window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Review Honda Civic Type R: Mobil Sport Ikonik Andalan Honda

Anissa · 18 Sep, 2020 12:00

Review Honda Civic Type R: Mobil Sport Ikonik Andalan Honda 01

Apa yang ada di pikiran anda ketika mendengar nama Honda Civic? Honda Civic memang bukan merupakan mobil yang asing di industri otomotif Indonesia. Kiprah Honda Civic di Indonesia bisa dibilang cukup panjang, mengingat mobil ini telah hadir dan aktif diproduksi sejak tahun 1972. Produksinya pun terus berlanjut hingga saat ini.

Sepanjang kiprahnya di insdutri otomotif, Honda memang terus mengembangan Honda Civic agar bisa bersaing dengan mengikuti perkembangan zaman. Mobil ini pun telah berubah menjadi mobil yang semakin modern dan dilengkapi dengan teknologi yang semakin mutakhir.

Selama ini, mobil yang satu ini memang dikenal sebagai salah satu mobil populer keluaran Honda. Honda Civic juga hadir dengan beragam model, mulai dari mobil sedan hingga mobil hatchback yang dilengkapi dengan tenaga Turbo yang tidak tertandingi di kelasnya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Tetapi selain itu, Honda Civic juga memiliki satu varian lain, yakni Honda Civic Type R. Varian yang satu ini meruapakan salah satu varian Honda Civic mewah. Tidak tanggung-tanggung, mobil ini dibanderol dengan kisaran harga Rp1 miliar.

Mobil sport ikonik ini telah menjadi salah satu mobil andalan Honda yang desain dan kualitasnya patut diperhitungkan. Karena itu, kali ini kita akan mengulas tentang Honda Civic Type R.

Harga

Honda Civic sebenarnya hadir dalam beragam model, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Tetapi di antara semua model yang ditawarkan, Honda Civic Type R merupakan varian tertingginya.

New Honda Civic Type R tersedia dalam 1 varian saja. Honda Civic Type R harganya berkisar Rp 1,07 Milyar. Ini merupakan harga Honda Civiv Type R di tahun 2020. Dilihat dari harga mobil Civic terbaru ini, dapat dikatakan bahawa New Honda Civic type R ini termasuk dalam mobil kelas premium.

Spesifikasi

Dimensi Honda Civic Type R
Panjang 4.557 mm
Lebar 2.076 mm
Tinggi 1.421 mm
Wheelbase 4.557 mm
Mesin Honda Civic Type R
Tipe Mesin 4 Silinder Segaris, VTEC Turbo DOHC, 16 Katup + DBW
Kapasitas 2,0 Liter (1.996 cc)
Power Output 296 HP / 6.500 rpm
Torsi 400 Nm / 2.500 - 4.500 rpm
Transmisi Transmisi Manual 6 Percepatan
Sistem Penggerak Front Wheel Drive
Bahan Bakar Bensin
Kaki-kaki Honda Civic Type R
Ukuran Ban 245/30 R20
Material Velg Alloy Wheel
Suspensi dan Rem Honda Civic Type R
Suspensi Depan Dual Axis
Suspensi Belakang Multi-Link
Rem Depan Brembo Ventilated Disc brake
Rem Belakang Solid Disc brake

Perlu diketahui bahwa Honda Civic Type R merupakan mobil sport mewah yang pertama kali diluncurkan Honda di Indonesia melalui ajang pameran otomotif kenamaan, yakni Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang digelar pada tahun 2017 lalu di Jakarta. Honda Civic Type R sendiri dikenal sebagai mobil sport legendaris Honda yang pada tahun tersebut telah memasuki usianya yang ke-25.

Review Honda Civic Type R: Mobil Sport Ikonik Andalan Honda 01

New Honda Civic Type R adalah mobil yang dikembangkan dengan menggunakan basis dari Honda Civic generasi ke-10. Tidak hanya ikonik, mobil Honda Civic Type R ini juga telah mencetak prestasi. Mobil ini berhasil mencatatkan rekor sebagai mobil berpenggerak roda depan tercepat di sirkuit Nurburgring, Jerman dengan catatan lap time 7 menit 43,80 detik.

Eksterior

Saat kita melihat bagian eksterior dari New Honda Civic Type R, kebanyakan dari kita akan langsung membayangkan kata “sporty”. Hal tersebut bukanlah hal yang aneh, mengingat mobil mewah yang satu ini memang kental dengan bahasa desain berkesan sporty.

Sedikit berbeda dengan Honda Civic varian lainnya, Honda Civic Type R ini memang diketahui memiliki desain eksterior yang paling premium. Melalui penggunaan desain eksterior yang agresif dan aero kit dengan gaya racing yang terlihat kuat, mobil ini semakin terlihat maskulin.

Review Honda Civic Type R: Mobil Sport Ikonik Andalan Honda 02

Selain itu, penggunaan front grille dengan full LED headlights dan LED fog light semakin memperkuat kesan sporty dan agresif yang terpancar dari mobil ini. Honda Civic Type R juga memiliki velg racing berukuran 20 inci dan Type R Triple Exhaust with Finisher yang semakin mempertegas penampilannya sebagai mobil sport andalan Honda.

Bukan itu saja, Honda juga memberikan banyak pilihan warna agar konsumen dapat memilih sesuai dengan seleranya masing-masing. New Honda Civic Type R ditawarkan dengan pilihan warna yang stylish, antara lain Rallye Red, Brilliant Sporty Blue Metallic, Sonic Grey Pearl, Crystal Black Pearl, Championship White, dan juga Polished Metal Metallic.

Interior

Kesan premium ternyata tidak hanya bisa kita temukan pada bagian eksterior dari Honda Civic Type R. Bagian interior Honda Civic Tupe R selaku mobil sport yang satu ini juga tidak kalah mewah dan stylish.

Kabinnya yang menggunakan bahasa desain modern ini dilengkapi dengan berbagai penunjang kenyamanan untuk para penumpangnya. Ada multimedia headunit berukuran 7 inci dengan latar berbasis Android yang juga bisa digunakan untuk sistem navigasi dengan dukungan Garmin. Demi memanjakan penumpang ketika mendengarkan musik, 8 buah speaker dengan suara jernih pun disematkan di seluruh bagian kabin.

Review Honda Civic Type R: Mobil Sport Ikonik Andalan Honda 03

Kenyamanan New Honda Civic Type R juga terjamin dengan penggunaan jok semibucket dengan dominan warna merah dan ornamen kabin dengan jahitan serupa. Sedangkan untuk setirnya sendiri menggunakan material kulit berkualitas dan dilengkapi tombol-tombol pengatur audio, MID, dan juga cruise control yang memudahkan dilakukannya pengaturan oleh pengemudi ketika sedang berkendara.

Fitur

Bicara soal fitur secara keseluruhan, New Honda Civic Type R memang disebut memiliki fitur yang lebih sedikit dibandingkan dengan varian yang lainnya. Hal ini karena Honda ingin berfokus pada performanya sebagai mobil sport mewah. Mobil ini dilengkapi berbagai fitur canggih seperti Cruise Control, Tweeter speaker, audio steering switch, dan MID.

Tetapi jika kita bicara soal fitur keselamatan dan keamanan, mobil ini memiliki fitur yang sangat lengkap. Sebagai fitur keselamatan aktifnya, mobil ini dilengkapi dengan Anti lock Braking System, Brake Assist, Electronic Brake Distribution, Sensor parkir, Rearview Camera, Lane Watch, Hill Start Assist, serta Vehicle Stability Assist.

Review Honda Civic Type R: Mobil Sport Ikonik Andalan Honda 04

Sedangkan untuk fitur keselamatan pasifnya, mobil ini dilengkapi dengan Dual Front i-SRS Airbags, Side Airbags, Side Curtain Airbags, Child Safety Locks, dan Adjustable Seatbelts. Tidak hanya itu, untuk menjamin keamanan mobil, Honda Civic Type R ini juga dilengkapi dengan Alarm System dan Engine Immobilizer.

Performa Berkendara

Performa yang tinggi memang merupakan daya tarik utama dari Honda Civic Type R. Mobil ini dibekali dengan mesin yang jauh lebih bertenaga dibanding varian lainnya, mengingat mobil ini memang merupakan mobil sport.

Honda Civic Type R dibekali dengan mesin 4 silinder segaris, VTEC Turbo DOHC, 16 katup + DBW berkapasitas 2,0 liter. Mesin ini diketahui bisa menghasilkan tenaga sebesar 296 HP pada putaran mesin 6.500 rpm. Sedangkan untuk torsi yang dihasilkannya bisa mencapai 400 Nm pada putaran mesin 2.500-4.500 rpm. Untuk pilihan transmisinya sendiri, Honda Civic turbo Hatchback Type R hanya menawarkan satu pilihan transmisi, yakni sistem transmisi manual enam percepatan.

Review Honda Civic Type R: Mobil Sport Ikonik Andalan Honda 05

Pada segmen yang sama, Honda Civic Type R bersaing dengan Toyota 86 di Indonesia. Kedua mobil ini memang memiliki pangsa pasar yang sama. Kendati demikian, ternyata Toyota 86 harus unggul dalam hal banderol harga, karena mobil ini dibanderol dengan harga Rp716 jutaan, Sementara Honda Civic Type R harganya telah menyentuh angka Rp1 miliaran.

Tetapi jika bicara soal performa, Toyota 86 jelas kalah oleh Honda Civic turbo Hatchback Type R. Dengan kapasitas mesin yang sama, yakni 2,0 Liter, New Honda Civic Type R mampu menghasilkan tenaga yang lebih besar berkat penggunaan teknologi mesin Turbo. Sementara Toyota 86 hanya bisa menghasilkan tenaga sebesar 197 HP saja.

Video

Kesimpulan

Sebagai mobil sport mewah, desain eksterior dan interior Honda Civic Type R memang sangat menawan. Kesan mewah dan premium begitu kental terasa, tanpa menutupi kesan sporty yang diusungnya.

Review Honda Civic Type R: Mobil Sport Ikonik Andalan Honda 06

Kendati memiliki fitur hiburan yang sederhana, tetapi mobil sport andalan Honda yang satu ini memiliki fitur keselamatan dan keamanan yang sangat lengkap. Selain itu, mobil New Honda Civic Type R ini juga memiliki keunggulan dalam hal performanya, bahkan jika dibandingkan dengan pesaingnya di pasar otomotif.

 

Anissa

Baik mobil maupun kebudayaan, perkembangan keduanya bergantung pada hal yang sama: pemikiran manusia.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Honda Civic Type R 6-Speed MT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil