Pesona Memukau Toyota 86, Mobil Sport dengan Harga Terjangkau

Samuel Tito · 28 Jul 2020 18:00

Mobil Toyota 86 adalah mobil sport Toyota yang pertama kali dikembangkan di Jepang pada tahun 2011 silam. Secara resmi diluncurkan pada tahun 2012. Awal mobil Toyota 86, pasar Indonesia bernama Toyota FT 86 yang juga merupakan nama untuk pasar Amerika. Kemudian sejak tahun 2016, mobil ini beralih nama jadi mobil Toyota 86, termasuk untuk pasar Asia.

Sebagai mobil sport, popularitas mobil Toyota 86 tidak setenar para pesaingnya. Bahkan nama Subaru BRZ lebih sering didengar oleh penggemar otomotif, meski keduanya menggunakan platform yang sama. Toyota 86 sebagai sedan sport jadi mobil yang ebih terjangkau, jika kita bandingkan dengan Mazda MX-5 dan New Honda Civic Type-R.

New Honda Civic Type R tersedia dalam 1 varian saja. Honda Civic Type R harganya berkisar Rp 1,07 Milyar. Ini merupakan harga Honda Civiv Type R di tahun 2020. Dilihat dari harga mobil Civic terbaru ini, dapat dikatakan bahawa New Honda Civic turbo hatchback type R ini termasuk dalam mobil kelas premium.

Namun, Toyota 86 2020 tidak dilengkapi dengan atap yang dapat dikonversi seperti pada Mazda MX-5 (yang harganya sedikit lebih mahal), dan tenaganya juga jauh lebih kecil daripada Honda Civic turbo hatchback Type-R. Bisa dikatakan ada harga, ada barang.

Eksterior Mobil Toyota 86

Perihal desain eksterior, sebenarnya mobil ini sudah terlihat menarik dan sangat menawan. Kombinasi aura sporty dan futuristik terasa kental pada mobil Toyota 86 2020. Desain bodinya terlihat sangat aerodinamis dengan kap dan kaca belakang yang sangat miring.

Desainnya tidak lekang oleh waktu, terlihat lebih menarik dibandingkan New Honda Civic Type-R seharga Rp1 miliar. Namun, desainnya subyektif dan kembali ke selera masing-masing.

Desain headlamp sangat khas dan mudah dikenali. Semua pencahayaan di bagian depan menerangi jalan dengan warna putih, dari DRL hingga lampu depan hingga lampu kabut. Moncong meruncing dengan kisi-kisi depan ke dalam untuk mengurangi hambatan terhadap angin.

Velg 17 inci yang biasanya terlihat kecil pada mobil sport, bahkan terlihat serasi dengan bodi yang kompak. Tampilan samping tidak kalah sporty dengan hanya satu pegangan pintu di setiap sisi. Hanya saja, sebagai mobil sport, ground clearance yang rendah mungkin hanya ideal untuk digunakan di jalan aspal yang halus.

Spesifikasi Eksterior dan Dimensi Mobil Toyota 86

Dimensi Toyota 86
Panjang 4240 mm
Lebar 1775 mm
Tinggi 1320 mm
Wheelbase 2570 mm
Front Tread 1520 mm
Rear Tread 1540 mm
Berat 1298kg
Velg 17" Alloy Wheel
Ban 215/45 R17

Interior Mobil Toyota 86

Tidak seperti kebanyakan mobil sport yang menawarkan nuansa sporty yang "terlalu" tebal dan tampak melelahkan, mobil Toyota 86 ini dihadirkan dengan nuansa yang sedikit lebih tenang. Interiornya didominasi warna hitam dengan bahan dashboard berupa plastik lunak (soft-touch) di bagian atas dashboard.

Ada juga aksen karbon di dasbor. Kemudi berbentuk lingkaran yang sebenarnya tidak terlalu menarik, tetapi telah dibalut kulit dengan sentuhan akhir yang rapi. Sisi kiri memiliki tombol untuk mengatur audio dan sisi kanan untuk mengatur MID.

Di kanan bawah ada juga tuas untuk kendali jelajah. Untuk rem parkir, masih menggunakan model otot (mekanik) yang memungkinkan untuk mengakomodasi kebutuhan drifting.

Akomodasi mobil sport bukanlah prioritas. mobil Toyota 86 2020 tidak terkecuali. Ruang kabin mobil 2 pintu hanya mampu menampung 2 orang dewasa dan 2 anak-anak. Akses ke barisan belakang juga tidak sepraktis MPV. Untuk posisi duduk, mobil sport ini terasa cukup rendah, tetapi nyaman dan mendukung dengan kursi model balap (bucket seat).

Kelengkapan Fitur, Keselamatan, dan Keamanan Mobil Toyota 86

Fitur Safety
Touchscreen Head Unit with Toyota Connect Dual Front Airbags
Steering Wheel Audio Control Side Airbags
Cruise Control Side Curtain Airbags
Leather Wrapped Steering Wheel ABS
4.2" Color TFT MID EBD
Tilt & Telescopic Steering Brake Assist
Adjustable Projector Headlight Traction Control
LED Rear Combinanation Lamps VSC
Soft-padded Dashboard Material Engine Immobilizer

Performa Mesin Mobil Toyota 86

Mobil Toyota 86 dibekali dengan mesin yang sama dengan Subaru BRZ, yaitu FA20D 4 silinder berkapasitas 2.000 cc. Tenaga yang dihasilkan mobil ini juga cukup besar, mencapai 200 PS pada putaran mesin 7000 rpm. Sementara torsi puncaknya sebesar 205 Nm pada putaran mesin 6.600 rpm. Tenaga mesin disalurkan ke roda belakang (RWD) melalui transmisi manual 6-percepatan dan otomatis 6-percepatan.

Meskipun tenaganya cukup besar, putaran mesin yang dibutuhkan terasa terlalu tinggi. Torsi puncaknya juga dicapai pada putaran yang sangat tinggi, yaitu 6.600 rpm. Oleh karena itu, mobil Toyota 86 ini sebenarnya kurang cocok untuk sehari-hari meskipun dimensinya kompak (tidak lebih panjang dari Toyota Vios). Ground clearancenya juga tidak memungkinkan untuk melewati polisi tidur yang tinggi.

Untuk performa yang maksimum, varian bertransmisi manual memungkinkan anda untuk mengeksporasi tenaga yang lebih baik. Transmisi maticnya selain membatasi rpm, juga belum mengadopsi dual-clutch.

Harga Mobil Toyota 86

Toyota 86 tersedia dalam 3 varian. Harga mobil Toyota 86 berkisar dari Rp 776 juta hingga Rp 817 jutaan. Ini merupakan harga Toyota 86 2020. Apalagi mobil Toyota 86 bekas dengan harga yang lebih rendah menjadi komoditas menarik di pasar mobil bekas.

Edisi Harga
Mobil Toyota 86 Manual Rp775,75 Juta
Mobil Toyota 86 Otomatik Rp782,15 Juta
Mobil Toyota 86 Otomatik TRD Rp816,95 Juta

Komentar

Mobil Terbaru