window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Review Honda Civic Hatchback RS: Siluet Seksi Dari Sebuah Hatchback Sporty

Franky · 13 Agu, 2020 20:00

Review Honda Civic Hatchback RS: Siluet Seksi Dari Sebuah Hatchback Sporty 01

Di segmen pasar mobil Hatchback Indonesia, nama Honda memang tidak asing. Mobil dengan kapasitas 5 orang ini kembali dirilis versi Facelift terbaru di bulan Februari tahun 2020. Tak tanggung-tanggung, PT. Honda Indonesia melakukan penyegaran terhadap mobil Honda Civic Hatchback RS.

Jika pada versi sebelumnya, Honda Civic Hatchback menawarkan dua tipe mobil yaitu S dan R, pada versi terbaru PT. Honda Prospect Motor (HPM) Indonesia hanya meluncurkan satu tipe saja yaitu RS. Mobil legendaris ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau yakni sebesar Rp. 499 juta. Berikut daftar harga Honda Civic Hatchback RS terbaru.

DAFTAR HARGA HONDA CIVIC HATCHBACK RS TERBARU
Tipe Mobil Harga Mobil
Honda Civic Hatchback RS 2020 Rp. 499 juta

Berbicara tentang spesifikasi mobil, tidak ada perubahan signifikan pada mesin mobil ini. Honda Civic Hatchback masih mengandalkan mesin 1,5L 4 silinder segaris, dengan VTEC Turbo DOHC 16 katup + DBW. Dengan tenaga maksimal 173 PS / 5.500 Rpm dan torsi maksimal 220 Nm / 1.700 - 5.500 Rpm. Untuk spesifikasi lengkapnya, Anda dapat melihat tabel spesifikasi Honda Civic Hatchback RS di bawah ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });
SPESIFIKASI HONDA CIVIC HATCHBACK RS
MESIN HONDA CIVIC HATCHBACK RS
Tipe Mesin 1.5L 4 Silinder Segaris, VTEC Turbo DOHC, 16 Katub + DBW
Kapasitas Silinder 1.498 cc
Tenaga Maksimal 173 PS / 5.500 Rpm
Torsi Maksimal 220 Nm / 1.700 - 5.500 Rpm
Konsumsi Bahan Bakar 10,5 Km/L (Dalam Kota) & 16,5 Km/L (Luar Kota)
DIMENSI HONDA CIVIC HATCHBACK RS
Panjang x Lebar x Tinggi 4.501 mm x 2.075 mm x 1.421 mm
Wheelbase 2.700 mm
Kapasitas Tangki Bahan Bakar 47 L
KAKI-KAKI DAN SUSPENSI HONDA CIVIC HATCHBACK RS
Suspensi Depan/Belakang MacPherson Strut / Multi-Link
Rem Depan/Belakang Ventilated Disc / Disc
Pelek 17x7J
Ukuran Ban 215/50 R17

Sejarah Honda Civic Hatchback RS

Honda Civic mempunyai sejarah yang panjang. Bagaimana tidak, mobil ini telah ada sejak tahun 1972 dan masih eksis sampai sekarang. Honda Civic sudah memiliki 10 generasi dan beberapa kali Facelift. Generasi pertama dirilis pada tahun 1972 sampai dengan 1979. Di Indonesia, generasi pertama ini dikenal dengan sebutan Civic Koper.

Review Honda Civic Hatchback RS: Siluet Seksi Dari Sebuah Hatchback Sporty 01

Generasi pertama mobil Honda Civic Hatchback

Lalu generasi kedua diluncurkan pada tahun 1979 sampai dengan 1983. Generasi ini dikenal dengan nama Civic Excellent. Pada generasi ini, Honda Civic menggunakan mesin berkapasitas 1.355 cc dan 1.488 cc.

Review Honda Civic Hatchback RS: Siluet Seksi Dari Sebuah Hatchback Sporty 02

Generasi kedua telah menggunakan kapasitas mesin 1.355 cc dan 1.488 cc

Generasi ketiga (1983-1987) dikenal sebagai Civic Wonder di Indonesia. Honda Civic generasi ketiga mempunyai spesifikasi yakni mesin 1.500 cc, 4 silinder dari mesin D Series.

Review Honda Civic Hatchback RS: Siluet Seksi Dari Sebuah Hatchback Sporty 03

Generasi ketiga dikenal sebagai Civic Wonder di Indonesia

Generasi keempat (1987-1991) telah menampakkan sisi modern dari mobil ini. Mesinnya pun sudah menggunakan mesin B16A dengan DOHC dan VTEC yang berkapasitas 1.600 cc. Di Indonesia generasi ini dikenal dengan nama Grand Civic.

Review Honda Civic Hatchback RS: Siluet Seksi Dari Sebuah Hatchback Sporty 04

Generasi keempat telah menggunakan mesin B16A dengan DOHC dan VTEC

Generasi kelima (1991-1995) dikenal sebagai Honda Genio. Pastinya, tampilan lebih modern daripada generasi sebelumnya yakni adanya lekukan, desain tidak mengotak lagi seperti generasi sebelumnya.

Review Honda Civic Hatchback RS: Siluet Seksi Dari Sebuah Hatchback Sporty 05

Generasi kelima biasa disebut dengan Honda Genio

Generasi keenam (1995-2000) mengusung desain Hatchback untuk pertama kalinya. Namun, di Indonesia hanya dipasarkan versi sedannya saja. Di Indonesia, generasi ini dikenal dengan sebutan Civic Ferio.

Review Honda Civic Hatchback RS: Siluet Seksi Dari Sebuah Hatchback Sporty 06

Desain Hatchback pertama kali muncul di generasi ke enam

Generasi ketujuh (2000-2004) menawarkan empat varian mobil dengan kode EM, ES, EP, dan EV. Pada generasi ini, Honda Civic telah menggunakan suspensi Macpherson Strut bagian depan.

Review Honda Civic Hatchback RS: Siluet Seksi Dari Sebuah Hatchback Sporty 07

Generasi ke tujuh telah menggunakan suspensi MacPherson Strut

Generasi kedelapan (2005-2011) mempunyai kode bodi FD. Honda Civic generasi ini sangat populer di dunia, dengan penjualan lebih dari 7,3 juta untuk pasar Amerika. Honda Civic FD menggunakan mesin 1.800 cc dan 2.000 cc.

Review Honda Civic Hatchback RS: Siluet Seksi Dari Sebuah Hatchback Sporty 08

Generasi ke delapan merupakan puncak karier dari mobil Honda ini

Generasi kesembilan (2011-2016) yang mempunyai kode bodi FB ini telah dibekali beberapa fitur baru seperti rem ABS, Vehicle Stability Assist (VSA) dan EBD. Namun, model ini kurang disenangi oleh masyarakat Indonesia.

Review Honda Civic Hatchback RS: Siluet Seksi Dari Sebuah Hatchback Sporty 09

Tampilan generasi ke sembilan mobil Honda Civic di Thailand

Terakhir, generasi sepuluh pertama kali meluncur pada tahun 2016 dan masih beroperasi sampai sekarang. Generasi terbaru merombak desain mobil yang lebih modern dan Sporty, serta dibekali beberapa fitur yang lebih canggih dari sebelumnya. Pada tahun 2020, Honda Civic merilis versi Facelift terbaru dengan julukan Honda Civic Hatchback RS. Model terbaru ini membawa angin segar di segmen mobil Hatchback. Penasaran? Tenang saja, kami akan mengulas versi terbaru di bawah ini!

Eksterior Honda Civic Hatchback RS

1. Eksterior Depan Honda Civic Hatchback RS

Kesan Sporty dan agresif muncul ketika melihat eksterior bagian depan Honda Civic Hatchback. Terdapat Grill besar berwarna hitam dan tidak ketinggalan dengan emblem RS nya. Lalu Headlamp dan semua lampu bagian depan sudah menggunakan model LED, hingga disertai dengan lampu DRL dan lampu kabut.

Review Honda Civic Hatchback RS: Siluet Seksi Dari Sebuah Hatchback Sporty 10

Tampilan eksterior depan Honda Civic Hatchback

2. Eksterior Samping Honda Civic Hatchback RS

Terdapat beberapa perubahan dalam eksterior samping Honda Civic Hatchback RS seperti sudah adanya LED Fog Lamp dan Side Position untuk makin meningkatkan keamanan dan keselamatan dalam berkendara. Untuk pelek 17 inci menggunakan Clear Dual Tone dengan warna yang lebih gelap dari versi sebelumnya. Kami juga menemukan adanya tambahan Garnish yang menjulur dari bagian depan sampai belakang. Sayang sekali, walau kaca spion telah terlipat secara elektrik, namun belum terdapat fitur kaca spion otomatis dalam mobil ini.

Review Honda Civic Hatchback RS: Siluet Seksi Dari Sebuah Hatchback Sporty 11

Velg 7 inch dengan warna yang lebih gelap menampilkan sisi Sporty

3. Eksterior Belakang Honda Civic Hatchback RS

Beralih di bagian belakang, ada hal menarik yang kami temui. Bumper belakang menggunakan desain baru dan ditambah adanya knalpot ganda di bagian tengah yang menambah tampilan mobil ini menjadi lebih gahar. Di bawah Bumper depan maupun belakang juga terdapat rongga ventilasi warna hitam yang lebih besar dari versi sebelumnya.

Lampu malam telah menggunakan model LED, namun lampu rem masih menggunakan bohlam biasa. Di bagian belakang, sudah terdapat kamera parkir yang makin membuat aman mobil ini. Sayang sekali, kamera parkir tersebut belum terdapat sensor parkirnya.

Review Honda Civic Hatchback RS: Siluet Seksi Dari Sebuah Hatchback Sporty 12

Knalpot ganda Honda Civic Hatchback RS menambah kesan maskulin mobil ini

Interior Honda Civic Hatchback RS

1. Dashboard Dan Setir Honda Civic Hatchback RS

Perpaduan antara material kulit dengan aksen jahitan merah pada bagian setir, tuas transmisi, dan dashboard mobil Honda Civic Hatchback RS membuat mobil ini memberi kesan mewah dan Sporty.

Pada kemudi setir juga menyimpan beberapa fitur canggih yang dapat membuat pengguna lebih praktis dalam mengendarai mobil ini. Dimulai dengan fitur Tilt & Telescopic Steering yang memberi kemudahan untuk mengatur posisi kemudi. Lalu di lingkar kemudi juga terdapat fitur Audio & Hands-Free Telephone Switch untuk mengatur audio dan mengangkat telepon.

Review Honda Civic Hatchback RS: Siluet Seksi Dari Sebuah Hatchback Sporty 13

Fitur Tilt & Telescopic Steering yang mempermudah pengguna untuk mengatur tempat duduk

2. Jok Kursi Honda Civic Hatchback RS

Sama dengan Dashboard dan lingkar kemudi, jok mobil Honda Civic Hatchback RS 2020 juga memadukan material kulit dengan aksen jahitan merah. Mobil berkapasitas 5 orang ini juga menyimpan fitur dalam kursi-kursinya. Kursi telah dapat diatur secara elektrik dengan fitur 8-Way Driver Power Seat Adjuster dan 4-Way Front Passenger Power Seat Adjuster supaya pengguna tidak kelelahan selama perjalanan.

Review Honda Civic Hatchback RS: Siluet Seksi Dari Sebuah Hatchback Sporty 14

Jok mobil Honda Civic Hatchback RS dengan perpaduan material kulit dan aksen jahitan merah

3. Dimensi Interior Honda Civic Hatchback RS

Honda Civic Hatchback RS mempunyai ukuran panjang mobil 4.501 mm, lebar 2.075 mm dan tinggi 1.421 mm. Wheelbase mobil ini berukuran 2.700 mm. Sensasi lapang dapat Anda rasakan ketika memasuki mobil ini. Karena untuk bagian kaki, Anda dapat mengatur jok sesuai dengan ukuran tubuh. Bagian kepala juga lapang, jadi membuat semakin nyaman mengendarai mobil ini.

Review Honda Civic Hatchback RS: Siluet Seksi Dari Sebuah Hatchback Sporty 15

Sensasi lapang muncul saat mengendarai mobil ini karena jok dapat diatur sesuai ukuran tubuh

4. Fitur Unggulan Honda Civic Hatchback RS

Tak hanya fitur-fitur di atas, masih banyak fitur canggih yang ditawarkan mobil Honda Civic Hatchback RS. Seperti adanya fitur Rain Sensing Windshield Whiper yaitu sebuah fitur yang dapat mendeteksi Wiper menyala otomatis ketika hujan. Lalu juga terdapat Smart Entry System yang dapat membuka dan menutup pintu tanpa kunci. Adanya Remote Engine Start juga membuat mobil ini unggul.

Tidak ketinggalan bagian hiburan dalam mobil ini yakni adanya Headunit 7” yang sudah dapat terkoneksi dengan Android dan iOS. Honda Civic Hatchback RS juga mempunyai 8 buah speaker yang terdapat pada bagian depan dan belakang. Jadi perjalanan Anda tidak akan membosankan.

Review Honda Civic Hatchback RS: Siluet Seksi Dari Sebuah Hatchback Sporty 16

Salah satu fitur unggulan Honda Civic Hatchback yaitu Rain Sensing Windshield Wiper

Fitur Keselamatan Honda Civic Hatchback RS

Honda Civic Hatchback RS juga menyimpan banyak fitur keselamatan yang membuat pengguna semakin aman dalam mengendarai. Dimulai dari sistem pengereman, mobil ini telah menggunakan sistem ABS, EBD dan BA.

Review Honda Civic Hatchback RS: Siluet Seksi Dari Sebuah Hatchback Sporty 17

Sistem pengereman Honda Civic Hatchback RS

Untuk bagian kestabilan mobil, Honda Civic Hatchback RS menggunakan sistem Vehicle Stability Assist (VSA) yang dapat mencegah terjadinya Oversteer saat kendaraan menikung. Lalu adanya Hill Start Assist (HSA) yang berfungsi mencegah kendaraan mundur saat berada di jalan yang menanjak juga menambah nilai plus dalam hal keselamatan.

Review Honda Civic Hatchback RS: Siluet Seksi Dari Sebuah Hatchback Sporty 18

Fitur Vehicle Stability Assist yang menambah tingkat keselamatan dalam berkendara

Tidak lupa, Honda Civic Hatchback RS juga menyediakan fitur keselamatan di dalam kabin. Yang pertama, adanya Seatbelt di seluruh kursi pengguna. Lalu dilengkapi dengan 6 buah Airbags yang dapat melindungi pengguna dari benturan.

Review Honda Civic Hatchback RS: Siluet Seksi Dari Sebuah Hatchback Sporty 19

Terdapat 6 buah Airbags yang dapat melindungi pengguna dari benturan

Spesifikasi Mesin Honda Civic Hatchback RS

Jika dibandingkan dengan versi sebelumnya, memang tidak ada perubahan pada spesifikasi mesin. Honda Civic Hatchback RS masih mengandalkan teknologi mesin 1.500 cc 4 silinder VTEC turbo, menghasilkan tenaga maksimal 173 PS/5.500 Rpm dan torsi maksimal 220 Nm / 1.700 - 5.500 Rpm. Dengan berpaduan transmisi CVT Earth Dreams, mesin Honda Civic Hatchback termasuk mesin yang ramah digunakan sehari-hari.

Review Honda Civic Hatchback RS: Siluet Seksi Dari Sebuah Hatchback Sporty 20

Mesin Honda Civic Hatchback RS sudah bertenaga turbo dengan transmisi CVT

Performa Berkendara Dan Handling Honda Civic Hatchback RS

Mengendarai mobil ini bagaikan mengendarai mobil Sporty. Dengan mesin 1.5L VTEC turbo dan transmisi CVT memberikan rasa halus pada lajunya pada setiap putaran mesin. Untuk menyelip mobil tidak perlu menginjak gas karena hanya perlu tekan Paddle Shift untuk pindah ke gigi rendah. Hal tersebut tidak hanya menimbulkan kepraktisan, namun juga memberikan sensasi bak mengendarai mobil Sport. Handling pun reaktif dan tidak terasa berat saat kecepatan tinggi.

Review Honda Civic Hatchback RS: Siluet Seksi Dari Sebuah Hatchback Sporty 21

Mengendarai mobil Honda Civic Hatchback RS bagaikan mengendarai mobil Sport

Konsumsi BBM Honda Civic Hatchback RS

Honda Civic Hatchback RS dikenal sebagai mobil yang awet dalam hal konsumsi BBM. Berkat adanya sokongan turbo, membuat mobil ini bertenaga cepat tanpa menyebabkan boros konsumsi BBM.

Di dalam kota, di mana pengguna banyak melakukan pemberhentian entah karena lalu lintas yang macet atau jarak satu tempat ke tempat yang lain tidak jauh, konsumsi BBM Honda Civic Hatchback RS hanya mencapai 10.5 Km/L. Sedangkan untuk perjalanan ke luar kota, ketika melakukan perjalanan jauh melewati jalan tol, konsumsi BBM berkisar pada angka 16.5 Km/L.

Review Honda Civic Hatchback RS: Siluet Seksi Dari Sebuah Hatchback Sporty 22

Honda Civic Hatchback termasuk mobil yang hemat konsumsi BBM

Video

Kesimpulan

Dari beberapa ulasan di atas, dapat disimpulkan bahwa mobil ini menawarkan berbagai fitur menarik dengan performa ala mobil Sport. Beberapa fitur unggulan yang terdapat di mobil ini seperti adanya Rain Sensing Windshield Whiper, Smart Entry System, Remote Engine, serta fitur hiburan seperti Headunit 7” yang juga dibekali dengan 8 Audio di dalam kabin.

Honda Civic Hatchback juga dikenal sebagai mobil yang ramah dalam hal konsumsi BBM. Selain itu dalam hal berkendara juga sangat nyaman dengan mesin 1.5L VTEC turbo dengan transmisi VTC. Handling pun juga tidak berat ketika mobil dalam kecepatan tinggi.

Dengan harga Rp. 499 juta, memang mobil ini telah menawarkan banyak kelebihan. Sepadan dengan harganya. Jika dilihat dari berbagai unsur mobil ini, target konsumen memang lebih kepada anak muda. Namun tidak ada salahnya juga konsumen lain untuk membeli mobil ini.

Pada akhirnya, pilihan berada di tangan Anda. Setelah membaca ulasan kami, bagaimana pendapat Anda tentang mobil ini? Semoga ulasan kami dapat menjadi referensi sebelum membeli mobil Honda Civic Hatchback RS.

Franky

Berhati-hatilah dalam membuat keputusan yang benar di hadapan semua orang

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil