window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Review Renault Triber 2020: MPV Kompak Paling Menggiurkan

Bent Aulia · 6 Agu, 2020 19:00

Review Renault Triber 2020: MPV Kompak Paling Menggiurkan 01

Renault Indonesia memperkenalkan model terbaru Renault Triber pada 2019 silam. Berjaya di India, Triber diharapkan menjadi jualan terlaris pabrikan asal Prancis dengan menghadirkan beragam fitur baru dan keparktisan tingkat tinggi sebagai Low MPV untuk keluarga Indonesia.

Harga

Mobil Renault Triber telah diluncurkan dari tahun 2019. Harga Renault Triber 2019 di saat itu adalah Rp 133 juta untuk Renault Triber RXE MT sebagai varian termurahnya dan Rp 179,9 juta untuk Triber RXZ sebagai varian tertingginya.

Model Harga
Renault Triber RXE MT Rp133.000.000
Renault Triber RXT AT Rp164.000.000
Renault Triber RXL MT Rp166.900.000
Renault Triber RXZ AT Rp169.900.000
Renault Triber RXT MT Rp172.900.000
Renault Triber RXZ MT Rp179.900.000

Spesifikasi

Mesin
Tipe Mesin BR10 1.0 3-silinder DOHC VVT
Kapasitas Silinder 999 cc
Tenaga Maksimal 72 PS @ 6.250 rpm
Torsi Maksimal 96 Nm @ 3.500 rpm
Transmisi 5-percepatan manual dan 5-percepatan AMT (Automatic Manual Transmission)
Sistem Penggerak Front-wheel drive
Dimensi
P x L x T 3.990 x 1.739 x 1.643 mm
Wheelbase 2.636 mm
Ground Clearance 182 mm
Kaki-Kaki dan Suspensi
Suspensi Depan MacPherson Strut
Suspensi Belakang Torsion Axle Beam
Rem Depan Disc
Rem Belakang Drum
Ukuran Ban 185/65 R15
Velg 15 inci alloy

Sejarah

Renault Triber 2020 yang dibawa ke Indonesia merupakan produk asli Renault yang dikembangkan untuk pasar India. Memiliki pangsa pasar yang kurang lebih sama, Renault pun mengklaim Triber cocok untuk pengendaraan di Indonesia.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Review Renault Triber 2020: MPV Kompak Paling Menggiurkan 01

Di India saja, popularitasnya tak terbendung. Sebanyak 10.000 Renault Triber dikirim ke konsumen hanya 2 bulan sejak diperkenalkan pertama kali pada Juli 2019 silam. Bahkan hingga akhir tahun 2019, penjualannya menembus 18.000 dan mengalahkan Renault Kwid sebagai model terlaris Renault di negeri Bollywood tersebut.

Renault Triber memang dikembangkan dari Renault Kwid menggunakan platform CMF-A milik Renault dan Nissan. Pengembangannya dipimpin oleh Laurens van den Acker, Kepala Desain Renault Groupe yang menyebutkan desain Triber layaknya ‘seperti Leonardo da Vinci’.

Review Renault Triber 2020: MPV Kompak Paling Menggiurkan 02

Dimensinya yang kompak, tak lebih dari 4 meter, dijejali konfigurasi 7 tempat duduk kesukaan konsumen Indonesia. Triber juga tak terlalu lebar sehingga membuatnya cocok digunakan sebagai kendaraan perkotaan.

Renaulut Triber 2019 sudah mulai dipasarkan di Indonesia sejak diperkenalkan pada Gaikindo Indonesia International Auto Show 2019. Debut pertamanya bahkan menghasilkan pemesanan lebih dari 1.000 unit. Pengiriman dilakukan sejak Maret 2020, namun mendapatkan keterlambatan akibat imbas dari Covid-19.

Review Renault Triber 2020: MPV Kompak Paling Menggiurkan 03

Ketika diperkenalkan, harga Renault Triber 2019 kala itu membuatnya menjadi salah satu model paling menggiurkan. Bagi sebelum melihat lebih jelas ketangguhannya di jalanan, cek terlebih dahulu review Renault Triber terbaru di bawah ini.

Eksterior

Berbeda dengan MPV lainnya yang dipasarkan di Indonesia, Triber menawarkan kesan yang sporty dengan bahasa desian khas Eropa. Dengan platform yang sama, eksteriornya memang dibuat sedikit mirip dengan Renault Kwid.

Review Renault Triber 2020: MPV Kompak Paling Menggiurkan 04

Tampilan depannya dibuat sangar dan sporty untuk memikat konsumen Tanah Air. Terlihat grille depan yang tak terlalu besar dihiasi logo Renault serta aksen chrome yang membuatnya terasa mewah layaknya mobil Eropa lainnya.

Lampu dengan yang memanjang dan berbentuk sipit sudah menggunakan lensa proyektor. Meski belum tanpa lampu HID atau LED, namun cukup baik dalam menemani ketika berkendara di malam hari. Di bawah, terdapat strip LED tipis untuk Daytime Running Lamp.

Review Renault Triber 2020: MPV Kompak Paling Menggiurkan 05

Pada sisi samping terdapat side moulding yang lebar mempertegas kesan sporty pada mobil ini. Ditambah dengan ground clearance yang cukup tinggi dibanding MPV lain di segmennya, yaitu 182 mm. Triber terkesan aman digunakan di jalanan bergelombang.

Review Renault Triber 2020: MPV Kompak Paling Menggiurkan 06

Dibekali velg 15 inci, desain kaca yang ramping serta siluet yang mungil membuat tampilannya terasa menarik untuk Low MPV. Tak perlu ragu dengan kepraktisannya, Renault Triber 2019 dibekali roof rail yang mampu mengangkut beban 50 kilogram di atas atap.

Review Renault Triber 2020: MPV Kompak Paling Menggiurkan 07

Overhang belakang terlihat pendek. Membuatnya terasa lebih kompak dan enak dibawa bermanuver di jalanan perkotaan. Lampu belakang yang tipis disandingkan dengan skid plate berwarna doff grey melengkapi kesan kokoh Triber di belakang.

Interior

Berbeda dengan model Renault lainnya yang menawarkan rasa berkendara yang mewah dan premium, interior Renault Triber 2019 terlihat lebih sederhana. Terlihat dari material plastik keras yang menghiasi dashboard serta setir tanpa tombol pengaturan.

Review Renault Triber 2020: MPV Kompak Paling Menggiurkan 08

Kesan canggih terasa pada layar sentuh 8 inci yang cukup menarik perhatian di dalam kabin. Menariknya head unit sudah dilengkapi dengan kompatibilitas Apple CarPlay dan Android Auto. Pengaturan AC bisa dilakukan pada kontrol HVAC yang terletak di bawah layar.

Review Renault Triber 2020: MPV Kompak Paling Menggiurkan 09

Tidak ada setir berlapis kulit. Hanya ada setir polos berbahan plastik keras dengan sedikit aksen chrome dan logo Renault mempercantik tampilannya. Namun hal ini sangat berguna untuk mengurangi ongkos produksi serta menekan biaya jual mobil ini.

Review Renault Triber 2020: MPV Kompak Paling Menggiurkan 10

Di dalam, Renault Triber 2019 sudah dilengkapi berbagai fitur canggih yang tidak bisa ditemukan pada pesaingnya. Dengan harga yang ditawarkan, pengemudi sudah mendapatkan konsol tengah dengan pendingin yang bisa digunakan untuk menyimpanan minuman maupun kendaraan sepanjang perjalanan.

Review Renault Triber 2020: MPV Kompak Paling Menggiurkan 11

Selain itu, Triber juga menjadi mobil pertama di kelasnya yang sudah menggunakan kluster instrument LED. Membuat tampilannya terasa lebih futuristik. Selanjutnya ada twin-AC yang terdapat pada baris kedua dan baris ketiga.

Review Renault Triber 2020: MPV Kompak Paling Menggiurkan 12

Triber tersedia dengan konfigurasi 5 kursi, 6 kursi, dan 7 kursi. Kepraktisannya terlihat dari kursi baris kedua yang bisa digeser, direbahkan, hingga dilipat ke depan. Kursi baris ketiga bahka bisa dilepas. Renault menyebutkan ada 100 konfigurasi kursi yang bisa digunakan pada Triber.

Review Renault Triber 2020: MPV Kompak Paling Menggiurkan 13

Dengan tiga pilihan konfigurasi kursi yang diberikan, kapasitas bagasi pun terbagi tiga. Pengaturan 7 kursi menyisakan ruang bagasi 84 liter, dan 320 liter untuk Triber 6 kursi. Catatan tersebut belum dihitung pada saat kursi baris ketiga dilipat. Sedangkan Triber 5 kursi memiliki kapasitas bagasi 625 liter.

Fitur keselamatan

Namun dari segi keselamatan, Triber terlihat menawarkan teknologi yang cukup minimalis. Renault Triber RXZ sebagai varian tertinggi menawarkan empat airbag yang menutupi bagian depan dan samping guna melindungi pengemudi dan penumpang depan ketika terjadi kecelakaan.

Review Renault Triber 2020: MPV Kompak Paling Menggiurkan 14

Penghuni baris kedua dan ketiga dari varian yang lebih rendah memang belum mendapatkan airbag. Tapi setiap bangku mendapatkan sabuk pengaman tiga titik lengkap dengan pretensioner. Selain untuk kenyamanan, head rest berguna untuk menjaga kepala ketika terjadi benturan.

Review Renault Triber 2020: MPV Kompak Paling Menggiurkan 15

Untuk membantu pengemudi selama berkendara dan memarkirkan kendaraannya, Renault menyematkan fitur kamera parkir belakang. Sayangnya belum ada sistem atau teknologi keselamatan aktif lanjutan yang diberikan pada model murah Renault ini.

Mesin

Tak hanya dari segi fitur di dalam kabin saja, namun Triber Renault Indonesia dibangun dari platform baru dengan konsep Energy Engine. Membuatnya memiliki kinerja yang lebih baik dan lebih nyaman ketika diajak berkendara dibandingkan pesaingnya di segmen yang sama.

Review Renault Triber 2020: MPV Kompak Paling Menggiurkan 16

Dibawa ke Indonesia, Triber masih mengenakan mesin bensin 1.0L 3-silinder yang sama dengan yang digunakan di India. Tenaga yang dihasilkan memang tak begitu besar, hanya 72 PS pada putaran 6.250 rpm dan torsi 96 Nm pada 3.500 rpm.

Review Renault Triber 2020: MPV Kompak Paling Menggiurkan 17

Tenaga disalurkan ke roda depan melalui pilihan transmisi 5-percepatan manual dan 5-percepatan AMT (Automatic Manual Transmission). Transmisi AMT otomatis dipadukan dengan perpindahan gigi secara manual akan meningkatkan rasa berkendara di dalam mobil.

Performa & Handling

Mesin yang digunakan pada Triber sudah lebih dulu menjadi jantung Clio dan Dacia Sandero yang dipasarkan di Eropa dan Amerika Selatan. Bedanya terdapat pada sistem VVT ganda yang membuat mesin Triber menjadi lebih responsif.

Review Renault Triber 2020: MPV Kompak Paling Menggiurkan 18

Mesin bensin yang digunakan cukup baik ketika diajak berkendara. Namun masalah utama mesin 3-silinder yaitu getaran mesin yang cukup berisik. Meski masalah ini tak terlalu mengganggu dengan peredaman kabin yang cukup baik dari Triber.

Ketika mulai melaju dalam putaran bawah, penyaluran tenaga Triber terasa kurang menggigit. Tapi ketika sudah melewati 3.000 rpm, akselerasi cukup positif. Meski pengemudi baru sepertinya perlu membiasakan diri dengan persneling AMT yang cukup membingungkan.

Review Renault Triber 2020: MPV Kompak Paling Menggiurkan 19

Akselerasi memang bukan daya tarik mobil ini. Begitu pula pijakan pada pedal kopling bisa dibilang cukup berat. Namun bantingan suspensi Triber cukup baik. Tidak terlalu empuk namun masih nyaman untuk dikendarai dan pada saat digunakan bermanuver.

Konsumsi BBM

Tak ada yang perlu diragukan dari mesin 3-siilnder. Meskipun memiliki getaran yang lebih tinggi dibandingkan mesin 4-silinder, konfigurasi 3-silinder dan 12 katup mampu menghadirkan konsumsi bbm yang cukup efisien.

Review Renault Triber 2020: MPV Kompak Paling Menggiurkan 20

Karena menggunakan spesifikasi dari India, maka mesin dan konfigurasi teknisnya hampir sama ketika dibawa ke Indonesia. Dalam pengujian yang dilakukan media India, Triber mampu menempuh hingga 20 kilometer dalam 1 liter bahan bakar. Cukup hemat bagi sebuah Low MPV.

Review Renault Triber 2020: MPV Kompak Paling Menggiurkan 21

Meskipun Triber tidak diklasifikasikan sebagai mobil Low Cost Green Car (LCGC), tapi MPV teranyar Renault ini bersaing dengan LCGC Tanah Air dalam hal harga yang ditawarkan. Keunggulannya akan berkurang jika memiliki bahan bakar yang boros.

Video

Sebelum di Indonesia, Triber sudah lebih dulu dipasarkan di India hingga Afrika Selatan. Bagi yang ingin menyaksikan kehebatan mobil ini bisa melihat video Triber di bawah ini.

Kesimpulan

Dipasarkan bersamaan dengan Renault Kwid Indonesia, Triber memiliki harga paling terjangkau dari seluruh model Renault di Tanah Air. Belum lagi dengan berbagai fitur menarik dan kepraktisan yang membuatnya patut dipertimbangkan.

Sayangnya dari segi mesin, Triber belum bisa menemukan tajinya. Akselerasinya belum begitu baik ditambah dengan getaran yang menjadi kelemahan mesin 3-silinder. Begitu pula kabin dengan material plastik membuat interior terkesan biasa.

Tapi Triber menawarkan pendingin pada kabin yang tidak ditemukan pada pesaingnya di segmen yang sama. Harga Renault Triber Indonesia yang sangat terjangkau bisa menjadi pilihan mobil keluarga perkotaan dengan kepraktisan yang mengesankan.

Bent Aulia

Penyuka sejarah dan film, di belakang laptop sebagai penulis baru di ranah otomotif.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Renault Triber RXE MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil