window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Review Nissan Livina: Bukan Sekadar Kembaran Xpander

Alex · 17 Jul, 2020 08:00

Review Nissan Livina: Bukan Sekadar Kembaran Xpander 01

Nissan Livina merupakan satu di antara banyak Low MPV yang bersaing merebut hati konsumen Indonesia. Mobil yang bermodalkan dapur pacu 1.500 cc ini dijual dalam lima varian. Harga Nissan Livina termurah dipatok dengan biaya di angka Rp 208.300.000 on the road Jakarta.

Bicara sejarahnya, Livina baru sebenarnya sempat sangat lama eksis dengan generasi pertama hingga akhirnya pada tahun 2019 generasi keduanya muncul. Pada Livina baru generasi kedua yang dijual sampai sekarang ini merupakan hasil sharing platform dengan Mitsubishi Xpander.

Mulai dari chassis sampai mesinnya tak ada beda dengan LMPV Mitsubishi itu. Dalam generasi kedua yang usianya masih sangat muda belum pernah mendapati penyegaran ringan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Review Nissan Livina: Bukan Sekadar Kembaran Xpander 01

Mesin yang diusung Livina sendiri berkapasitas bersih 1.499 cc dan menganut penggerak depan alias front wheel drive (FWD). Tenaga yang bisa dirahnya mencapai 102 Hp dengan torsi menyentuh 141 Nm.

Untuk mengetahui LMPV Nissan generasi kedua ini lebih dalam, simak pembahasannya berikut ini.

Eksterior

Secara sekilas, mobil bernama lengkap Nissan All New Livina yang merupakan mobil Nissan terbaru ini memang sangat mirip Xpander. Terutama jika dipandang sekilas dari bagian samping, desainnya nyaris tak bisa dibedakan.

Anda baru akan mengetahui perbedaannya di bagian depan dan belakang. Di bagian depan Nissan Indonesia menyematkan identitas brand dengan penggunaan desain grill V Motion.

Review Nissan Livina: Bukan Sekadar Kembaran Xpander 02

Di bagian belakang juga berbeda dengan Xpander, bahkan lebih keren. Hal itu berkat adanya ornamen semacem skid plate di bumper bawah.

Untuk sistem penerangan juga bisa dibilang Nissan Livina baru mampu memudahkan pandangan pengemudi dengan sangat baik walau lampu utama masih pakai halogen. Nyaris seluruh varian Livina pun sudah mendapat lampu kabut.

Enaknya, pengaturan pada kaca spion bisa dilakukan secara elektrik. Fitur ini hadir dari Nissan All New& Livina varian paling murah hingga termahal. Namun untuk fitur pelipatan spion secara otomatis hanya dimiliki Nissan Livina varian VE dan VL.

Dua varian teratas itupun juga menggunakan ban dengan lingkar sedikit lebih besar, yakni 16 inci. Varian lainnya menggunakan ban berdiameter 15 inci.

Interior

Untuk isi kabin sebenarnya juga mirip dengan sang kembarannya, Xpander. Namun pada Nissan Livina nuansa cenderung sporty terpancar di interior karena dominasi warna gelap. Namun masih ada nuansa elegan dari sejumlah panel yang berwarna piano black.

Review Nissan Livina: Bukan Sekadar Kembaran Xpander 03

Anda juga akan mendapat bahan kulit sebagai pembungkus interior jika membeli Nissan Livina varian VL AT. Bagaimana dengan varian selain itu? Pembungkus interiornya masih menggunakan bahan fabric.

Untuk menyesuaikan posisi mengemudi sesuai postur tiap driver, kemudi Livina enaknya sudah tersedia pengaturan tilt dan telescopic. Tersedia pula Driver Seat Height Adjuster namun lagi-lagi hanya untuk Nissan Livina baru varian VL AT.

Fitur Safety

Hal yang menarik disoroti pada New Nissan Livina generasi kedua ini selain hasil dari sharing platform dengan Xpander adalah fitur safety-nya. Sebagai mobil LMPV, sebenarnya penunjang keselamatannya harus diacungi jempol.

Untuk dua airbag untuk penumpang depan memanglah biasa saja. Pretensioner dan Force Limiter pada sabuk pengamannya pun juga tergolong hal biasa. Yang membuat Livina perlu diapresiasi adalah kehadiran fitur Vehicle Dynamic Control, Traction Control System dan Hill Start Assist. Cukup jarang LMPV memiliki fitur safety tersebut.

Review Nissan Livina: Bukan Sekadar Kembaran Xpander 04

Bahkan Nissan juga memberikan Parking Sensor lengkap dengan Rear View Camera. Namun fitur-fitur itu semua hanya bisa didapat jika Anda memilih Livina VL AT sebagai varian termahal.

Sebagai fitur safety dan keamanan yang dimiliki semua varian, Nissan memberikan immobilizer dan Auto Hazard Light on Emergency Braking dan rem dengan ABS plus EBD.

Kesimpulan

Rasanya salah besar jika menyebut New Nissan Livina hanya murni kembaran Mitsubishi Xpander. Di generasi kedua ini Livina seolah melanjutkan image-nya sebagai LMPV yang cenderung lebih mewah di antara musuh-musuhnya.

Apalagi dalam urusan keselamatan, mobil ini tak bisa dipandang sebelah mata berkat berbagai safety features dengan teknologi terkini. Namun memang, untuk mendapati tingkat keselamatan itu Anda harus memilih Livina varian termahal.

Alex

Seorang mantan product planner and researcher, sangat menyukai data dan semua yang berbau kutu buku. Mobil-mobil favoritnya adalah mobil analog dengan enam silinder

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Nissan Livina E MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil