpah di kelas mobil Low-MPV dibanding dengan para kompetitornya. Hal ini bukan berarti kompetitor memiliki kepraktisan yang tidak memadai, hanya saja Mitsubishi Xpander menyediakan kepraktisan yang sangat Melimpah.

Semoga data perbandingan kepraktisan tersebut dapat memberikan banyak manfaat untuk membandingkan dan menentukan mobil yang paling tepat untuk anda dan keluarga anda yang ditinjau dari kebutuhan masing-masing.

Franky

Berhati-hatilah dalam membuat keputusan yang benar di hadapan semua orang

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Mitsubishi Xpander Upcoming 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil