window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Review Daihatsu New Sirion 2020: Ubahan Tipis si Hatchback Modis

Derry · 12 Agu, 2020 13:00

Lebih dari 10 tahun mengaspal di Indonesia, Daihatsu Sirion adalah salah satu model yang cukup lekat dengan image anak muda dan millenial yang sangat dinamis.

Dimensi mobil kompak, mesin irit bahan bakar, dan juga model yang eye-catching membuatnya cukup diminati. Dan memasuki generasi ketiga, Daihatsu Sirion mendapat facelift untuk model 2020 yang diperkenalkan bersamaan dengan Daihatsu Ayla.

Review Daihatsu New Sirion 2020: Ubahan Tipis si Hatchback Modis 01

Daihatsu New Sirion diluncurkan berbarengan dengan New Ayla

Berbeda dari line-up Daihatsu lainnya yang ditawarkan dengan beberapa varian, New Sirion cuma punya satu varian, STD, yang hadir dalam dua pilihan transmisi, automatic 4-percepatan dan manual 5-percepatan.

Mobil Daihatsu Terios yang merupakan saudara mobil Daihatsu Sirion ini memiliki total 7 varian. All New Terios berkisar dari Rp 212 juta hingga Rp 265 jutaan. Ini merupakan harga mobil Terios baru di tahun 2020. Mobil Terios baru memiliki kembaran yang berasal dari induk yang berbeda, yakni Toyota Rush.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Daftar harga Daihatsu New Sirion 2020:

Mobil Daihatsu Sirion tersedia dalam 2 varian. Harga mobil Daihatsu Sirion berkisar dari Rp 200 juta hingga Rp 214 jutaan. Ini merupakan harga mobil Daihatsu Sirion terbaru 2020.

Tipe Harga
Daihatsu All New Sirion STD/MT Rp200.100.000
Daihatsu All New Sirion STD/AT Rp214.850.000

Spesifiksi Daihatsu New Sirion 2020:

Mesin Daihatsu All New Sirion2020
Tipe Mesin 1NR-VE DOHC, Dual VVT-i
Kapasitas Silinder 1.329 cc
Tenaga Maksimal 95 PS @ 6.000 rpm
Torsi Maksimal 120 Nm @ 4.200 rpm
Akselerasi 0-100 km/jam 11,3 detik
Konsumsi bahan bakar 12,8 km/L (dalam kota), 20 km/L (luar kota)
Transmisi Otomatis 4-Percepatan, Manual 5-Percepatan
Sistem Penggerak Front-Wheel Drive
Dimensi Daihatsu All New Sirion2020
Dimensi (PxLxT) 3.895 x 1.735 x 1.525 mm
Wheelbase 2.500 mm
Ground Clearence 150 mm
Radius Putar Minimum 5,1 m
Kapasitas Tangki Bensin 36 L
Kaki-kaki dan Suspensi Daihatsu All New Sirion2020
Suspensi Depan/Belakang Mac Pherson Strut dengan Coil Spring & Stabilizer/Torsion Beam dengan Coil Spring & Stabilizer
Rem Depan/Belakang Ventilated Disc Brake/Drums
Pelek/Ukuran Ban 185/55 R15 Alloy Black Polished

Daihatsu Sirion pertama kali muncul di Indonesia tahun 2007 dengan bentuk CBU, yang mengambil basis dari model Perodua Myvi di Malaysia. Saat itu, Sirion hadir dalam dua trim yakni D yang jadi varian paling rendah, dan M dengan tambahan aerokits dan jok kulit.

Daihatsu Sirion 2007

Daihatsu Sirion 2007 punya desain lucu dan unik

Empat tahun berselang, tepatnya Juli 2011, generasi kedua Daihatsu New Sirion diperknalkan pada gelaran Indonesia International Motor Show 2011, dan kembali hadir sebagai CBU pabrik Perodua di Malaysia. Generasi ini dapat facelift tahun 2015 yang membuatnya makin sporty.

Daihatsu Sirion 2017

Jelang pergantian model, Sirion jadi tampak lebih sporty

Tahun 2018, generasi ketiga Daihatsu New Sirion di Indonsesia. Model ini hadir dengan desain depan dan belakang lebih dinamis dan sporty, walaupun harus meninggalkan kesan imut yang sudah identik sejak pertama kali mengaspal d Indonesia.

Daihatsu Sirion 2018

Perombakan besar-besaran hadir di generasi ketiga

Setelah mendapatkan perombakan masif di generasi terbaru, tahun 2020 ini Daihatsu Sirion kembali mendapatkan facelift yang dirilis bersamaan dengan sag adik, Daihatsu New Ayla.

Memang, jika dibnding model sebelumnya ubahan mobil Daihatsu Sirion 2020 tidak terlalu dramatis. Tapi, apakah itu sudah cukup untuk menarik hati para millenials? Simak review yang telah disusun redaksi Autofun.co.id berikut ini ya.

Eksterior

Dibandingkan model pre-facelift yang launching 2018, mobil Daihatsu New Sirion 2020 tidak mendapat ubahan masif di sektor eksterior dengan body kit yang semakin menguatkan kesan sporty dan dinamis.

Tampilan depan dan samping Daihatsu New Sirion 2020

Tambahan lips di bumper depan mempertegas kesan sporty

Kita mulai dari depan, bumper Daihatsu New Sirion 2020 dilengkapi lips spoiler yang lebih tebal, sepintas sama dengan ornamen yang muncul di Sirion SE yang mejeng di GIIAS 2019 lalu.

Hal senada juga terlihat di bagian samping, side skirt mobil Daihatsu New Sirion 2020 kini lebih tebal dengan finishing hitam yang membut tampilan hatchback mungil ini jauh lebih berisi. Tampilan mobil Daihatsu New Sirion semakin necis berkat penggunaan pelek 15 inci dual-tone dengan profil ban 185/55 R15.

Daihatsu New Sirion 2020

Ubahan di belakang hanya area plat nomor yang di-blackout

Pindah ke belakang, kesan sporty dan modern dihadirkan bagian buritan New Sirion. Di sini, kita juga tidak melihat ubahan signifikan kecuali di bagian area plat nomor yang di-blackout sehingga membuatnya semakin keren, tentu selain membuat plat jadi semakin mudah terlihat.

Interior

Sama seperti bagian eksterior, Interior mobil Daihatsu New Sirion 2020 juga tidak mendapat ubahan signifikan. Namun, kami tidak menganggap itu sebagai hal buruk, secara desain kami suka dengan layout dasbor mobil yang ergonomis dengan panel instrumen yang mudah dijangkau.

Selain itu, lingkar kemudi mobil Sirion juga dilengkapi tombol pengatur audio dan bluetooth telephony. Soal kepraktisan, setir juga dapat diatur secara tilt yang memberi fleksibilitas lebih baik dalam posisi berkendara.

Daihatsu Sirion 2020 dasbor

New Sirion mempertahankan desain dasbor yang cukup ergonomis

Fitur dalam kabin Daihatsu New Sirion 2020 juga terhitung cukup lengkap. Mulai dari headunit double-DIN dengan fitur MirrorLink, USB & Bluetooth, DVD, sampai menu layar sentuh yang informatif.

Untuk kemudahan dan kepraktisan berkendara, hadir engine start/stop button dengan keyless entry, headlamp leveling adjuster, kaca spion retractable hingga pendingin ruangan dengan pengaturan digital.

Kabin Daihatsu New Sirion 2020

New Sirion 2020 punya kabin yang cukup lega

Kursinya juga masih dibalut fabric, belum kulit. Namun, posisi duduknya menurut kami cukup proporsional, termasuk kursi belakang dengan lantai rendah dan rata sehingga ruang kaki dan kepala melimpah, seat hanger di pillar B mobil Sirion juga dipertahankan yang memberi kepraktisan saat menggantung pakaian atau barang bawaan.

Bagasi Daihatsu New Sirion 2020

Meski punya dimensi kompak, kapasitas bagasi New Sirion 2020 ternyata cukup besar

Bagaimana soal bagasi? Masih sama seperti model pre-facelift sih, yakni sekitar 277 liter dengan kursi belakang ditegakkan. Namun, ukuran segini cukup impresif mengingat dimensi mobil yang sangat kompak.

Fitur Keselamatan

Mobil Daihatsu New Sirion 2020 sudah dilengkapi fitur keselamatan yang jauh lebih lengkap dari pendahulunya. Sebut saja rem Anti-Lock Brake System (ABS), Electronic Brake-Force Distribution (EBD), sampai Vehicle Stability Control (VSC) dan Traction Control (TRC).

Fitur safety New Sirion 2020

Meski murah, fitur safety New Sirion termasuk yang paling komplit

Tentu tidak melupakan fitur keamanan standar seperti empat airbag (dua depan, dua samping), dan seatbelt tiga-titik untuk seluruh penghuni mobil Sirion.

Kamera mundur New Sirion 2020

New Sirion juga mendapat kamera mundur

Fitur lain yang tak kalah menariknya adalah kamera dan sensor mundur, front corner sensor untuk mengawasi bagian depan mobil saat manuver di tempat sempit.

Mesin

Untuk sektor mesin, Daihatsu New Sirion 2020 dibekali mesin 1NR-VE, meski sama-sama berkapasitas 1.300cc, mesin dengan teknologi dual VVT-i ini menawarkan performa 95 PS di 6.000 rpm dan torsi 122 Nm di 4.200 rpm.

Mesin 1NR-VE yang dipakai di New Sirion

Mesin New Sirion sudah dilengkapi teknologi dual VVT-i

Karakteristik penyaluran tenaga mesin baru ini terasa halus di putaran mesin rendah, namun sebagai gantinya tarikan mobil jadi lebih bertenaga di rpm tengah sampai tinggi. Apalagi dengan teknologi Drive by Wire yang mampu menjaga efisiensi bahan bakar secara optimal.

Performa dan Handling

Dengan performa ini, Daihatsu New Sirion 2020 dapat berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu 11,3 detik. Cukup impresif mengingat tenaga mobil yang tak sampai 100 PS.

Daihatsu New Sirion 2020

Suspensi New Sirion lebih rigid yang membuatnya semakin fun-to drive

Daihatsu mengklaim karakteristik berkendara Sirion dibuat lebih sporty agar sesuai dengan market yang didominasi anak muda. Dibekali suspensi yang lebih kaku, handling mobil kini terasa lebih tajam, hal ini diimbangi juga dengan setir yang lebih responsif.

Meski bantingannya jadi sedikit lebih keras, body roll mobil ini juga jadi lebih baik. Radius putar yang cuma 5,1 meter juga menjanjikan kapabilitas manuver yang lebih luwes saat berada di jalan sempit.

Konsumsi BBM

Sebagai sebuah mobil yang ditujukan untuk anak muda, efisiensi bahan bakar tentu jadi salah satu tolok ukur. Untuk soal ini, Daihatsu New Sirion 2020 boleh berbangga diri.

Dibekali mesin 1.300cc dual-VVTi, konsumsi hatchback satu ini jelas lebih baik dibandingkan beberapa rivalnya yang punya mesin 1.500cc. Untuk penggunaan dalam kota, konsumsi bensinnya berada di kisaran 12,8 km/L dengan kecepatan rata-rata 22 km/jam.

Sementara itu, jika dibawa di jalan tol dengan kecepatan konstan 90 km/jam, New Sirion mencatatkan konsumsi bensin yang cukup impresif, 20 km/L.

Video

Kesimpulan

Daihatsu New Sirion 2020 memang tidak menawarkan perubahan besar dari model sebelumnya. Namun hal ini terasa cukup, karena model ini baru berusia dua tahun, dan fitur, teknologi, dan performa yang cukup baik di kelasnya.

Daihatsu New Sirion 2020

Meski cuma sebatas kosmetik, improvement di New Sirion 2020 sudah cukup untuk menarik para pembeli muda

Ubahan kosmetik yang membuat mobil Daihatsu Sirion semakin modis, interior yang cukup ergonomis dengan kepraktisan yang oke punya, fitur entertainment dan safety yang sangat lengkap, sampai mesin dengan performa dan efisiensi sama baiknya jadi daya tarik New Sirion untuk menggaet hati para kaum muda yang mobile dan dinamis.

Derry

Sangat terobsesi dengan motorsport, penyuka mobil performa tinggi, khususnya dari Jerman.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Daihatsu Sirion X CVT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil