window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Review Honda City: Sedan Compact Bertenaga

Anissa · 25 Jul, 2020 19:00

Review Honda City: Sedan Compact Bertenaga 01

Honda City merupakan salah satu model mobil sedan compact yang menjadi favorit di Indonesia. Di segmen tersebut, Honda City bersaing dengan banyak model mobil lainnya, seperti Toyota Vios dan Suzuki Ciaz.

Mobil Honda City 2020 tersedia dalam 2 varian, yakni Honda City E MT dan Honda City E CVT. Harga Honda City 2020 berkisar dari Rp 337 juta hingga Rp 356 jutaan. Tidak hanya mobil barunya saja, bahkan Honda City bekas atau  sering dikatakan sebagai Honda City second pun banyak peminatnya. Misalnya saja Honda City Z 2000 bekas dan Honda City Vtec 2010 yang dijual dengan harga bervarian tergantung dengan kondisi mobilnya. Anda bisa mencari di Honda City Olx yang merupakan salah satu situs penjualan mobil bekas, dimana anda akan mendapatkan harga Honda City Z 2000 dan Honda City 2010 yang bervarian.

Generasi terbaru Honda City 2020 ini bukan hanya menawarkan desain baru yang memiliki nuansa tajam dan elegan, tetapi juga dipenuhi dengan berbagai fitur canggih. Tidak hanya itu, performa mesinnya yang bertenaga juga bisa memberikan pengalaman berkendara yang maksimal.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Kali ini, kita akan membahas tentang apa saja yang ditawarkan oleh Honda City 2020 ini. Daripada penasaran, langsung saja disimak ulasannya berikut ini.

Harga

Banderol harga yang dipasang oleh Honda untuk masing-msing unit Honda City 2020 bisa dibilang cukup terjangkau. Untuk variannya sendiri, hanya ada satu varian Honda City yang dipasarkan di Indonesia, yaitu Honda City 1.5 E CVT. Mobil ini dibanderol dengan harga Rp352,6 jutaan.

Spesifikasi

Dimensi Honda City

Panjang

4.442 mm

Lebar

1.694 mm

Tinggi

1.895 mm

Wheelbase

2.600 mm

Mesin Honda City

Tipe Mesin

mesin 4-silinder segaris, SOHC, 16 katup, i-VTEC + DBW

Kapasitas

1.497 cc

Power Output

120 PS @ 6.600 rpm

Torsi

145 Nm @ 4.600 rpm

Transmisi

Automatic CVT with Earth Dreams Technology

Kapasitas Tangki

40 Liter

Bahan Bakar

Bensin

Kaki-Kaki Honda City

Ukuran Ban

185/55 R16

Material

Alloy Wheels

Mobil Honda City pertama kali diperkenalkan di dunia otomotif Tanah Air pada bulan November tahun 2013 lalu. Sejak itu, Honda juga telah melakukan dua kali facelift untuk mobil sedan ini, yaitu pada tahun 2014 dan 2017.

Review Honda City: Sedan Compact Bertenaga 01

Dengan tagline "Escalate The Game", Honda City menawarkan desain interior dan eksterior baru yang memberikan kesan lebih sporty dan dinamis. Generasi terbarunya ini juga berhasil menarik perhatian para pecinta mobil di Indonesia. Sebenarnya, Honda City tersedia dalam varian City S, City E, dan Ciy ES, tetapi hanya varian City E saja yang dipasarkan di Indonesia.

Eksterior

Sisi eksterior Honda City generasi baru sangat kental dengan kesan canggih dan sporty. Pada bagian depannya, Honda menggunakan teknologi LED pada bagian headlamp, fog lamp, dan Daytime Running Light (DRL). Penggunaan teknologi LED ini dilakukan demi memaksimalkan pencahayaan dan meningkatkan visibilitas pengendara.

Bumper bagian depan dari mobil ini juga menampilkan kesan tegas dan tajam. Grille depannya yang lebar dilengkapi dengan aksen chrome sehingga penampilannya terlihat elegan.

Review Honda City: Sedan Compact Bertenaga 02

Di bagian sampingnya, Honda City memiliki lekukan yang memanjang dari bagian depan hingga bodi samping belakang. Keempat pintu mobilnya dipasangi door handle chrome yang terkesan mewah. Selain itu, Honda juga menyematkan Power Retractable Door Mirror with Turning Signal yang merupakan kaca spion lipat otomatis yang dilengkapi lampu sein.

Pada bagian belakangnya terdapat High Mount Stop lamp dan juga Shark Fin Antenna. Di bagian belakang ini juga terdapat sebuah bagasi yang memiliki kapasitas yang cukup besar.

Review Honda City: Sedan Compact Bertenaga 03

Honda City tersedia dalam 5 pilihan warna, yaitu White Orchid Pearl, Lunar Silver Metallic, Crystal Black Pearl, Modern Steel Metallic, dan Nocturne Night Metallic.

Interior

Jika pada bagian luarnya Honda City menawarkan eksterior yang sporty dan elegan, pada bagian interiornya, mobil ini lebih kental dengan kesan mewah dan modern. Kabinnya bisa menampung hingga 5 orang penumpang. Semua joknya juga terbuat dari bahan berkualitas tinggi dengan lapisan yang cukup tebal.

Untuk memberikan kenyamanan yang lebih bagi para penumpang di baris belakang, pada mobil sedan compact ini disematkan rear AC Ventilation dan rear armrest dengan cup holder. Tidak hanya itu, Honda City 2020 juga dilengkapi panel dashboard dengan warna Gun Metal Garnish yang terlihat mewah.

Review Honda City: Sedan Compact Bertenaga 04

Meter cluster-nya terlihat modern dengan warna White illumination. Di dalamnya terdapat Multi Information LCD Display untuk menampilkan semua informasi saat berkendara.

Jok di baris belakang Honda City 2020 bisa dilipat sehingga kabinnya menjadi semakin luas. Bagasinya sendiri memiliki kapasitas maksimal hingga 485 liter.

Fitur

Sebagai fitur keselamatannya, Honda City 2020 dilengkapi dengan beberapa fitur standar, seperti Vehicle Stability Control (VSC) yang memungkinkan mobil tetap di jalurnya saat bermanuver dengan kecepatan tinggi. Ada pula fitur pengereman ABS, EBD, BA. Fitur keamanan standar lainnya antara lain Wave Key, alarm system, auto lock door by speed, dan immobilizer.

Honda juga menyematkan Dual SRS Airbags di bagian kursi pengemudi dan penumpang barisan depan. Honda City 2020 juga dibangun dengan desain rangka body G-CON dan ACE TM yang kokoh dan mampu meredam dampak benturan. Untuk keamanan penumpang anak-anak, pada mobil ini juga disematkan pengaturan kursi ISOFIX dan Tether.

Kemudahan pengemudi juga sangat diperhatikan. Karena itu, Honda City dilengkapi dengan fitur Audio Steering Switch yang terdapat di bagian setirnya. Dengan fitur ini, pengemudi dapat dengan mudah melakukan pengaturan audio dan fungsi berkendara lainnya.

Review Honda City: Sedan Compact Bertenaga 05

Selain itu, pengemudi juga diberi kemudahan dalam menyalakan atau mematikan mesin kendaraan dengan hanya menyentuh tombol Start/Stop engine sambil menginjak rem secara bersamaan. Tombol Start/Stop ini juga bisa diakses di kondisi gelap dengan tampilan lampu berkedip.

Tidak berhenti sampai di situ, fitur Cruise Control juga disematkan pada Honda City demi memudahkan pengemudi untuk mengatur dan menjaga kecepatan mobil tanpa harus menginjak pedal gas. Fitur ini umum digunakan saat mobil melaju di jalan bebas hambatan atau jalan tol, dan jarang sekali digunakan di jalanan yang padat. Tombol Cruise Control ini juga terdapat di bagian setir, sehingga lebih mudah diakses oleh pengemudi ketika berkendara sekalipun.

Honda juga tidak luput memberikan fitur hiburan untuk mobil Honda City. Sebagai fitur hiburan utamanya, Honda City dilengkapi dengan sebuah Smart 8 inch Floating A/V System. Fitur ini berupa layar melayang 8 inci yang mendukung hiburan multimedia dalam berbagai format. Layar ini bisa dengan mudah dihubungkan ke smartphone kita, baik Android maupun iOS, dengan penggunaan kabel tambahan.

Performa Berkendara

Untuk jantung mekanisnya, Honda City 2020 mengandalkan mesin 4 silinder segaris, SOHC, 16 katup, i-VTEC + DBW dengan kapasitas mesin 1.497 cc. Mesin ini sendiri diklaim bisa menghasilkan keluaran tenaga sebesar 118 HP pada putaran 6.600 rpm dan torsi mencapai 145 Nm pada 4.600 rpm.

Tenaga yang dihasilkan oleh mesin ini kemudian disalurkan ke roda penggerak depan melalui transmisi Automatic CVT with Earth Dreams Technology. Dipadukan dengan teknologi i-VTEC, transmisi ini juga membuat Honda City memiliki akselerasi kontrol yang cukup baik. Mobil ini mampu mencapai kecepatan 100 km/jam dalam waktu 10,5 detik saja. Kecepatan maksimalnya mencapai 190 km/jam.

Review Honda City: Sedan Compact Bertenaga 06

Penggunaan transmisi CVT ini juga dianggap menjadi salah satu keunggulan dari Honda City 2020, karena mampu mengurangi emisi gas buang sehingga lebih ramah lingkungan. Sementara itu, teknologi mesin i-VTEC yang disematkan pada mobil ini dinilai mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar. Tingkat konsumsi bahan bakarnya sendiri mencapai 18 km/liter.

Demi menambah kestabilan pengendaraan dan meminimalisir getaran, Honda City menggunakan suspensi MacPherson Strut di bagian depan dan suspensi H-Shape Torsion Beam di bagian belakang. Sementara itu, rem depannya menggunakan ventilated disc brake dan rem belakangnya menggunakan rem drum.

Honda City 2020 memang dipenuhi dengan berbagai teknologi canggih. Selain beberapa teknologi yang bisa meningkatkan pengalaman berkendara seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, mobil sedan compact ini juga memiliki satu teknologi lain yang disebut ECON Mode. Teknologi ini bisa mengubah sistem pengendaraan secara otomatis sehingga mobil mencapai tingkat efisiensi bahan bakar yang maksimal.

Video

Kesimpulan

Honda City 2020 merupakan sebuah sedan compact yang sangat cocok untuk dijadikan alat transportasi di daerah perkotaan. Harganya bisa dibilang cukup terjangkau dan mobil ini juga memiliki tingkat efisiensi bahan bakar yang cukup tinggi, sehingga konsumen bisa menghemat biaya yang harus dikeluarkan untuk bahan bakar.

Selain itu, Honda City 2020 juga memiliki desain yang elegan dan sporty di bagian luarnya, serta modern dan mewah di bagian bawahnya. Mobil Honda Ciy bekas saja juga memiliki banyak peminatnya karena mobil ini memang berkualitas lumayan bagus. Dan tentu saja, mobil ini dilengkapi dengan berbagai fitur canggih yang bisa menjamin keamanan dan kenyamanan berkendara kita.

Anissa

Baik mobil maupun kebudayaan, perkembangan keduanya bergantung pada hal yang sama: pemikiran manusia.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda City Sedan 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil