window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Review Daihatsu Luxio 2020: Kenyamanan Penumpang Kelas Atas

Bent Aulia · 22 Agu, 2020 19:00

Review Daihatsu Luxio 2020: Kenyamanan Penumpang Kelas Atas 01

Mencari mobil yang bisa muat banyak untuk bisnis travel dan perjalanan dengan harga yang terjangkau? Daihatsu Luxio 2020 bisa menjadi pilihan yang memberikan kenyamanan serta rasa berkendara yang menyenangkan di perkotaan.

Harga

Mobil Daihatsu Luxio tersedia dalam 3 varian dimana Daihatsu Luxio 1.5 X A/T sebagai varian tertinggi merupakan mobil Daihatsu matic. Harga Daihatsu Luxio berkisar dari Rp 204 juta hingga Rp 233 jutaan. Ini merupakan harga Luxio 2020. Ada juga beberapa konsumen yang mencari mobil Luxio bekas, harga mobil bekas Luxio 2011 bervarian tergantung dengan kondisi mobil.

Model Harga
Daihatsu Luxio 1.5 D M/T Rp204 jutaan
Daihatsu Luxio 1.5 X M/T Rp222 jutaan
Daihatsu Luxio 1.5 X A/T Rp233 jutaan

Spesifikasi

Mesin
Tipe Mesin 3SZ-VE DOHC VVT-i berpendingin air
Kapasitas Silinder 1.495 cc
Tenaga Maksimal 97 PS @ 6.000 rpm
Torsi Maksimal 134 Nm @ 4.400 rpm
Transmisi 5-percepatan manual dan 4-percepatan otomatis
Sistem Penggerak Rear-wheel drive
Dimensi
P x L x T 4.215 x 1.710 x 1.915 mm
Jarak Pijak Depan 1.440
Jaak Pijak Belakang 1.420
Wheelbase 2.650 mm
Ground Clearance 180 mm
Radius Putar 5.2 m
Kaki-Kaki dan Suspensi
Suspensi Depan MacPherson Strut with Coil Spring and Stabilizer
Suspensi Belakang 5-link Rigid-axio with Coil Spring
Rem Depan Ventilated Disc
Rem Belakang Drum
Ukuran Ban 195/65 R15
Velg 15 inci alloy

Sejarah

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Daihatsu Luxio merupakan minivan yang dikembangkan oleh Daihatsu dan diproduksi di oleh Astra Daihatsu Motor di Indonesia sejak Februari 2009. Luxio dibuat berdasarkan Daihatsu Gran Max sehingga memiliki beberapa kesamaan bagi model komersial andalan Daihatsu tersebut.

Daihatsu Luxio diposisikan di atas Gran Max untuk versi penumpang kelas atas. Mengandalkan bodi yang lebih lebar, lebih tinggi, dan memiliki ubahan kosmetik yang lebih elegan dibandingkan Gran Max yang mampu mengangkut hingga 8 orang dengan nyaman.

Review Daihatsu Luxio 2020: Kenyamanan Penumpang Kelas Atas 01

Ketika pertama kali dipasarkan di Indonesia, Daihatsu Luxio memiliki tiga pilihan varian, yaitu Luxio D, M, dan X. Hanya saja trim M tak lagi dipasarkan sejak edisi facelift Luxio. Hingga kini, Luxio hanya ditawarkan dalam dua pilihan varian saja, Luxio D dan Luxio X sebagai varian tertinggi.

Daihatsu Luxio terbaru merupakan bagian dari facelift generasi pertama yang diperkenalkan pada Februari 2014 silam. Dalam keterangannya, desain baru yang ditampilkan merupakan karya asli dari desainer Indonesia, Mark Widjaja.

Review Daihatsu Luxio 2020: Kenyamanan Penumpang Kelas Atas 02

Berapa perubahan minor pada Daihatsu Luxio 2020 menawarkan tampilan yang lebih segar, termasuk ubahan apda fasia depan dengan tambahan aksen chrome pada grille. Sayangnya beberapa fitur tak lagi dipasang karena permintaan yang tak begitu besar.

Daihatsu Luxio dikenal sebagai salah satu pilihan mobil untuk usaha travel atau bisnis pariwisata dengan tampilannya yang elegan namun harga yang terjangkau. Bersaing dengan model lain di segmen minivan komersial seperti Suzuki APV, intip review Daihatsu Luxio di bawah ini.

Eksterior

Meskipun tak semewah Toyota Alphard atau Mercedes-Benz V-Class, tapi Luxio bisa dibilang menyajikan kenyamanan serta tampilan yang elegan sebagai mobil van komersial. Terlebih dengan tampilan luar yang memadukan aksen chrome pada beberapa bagian.

Review Daihatsu Luxio 2020: Kenyamanan Penumpang Kelas Atas 03

Bagian depan dipenuhi dengan grille dengan bilah chrome yang lebar dengan logo Daihatsu pada bagian tengah. Dilengkapi lampu depan berbentuk kotak yang dibuat semakin besar dibandingkan edisi sebelum facelift.

Bumper bawah dengan kisi-kisi yang cukup lebar untuk mengalirkan udara ke dalam mesin yang terletak di bagian depan mobil. Bagian depan Daihatsu Luxio juga dilengkapi dengan fog lamp yang akan membantu pengemudian di malam hari.

Review Daihatsu Luxio 2020: Kenyamanan Penumpang Kelas Atas 04

Dari samping, kesan minimalis terasa tanpa berbagai aksen dan aksesoris. Besar kemungkinan untuk mengurangi biaya produksi. Hanya ada sedikit list chrome di bagian bawah yang menghiasi sliding door, meski belum mendapatkan pengaturan bukaan elektris.

Review Daihatsu Luxio 2020: Kenyamanan Penumpang Kelas Atas 05

Aksesoris lainnya seperti spion berlapis chrome pada Daihatsu Luxio dengan fungsi retractable dan electric mirror untuk kesan elegan. Ground clearance mencapai 180 mm dipadukan dengan dimensi yang panjang, lebih dari 4 meter, memberikan kabin yang lapang untuk delapan orang.

Review Daihatsu Luxio 2020: Kenyamanan Penumpang Kelas Atas 06

Bilah chrome juga tersemat pada eksterior belakang. Diapit oleh lampu belakang yang dikelilingi oleh aksen chrome. Selain rear spoiler yang melengkapi tampilan belakang, jendela belakang cukup besar dengan visibilitas yang baik. Mengingat dimensi mobil Luxio yang boxy sehingga memiliki banyak blind spot.

Interior

Untuk sekelas mobil komersial, Daihatsu Luxio interiornya memiliki berbagai fitur kenyamanan yang sudah mumpuni. Terlihat dari perpaduan material plastik dengan aksen dual tone pada dashboard dan trim pintu. Terdapat glovebox untuk menyimpan barang-barang selama berkendara.

Review Daihatsu Luxio 2020: Kenyamanan Penumpang Kelas Atas 07

Ada head unit berlayar sentuh yang terintegrasi dengan dashboard bersama fungsi audio guna memutar MP3 maupun radio AM/FM. Untuk Luxio bertransmisi otomatis, tuas persneling bisa ditemukan tertanam pada bagian tengah dashboard, tepat di bawah head unit.

Secara keseluruhan, Daihatsu Luxio menawarkan panel layar berukuran minimalis guna menunjang kebutuhan infotainment dan akses beberapa sistem yang ditawarkan pada mobil. Termasuk kenop AC berbentuk vertikal pada sisi kiri dan kanan head unit.

Review Daihatsu Luxio 2020: Kenyamanan Penumpang Kelas Atas 08

Setir palang tiga khas Daihatsu masih menemani pengendaraan. Belum ada fombol multi fungsi layaknya model terbaru Daihatsu. Tapi Daihatsu Luxio sudah dilengkapi dengan instrument kluster yang menawarkan berbagai informasi seputar kendaraan, seperti konsumsi bahan bakar dan bahan bakar yang tersisa.

Review Daihatsu Luxio 2020: Kenyamanan Penumpang Kelas Atas 09

Keunggulan Luxio terdapat pada kabin yang terasa luas dengan ruang kaki dan ruang kepala yang lapang dikarenakan desain boxy yang digunakan. Kursi berbalut material fabric memang tak semewah lapisan kulit, tetapi sudah cukup nyaman untuk menemani sepanjang perjalanan. 

Terdapat cupholder pada armrest dan bantalan kursi sehingga meningkatkan kepraktisan di dalam mobil. Kursi baris kedua Daihatsu Luxio sudah dipasang fitur one touch tumble sehingga memudahkan penumpang ketika akan melipat kursi hanya dalam satu sentuhan.

Review Daihatsu Luxio 2020: Kenyamanan Penumpang Kelas Atas 10

Ruang bagasi cukup baik dibandingkan pesaingnya di segmen yang sama. Bisa menampung hingga beberapa tas jika kursi baris ketiga terisi penuh. Tapi dengan bangku baris ketiga diangkat, bagasi belakang mendapatkan tambahan ruang untuk barang bawaan.

Fitur Keselamatan

Untuk sebuah minivan yang fokus pada kenyamanan dan dimensi kabin yang lapang, bisa dibilang Daihatsu Luxio masih kurang memberikan sistem keselamatan layaknya mobil penumpang lainnya. Bahkan mobil ini belum mendapatkan fitur airbag.

Hanya saja Daihatsu Luxio mengandalkan sasis bodi yang tak mudah ringkih karena menawarkan struktur bodi monokok. Bodi monokok mampu memberikan frame bodi yang kuat namun ringan. Rangka jenis ini bisa meredam benturan dengan baik ketika terjadi tabrakan.

Review Daihatsu Luxio 2020: Kenyamanan Penumpang Kelas Atas 11

Namun Daihatsu Luxio bukan tanpa sistem keselamatan. Dua penumpang depan dan dua penumpang samping pada baris kedua serta baris ketiga sudah mendapatkan 3-point seatbelt. Sedangkan penumpang tengah pada baris kedua dan ketiga hanya mendapatkan 2-point seatbelt.

Sebenarnya generasi pertama Luxio sudah mendapatkan opsi fitur keselamatan Anti-lock Braking System yang bisa didapatkan pada model pra-facelift untuk varian M dan X. Namun pilihan ini tak lagi diberikan karena kurangnya permintaan dari konsumen di Tanah Air.

Mesin

Mobil Daihatsu Luxio yang dipasarkan di Indonesia hanya menawarkan satu pilihan mesin, yaitu mesin 3SZ-VE 1.5L dengan teknologi DOHC dan VVT-i (Variable Valve Timing with intelligence) sehingga menghasilkan mesin yang lebih efisien.

Review Daihatsu Luxio 2020: Kenyamanan Penumpang Kelas Atas 12

Mesin 1.5L masih sama seperti generasi pertama tanpa perubahan meski sudah mendapatkan facelift. Tenaga maksimal yang ditawarkan mencapai 97 PS pada putaran 6.000 rpm serta torsi maksimal 134 Nm pada putaran 4.400 rpm.

Ada pilihan transmisi 5-percepatan manual serta 4-percepatan otomatis yang menyalurkan tenaga ke roda belakang. Sebelumnya varian D mendapatkan pilihan transmisi otomatis. Tapi setelah facelift, Daihatsu Luxio D hanya ditawarkan dalam transmisi manual.

Review Daihatsu Luxio 2020: Kenyamanan Penumpang Kelas Atas 13

Daihatsu Luxio juga memiliki berbagai keunggulan dalam hal mesin, termasuk mesin yang tangguh dengan perawatan yang mudah. Tangguh di berbagai medan, Daihatsu Luxio bekas juga masih banyak dicari di pasar mobil bekas Tanah Air.

Performa dan Handling

Dari segi performa, keluaran mesin 1.5L milik Luxio memang tak begitu besar dibandingkan mobil penumpang lainnya. Hanya saja Luxio menawarkan tenaga yang lebih besar dari pesaingnya, Suzuki APV. Sedangkan untuk pengendaraan di dalam kota, Daihatsu Luxio masih terasa bertenaga dibawa bermanuver.

Review Daihatsu Luxio 2020: Kenyamanan Penumpang Kelas Atas 14

Meski suara mesin masih terasa ketika berkendara, perpindahan transmisi terasa mulus, terlebih ketika menggunakan transmisi otomats 4-percepatan. Ketika kecepatan mesin naik guna menghasilkan akselerasi yang lebih cepat terjadi pada putaran mesin 2.500 rpm.

Pengendaraannya cukup baik, apalagi ketika dibawa bermanuver di jalanan perkotaan. Bahkan dalam dimensi yang cukup panjang, Daihatsu Luxio hanya menawarkan radius putar maksimum 5.2 meter. Tak terlalu menyulitkan ketika berbelok maupun bermanuver.

Review Daihatsu Luxio 2020: Kenyamanan Penumpang Kelas Atas 15

Kenyamanan penumpang menjadi poin penting dalam rasa berkendara yang ditawarkan oleh Luxio. Bersama suspensi MacPherson strut di depan serta 5-link Rigid-axio di belakang dengan per keong pada kedua bagian menawarkan bantingan yang nyaman, meski membawa banyak penumpang.

Konsumsi BBM

Meski tampilannya tak begitu agresif, tapi Daihatsu Luxio menawarkan berbagai kelebihan dalam hal mesin. Bisa dibilang tak memiliki performa yang mentereng, Daihatsu menjawabnya dengan konsumsi bbm Daihatsu Luxio yang cukup baik.

Review Daihatsu Luxio 2020: Kenyamanan Penumpang Kelas Atas 16

Sistem pasokan bahan bakar milik Daihatsu Luxio sudah mendapatkan teknologi Electronic Fuel Injection sehingga mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar. Apalagi dengan rangka bodi Luxio yang ringan untuk dibawa pada jalanan perkotaan.

Meski belum mendapatkan catatan resmi dari Daihatsu, tapi beberapa media yang telah mencoba pengetesan konsumsi bbm menyebutkan Luxio hanya menggunakan 1 liter bahan bakar untuk jarak tempuh 10-11 km/jam di dalam kota, dan 13-14 km/jam ketika berkendara dengan stabil di luar kota.

Video

Daihatsu memasarkan Luxio dengan tagline “Sahabat Elegan”. Menegaskan kemampuan minivan ini memberikan rasa nyaman sekaligus pengendaraan yang elegan di jalan. Seperti terlihat pada iklan di video Daihatsu Luxio di bawah ini.

Kesimpulan

Daihatsu Luxio 2020 merupakan minivan yang menawarkan berbagai kenyamanan bagi penumpang. Menjadikannya cocok sebagai mobil komersial yang bisa mengangkut hingga 8 penumpang di dalam kabin tanpa perlu berdesak-desakan. 

Luxio dikenal karena memiliki ruang kabin yang lapang serta berbagai kemudahan dalam hal fitur dan teknologi berkendara. Termasuk sistem pengereman ABS yang memberikan rasa aman ketika berkendara di jalanan yang licin atau sehabis hujan.

Dengan harga Daihatsu Luxio baru yang terjangkau, tentu saja kelengkapan mobil Daihatsu Luxio tak begitu masif dibandingkan model yang lebih premium. Tapi Daihatsu Luxio tetap bisa menawarkan pengendaraan yang menyenangkan sebagai mobil komersial untuk penumpang kelas atas.

Bent Aulia

Penyuka sejarah dan film, di belakang laptop sebagai penulis baru di ranah otomotif.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Daihatsu Luxio 1.5 D M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil