window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Review Jeep Wrangler Unlimited 2020: Wrangler Untuk Seluruh Keluarga

Derry · 18 Agu, 2020 13:00

Berbicara soal Jeep Wrangler, tentu yang terlintas pertama kali di benak Anda adalah sebuah mobil off-road dua pintu yang sangat ikonik. Namun itu semua berubah semenjak generasi JK, Wrangler menghadirkan model empat pintu yang dikenal Wrangler Unlimited.

Review Jeep Wrangler Unlimited 2020: Wrangler Untuk Seluruh Keluarga 01

Jeep Wrangler hadir dalam dua varian, normal dan Unlimited (LWB)

Hadir dengan pintu dan kapasitas tempat duduk lebih banyak, Jeep Wrangler Unlimited kini lebih populer di Indonesia karena lebih dengan dimensi yang lebih besar, model ini lebih praktikal dan bisa menjadi mobil keluarga juga.

PT HASCAR International Motor selaku APM merek Jeep di Indonesia juga membawa Jeep Wrangler Unlimited di Indonesia, yang terbagi jadi tiga varian berbeda: Sport, Sahara, dan Rubicon.

Harga Jeep Wrangler Unlimited 2020:

Mobil Jeep Wrangler Unlimited tersedia dalam 3 varian. Harga Jeep Wrangler tergantung dari variannya. Jeep Wrangler Unlimited Sport sebagai varian terendah dibanderol dengan biaya sebesar Rp 1, 6 Miliar. Lalu, Jeep Wrangler Sahara sebagai varian penengah Jeep ini dibanderol dengan biaya sebesar Rp 1,71 Milyar. Terakhir, harga Jeep Rubicon sebagai varian tertinggi Jeep berkisar Rp 1,82 Miliar. Ini merupakan harga mobil Jeep Wrangler 2020.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });
Tipe Harga
Jeep Wrangler Unlimited Sport 2020 Rp1.600.000.000
Jeep Wrangler Unlimited Sahara 2020 Rp1.710.000.000
Jeep Wrangler Unlimited Rubicon 2020 Rp1.820.000.000

Spesifiksi Jeep Wrangler Unlimited 2020:

Mesin Land Jeep Wrangler Unlimited 2020
Tipe Mesin 2.0-Liter Turbo inline-4
Kapasitas Silinder 1.995 cc
Tenaga Maksimal 274 Ps @ 5.250 rpm
Torsi Maksimal 400 Nm @ 3.000 rpm
Akselerasi 0-100 km/jam 7.6 detik
Konsumsi bahan bakar 9 km/L (dalam kota), 10 km/L (luar kota)
Transmisi 8-Speed Automatic
Sistem Penggerak Full-time 4WD
Transfer Case COMMAND-TRAC (Sport & Sahara) ROCK-TRAC (Rubicon)
Dimensi Jeep Wrangler Unlimited 2020
Dimensi (PxLxT) 4.785 x 1.875 x 1.868,4 mm
Wheelbase 3.008 mm
Ground Clearence 274,32 mm
Kapasitas Tangki Bensin 81,4 L
Kaki-kaki dan Suspensi Jeep Wrangler Unlimited 2020
Suspensi Depan Solid axle, link coil, leading arms, track bar, coil springs, stabilizer bar
Suspensi Belakang Solid axle, link coil, trailing arms, track bar, coil springs, stabilizer bar
Rem Depan/ Belakang Disc/ Disc
Pelek/Ban 17 inch with BF Goodrich berukuran LT255/75 33 inch (Rubicon), 18 inci Bridgestone Dueler H/T berprofil 255/70R18 (Sahara), 17 inci Bridgestone Dueler H/T berprofil 245/75R17 ( Sport)

Jeep Wrangler sendiri sudah hadir sejak tahun 1987 sebagai pengganti model CJ yang populer. Diproduksi oleh American Motors dan Chrysler Corporation, Wrangler didesain sebagai mobil off-road yang lebih nyaman untuk penggunaan harian, berbeda dari CJ-Series yang merupakan utilitarian murni.

Secara garis besar, desain Jeep Wrangler masih sangat identik dibanding CJ-Series pendahulunya. Namun dengan suspensi trackbar dan anti-roll bar yang membuatnya lebih aman dan nyaman saat diajak bermanuver.

Jeep Wrangler YJ

Wrangler YJ jadi suksesor CJ series yang ikonik

Popularitas Jeep Wrangler generasi pertama (YJ) cukup baik, dilanjutkan generasi kedua (TJ), yang dijual antara tahun 1997-2006. Di generasi ini Wrangler memperkenalkan varian long-wheelbase (LWB) empat pintu yang diberi nama Jeep Wrangler Unlimited pada tahun 2004.

Jeep Wrangler Unlimited hadir sebagai alternatif bagi mereka yang membutuhkan sebuah Wrangler dengan kapabilitas sebagai mobil keluarga. Dengan panjang lebih dari 4,500 mm, Wrangler LWB dapat mengakomodir dua baris tempat duduk dan kursi untuk lima orang.

Jeep Wrangler Unlimited JK

Wrangler Unlimited baru memulai debutnya di generasi JK

Setelah itu, Jeep Wrangler Unlimited tak pernah absen dari line-up Wrangler generasi setelahnya. Baik itu JK (2007-2018), dan model saat ini, JL yang juga dijual di Indonesia.

Masuk lewat PT HASCAR International Motor sebagai APM, Jeep Wrangler Unlimited JL hadir dalam tiga pilihan berbeda: Sport, Sahara, dan Rubicon. Lalu, bagaimana kapabilitas Wrangler Unlimited JL sebagai mobil 4x4 dan mobil keluarga? Simak reviewnya di Autofun.com

Eksterior

Dimulai dari eksterior, sepintas kita tidak menemukan ada perubahan signifikan dari Jeep Wrangler Unlimited JL dari model sebelumnya. Tapi jika mata Anda cukup jeli, ada beberapa perubahan yang membuat mobil sedikit lebih aerodinamis.

Berbeda dari model JK yang dibuat lurus, Jeep Wrangler Unlimited JL ada sedikit lekukan di bagian atas grilnya, kaca depannya juga lebih rebah sekitar empat derajat dibanding sebelumnya. Ya, tidak menurunkan koefisien drag mobil jadi sangat rendah, tapi hal ini sudah dirasa cukup.

Jeep Wrangler Unlimited Rubicon front

Tampilan Wrangler Unlimited JL sedikit lebih aerodinamis

Beralih ke model styling, aura khas Wrangler masih dipertahankan di sini. Namun, aura modern dihadirkan lewat teknologi terkini semisal lampu yang semuanya sudah memakai LED, baik itu lampu depan dengan desain timeless, dan lampu DRL tipis di fender.

Beralih ke samping, ada sedikit perbedaan antara Jeep Rubicon dan dua varian lainnya. Khusus varian Jeep Rubicon, tampilannya lebih agresif dengan ban Mud Terrarin (MT) BF Goodrich berukuran 33 inci yang sudah siap dipakai off-road.

Alhasil, peletakan fender khusus Jeep Wrangler Unlimited Rubicon Indonesia lebih tinggi dibandingkan dua varian lainnya, yang tampak lebih ‘sopan’ dan lebih nyaman untuk penggunaan sehari-hari. Pilihan finishing fender Rubicon juga lebih ekslusif, di mana varian tertinggi itu memiliki pilihan fender hitam plastik yang semakin menegaskan aura off-road khas Jeep Wrangler.

Jeep Wrangler Unlimited Rubicon samping

Dari ketiga varian, cuma Rubicon yang mendapat ban off-road

Untuk profil pelek, Rubicon dan Sport sama-sama menggunakan pelek 17 inci. Sementara itu, varian tengah Sahara jadi yang paling besar dengan penggunaan pelek 18 inci, meski cuma dibekali ban All-Terain (AT) dengan profil 255/70R18.

Pindah ke belakang, kesan modern langsung terlihat dengan penggunaan lampu belakang LED yang lebih besar dibandingkan generasi JK. Selain itu, semua varian Jeep Wrangler Unlimited 2020 memakai ban serep di luar, atau model konde, khas Wrangler dengan aplikasi tire hanger.

Jeep Wrangler Unlimited Rubicon belakang

Tampilan belakang lebih modern dengan lampu LED model baru

Pintu bagasinya menganut kontruksi two-piece, yang berarti proses buka tutupnya sedikit berbeda. Sebagai contoh di Wrangler Unlimited JK cara membuka bagasi pertama-tama harus membuka tire hanger, dilanjutkan pintu bagian bawah lalu pintu utamanya.

Interior

Masuk ke dalam, desain interior masih menganut ciri khas Jeep Wrangler dengan model dasbor yang cenderung rata dan tinggi. Namun, aura untuk model Jeep Rubicon interiornya terasa lebih sporty dengan panel dasbor sewarna body dengan tambahan aksen alumunium, sedangkan Sahara dan Sport lebih kalem dengan perpaduan kulit dengan aksen jahitan berwarna putih.

Interior Wrangler Unlimited Rubicon

Varian Rubicon punya head unit lebih besar, meski fiturnya sama saja

Layoutnya tidak berubah banyak, namun kini mengakomodir head unit berukuran lebih besar. Untuk varian Jeep Wrangler Sahara dan Sport memakai layar berukuran 7 inci yang telah Support Uconnect 4 dengan Bluetooth serta integrasi smartphone Apple CarPlay dan Android Auto. Sementara di Rubicon layarnya sedikit lebih besar, 8,4 inci namun dengan fitur sama. Kualitas audio mobil ini juga jempolan dengan instalasi delapan buah speaker di dalam kabin.

Baris kedua Wrangler Unlimited Rubicon

Pintu kedua membuat akses ke kursi belakang jauh lebih mudah

Seperti mobil 4x4 kebanyakan, Jeep Wrangler terkenal dengan posisi duduk yang cukup tinggi dan cenderung tegak. Namun, penggunaan jok dengan busa yang cukup tebal membuatnya cukup nyaman untuk perjalann jauh.

Berbeda dari Wrangler standar yang pintunya hanya dua buah, Wrangler Unlimited punya akses ke belakang yang lebih leluasa dengan tambahan dua pintu di belakang, wheelbase yang lebih panjang juga memberikan ruang kaki yang lebih baik.

Bagasi Wrangler Unlimited JL

Kabin yang lebih panjang juga membuat kapasitas kargo Wrangler Ultimate lebih besar

Hal ini juga berdampak pada kapasitas kargo mobil, yang standarnya berada di 533 L, dan bisa ditingkatkan lagi sampai 1.044 L dengan bangku baris kedua dilipat.

Fitur Keselamatan

Untuk fitur keamanan, Jeep Wrangler Unlimited telah mendapat dual-SRS Airbag di depan dan side airbag. Selain itu, fitur keselamatan lain seperti Anti-lock Braking System, Traction Control, Hill-start Assist, dan Vehicle Stability Control juga tak lupa disematkan.

Kamera parkir Jeep Wrangler

Kamera parkirnya menyatu dengan tire hanger

Untuk kemudahan berkendara, Wrangler Unlimited juga sudah memiliki kamera mundur dengan sensor Sonar, dan Blind Spot Monitoring dan Rear-cross Path Detection (RCDP) yang memberi peringatan perihal kondisi di sekitar saat berjalan.

Rangka mobil juga diperkuat dengan sport bar yang diberi finishing sewarna body, dan memiliki sifat sama seperti roll-bar, yakni menjaga kabin mobil tetap utuh saat terguling.

Mesin

Jeep Wrangler Ultimate 2020 dibekali mesin 2.0L inline-4 turbo, yang menghasilkan tenaga 274 Ps di putaran mesin 5.250 rpm dan torsi puncak 400 Nm di 3.000 rpm. Mesin ini dihubungkan ke sistem penggerak full-time four-wheel drive (4WD) melalui transmisi otomatis delapan percepatan.

Mesin Jeep Wrangler JL

Wrangler JL dilengkapi mesin mild-hybrid

Oiya, powertrain racikan Fiat Chrysler ini juga dilengkapi teknologi mild hybrid dengan hadirnya motor listrik yang tersambung lewat belt dengan pengisiannya memakai regenerative brake, yang terjadi saat mobil mengerem.

Fungsinya tidak cuma mematikan mesin utama untuk beberapa waktu (fitur start/stop), namun dilengkapi juga Electronic Power Assist atau eTorque untuk tarikan awal saat off-road atau on-road.

Performa dan Handling

Performa powetrain mild-hybrid berkubikasi 1.998 cc bisa dibilang cukupan, dengan akselerasi 0-100 km/jam tuntas dalam waktu 7,6 detik dengan kecepatan maksimal berada di 180 km/jam.

Jeep Wrangler Unlimited Off-roading

Meski bodynya lebih panjang, performa off-road Wrangler Ultimate tetap impresif

Saat Anda membeli sebuah Jeep Wrangler, tentu kapabilitas off-road jadi salah satu faktor utamanya. Tenang, Anda tidak salah pilih, meski lebih panjangi, namun kapabilitas off-roadnya Wrangler Unlimited tak bisa diremehkan.

Anda mendapatkan mobil dengan sistem penggerak 4WD full-time, untuk varian Sahara dan Sport memakai model Selec-Trac, dan Rubicon pakai model Rock-Trac yang punya distribusi tenaga berimbang ke as depan dan belakang.

Jeep Wrangler Off-road mode

Varian Rubicon punya spesifikasi lebih gahar untuk off-road ekstrim

Jika Anda membutuhkan kemampuan off-road maksimal, kami sarankan untuk memilih varian Rubicon yang dilengkapi gardan depan-belakang DANA 44 dikombinasikan differential lock di gardan depan, serta transfer case dan gardan belakang yang bisa mengunci penyaluran tenaga ke salah satu sumbu, atau berimbang 50:50.

Jika Anda tidak akan melakukan off-road ke medan yang sangat ekstrim, maka kami sarankan untuk mengambil model Sahara atau Sport yang jauh lebih manusiawi dan lebih nyaman untuk penggunaan sehari-hari.

Konsumsi BBM

Dibandingkan generasi JK, Jeep Wrangler Unlimited JL punya konsumsi bensin yang jauh lebih hemat. Berbekal mesin lebih kecil dan teknologi mild-hybrid, mobil ini mencatatkan konsumsi bensin 9 km/L untuk pemakaian dalam kota, dan 10 km/L untuk penggunaan luar kota.

Video

Kesimpulan

Anda pecinta Jeep Wrangler dan menginginkan sebuah mobil off-road legendaris namun dengan pertimbangan mobil tersebut harus bisa jadi mobil keluarga juga? Wrangler Unlimited adalah solusi untuk Anda.

Jeep Wrangler Ultimate emblem

Jeep Wrangler Ultimate bisa jadi pilihan mobil 4x4 untuk keluarga

Oke, mobil ini memang lebih panjang dibandingkan Wrangler standar. Tapi tetap saja, mau bagaimana juga ini adalah sebuah Jeep Wrangler, mobil dengan reputasi off-road yang sudah mengakar, dan tetap dijaga sampai saat ini.

Apakah lebih baik langsung ambil Jeep Wrangler Unlimited Rubicon? Eits, tidak juga. Jika Anda merasa tidak butuh-butuh amat performa off-road ekstrim, kami rasa varian Jeep Wrangler Sahara atau Sport sudah sangat cukup. Selain lebih murah, dua model ini juga lebih nyaman dipakai untuk penggunaan sehari-hari.

Derry

Sangat terobsesi dengan motorsport, penyuka mobil performa tinggi, khususnya dari Jerman.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Jeep Wrangler Unlimited Sport 4x4

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil