Review Suzuki Jimny 2020: The Legend is Back!

Sebagai salah satu model yang cukup ikonik di Indonesia, jelas kehadiran Suzuki Jimny generasi keempat, yang debut global di Jepang pada 5 Juli 2018, sangat ditunggu. 

Suzuki pun bereaksi dengan membawa SUV mungilnya ke Indonesia pada Gaikindo indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, dan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019, sebelum akhirnya resmi launching pada 18 Juli 2019, bertepatan dengan ajang GIIAS 2019.

Saat ini, Suzuki Jimny 2020 dijual dengan dua pilihan warna, single-tone dan dual-tone dengan masing-masing memiliki transmisi otomatis dan manual.

Daftar Harga Suzuki Jimny

Tipe Harga
Suzuki Jimny 2020 MT (Single-Tone)  Rp372,500,000 
Suzuki Jimny 2020 AT (Single-Tone)  Rp385,000,000 
Suzuki Jimny 2020 MT (Dual-Tone)  Rp375,500,000 
Suzuki Jimny 2020 AT (Dual-Tone)  Rp388,000,000 

Spesifikasi Suzuki Jimny

Mensi Suzuki Jimny 2020
Tipe Mesin K15B, inline-4 Multi-Point Injection
Kapasitas Silinder 1,462 cc
Tenaga Maksimal 102 HP @ 6,000 rpm
Torsi Maksimal 130 Nm @ 4,000 rpm
Akselerasi 0-100 km/jam  13.7 detik
Konsumsi bahan bakar 11.8 km/l (dalam kota), 14.8 km/l (rute tol)
Transmisi Manual 5-percepadan & Otomatis 4-percepatan
Sistem Penggerak Part-time 4WD All Grip Pro

 

Dimensi Suzuki Jimny 2020
Dimensi (PxLxT) 3,625 mm x 1,645 mm x 1,720 mm
Wheelbase 2,250 mm
Ground Clearence 210 mm
Radius Putar 4.85 m

 

Kaki-kaki dan Suspensi Suzuki Jimny 2020
Suspensi Depan/Belakang 3-Link Rigid Axle  with Coil Spring (Depan & Belakang)
Rem Depan/Belakang Solid disc / Drum
Sistem Kemudi Recirculating Ball
Pelek / Ukuran Ban 195/80 R15

Tak bisa dipungkiri, Suzuki Jimny adalah salah satu model paling ikonik di Indonesia. Sejak debut di Indonesia pada tahun 1979 dengan generasi pertama LJ80, pamornya langsung naik berkat reputasi sebagai mobil off-road 4x4 yang lincah, tangguh, dan reliable.

Suzuki Jimny generasi pertama yang dijual dan dirakit di Indonesia mulai 1979

Popularitas Suzuki Jimny di Indonesia semakin meroket pada generasi kedua SJ40 yang diperkenalkan tahun 1982. Sangking populernya, Suzuki bahkan sampai membuat model khusus 4x2 yang lebih murah, yang kita kenal dengan Suzuki Katana.

Suzuki Jimny Carribean 2004

Suzuki Jimny generasi kedua dijual selama lebih dari 20 tahun

Setelah generasi kedua stop produksi tahun 2005, Jimny generasi ketiga tidak masuk Indonesia. Kalaupun ada, itupun melalui Importir Umum (IU) secara tidak resmi. 

Setelah hampir 15 tahun menunggu, akhirnya Suzuki Jimny kembali dijual resmi di Indonesia. Animo masyarakat pun sangat positif, terbukti dengan 4.000 unit pemesan selama beberapa bulan awal.

Suzuki Jimny GIIAS 2019

Permintaan terhadap Suzuki Jimny 2020 meningkat sampai harus inden selama empat tahun

Memang seberapa sepsial sih Suzuki Jimny 2020? Simak reviewnya di Otohome.com

Eksterior

Saat pertama kali melihat Suzuki Jimny 2020, kami bisa langsung menyimpulkan bahwa mobil ini memang didesain untuk off-road.

Suzuki Jimny 2020 depan

Tampilan depan Suzuki Jimny 2020

Profil body mobil ini sangat kaku, jauh dari kata aerodinamis, dan terlihat layaknya miniatur Mercedes-Benz G-Class. Tapi di sisi lain, kami melihat sisi imut mobil ini, apalagi dengan warna mencolok seperti Kinetic Yellow.

Kita mulai dari bagian depan, kesan retro masih sangat terjaga dengan lampu depan bentuk bulat seperti pendahulunya, meski sudah memakai LED. Lampu sein dan lampu kabutnya juga bulat, meski dengan ukuran lebih kecil.

Model gril-nya tidak berbeda jauh dari generasi sebelumnya, namun hadir dengan finihing black hitam doff yang anti gores. Di baliknya terdapat pattern honeycomb yang sama seperti bumper.

Suzuki Jimny 2020 samping

Kompak dan berkarakter, ini komentar kami pada bagian samping Jimny generasi keempat

Beralih ke samping, desain Suzuki Jimny 2020 terasa simpel, namun sangat berkarakter. Overfender plastik solid memberi kesan tangguh dan gahar dari SUV mungil ini.

Ukuran kaca samping juga bisa dibilang sangat besar, memastikan visibilitas berkendara yang baik.

Di bagian belakang, hal pertama yang langsung terlihat adalah ban serep belakang model konde yang jadi ciri khas mobil SUV, begitu juga Jimny. Di atas kaca belakang terdapat LED stop lamp dengan lampu belakang LED di bagian bumper kanan dan kiri.

Interior

Masuk ke dalam, kita menemukan model interior yang secara umum terlihat sangat modern, atraktif, juga dengan layout user-friendly. 

Kokpit Suzuki Jimny 2020

Kokpit Suzuki Jimny terasa sangat modern dan user-friendly

Beberapa tombol penting punya ukuran cukup besar sehingga mudah dioperasikan, material yang dipakai juga tampak lebih berkualitas dari sebelumnya, begitu juga dengan build quality nya.

Lingkar kemudinya sudah dibalut kulit yang membuatnya terasa nyaman, dan disematkan tombol audio switch, bluetooth telephony serta cruise control yang memberikan kemudahan ketika berkendara. 

Instrumen cluster Suzuki Jimny 2020

Instrumen clusternya terasa vintage namun sangat fungsional

Model instrumen clusternya cukup sederhana, terdapat dua dial analog untuk speedometer dan tachometer, dengan layar monokrom kecil di tengah sebagai Multi-Information Display (MID).

Di bagian konsol tengah, terdapat layar multimedia berukuran 6,8 inci yang sudah mendukung Bluetooth, USB, dan Smartphone Connection.

Konsol tengah Suzuki Jimny 2020

Konsol tengah Suzuki Jimny 2020 punya layout yang sangat user-friendly

Hadir juga AC Auto Climate dengan heater yang dapat mengatur suhu kabin secara otomatis. Dan di bagian bawah konsol tengah, Anda akan menemukan slot USB dan port charger 12 Volt. 

Posisi duduk Suzuki Jimny 2020 terasa mirip dengan Land Rover Defender generasi pertama, duduknya sangat tegak di belakang setir, dimensi mobil yang mungil juga membuat Anda tidak terasa begitu leluasa. 

Kabin Suzuki Jimny 2020

Kabin Suzuki Jimny 2020

Posisi seperti ini tidak terlalu nyaman untuk perjalanan jauh, namun tidak ada masalah untuk perjalanan pendek. Positifnya, dengan dimensi kaca yang besar, ditambah posisi duduk tegak, visibilitas berkendaranya sangat ideal.

Ruang kaki dan kepalanya terasa sangat mumpuni untuk penumpang depan, namun tidak terlalu di belakang, yang lebih cocok untuk anak kecil atau orang dewasa dengan tinggi di bawah 165 cm.

Ruang bagai Suzuki Jimny 2020

Bagasi Suzuki Jimny bisa ditingkatkan sampai 830 liter dengan melipat bangku baris kedua

Ruang bagasi mobil ini juga sangat terbatas ketika kedua bangku berdiri, Anda hanya mendapatkan ruang kargo sebesar 83 liter.

Ya, cuma cukup untuk menaruh dua atau tiga tas berukuran sedang. Memang, kapasitas tersebut bisa ditingkatkan menjadi 830 liter jika kursi belakang dilipat rata lantai.

Fitur Keselamatan

Untuk fitur safety, Suzuki Jimny bisa dibilang sudah cukup mumpuni dengan struktur body TECT yang diklaim lebih efisien menyerap energi benturan/tabrakan, dan menjaga ruang kabin tetap utuh. 

Struktur body HEARTECT Suzuki Jimny 2020

Struktur body Suzuki Jimny 2020 dapat menjaga kabin tetap utuh saat kecelakaan parah

Sebagai standar, hadir dual-SRS Airbag, sabuk pengaman tiga titik untuk penumpang depan dan belakang, juga ISOFIX. 

Selain itu, hadir juga Brake LSD Traction Control, Electronic Stability Programme (ESP), Anti-lock Braking System, sampai Hill Descent Control (HDC) dan Hill Hold Control (HHC) yang membantu Anda ketika melewati jalanan yang cukup curam.

Mesin

Suzuki Jimny 2020 menggunakan mesin inline-4 berkapasitas 1.462 cc K15B seperti yang dipakai di Suzuki Ertiga dan New Carry. Dapur pacu ini memuntahkan tenaga 102 HP di 6.000 rpm, dengan torsi maksimal 130 Nm di 4.000 rpm.

Mesin Suzuki Jimny 2020

Suzuki Jimny 2020 memakai mesin yang sama seperti Ertiga dan New Carry

Tenaga mesin ini dihubungkan ke sistem penggerak part-time 4-wheel drive (4WD) ALLGRIP PRO melalui dua pilihan girboks, otomatis 4-percepatan dan manual 5-percepatan.

Performa dan Handling

Tenaga mesin ini memang tidak spesial, namun bisa dibilang cukup untuk menggerakkan Suzuki Jimny 2020 yang punya dimensi kompak.

Suzuki Jimny 2020

Body mungil Suzuki Jimny 2020 berdampak pada pengendalian gesit

Akselerasi dari 0-100 km/jam tuntas dalam waktu 13,7 detik, cukup impresif jika tahu tenaga mesin, dan juga body mobil yang jauh dari kata aerodinamis.

Pengemudian Suzuki Jimny 2020 juga terasa sangat lincah, memudahkan saat ingin putar balik atau parkir, hal ini juga didukung oleh bobot setir yang tergolong ringan karena sistem Electronic Power Steering yang dipakai.

Konsumsi BBM

Begitu juga untuk konsumsi bahan bakar Suzuki Jimny 2020 sama sekali tidak spesial, jika tidak mau dibilang lebih boros dibandingkan mayoritas MPV dengan mesin setara.

Suzuki Jimny 2020

Untuk penggunaan jalan tol, konsumsi BBM Jimny bisa tembus 14,8 km/l

Untuk pemakaian dalam kota dengan kecepatan rata-rata 20 km/jam BBM yang terpakai sebesar 11,8 km/l, sementara itu untuk rute tol dengan kecepatan konstan 90 km/jam konsumsi BBM-nya tembus 14,8 km/l.

Video

Kesimpulan

Nama besar Suzuki Jimny di Indonesia memang jadi salah satu alasan kenapa mobil ini sangat diminati. Tapi jika menganggap itu adalah satu-satunya alasan, Anda salah besar.

Suzuki Jimny 2020 membuktikan bahwa sebuah SUV modern juga bisa menyenangkan untuk dikendarai, apalagi dengan body super-kompak yang mudah diajak bermanuver baik itu di jalanan perkotaan ataupun di medan off-road. Apakah mobil ini layak untuk dipertimbangkan?

Suzuki Jimny 2020

Butuh SUV kompak yang bisa diajak kemana saja? Suzuki Jimny 2020 adalah pilihan untuk Anda

Tentu, khususnya jika Anda ingin membeli Jimny sebagai mobil hobi, atau mobil yang bisa diajak rekreasi off-road.

SUV mungil ini juga masih layak digunakan sehari-hari untuk penggunaan dalam kota, namun kami merasa lebih baik memilih SUV perkotaan yang punya kenyamanan lebih baik.

↓ ↓ ↓ Ayok Para Miliuner, Sukai dan Bagikan!

Berita Terbaru

Review: All New Honda Beat Makin Sporty dan Canggih Sepeda Motor
Review: All New Honda Beat Makin Sporty dan Canggih Sejak awal kemunculannya pada 2008, Honda Beat menjadi skutik favorit masyrakat Indonesia. Bisa dibilang, ia merupakan skutik dengan harga paling terjangkau yang dijual Honda. Sampai sekarang, dirinya masih menyandang predikat motor terlaris di tanah air.Tak hanya laris di dalam negeri, berkat keunggulan desain dan performa yang diusung, produk ini juga diminati pasar motor di ASEAN. AHM mulai melakukan ekspor perdana Honda Beat eSP 110 cc ke Filipina pada 2015. Ini merupakan komitmen perusahaan
Mengetahui Konsumsi BBM Suzuki Jimny, Pantaskah Dibilang Irit? Panduan Membeli
Mengetahui Konsumsi BBM Suzuki Jimny, Pantaskah Dibilang Irit? Pagelaran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, sempat dihebohkan salah satu jenama mobil asal Jepang, di mana Suzuki kembali memperkenalkan Jimny terbaru.Sebagai mobil petualang, SUV dengan Wheelbase pendek dan bermodelkan sasis tangga ini, sudah tidak lagi menggunakan mesin kecil 1.000 cc yang dianggap kurang bertenaga.Pada Jimny generasi keempat, Suzuki telah menanamkan mesin baru berkodekan K15B pada SUV berkonfigurasi empat penumpang ini. Yang mana diketahui mesi
Sensasi Berkendara Toyota C-HR, Apakah Lebih Asyik daripada Honda HR-V? Reviews
Sensasi Berkendara Toyota C-HR, Apakah Lebih Asyik daripada Honda HR-V? Toyota C-HR mungkin kalah pamor dengan beberapa crossover merek lain yang ada di Indonesia. Mungkin bagi banyak orang, mobil seharga Rp509 jutaan ini kemahalan. Untuk model yang lebih valuable, masih ada Honda HR-V yang tak kalah keren.Sekalipun mahal, Toyota C-HR bukan berarti tidak menarik. Mobil ini menawarkan suatu kenikmatan fun to drive ala Toyota. Penampilannya lebih agresif dengan sudut-sudut tegas.Sebelum membahas soal impresi berkendara, kita harus tahu juga spesifikasi Toyota C-HR yan
 Toyota Corolla Cross Resmi Debut di Thailand! Bukan Sedan apalagi Hatchback Berita
Toyota Corolla Cross Resmi Debut di Thailand! Bukan Sedan apalagi Hatchback Toyota Corolla Cross akhirnya resmi meluncur di Thailand. Belakangan ini kabar mengenai calon mobil baru Toyota ini memang cukup menghebohkan dunia maya. Selain menjadi mobil dengan model baru, produk SUV ini juga heboh karena menggunakan sebuah nama yang sudah eksis dan sukses akan model sedan Toyota. Nyaris tak ada DNA Corolla sedan pada mobil ini. Wajar saja karena mobil baru ini adalah SUV. Hanya saja, kesamaannya adalah rancang bangun yang menganut Toyota New Global Architecture (
Mercedes-Benz S-Class Generasi Baru Pakai MBUX yang Semakin Humanis Berita
Mercedes-Benz S-Class Generasi Baru Pakai MBUX yang Semakin Humanis Mercedes-Benz S-Class yang merupakan sedan flagship merek three pointed star ini memiliki infotainment canggih. Bernama Mercedes-Benz User Experience atau disingkat MBUX, fitur ini sudah menjadi gebrakan saat pertama kali diperkenalkan saat 2018 silam.Nah, baru saja Mercedes-Benz memperkenalkan generasi terbaru dari MBUX. Walau teknologi MBUX generasi pertama masih jauh dari kata usang atau bahkan ketinggalan zaman, namun pabrikan asal Jerman ini tetap memberikan peningkatan kemampuan infotainmn

Lebih

Rekomendasi Mobil

Terbaru Populer
Mazda CX 8
Rp 664,80 - 746,80 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Mercedes-Benz A-Class Sedan
Rp 899,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Avanza
Rp 191,10 - 221,25 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Brio
Rp 147,00 - 199,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Kijang Innova
Rp 312,05 - 414,75 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Jazz
Rp 249,50 - 292,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Civic
Rp 527,90 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Agya
Rp 138,20 - 158,60 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Nissan Livina
Rp 205,30 - 269,10 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Mobilio
Rp 203,00 - 258,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik