Review Nissan ‘Terra’ bukan ‘Teri’ Indonesia

Rezky Yusuf · 25 Feb 2020 12:00

Setelah vakum beberapa tahun, Nissan kembali dengan meluncurkan City Car Nissan Terra.

Peluncuran Nissan Terra Indonesia dilakukan di GIIAS yang ke 26. Dikhususkan untuk pasar Asia Tenggara, Terra diproduksi di Thailand yang merupakan pusat produksi Nissan.

Nissan Terra merupakan versi SUV dari Nissan Navara yang merupakan pickup double cabin andalan Nissan.

Mobil SUV merek lain misalnya Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero, Isuzu MU-X, dan lain-lain. Mobil SUV ini telah muncul beberapa tahun lalu, sehingga kemunculan Nissan Terra terbilang terlambat.

Nama Nissan Terra berasal dari bahasa Latin yang artinya ‘Bumi’. Nama Terra ini mengingatkan kita pada mobil SUV Nissan yang sukses di Indonesia, yakni Nissan Terrano. Mungkin Nissan Terra dilahirkan dengan bobot dan bodi yang lebih besar daripada Nissan Terrano. 

Nissan Terra merupakan mobil SUV terbaik karena dibuat berdasarkan pengalaman Nissan selama 60 tahun, sehingga mobil ini lebih unggul dibandingkan dengan SUV merek lainnya. 

Melalui Terra, Nissan berusaha memenuhi permintaan pasar, khususnya Asia Tenggara yang mulai tertarik dengan mobil bertipe SUV berukuran menengah dan mobil baru lain pada umumnya.

Dengan desainnya yang tangguh dan praktis, Nissan Terra dapat diandalkan sebagai penggunaan sehari-hari dan juga buat yang ingin berpetualang. 

Karena mobil Nissan Terra memiliki ground clearance tinggi, sehingga mobil ini cocok untuk jalanan Indonesia yang kondisinya cukup ribet. Apalagi infrastruktur Indonesia yang banyak membuka jalan raya baru dan menghubungkan antar kota maupun daerah. 

Harga Nissan Terra 2020 adalah berkisar dari Rp 478 juta hingga Rp 680 jutaan.  

Bagaimana Speksifikasi Nissan Terra 2020?

Eksterior

Nissan Terra dengan desain SUV ikonik membuat setiap titik eksteriornya terkesan tangguh. Pada bagian depannya terdapat lampu menyimpit yang menjadi ciri khas mobil ini. 

Adjustable Headlight mobil Nissan Terra sudah dibekali dengan teknologi DRL dan juga lampu kabut.  Hal ini mencukupi kebutuhan cahaya di malam hari. 

Bagian samping mobil ini memiliki flared fender dengan lekukan yang halus di bagian bodinya yang memberi kesan tegas pada pegangan pintunya yang elegan.

Salah satu nilai plus untuk mobil ini adalah Velg Alloy sporty yang memberikan kesan atraktif dan juga aktif.

Pada bagian tersebut telah dilengkapi stoplamp modern dengan teknologi LED.

Pada bagian kaca belakang terdapat wiper dan spoiler. Hal ini menambah kesan tegas pada mobil ini.

Interior

Nissan Terra interiornya telah didesain dengan ruang kabin yang luas. Sebagai SUV premium, Nissan Terra mampu memuat hingga 7 orang penumpang yang meningkatkan kenyamanan penumpang. 

Selain itu, penumpang juga dimanjakan dengan dashboard bagian depan yang telah dibekali dengan fitur canggih. 

Fitur layar yang tersedia pada mobil ini telah lengkap, seperti DVD Player, HDMI, Radio AM/FM, MP3, remote control dan sistem navigasi dengan adanya fitur konektivitas.

 AC mobil ini telah dilengkapi dengan Dual Zone Automatic Temperature yang membuat kesejukan yang baik bagi penumpangnya.

Lingkar setir telah berlapis kulit yang dilengkapi dengan tombol multifungsi untuk hiburan penumpang. Bagi yang mudah menghabiskan baterai, tenang saja. 

Nissan Terra telah dilengkapi dengan stop kontak 12 volt. Instrumen indikator Nissan Terra yang telah dilengkapi teknologi Nissan Intelligent Mobility yang canggih dan terlihat sangat elegan.

Dengan sistem Advance Drive-Assist Display pada Nissan Terra mempermudah penumpang mengetahui keadaan mobil secara keseluruhan pada saat menjalankan mobil. Misal seperti Driving Aids, tekanan ban dan Inclinometer yang digunakan untuk memastikan seberapa ekstrim sudut jalan yang dilewati.

Nissan Terra menampilkan informasi seputar tachometer, jam digital, odometer, tripmeter hingga indikator untuk bahan bakar pada panel indikator. Di samping itu juga terdapat indikator penunjuk kecepatan laju mobil.

Keamanan dan Keselamatan

Berikut fitur Keamanan dan Keselamatan dari Nissan Terra.

Airbag Penumpang Depan

Airbag Samping Depan

Kantong Udara Pengemudi

Child Safety Locks

Anti Lock Braking System

Brake Assist

EBD (Electronic Brake Distribution)

Vehicle Stability Control System

Sabuk Pengaman Belakang

Pengingat Pemakaian Sabuk Pengaman

Crash Sensor 

Engine Check Warning

Pelindung Benturan Depan

Pelindung Benturan Samping

Pengingat Pintu Terbuka

Apa Tanggapan Pengemudi Nissan Terra?

Saya tidak menyesal pilih Nissan Terra daripada Fortuner ataupun Pajero Sport pada tahun 2020. Kelebihan dari mobil Nissan Terra tak kalah banyak dari mobil lain. 

Yang saya paling suka dari mobil ini adalah power mesin turbo dieselnya. Mobil ini kencang dan enak banget untuk nyalip mobil-mobil lain di jalanan. 

Memang dengan mesin diesel, Nissan Terra mampu mengalahkan bensin. Fitur Nissan Terra juga sudah lebih banyak. 

Saya memilih Nissan Terra tipe VL yang termahal dengan kelebihannya yang lebih banyak dibandingkan dengan Fortuner

Harganya lebih murah, pastinya dengan diskon yang besar tentunya. Kelemahan dari mobil ini hanya pada kabinnya yang sempit karena di baris ketiga hanya cocok diduduki oleh anak usia remaja saja. Baris kedua mobil ini masih lumayan. 

Lantainya yang terlalu tinggi membuat saya merasa sepertinya tidak banyak berbeda dari Fortuner maupun Pajero Sport. 

Ketiganya sama-sama merupakan tipikal SUV ladder frame, tetapi Nissan Terra tetap stabil kok saat dipakai untuk ngebut.

Komentar

Mobil Terbaru