Review Suzuki Baleno: Hatchback Compact Penuh Gaya

Suzuki Baleno merupakan salah satu model mobil yang mengisi segmen hatchback di Indonesia. Generasi terbaru dari mobil ini dipenuhi dengan berbagai fitur menarik dan teknologi termutakhir dari Suzuki.

Meskipun rupanya telah berubah dari sedan menjadi hatchback, tetapi Suzuki Baleno tetap memberikan kabin yang cukup luas bagi para konsumennya. Di segmen hatchback sendiri, Suzuki Baleno harus bersaing menghadapi Honda Jazz, Toyota Yaris, Kia Rio, serta Hyundai i20.

Lalu bagaimana rupanya Suzuki Baleno generasi terbaru ini? Daripada penasaran, langsung saja kita simak informasinya berikut ini.

Harga

Di Indonesia, Suzuki Baleno tersedia dalam dua varian, yakni Suzuki Baleno M/T dan Suzuki Baleno A/T. Untuk rincian harganya sendiri, mari kita lihat pada tabel berikut ini.

Varian Harga
Suzuki Baleno M/T Rp230.000.000
Suzuki Baleno A/T Rp242.500.000

Spesifikasi

Dimensi Suzuki Baleno
Panjang 3.995 mm
Lebar 1.745 mm
Tinggi 1.510 mm
Wheelbase 2.520 mm
Mesin Suzuki Baleno
Tipe Mesin K14B, DOHC, 4-silinder inline, 16 katup VVT
Kapasitas 1.373 cc
Power Output 90 HP @ 6.000
Torsi 130 Nm @ 4.200
Transmisi

Manual 5 percepatan

Otomatis 4 percepatan

Kapasitas Tangki 37
Bahan Bakar Bensin
Kaki-kaki Suzuki Baleno
Ukuran Ban 195/55 R16
Material Alloy Wheels

Beberapa tahun yang lalu, Suzuki Baleno memang lebih dikenal sebagai model mobil sedan. Tetapi kemudian pihak Suzuki membuat sebuah gebrakan dengan mengubah mobil ini menjadi mobil hatchback. Suzuki Baleno Hatchback pertama kali diperkenalkan dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) tahun 2017.

Hadirnya Suzuki Baleno dengan model hatchback ternyata mendapatkan respons yang cukup positif dari para pecinta mobil di Tanah Air. Desainnya yang semakin compact dan bergaya membuat mobil ini banyak memiliki peminat. Selain itu, mobil ini juga menawarkan berbagai fitur menarik yang belum pernah ditawarkan sebelumnya.

Eksterior

Bagian eksterior Suzuki Baleno menggunakan bahasa desain liquid flow yang mengalir dengan sentuhan elegan. Dengan desain ini, Suzuki Baleno berhasil tampil lebih mewah dan atraktif.

Platform Heartect yang digunakan membuat bobot Suzuki Baleno lebih ringan, tetapi tetap kokoh. Pada bagian depannya, Suzuki Baleno dilengkapi dengan lampu LED DRL (Daystime Running Light) untuk pemakaian siang hari. Lampu ini berukuran besar dengan tipe proyektor dan bohlam HID.

Pada bagian grille-nya disematkan logo Suzuki dan aksen warna chrome sehingga terlihat semakin menarik. Di bagian bawah bumper depan juga terdapat lampu kabut dan lips untuk menonjolkan kesan sporty.

Untuk bagian sampingnya, bisa dilihat Suzuki Baleno cukup rapi karena tidak memiliki garis yang terlalu tegas, hanya dilengkapi side skirt. Yang menarik, spion mobil ini disematkan pada pintu, bukan pada pilar. Selain meningkatkan sisi aerodinamis, hal ini juga dilakukan untuk meminimalkan suara angin berisik ketika berkendara di kecepatan tinggi.

Beralih ke bagian belakangnya, pada Suzuki Baleno disematkan lampu berukuran besar, serta wiper belakang untuk meningkatkan visibilitas saat terjadi hujan. Pintu belakangnya sendiri agak kecil, sehingga kapasitas bagasinya pun tidak terlalu besar.

Sebagai pilihan warnanya, Suzuki Baleno menawarkan enam warna berbeda. Keenam warna tersebut antara lain Solid Fire Red, Stargaze Blue, Pearl Midnight Black, Granite Gray Metallic, Metallic Premium Silver, dan Prime Arctic Blue.

Interior

Desain interior Suzuki Baleno sebenarnya cukup leluasa. Bagian interiornya terlihat sporty karena didominasi dengan warna hitam. Dashboardnya sendiri menggunakan desain yang agak kaku, tetapi dipercantik dengan aksen silver di bagian pengaturan AC dan juga panel bawah head unit. Panel instrumen yang tertata rapi membuat dashboard ini tampak semakin modern.

Untuk kapasitas penumpangnya sendiri, Suzuki Baleno bisa mengangkut hingga 5 orang penumpang. Kursi di barisan belakangnya juga bisa dilipat jika konsumen membutuhkan ruang bagasi yang lebih.

Suzuki Baleno memiliki leg room dan head room yang cukup leluasa, baik untuk bagian depan maupun bagian belakang. Joknya juga didesain sedemikian rupa demi kenyamanan penggunanya. Meskipun jok Suzuki Baleno ini belum menggunakan bahan kulit, tetapi bahan fabric yang digunakannya sudah cukup nyaman.

Tidak hanya itu, interior Suzuki Baleno ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur canggi, di antaranya audio steering switch di bagian setir, fitur start stop engine, dan juga fitur AC dengan penghangat ruang kabin.

Fitur

Untuk kemudahan penggunanya, Suzuki Baleno dilengkapi dengan fitur tombol push Start/Stop Engine untuk menyalakan dan mematikan mesinnya. Mobil hatchback ini juga memiliki fitur Keyless Entry yang memungkinkan pemilik kendaraan untuk tidak menggunakan kunci untuk masuk mobil atau menyalakan mesin kendaraan.

Suzuki Baleno memiliki fitur pengaturan Auto Climate A/C dengan pemanas, setir tilt & telescopic yang bisa disesuaikan ketinggiannya, dan dilengkapi dengan tombol switch audio control dan bluetooth phone connection.

Untuk fitur hiburannya sendiri, mobil ini memiliki perangkat audio 2DIN atau head unit double DIN dengan layar sentuh 7 inci yang mendukung berbagai format musik seperti MP3 dan CD player. Head unit ini juga mendukung konektivitas Eksternal Device Connectivity melalui AppleCar Play, Bluetooth, dan radio, serta mendukung sitem navigasi satelit dan live traffic updates.

Untuk fitur keselamatannya, Suzuki Baleno mengandalkan dual SRS Airbags untuk penumpang di baris depan. Ada pula fitur child safety lock untuk melindungi keamanan penumpang anak-anak. Keamanan ini ditunjang dengan fitur pengereman Anti lock Braking System (ABS) yag dipadukan dengan fitur Electronic Brakeforce Distribution (EBD, dan juga Brake Assist (BA) untuk mengoptimalkan pengereman.

Performa Berkendara

Suzuki Baleno mengandalkan suspensi MacPherson Strut with coil string di bagian depan dan suspensi Torsion Beam dengan coil spring di bagian belakangnya. Penggunaan suspensi ini dinilai bisa memberikan kenyamanan lebih ketika berkendara.

Sekarang kita beralih ke sektor jantung mekanisnya. Generasi terbaru dari Suzuki Baleno mengandalkan mesin K14B, DOHC, 4-silinder inline, 16 katup VVT dengan kapasitas mesin 1.373 cc atau setara dengan 1,3 liter. Tenaga yang dihasilkan mesin ini mencapai 90 HP pada putaran 6.000 rpm dan torsi mencapai 130 Nm pada putaran 4.200 rpm.

Tenaga yang dihasilkan oleh mesin Suzuki Baleno kemudian disalurkan ke penggerak roda depan melalui dua pilihan transmisi, yakni transmisi manual 5 percepatan dan transmisi otomatis 4 percepatan. Meskipun belum memiliki sistem transmisi CVT seperti kebanyakan mobil yang ada di pasaran saat ini, performa Suzuki Baleno cukup andal.

Tidak hanya cukup andal ketika berkendara dan memiliki lontaran tenaga yang cukup responsif, Suzuki Baleno juga memiliki satu keunggulan lainnya. Suzuki Baleno memang diketahui memiliki efisiensi bahan bakar yang cukup tinggi.

Dengan satu liter bensin, Suzuki Baleno dengan transmisi manual bisa menempuh jarak sejauh 22,17 km. Sedangkan untuk varian transmisi otomatisnya, Suzuki Baleno bisa menempuh jarak 20,65 km dengan satu liter bensinnya.

Angka konsumsi bahan bakar yang sangat hemat ini disebut menjadi salah satu keunggulan yang membuat Suzuki Baleno menjadi diminati. Tidak heran jika kemudan mobil ini dinilai cocok untuk digunakan di daerah perkotaan.

Video

Kesimpulan

Meskipun sudah sangat dikenal sebagai mobil sedan, nyatanya versi hatchback dari Suzuki Baleno ini tidak mengecewakan. Selain dibekali dengan berbagai fitur canggih, mobil ini juga memiliki desain yang atraktif dan sporty.

Selain itu, meskipun tenaga yang dihasilkannya tidak terlalu besar, tetapi Suzuki Baleno memiliki mesin yang cukup responsif. Dan yang paling penting, mobil ini sangat cocok digunakan sebagai alat transportasi harian, terlebih di daerah perkotaan karena memiliki efisiensi bahan bakar yang sangat baik.

↓ ↓ ↓ Ayok Para Miliuner, Sukai dan Bagikan!

Berita Terbaru

Perbandingan Kenyamanan Berkendara Suzuki Ertiga Vs Honda Mobilio, Mana Juaranya? Panduan Membeli
Perbandingan Kenyamanan Berkendara Suzuki Ertiga Vs Honda Mobilio, Mana Juaranya? Diproduksi sejak tahun 2012, Suzuki Ertiga adalah mobil berjenis Low MPV dengan 7 tempat duduk yang dirilis pada pertengahan Februari 2020 lalu. All New Suzuki Ertiga merupakan perpaduan MPV dan Sedan dengan platform Suzuki Swift generasi ketiga. Harga Suzuki Ertiga dibanderol mulai dari Rp 205 jutaan sampai Rp 249 jutaan. All New Suzuki Ertiga 2020 hadir dengan 5 tipe. Di kesempatan kali ini, perbandingan kenyamanan berkendara Suzuki Ertiga Vs Honda Mobilio. DAFTAR HARGA ALL NEW SUZUKI ERT
Review Wuling Confero - SEO Content Reviews
Review Wuling Confero - SEO Content Confero adalah produk pertama Wuling yang diluncurkan di Indonesia. Wuling Confero adalah hasil dari manifestasi nyata dari pengamatan suatu kebutuhan masyarakat untuk memperlancar mobilitas, dengan fitur dan teknologi dari suatu mobil keluarga. Sejalan dengan namanya yang diambil dari bahasa Latin yang berarti 'untuk bersatu', Confero adalah mobil terbaik untuk menyatukan keluarga.Wuling Confero tersedia dalam empat varian dengan mesin bensin 1.500 cc. Harga on the road Jakarta per Juli
Cermati Kelebihan dan Kekurangan Honda Civic Hatchback Sebelum Membeli Panduan Membeli
Cermati Kelebihan dan Kekurangan Honda Civic Hatchback Sebelum Membeli Honda Civic Hatchback saat diperkenalkan pada 2017 silam telah jadi bagian dari keluarga model Honda Civic yang legendaris di Indonesia. Sejarahnya model Civic sendiri telah dipasarkan di Indonesia sejak tahun 1976 dan saat ini terdiri dari sedan Honda Civic, Honda Civic Hatchback, dan Honda Civic Type R.Di tahun 2020 Honda Civic Hatchback di Indonesia mendapatkan penyegaran dan penambahan emblem RS. Diklaim pihak pabrikan, mobil ini jadi tahapan berikutnya para pemilik Honda Jazz yang ingin nai
Toyota Akan Launching Corolla Cross Hybrid di Indonesia Secara Online pada 6 Agustus Berita
Toyota Akan Launching Corolla Cross Hybrid di Indonesia Secara Online pada 6 Agustus Toyota Akan Launching Corolla Cross Hybrid di Indonesia Secara Online pada 6 AgustusBeberapa waktu lalu PT Toyota Astra Motor (TAM) dikabarkan akan meluncurkan Sport Utility Vehicle (SUV) Crossover terbarunya, All New Toyota Corolla Cross dengan mesin hybrid di Indonesia.Hal tersebut menyusul pengenalan secara global yang dilakukan Toyota di Thailand beberapa waktu lalu.Anton Jimmi Suwandy, selaku Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor pun mengiyakan kabar tersebut.Dan sekarang tanggal pasti k
Cegah Penumpukan Arus Balik Libur Idul Adha, Korlantas Berlakukan Contraflow Arah Jakarta Berita
Cegah Penumpukan Arus Balik Libur Idul Adha, Korlantas Berlakukan Contraflow Arah Jakarta Cegah Penumpukan Arus Balik, Korlantas Berlakukan Contraflow Arah Jakarta Korlantas Polri telah memprediksi puncak arus balik lebaran Idul Adha terjadi pada Minggu (2/8). Diperkirakan sekitar 300 ribu kendaraan akan menuju Jakarta dari arah Jawa Tengah.Kakorlantas Polri, Irjen Istiono menyebutkan, arus balik memasuki wilayah Jakarta dari dua jalur utama.“Arus balik diprediksi ada sekitar 160 ribu kendaraan yang kembali ke Jakarta melalui gerbang tol Cikatama dan 140 ribu melalui

Lebih

Rekomendasi Mobil

Terbaru Populer
MINI 3 Door
Rp 0,74 - 15,00 TBC Milyar
Dapatkan Harga Terbaik
Mitsubishi Pajero Sport
Rp 486,50 - 697,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
BMW 8 Series Coupe
Rp 2,41 TBC Milyar
Dapatkan Harga Terbaik
DFSK Glory i-Auto
Rp 329,70 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
BMW X3 M
RM 2,49 TBC Milyar
Dapatkan Harga Terbaik
BMW X4 M
RM 2,53 TBC Milyar
Dapatkan Harga Terbaik
Wuling Cortez
Rp 208,80 - 282,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Lexus LM
RM 239,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Lamborghini Huracan
Rp 8,90 TBC Milyar
Dapatkan Harga Terbaik
Audi Q3
RM 875,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
BMW 3 Series Touring
RM 1,46 TBC Milyar
Dapatkan Harga Terbaik
Suzuki Ignis
Rp 171,00 - 200,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
BMW X6
Rp 1,79 - 2,16 TBC Milyar
Dapatkan Harga Terbaik
Renault Kwid
Rp 134,00 - 149,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Mercedes-Benz GLS-Class
Rp 2,15 - 5,23 TBC Milyar
Dapatkan Harga Terbaik
MG ZS
RM 258,00 - 289,80 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Mazda CX 3
Rp 399,90 - 464,40 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Mazda CX 9
Rp 846,80 - 954,90 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Civic Hatchback
Rp 433,60 - 474,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Mazda CX 30
Rp 479,90 - 519,90 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
BMW M5
Rp 3,76 TBC Milyar
Dapatkan Harga Terbaik
Peugeot 5008
Rp 745,00 - 820,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Agya
Rp 138,20 - 158,60 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Peugeot 3008
Rp 690,00 - 730,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Mercedes-Benz A-Class Sedan
Rp 899,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Mazda CX 8
Rp 664,80 - 746,80 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Avanza
Rp 191,10 - 221,25 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Brio
Rp 147,00 - 199,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Kijang Innova
Rp 312,05 - 414,75 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Jazz
Rp 249,50 - 292,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Civic
Rp 527,90 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Agya
Rp 138,20 - 158,60 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Nissan Livina
Rp 205,30 - 269,10 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Mobilio
Rp 203,00 - 258,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik