window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Review Honda BR-V 2020: LSUV Sporty dengan Fitur Baru

Bent Aulia · 28 Jul, 2020 20:00

Review Honda BR-V 2020: LSUV Sporty dengan Fitur Baru 01

Honda BR-V menawarkan desain yang sporty dalam penyegaran yang dilakukan pada 2019 silam. Mesin yang bertenaga serta fitur yang berlimpah membuatnya patut dipertimbangkan sebagai pilihan Low SUV di Tanah Air.

Harga

New Honda BRV tersedia dalam 4 varian. Harga mobil Honda BRV berkisar dari Rp 249 juta hingga Rp 291 jutaan. Ini merupakan harga Honda BRV 2020.

Model Harga
Honda BR-V S M/T Rp248.900.000
Honda BR-V E M/T Rp264.200.000
Honda BR-V E CVT Rp274.400.000
Honda BR-V Prestige Rp291.300.000

Spesifikasi

Mesin
Tipe Mesin L15 1.5L 4-silinder segaris SOHC o-VTECC + DBW
Kapasitas Silinder 1.497 cc
Tenaga Maksimal 120 PS @ 6.600 rpm
Torsi Maksimal 145 Nm @ 4.600 rpm
Transmisi 6-percepatan manual dan CVT
Sistem Penggerak Front-wheel drive
Dimensi
P x L x T 4.456 x 1.735 x 1.666 mm
Wheelbase 2.662 mm
Jarak Pijak Depan 1.500 mm
Jarak Pijak Belakang 1.500 mm
Ground Clearance 201 mm
Kaki-Kaki dan Suspensi
Suspensi Depan MacPherson Strut
Suspensi Belakang H-Shape Torsion Beam
Rem Depan Ventilated Disc
Rem Belakang Drum
Ukuran Ban 215/45 R17195/60 R16
Velg 16 inci bold alloy

Sejarah

Honda BR-V masuk ke dalam segmen Low SUV yang dipasarkan PT Honda Prospect Motor sejak 2016 silam. BR-V berbagi platform dengan generasi kedua Honda Mobilio dan diproduksi berdasarkan platform Honda Brio yang dibuat lebih panjang.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Prototipe Honda BR-V pertama kali meluncur pada Gaikindo Indonesia International Auto Show tahun 2015. Pengembangannya sendiri dilakukan oleh Honda R&D Asia Pasific Co., Ltd yang berbasis di Thailand. BR-V menjadi mobil ketiga yang dikembangkan setelah Honda Amaze dan Mobilio.

Review Honda BR-V 2020: LSUV Sporty dengan Fitur Baru 01

Menurut Tomoki Uchida, Direktur HPM Indonesia, BR-V dirilis sebagai jawaban atas meningkatnya permintaan pelanggan akan kebutuhan SUV murah dengan desain ramping dan mampu memuat 7 penumpang dalam sekali perjalanan.

Karena itu BR-V dikembangkan di ASEAN dengan menyasar kelas menengah. Popularitasnya cukup baik. Bahkan ketika pertama kali diperkenalkan di Indonesia, BR-V melesat menjadi jualan terbaik kedua dari Honda di Indonesia.

Review Honda BR-V 2020: LSUV Sporty dengan Fitur Baru 02

Karena itu, tiga tahun kemudian Honda memperkenalkan edisi facelift guna menyegarkan tampilannya. BR-V dibuat lebih sporty dengan sedikit perubahan pada eskterior dan peningkatan fitur. Tak perlu menunggu lama, intip review Honda BR-V 2020 di bawah ini.

Eksterior

Honda BR-V 2019 mendapatkan facelift minor dengan ubahan eksterior dibuat sporty. Desain grille depan dengan aksen depan menghadirkan fasia yang lebih gelap. Meskipun lampu depan bertenologi LED tidak mendapatkan ubahan pada facelift kali ini.

Review Honda BR-V 2020: LSUV Sporty dengan Fitur Baru 03

Melengkapi tampilan depannya terdapat desain bumper serta under spoiler yang lebih kokoh ditambah Daytime Running Light berteknologi LED. Ada aksen chrome pada foglamp house yang membuatnya berbeda dibandingkan edisi sebelumnya.

Review Honda BR-V 2020: LSUV Sporty dengan Fitur Baru 04

Guratan tegas masih menghiasi tampilan samping. Menjalar hingga garis bahu yang kekar dan bergaya maskulin. Ground clearance yang tinggi, mencapai 201 mm, membuat BR-V cukup nyaman ketika diajak berkendara di medan bergelombang.

Kemudahan dirasakan ketika membuka pintu tanpa kunci dengan sistem keyless entry. Velg 16 inci mendapatkan ubahan, kali ini dengan tampilan dual tone. Melengkapi sisi sampingnya ada roof rail berwarna perak untuk membantu ketika membawa barang di atas atap mobil.

Review Honda BR-V 2020: LSUV Sporty dengan Fitur Baru 05

Mobil BR-V sudah mendapatkan shark fin atenna, rear under spoiler serta desain bumper yang lebih sporty. Terdapat reflektor dengan tampilan vertikal pada sisi samping, tepat di atas bumper bawah dengan warna perak yang mengesankan.

Interior

Dibandingkan edisi sebelum facelift Honda BR-V 2020 kali ini mendapatkan ruang kabin yang lebih besar dengan desain interior baru serta aksen maron pada kursi, armrest pintu, serta kemudi dan tongkat persneling. Menawarkan kesan elegan di dalam mobil.

Review Honda BR-V 2020: LSUV Sporty dengan Fitur Baru 06

Ada pola baru pada dashboard New Honda BRV dengan sentuhan cover kulit pada tongkat persneling. Membuat tampilan konsol tengah terasa lebih mewah. Menghinasi tampilan tengah terdapat head unit layar sentuh 8 inci bergaya floating dengan sistem infotainment terbaru Honda.

Kemudahan dalam memutar audio Honda BR V melalui Bluetooth serta koneksi nirkabel untuk smartphone akan memberikan kepraktisan ketika harus berkendara dalam waktu lama. Jika bosan, terdapat hingga radio AM/FM yang bisa diaktifkan sebagai teman perjalanan.

Review Honda BR-V 2020: LSUV Sporty dengan Fitur Baru 07

Setir tiga palang dilengkapi dengan aksen chrome khas Honda. Ada Audio Steering Switch guna memudahkan pengaturan audio tanpa melepaskan tangan pada kemudi. Tipenya hampir sama dengan yang digunakan pada Honda Jazz keluaran tahun 2008.

Walaupun sudah mendapatkan sistem rack and pinion, ada sedikit kelemahan pada bagian setir. Yaitu fitur tilt yang diberikan belum dibarengi dengan pengaturan teleskopik. Sehingga butuh akal lain untuk mendapatkan posisi berkendara yang paling nyaman di belakang kemudi.

Review Honda BR-V 2020: LSUV Sporty dengan Fitur Baru 08

Tapi ruang kaki dan ruang kepala yang diberikan cukup lapang. Meskipun dengan dimensi yang cukup kompak. Mengingat pengaturan kursi bisa menampung hingga tujuh orang di dalam mobil, ruang ketiga masih cukup berterima bagi penumpang dewasa.

Review Honda BR-V 2020: LSUV Sporty dengan Fitur Baru 09

Kepraktisan lainnya terasa pada headrest baris kedua yang bisa diatur sesuai dengan posisi kepala. Jok yang tebal dan empuk juga dilengkapi one touch system sehingga membuat pelipatan kursi menjadi lebih mudah bagi penumpang yang ingin masuk ke baris ketiga.

Review Honda BR-V 2020: LSUV Sporty dengan Fitur Baru 10

Belum ada catatan tentang ruang bagasi. Tapi kapasitas penyimpan di belakang cukup baik jika ingin membawa barang-barang kebutuhan sehari-hari ke dalam mobil. Butuh ruang tambahan, kursi baris ketiga bisa ‘dilelapkan’ untuk menambah penyimpanan di belakang.

Fitur Keselamatan

Dibandingkan pesaingnya yang lebih baru, Honda BR-V memang memiliki fitur keselamatan yang tidak terlalu banyak. Hanya ada dual front SRS Airbag serta sistem pengereman Anti-lock Braking System dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD).

Review Honda BR-V 2020: LSUV Sporty dengan Fitur Baru 11

Tapi tambahan terbaru dalam fitur keselamatan aktif yang diberikan termasuk Hill Start Assist (HAS) serta Vehicle Stability Control (VSC). Kedua fitur baru ini memberikan rasa berkendara yang lebih nyaman serta sangat membantu dalam bermanuver.

Review Honda BR-V 2020: LSUV Sporty dengan Fitur Baru 12

Selain itu, BR-V tak ketinggalan mendapatkan struktur rangka G-CON ditambah teknologi ACE cukup baik dalam meredam benturan. BR-V generasi pertama sudah mendapatkan peringkat bintang lima pada pengujian tes tabrakan ASEAN NCAP tahun 2016.

Mesin

Karena perubahan kali ini hanya bersifat facelit atau ubahan minor, mesin yang digunakan masih sama seperti edisi sebelumnya. Hanya ada satu mesin yang tersedia, yaitu L15Z1 i-VTEC 4-silinder dengan keluaran tenaga 120 PS pada putaran 6.600 rpm dan torsi puncak hingga 145 Nm pada 4.600 rpm.

Review Honda BR-V 2020: LSUV Sporty dengan Fitur Baru 13

Dilihat dari sisi tenaga, Honda BR-V memiliki tenaga maksimal yang cukup baik dibandingkan pesaingnya di segmen Low SUV. Ada dua pilihan transmisi yang tersedia, yaitu 6-percepatan manual serta transmisi CVT dengan teknologi Earth Dreams khas Honda.

Teknologi yang sudha dibagikan pada sebagian besar moel Honda di Indonesia menghadirkan kinerja dan performa mengemudi yang tinggi didukung efisiensi bahan bakar yang lebih irit. Sistem ini disebut menawarkan teknologi canggih yang ramah lingkungan dan memberikan rasa berkendara yang menyenangkan.

Performa & Handling

Ketika Honda memperkenalkan edisi facelift dari New Honda BR-V ada 2019 lalu, pihak Honda sendiri menyebutkan bawah BR-V sudah dilengkapi dengan mesin berkinerja tinggi. Tenaga yang besar membuatnya mampu menempuh semua kondisi jalan.

Review Honda BR-V 2020: LSUV Sporty dengan Fitur Baru 14

Handling LSUV Honda ini bisa dibilang masih biasa. Tidak terlalu menyenangkan, tapi tidak terlalu buruk. Feedback setir tidak terlalu baik. Tapi perpindahan gigi, terlebih pada transmisi CVT yang masih digunakan tetap terasa halus.

Tenaga yang dikeluarkan cukup baik, apalagi ketika digunakan untuk berkendara di luar kota. Hanya saja tambahan Hill Start Assist dan Vehicle Stability Assist cukup membantu memberikan rasa berkendara yang lebih baik dibandingkan versi sebelum facelift.

Review Honda BR-V 2020: LSUV Sporty dengan Fitur Baru 15

Tapi cukup terasa sedikit perubahan pada sistem suspensi yang dirasakan. Dibandingkan pesaingnya yang memiliki suspensi yang kaku, suspensi New Honda BR-V menawarkan suspensi yang empuk namun tidak terlalu bergoyang ketika dibawa di jalanan bergelombang.

Konsumsi BBM

Honda BR-V sudah melengkapi pembaruan mesin dengan memenuhi standar emisi gas buang Euro IV yang disarankan oleh pemerintah Indonesia terhadap mobil-mobil baru Tahan Air. Gas buang yang lebih bersih memberikan konsumsi bahan bakar yang lebih efisien.

Review Honda BR-V 2020: LSUV Sporty dengan Fitur Baru 16

BR-V memang mengandalkan tenaga yang cukup besar serta bobot yang cukup berat. Hal ini berpengaruh pada konsumsi bahan bakar yang bisa dibilang tidak terlalu irit. Tak jauh berbeda dengan model SUV lainnya di segmen yang sama.

Review Honda BR-V 2020: LSUV Sporty dengan Fitur Baru 17

Honda belum mengeluarkan catatan resmi konsumsi bbm Honda BR-V. Tapi pada beberapa pengujian yang dilakukan oleh media, disebutkan bagaimana efisiensinya hanya tercatat 8-9 km/L untuk pengendaraan di dalam kota, namun bisa meningkat hingga 10-12 km/L di luar kota dengan kecepatan yang lebih stabil.

Video

Dengan tema Brave New World, Honda membawa tampilan sporty dari BR-V dipadukan desain yang mengesankan. Berikut video Honda BR-V resmi dari Honda Indonesia.

Kesimpulan

Penjualan yang semakin menurun membuat Honda membawa penyegaran pada eksterior serta menawarkan berbagai teknologi baru pada Honda BR-V. Tampilannya menjadi lebih sporty masih dengan kabin yang lapang dan nyaman.

Di dalam, penambahan fitur baru membuat New Honda BRV lebih mudah untuk dikendalikan. Walaupun beberapa fitur hanya bisa didapatkan pada varian tertinggi. Tapi dari segi mesin dan transmisi, belum ada pembaruan yang signifikan.

Tapi dengan harga yang ditawarkan, mobil New Honda BR-V masih terbukti sebagai pilihan Low SUV yang menarik. Belum lagi ditambah dengan sistem keselamatan baru serta rangka yang kokoh menjadikannya sebagai salah satu kendaraan teraman Honda dalam meredam tabrakan.

Bent Aulia

Penyuka sejarah dan film, di belakang laptop sebagai penulis baru di ranah otomotif.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

2022 Honda BR-V 1.5 S M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil