window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Review Daihatsu Sirion: Baru Facelift Jadi Semakin Keren

Alex · 18 Jun, 2020 10:00

 

Review Daihatsu Sirion: Baru Facelift Jadi Semakin Keren 01

Daihatsu Sirion kini dibanderol dengan harga Rp 200.100.000 untuk tipe transmisi otomatis dan Rp 214.850.000 untuk tipe manual. Sirion adalah mobil yang bertarung di kelas city car aliasn low hatchback.

Ada juga mobil Daihatsu Terios yang merupakan saudara mobil Daihatsu Sirion ini memiliki total 7 varian. All New Terios berkisar dari Rp 212 juta hingga Rp 265 jutaan. Ini merupakan harga mobil Terios baru di tahun 2020. Mobil Terios baru memiliki kembaran yang berasal dari induk yang berbeda, yakni Toyota Rush.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Eksistensi mobil Sirion di tanah air pun sebenarnya sudah cukup lama. Kini yang dijual oleh PT Astra Daihatsu Motor merupakan Sirion generasi keempat. 

Pada generasi yang meluncur di tanah air pada 2018 ini, Daihatsu memberikan perubahan cukup besar untuk mobil Daihatsu Sirion. Mulai dari bentuknya yang jadi semakin sporty, streamline dan atap rendah, hingga mesinnya yang semakin bertenaga.

Review Daihatsu Sirion: Baru Facelift Jadi Semakin Keren 01

Dengan modal dapur pacu berkapasitas bersih 1.329 cc, New Sirion mampu merilis tenaga sampai 93,7 HP dan torsi 119 Nm. Tenaga tersebut sebenarnya sudah cukup untuk memberinya daya saing dengan para kompetitornya. Sayangnya transmisi yang diusungnya belum berteknologi continuously variable transmission (CVT).

Saat ini mobil Sirion yang baru mendapatkan facelift pada akhir Maret 2020 ini bersaing dengan city car berbagai merek. Mulai dari Suzuki Ignis, Honda Brio RS, Hyundai i10 dan Kia Picanto.

Untuk mengetahui mobil Daihatsu Sirion facelift ini dari berbagai sisi, maka mari kita bahas satu per satu. 

Eksterior

Setelah mendapatkan penyegaran pada beberapa bulan lalu, New Sirion jadi semakin keren dan sporty. Hal ini berkat ubahan di bagian "wajah". Sebenarnya tak banyak yang berubah, hanya bagian bumper dan gril saja. Sementara bentuk lampunya tetap tak berubah.

Ada sejumlah aerokit yang membuat karakter sporty Sirion jadi semakin tegas. Unsur sporty dipertegas dengan penggunaan pelek berdesain dual tone. Namun untuk sistem pengereman Sirion baru mengandalkan tipe cakram untuk ban depan saja, di belakang masih sistem tromol. Sebuah hal yang wajar di kelas city car.

Review Daihatsu Sirion: Baru Facelift Jadi Semakin Keren 02

Sebagai sitem penerangan, lampu depan Daihatsu New Sirion menganut teknologi LED. Menariknya, lampu depan ini sudah memiliki fitur follow me home. Fitur ini berguna untuk menyinari para penumpang masuk ke rumah walau mesin sudah mati. Selain itu, tersedia pula pengaturan arah sorot lampu (Headlamp leveling Adjuster).

Di bagian belakang tak kalah keren. Terdapat spoiler di bagian atas kaca pintu bagasi yang menguatkan unsur sporty di lini belakang. Semakin keren, terdapat lapu rem LED di spoiler tersebut.

Interior

Pada sektor interior, penumpang akan dimanjakan dengan jok yang dibungkus bahan fabric. Terasa cukup nyaman untuk ukuran low hatchback. 

Agar penumpang semakin nyaman dan betah di dalam kabin, Daihatsu sudah memberikan sistem penyejuk udara alias AC dari mobil Daihatsu Sirion sudah berteknologi digital. Bicara digital, sistem audio dan hiburan mobil Sirion ini juga sangat mendukung bagi perangkat digital.

Review Daihatsu Sirion: Baru Facelift Jadi Semakin Keren 03

Mulai dari sambungan Bluetooth, ada slot Micro SD, slot USB dari mobil Sirion bisa diakomodir dengan baik dengan pengaturan di layar sentuh double DIN. Selain hiburan, Daihastu juga tak mau kalah dengan kompetitor lainnya dalam memberi janji keselamatan.

Sebagai fitur utama penunjang keselamatan adalah kantung udara. Pada kabin mobil Sirion facelift ini Daihatsu memberikan kantung udara berjumlah dua titik saja. Keduanya terletak di dashboard untuk melindungi penumpang depan dan satu di bagian setir demi perlindungan driver.

Mesin

Pada New Sirion generasi keempat yang muncul pada 2018 di tanah air, mesin yang diusungnya tentu model baru pula. PT Astra Daihatsu Motor dengan mantab menyematkan mesin berkode NR. Mesin berkapasitas bersih 1.329 cc ini menghasilkan tenaga lebih besar dari pendahulunya.

Review Daihatsu Sirion: Baru Facelift Jadi Semakin Keren 04

Klaim Daihatsu, mesin berteknologi Dual VVT-i ini mampu merilis tenaga sampai 93,7 HP dan torsi 119 Nm. Sayangnya untuk Sirion tipe transmisi otomatis belum berteknologi CVT. 

Kesimpulan

Mobil Sirion secara keseluruhan memang cocok untuk konsumen yang mengutamakan desain sporty dan kepraktisan. Namun tentunya bagi konsumen city car harga bukan jadi isu berarti. Apalagi jika memilih mobil Daihatsu Sirion bukan cuma dapat mobil yang bertampang keren, tenaga mesin yang powerfull seolah jadi bonusnya. 

Spesifikasi mesin
Kapasitas mesin 1,329 cc
Kode mesin 1NR-VE
Teknologi   DOHC Dual VVT-i
Transmisi  MT 5 speed / AT 4 speed
Tenaga  93,7 HP
Torsi 119 Nm

Alex

Seorang mantan product planner and researcher, sangat menyukai data dan semua yang berbau kutu buku. Mobil-mobil favoritnya adalah mobil analog dengan enam silinder

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Daihatsu Sirion X CVT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil