Pesaing Kuat Honda HR-V 2021, Kia Seltos 2021 Resmi Mendarat di Indonesia!

Yuki · 5 Des 2020 20:00

Kini Kia Seltos yang telah memasuki generasi keempat ini hadir di Indonesia. Bagaimana penampilan mobil Kia Seltos ini? Apakah sama dengan Kia Seltos yang diluncurkan di India? Yuk, kita lihat!

Kia Seltos secara resmi meluncur pada bulan Agustus 2019 di India. Mobil Kia Seltos hadir dengan tampilannya yang sangat memukau dan menarik perhatian. Dimana dia tetap menetapkan konsep desainnya sebagai SUV (Sport Utility Vehicle).

Mobil SUV mungil Kia Seltos tidak hanya memiliki penampilan yang gagah, namun mobil ini juga dibekali dengan berbagai fitur yang membuatnya dapat bersaing di pasar otomotif.

Meski di awal, tampak jelas bahwa konsep dari mobil ini terlihat menawan dan bergaya tangguh. Meski Kia menambahkan beberapa lekukan pada Kia Seltos, namun mobil ini tidak terlihat seperti hatchback. Mobil itu juga memiliki desain yang gahar intimidatif.

Garis horizon bonnet mendatar yang ada pada Kia Seltos semakin menunjukkan identitasnya sebagai SUV. Apalagi bumper mobil Seltos diberikan desain agresif. Ada juga desain Tiger Nose Grille yang membuat mobil Kia Seltos terlihat semakin gahar.

Pada desain Tiger Nose Grille ini, ada juga headlamp yang dibekali dengan teknologi LED dan DRL (Daytime Running Light) grafis ‘heart beat’. Kemudian ada juga rongga vertikal seperti ornamen skid-plate pada bagian terbawah bumper mobil.

Pada bagian samping, pada bagian kaca mobil Kia Seltos diberikan garis kelir two-tone atap hitam dan ditambah dengan pilar D yang berwarna sama dengan bodi. Roof rail dan cladding tebal juga mengikuti Sonet Concept.

Ada sedikit perubahan pada bagian samping mobil, yakni handle pintu konvensional serta pemakaian set pelek yang berukuran 16 inci dibalut ban berukuran 215/60. Roda mobil memang mengecil, namun ground clearance tetap terlihat berlimpah.

Aura keren dan gagah dari bagian depan dan samping mobil ini juga ada pada bagian belakang mobil. Pada bagian belakang, ada ornamen hitam yang mengkilap di samping kaca belakang yang membuat mobil ini seolah-olah mendapatkan penambahan ruang.

Ada juga lampu lebar membelah pintu bagasi mobil, dengan garis grafis manis dan teknologi DRL. Selain itu, cladding hitam tebal dengan hiasan garis metalik seperti dual exhaust ini menambah kesan mewah pada mobil.

Interior Kia Seltos dihiasi dengan nuansa retro, salah satunya dapat dilihat melalui kisi AC vertikal. Ada juga head unit yang berfungsi sebagai sistem infotainment yang berukuran 10 inci dan panel instrumen terhubung semua dalam satu bingkai. Sistem infotainment berisi fungsi live traffic dan navigasi.

Kia Seltos memiliki kabin yang terlihat mewah. Kabin mobil dibekali dengan material leatherette dan setir mobil yang dilapisi dengan kulit. Ada juga konsol tuas transmisi, trim metalik di door trim, dan flat-bottom steering wheel pada mobil Seltos yang menambah kesan mewah. Ditambah lagi dengan berbagai fitur lengkap yang dibekali di dalam mobil.

Bagi penumpang yang suka mendengarkan musik di dalam mobil,  Kia membekali Kia Seltos dengan 7-speaker sound system. Ada juga perlengkapan lainnya yang dibekali oleh Kia untuk mobil ini, seperti ventilasi bangku, sensor parkir depan, hingga air purifier berisi dispenser parfum.

Fitur lainnya pada Kia Seltos yang menambah kesan premium antara lain tombol ignition, cruise control, keyless entry, automatic climate control, bahkan hingga electric sunroof. 

KIA Seltos ini memang telah hadir di Indonesia oleh PT Kreta Indo Artha (KIA) sejak awal 2020. Spesifikasinya menjadi menu andalannya. Mobil ini dibekali dengan mesin bensin turbo berpadu dengan transmisi otomatis dual clutch nan responsif. 

Dikatakan bahwa mobil Kia Seltos diesel akan segera dihadirkan di tanah air. Menanggapi perihal peluncuran varian baru Kia Seltos di Indonesia, Yusak Billy selaku Business Innovation & Sales Marketing Director Honda Prospect Motor (HPM) mengatakan bahwa Kia Seltos bisa saja menjadi salah satu saingan dari Honda HR-V.

Ini dikatakan Yusak dengan alasan bahwa Kia Seltos dengan fiturnya yang lebih canggih ini dijual lebih murah dibandingkan dengan Honda HR-V. Namun, Yusak juga mengatakan bahwa Seltos sejatinya bukanlah pesaing mobil Honda HR-V dikarenakan dia yakin bahwa konsumen akan lebih cerdas untuk memilih mobil SUV aman yang cocok digunakan untuk keseharian.

Yusak juga menjelaskan konsumen dalam hal membeli mobil pribadi biasanya dikarenakan alasan pelayanan purna jual dan ketersediaan suku cadang. Dalam hal ini Honda telah melengkapi fasilitas itu hingga sudah sangat meyakinkan konsumen. Karena itu, Yusak melanjutkan bahwa HR-V sudah sangat menempati hati konsumen dalam negeri.

Honda HR-V memiliki total 5 varian dengan kapasitas mobil 1.8L. Harga Honda HRV dibanderol dengan biaya berkisar dari Rp 297 juta hingga Rp416 jutaan.

Sedangkan Kia Seltos yang ada di Indonesia tersedia dalam 3 varian, yakni Kia Seltos E, EX , dan EX+. Harga Kia Seltos bervarian dan dibanderol dengan biaya berkisar dari Rp 295 juta hingga Rp 355 jutaan.

Meski lebih murah dibandingkan dengan HRV, namun Kia Seltos dibekali dengan berbagai fitur yang tidak kalah ok seperti wireless charging, jok kulit,sunroof, dan lobang AC pada baris kedua.

Lalu, fitur keselamatan Kia Seltos juga terbilang cukup standar dengan adanya electronic stability control, enam airbag (tipe EX dan EX+ saja, sedangkan tipe E hanya memiliki dual airbags di depan).

Selain itu ada juga high mounted stop lamp, parking assist, dan keyless entry. Fitur keselamatan lainnya ada ABS, Brake Assist, dan Traction Control. Sistem Vehicle Stability Management, termasuk Electronic Stability Control dan Hill Start Assist yang terdapat pada semua tipe Kia Seltos.

Mobil Kia Seltos dibekali dengan mesin Kappa berkapasitas 1.4L (1.345 cc) 4-silinder 1.353 cc turbocharged. Mesin itu mampu menghasilkan tenaga maksimal 138 hp pada  6.000 rpm dan torsi maksimal 242 Nm pada 1.500 hingga 3.200 rpm.

Mesin ini dilengkapi dengan transmisi otomatis kopling ganda atau Dual Clutch  (DCT) tujuh percepatan. Transmisi DCT ini aktuator elektris yang diatur komputer dalam melakukan perpindahan gigi.

Untuk warna bodi, Kia Seltos memiliki enam pilihan warna, yaitu Intense Red, Steel Silver, Glacier White Pearl, Aurora Black, Pearl, Intelligency Blue, dan Punchy Orange.

KIA Seltos dibekali pilihan mode berkendara (Drive Mode Select) sesuai dengan kebutuhan pengemudi. Drive Mode Kia Seltos antara lain Eco, Normal, Sport, Mud, dan Snow & Sand.

Mengenai varian baru yang belum diluncurkan di Indonesia, yakni Kia Seltos bermesin diesel 1.500 cc. Varian baru ini diperkirakan memiliki harga Rp 242 juta yang belum dikenai pajak.

Jika melihat perbandingan yang ada di luar negeri, Kia Seltos bermesin diesel dengan kapasitas 1.5L 4 silinder CRDi ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 109 PS dan torsi maksimal 236 Nm. Sedangkan mesin Kia Seltos yang berkapasitas 1.6L mampu menghasilkan tenaga maksimal 136 PS dan torsi maksimal 320 Nm.

Itu dia spsesifikasi si SUV mungil milik Kia yang memiliki tampilan yang keren, gagah, dan stylish. Ditambah lagi dengan berbagai fitur dengan teknologi tinggi, membuat Kia Seltos dianggap menjadi saingan berat dari Honda HR-V. Nah, untuk varian baru yang belum datang, kita tunggu saja ya.

Komentar

Mobil Terbaru