window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Rajanya LSUV, Mitsubishi Xpander Cross mulai dari Rp.265 Jutaan

Esther · 29 Nov, 2020 14:00

Mitsubishi Xpander tampil sebagai tipe mobil MPV (Multi Purpose Vehicle) di Indonesia. Mobil Mitsubishi ini mendapat respon baik dari penggemar di Indonesia. Lantas, bagaimanakah perbedaan harga Xpander pada tahun 2019 dengan tahun 2020? Apakah perbedaan harga Xpander di dua tahun ini terpaut sangat jauh? 

Sebelum itu, kita harus mengenal Mitsubishi Xpander terlebih dahulu. Yuk, mari kita simak!

Rajanya LSUV, Mitsubishi Xpander Cross mulai dari Rp.265 Jutaan 01

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Mobil Mitsubishi Xpander memang diperkenalkan oleh Mitsubishi sebagai mobil tipe MPV. Namun, sesungguhnya mobil Mitsubishi Xpander ini memiliki konsep desain yang menggabungkan pesona maskulin dari SUV (Sport Utility Vehicle) dan juga esensi artistik MPV (Multi Purpose Vehicle).

Perpaduan ini membuat Mitsubishi Xpander tampil unik dan menjadi eksis di tanah air. Ditambah lagi dengan dimensi kabin mobil ini terbilang besar dengan panjangnya yang berukuran 4.475 mm.

Menjadi salah satu mobil andalan Mitsubishi, mobil Xpander ini tersedia dalam 8 varian. Rencananya, mobil Mitsubishi Xpander ini akan diperkenalkan ke beberapa negaa tetangga Indonesia seperti Filipina dan Thailand. 

Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) meluncurkan mobil Mitsubishi Xpander ini dalam dua varian di GIIAS 2018. Kedua varian itu yaitu Mitsubishi Xpander GLS AT dan juga Mitsubishi Xpander Sport MT.

Untuk selanjutnya, Mitsubishi meluncurkan lima varian lainnya dan 2 pilihan transmisi yang membuat mobil Xpander semakin bervariasi, yakni Mitsubishi GLX MT, GLS MT, EXCEED MT, EXCEED AT, SPORT AT, dan ULTIMATE AT. Selain itu, MMKSI juga membekali beberapa pelengkap baru pada Mitsubishi Xpander, yakni Engine Cover, Cruise Control, dan Rear AC Blower.

Rajanya LSUV, Mitsubishi Xpander Cross mulai dari Rp.265 Jutaan 01

Varian Mitsubishi Xpander

Mitsubishi Xpander GLX MT ini tampil sebagai varian terendah dari Xpander. Karena itu, penampilan mobil Mitsubishi ini terbilang paling sederhana dibandingkan varian lainnya. Hal ini dapat dilihat dari tampilan eksterior mobil ini yang tidak memiliki fog lamp dan grill berwarna hitam.Varian ini juga tidak memiliki pelek kaleng dengan dop plastik yang berukuran 15 inci. 

Selain itu, varian Xpander ini hanya dibekali dengan AC single blower dan juga tambahan seperti Rear AC Blower di bangku belakang mobil ini. Sayangnya, mobil ini masih belum dilengkapi peranti audio.

Varian kedua dari Mitsubishi Xpander adalah GLS MT dan AT. Dengan pelek aluminium yang berukuran 15 inci membuat penampilan varian ini terlihat lebih mewah dibandingkan dengan varian sebelumnya. Hal unggul lainnya adalah dengan hadirnya head unit 2 DIN, AC Double Blower, dan sistem keamanan berupa alarm pada varian Mitsubishi Xpander ini.

Rajanya LSUV, Mitsubishi Xpander Cross mulai dari Rp.265 Jutaan 02

Varian selanjutnya adalah Mitsubishi Xpander Exceed. Varian Mitsubishi Xpander yang ini tersedia dalam 2 transmisi, yakni transmisi otomatis dan manual. Versi Exceed ini memiliki pelek alloy berukuran 16 inci, sehingga membuatnya memiliki perbedaan ground clearance 5 mm dengan Mitsubishi Xpander GLX dan GLS.

Pada varian mobil Mitsubishi Xpander ini, semakin banyak fitur yang dibekali untuknya. Fitur-fitur tersebut antara lain hadirnya material jok lebih berkualitas, jok pengemudi yang ketinggiannya bisa diatur sesuai dengan keinginan, spion yang melipat elektrik, dan pengaturan audio pada setir pengemudi.

Yang teristimewa pada varian ini adalah telah dibekali Engine Cover atau penutup mesin terbaru. Varian ini yang pertama kali mendapatkan fitur istimewa ini. Kemudian, hingga varian Xpander Ultimate juga diterapkan fitur istimewa ini.

Pengen yang lebih mewah daripada mobil Xpander Exceed? Mitsubishi Xpander Sport jawabannya. Varian Xpander ini memiliki pelek berukuran 16 inci dan grill berlapis krom. Interior Xpander Sport memiliki kabin mewah yang dilapisi kulit berwarna hitam.

Interior semakin mewah dengan adanya audio 2-DIN yang jauh lebih canggih dengan adanya enam speaker, panel instrumen LCD, konsol tengah dan tombol start stop mesin. Selain itu, ada juga tambahan fitur keselamatan seperti hill start assist, brake assist, dan active stability control.

Rajanya LSUV, Mitsubishi Xpander Cross mulai dari Rp.265 Jutaan 03

Terakhir, ini dia varian tertinggi dan termahal dari Mitsubishi Xpander, yakni Xpander Ultimate. Varian Xpander ini hanya tersedia dalam transmisi otomatis. Yang membuatnya berbeda dengan varian Sport adalah banyak lapisan krom pada bodi varian Xpander Ultimate. Selain itu, varian ini memiliki kabin yang dilapisi dengan bahan kulit yang berwarna beige.

Fitur lainnya pada varian Ultimate, yakni head unit touchscreen dan kamera mundur yang memudahkan pengemudi pada saat memarkirkan mobil. Ada juga fitur baru yang hanya tersedia pada varian Xpander Ultimate, yaitu fitur Cruise Control. Fitur baru ini berfungsi untuk menjalankan mobil tanpa menginjak pedal gas.

Pilihan Warna

Untuk pilihan warna, Mitsubishi telah menyediakan berbagai pilihan untuk mobil Xpander ini. Dimana varian terendah, Xpander GLX yang tersedia warna Hitam dan Putih. Untuk varian Xpander GLS dan Exceed yang tersedia pilihan warna Sterling Silver Metallic, Diamond Black Mica, dan Quartz White Pearl. Kemudian untuk varian Xpander Sport dan Ultimate tersedia warna Red Metallic, Deep Bronze Metallic, dan Titanium Grey Metallic.

Untuk lebih jelas, berikut tabel pilihan warna untuk semua varian Mitsubishi Xpander.

No Varian Mitsubishi Xpander Pilihan Warna
1 Xpander GLX M/T Hitam, Putih
2 Xpander GLS M/T dan A/T Diamond Black Mica, Sterling Silver Metallic, Quartz White Pearl
3 Xpander EXCEED M/T dan A/T
4 Xpander SPORT M/T dan A/T Deep Bronze Metallic, Red Metallic, Titanium Grey Metallic
5 Xpander ULTIMATE A/T

Setelah varian diatas, Mitsubishi menghadirkan varian terbaru yang dijual terbatas di acara Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019. Mobil Mitsubishi Xpander Limited ini hanya tersedia dalam 1000 unit saja. Yang membuatnya menarik adalah adanya Aero Kit dan berbagai hiasan sporty pada eksterior mobil ini. Di bagian interiornya dibekali Ornament Decal, kursi Sporty Seat Cover, dan Scuff Plate.

Mitsubishi Xpander 2020

Mitsubishi Xpander 2020 masih memiliki desain MPV yang stylish dan SUV yang dinamis. Saat ini, tersedia fasia Dynamic Shield khas Mitsubishi Motors Corporation dengan new front grille yang didesain tangguh pada bagian depan mobil.

Kemudian, pada bagian samping juga ada velg dengan gaya sporty yang memiliki ukuran 16 inci Two Tone Alloy Wheel. Terakhir, pada bagian atap dilengkapi dengan desain Shark Fin Antenna pada varian Exceed, Sport, dan Ultimate yang menambah kesan sporty.

Rajanya LSUV, Mitsubishi Xpander Cross mulai dari Rp.265 Jutaan 04

Mobil Mitsubishi Xpander 2020 memiliki headlamp dengan teknologi LED dan lighting range yang lebih luas. Ada juga Rear Window Defogger pada varian Ultimate, Sport, dan Exceed yang menghasilkan pencahayaan yang lebih bagus.

Pada panel dashboardnya, Mitsubishi memberikan konsep desain dengan perpaduan warna hitam dan beige. Selain itu, telah disediakan New Beige Seat Pattern untuk varian Xpander Ultimate dan New Black Seat Panther untuk varian Xpander Sport.

Ruang penyimpanan mobil Xpander 2020 berjumlah 16 ruang multifungsi yang ada di semua sisi kabin. Kini di tambahkan Door Trim Wood Panel dan New Accent Instrument Panel untuk varian Xpander Exceed dan Ultimate. Sedangkan untuk varian Xpander Sport tersedia Door Trim Silver Panel.

Rajanya LSUV, Mitsubishi Xpander Cross mulai dari Rp.265 Jutaan 05

Untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan saat mengemudi, Mitsubishi juga membekali Xpander dengan head unit Touchscreen dengan ukuran 7 inci. Dan varian Sport dibekali Handsfree Steering Switch.

Adapun untuk keselamatan penumpang di dalamnya, Mitsubishi Xpander 2020 dibekali dengan sensor parkir belakang yang berfungsi pada saat mobil berjalan mundur dan New Dual Horn yang berfungsi memberikan isyarat kepada pengemudi mobil lainnya. Tidak lupa, Mitsubishi Xpander memiliki mesin silinder yang memiliki kapasitas 1.5L.

Harga

Seperti yang disampaikan di tema artikel ini, harga Xpander 2019 dan 2020 memiliki perbedaan. Tapi apakah keduanya berbeda jauh?

Baik mobil Xpander 2019 maupun 2020, semuanya tersedia 8 varian. Dimana harga Xpander 2020 berkisar dari Rp 216.3 juta hingga Rp 272.1 jutaan. Kemudian untuk harga Xpander 2019 berkisar dari Rp 210.3 juta hingga Rp 265.1 jutaan.

Berikut daftar harga Mitsubishi Xpander 2020.

Model Harga Xpander 2020
Mitsubishi Xpander ULTIMATE A/T Rp272,100,000
Mitsubishi Xpander Sport A/T Rp262,400,000
Mitsubishi Xpander Sport M/T Rp252,400,000
Mitsubishi Xpander Exceed A/T Rp250,200,000
Mitsubishi Xpander Exceed M/T Rp239,800,000
Mitsubishi Xpander GLS A/T Rp243,800,000
Mitsubishi Xpander GLS M/T Rp232,800,000
Mitsubishi Xpander GLX M/T Rp216,300,000

Setelah melihat daftar harga Xpander 2020, berikut tabel harga Mitsubishi Xpander 2019 untuk melakukan perbandingan harga keduanya.

Model Harga Xpander 2019
Mitsubishi Xpander ULTIMATE A/T Rp265,100,000
Mitsubishi Xpander Sport A/T Rp256,400,000
Mitsubishi Xpander Sport M/T Rp246,400,000
Mitsubishi Xpander Exceed A/T Rp244,200,000
Mitsubishi Xpander Exceed M/T Rp233,800,000
Mitsubishi Xpander GLS A/T Rp237,800,000
Mitsubishi Xpander GLS M/T Rp226,800,000
Mitsubishi Xpander GLX M/T Rp210,300,000

Kesimpulan

Baik eksterior maupun interior Mitsubishi Xpander selalu memberikan kesan stylish. Kemudian, baik harga Xpander 2019 maupun 2020 tidak berpaut terlalu jauh, yakni sekitar Rp 5 hingga 6 jutaan. Ditambah lagi interior mobil Xpander dibekali dengan berbagai fitur yang istimewa dan juga nuansa mewah ini semakin menarik perhatian pembeli. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Mitsubishi Xpander Upcoming 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil