Seberapa Iritkah Konsumsi Bbm Toyota Toyota New Agya 2020? Ini Faktanya

Penggunaan teknologi mesin terkini dari Toyota, membuat mesin mobil Toyota New Agya 2020 tetap efisien dan responsif.

Bahan bakar menjadi sebuah kebutuhan paling penting untuk kendaraan, karena jika dihitung dari sisi biaya kepemilikan, selain pembiayaan service rutin, BBM menjadi salah satu pos yang cukup menguras isi kantong.

Meskipun dilabeli dengan Low Cost Green Car (LCGC), bukan berarti semuanya biaya kepemilikan dari mobil jenis ini semurah yang dibayangkan, khususnya konsumsi bahan bakar. Untuk itu, Toyota Astra Motor terus melakukan inovasi untuk efisiensi bahan bakar pada mobil LCGC-nya yaitu Toyota New Agya 2020.

Mesin Berteknologi VVT-i Lebih Irit & Bertenaga

Foto mesin Toyota New Agya 2020

Salah satu pendukung efisiensi dengan menambahkan teknologi VVT-I (Variable Valve Timing with Intelligence) pada kedua mesin dengan tipe KR yang berkapasitas 1.0L dan NR untuk mesin berkapasitas 1.2L.

Namun tidak hanya semata-mata dengan teknologi VVT-I, karena teknologi ini menyempurnakan teknologi DOHC (Double Over Head Camshaft) yang telah diusung sejak generasi pertama mobil ini diperkenalkan.

Dengan penambahan VVT-I tidak hanya memberikan pengaruh pada peningkatan tenaga, dimana pada Agya 1.0L tanpa VVT-I hanya mampu menghasilkan tenaga sebesar 65.3 Ps pada 6.000 rpm dengan torsi maksimal 88 Nm pada 3600 rpm.

Untuk mesin Agya 1.0L sekarang yang telah menggunakan VVT-I mampu menghasilkan tenaga sebesar 67 Ps pada 6.000 rpm dengan torsi maksimal 91 Nm pada 4.400.

Namun penambahan teknologi ini tentunya juga berpengaruh pada tingkat konsumsi BBM, baik untuk Toyota New Agya 2020 dengan transmisi manual maupun matic.

Dimana dengan peningkatan tenaga diperlukan pembakaran yang lebih banyak, untuk menghasilkan putaran mesin yang lebih tinggi guna memasok tenaga saat akan melaju.

Hasil Tes Konsumsi BBM Toyota New Agya 2020

Mobil Toyota New Agya 2020 bisa menjaga konsumsi BBM hingga 19 kilometer per liter

Dari hasil pengetesan yang pernah dilakukan, Toyota New Agya 2020 1.0L dengan mesin 3 Cylinder in-line 12 Valves, DOHC, VVT-I ini mempunyai tingkat konsumsi BBM hingga 22 kilometer per liter berdasarkan konsumsi rata-rata dengan kecepatan konstan, ini lebih baik dibandingkan mesin yang tidak menggunakan teknologi VVT-I yang hanya 20,7 km per liter dengan kondisi jalan yang sama.

Sedangkan untuk Toyota New Agya 2020 1.2L yang juga mengusung teknologi VVT-I juga mempunyai tingkat konsumsi bahan bakar yang tak kalah baik. Konsumsi BBM pada Toyota New Agya 2020 1.2L mencapai 19 kilometer per liter berdasarkan konsumsi rata-rata dengan kecepatan konstan.

Tingkat efisiensi ini juga didukung dengan fitur ECO yang disematkan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) pada dua line up terbarunya ini, baik pada Toyota New Agya 2020 bertransmisi matik maupun manual.

Penggunaan Teknologi ECO

Teknologi ECO akan berjalan ketika tingkat konsumsi bahan bakar dalam ambang batas efisien

Fitur ECO yang terdapat pada Toyota New Agya 2020 bisa dilihat melalui instrument cluster, tepatnya di bagian atas indikator BBM dengan lambang daun berwarna hijau. Indikator ini akan menyala jika tingkat konsumsi bahan bakar dalam ambang batas yang efisien dan akan mati jika ECU mengkalkulasi penggunaan bahan bakar di luar ambang batas.

Terkait penggunaan bahan bakar, Toyota New Agya 2020 baik 1.0L maupun 1.2L sebenarnya tetap bisa menggunakan BBM dengan RON 90 atau Pertalite bahkan RON 89 atau Premium.

Namun hal ini tidak sesuai standar pabrikan yang mengharuskan BBM RON 92 alias Pertamax. Padahal dengan terus menggunakan BBM di bawah standar, akan berpengaruh pada efisiensi BBM juga akan berpengaruh pada performa serta usia pakai parts.

Dengan demikian, jika Anda membeli Toyota New Agya 2020, pastikan untuk terus menggunakan BBM sesuai standar pabrikan.

Sebab jika Anda konsisten menggunakan BBM yang baik, maka mobil Toyota New Agya 2020 bisa berjalan dengan sangat efisien dan turut menghemat biaya Anda dalam hal perawatan mobil maupun isi bensin setiap kali Anda berkendara.

↓ ↓ ↓ Ayok Para Miliuner, Sukai dan Bagikan!

Berita Terbaru

Indonesia Bakal Jadi Negara Penting Bagi Mobil Listrik? Berita
Indonesia Bakal Jadi Negara Penting Bagi Mobil Listrik? Mobil listrik pastinya membutuhkan baterai lithium sebagai unsur utama sumder daya penggeraknya. Walau trend mobil listrik belum heboh, namun menariknya Indonesia disebut punya potensi sebagai produsen baterai lithium yang cukup besar di dunia.Hal itu dikatakan langsung oleh Luhut Binsar Pandjaitan selaku Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi pada sebuah webinar pada Minggu (28/6) kemarin. Dikutip dari Detik, Luhut mengatakan bahwa Indonesia akan memproduksi baterai lithium pada 2
Melihat Biaya Perawatan Toyota Calya dan Daihatsu Sigra Mana yang Termurah?
Melihat Biaya Perawatan Toyota Calya dan Daihatsu Sigra Mana yang Termurah? Toyota Calya dan Daihatsu Sigra merupakan dua mobil yang bermain di segmen yang sama. Sebagai mobil yang diplot sebagai mobil murah ramah lingkungan, keduanya punya banderol yang tidak terlalu mahal. Dan, keduanya merupakan produk kerjasama antara Toyota dan Daihatsu Indonesia dalam program mobil low cost green car (LCGC).Daihatsu Sigra dan Toyota Calya bermain di segmen MPV kecil. Status keduanya sama-sama memiliki panggilan mobil murah sejuta umat. Kami akan mencoba membahas biaya perawat
Komparasi Spesifikasi Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga, Mana yang Lebih Baik?
Komparasi Spesifikasi Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga, Mana yang Lebih Baik? Berbicara mengenai mobil keluarga atau MPV, rasanya ada dua mobil yang patut masuk ke dalam daftar pembelian. Keduanya adalah Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga. Kedua mobil ini bisa menjadi alternatif lain bagi mereka yang bosan dengan mobil keluarga seperti Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.Suzuki Ertiga punya harga Rp205 juta tipe terendah hingga Rp249 juta untuk tipe tertinggi. Sedangkan Honda Mobilio memiliki banderol Rp203 juta tipe terendah dan Rp259 juta tipe tertingginya. Kedua mo
Melihat Biaya Servis Toyota Agya dan Honda Brio, Mana yang Lebih Mahal?
Melihat Biaya Servis Toyota Agya dan Honda Brio, Mana yang Lebih Mahal? Mobil berukuran kecil dan kompak di Indonesia lebih memiliki banyak peminat. Hal tersebut dikarenakan mobilitas masyarakatnya yang tinggi dan jalanan yang kerap macet menjadi alasan utama. Alasan lain adalah, konsumsi bahan bakar dari mobil berukuran kecil juga terpantau sangat irit. Sehingga bisa memangkas pengeluaran. Toyota Agya dan Honda Brio menjadi dua mobil yang cukup laris di Indonesia. Keduanya merupakan pesaing terdekat untuk segmen mobil hatchback berukuran kecil dan kompak di Indones
Komparasi Spesifikasi Renault Triber Melawan Datsun Cross
Komparasi Spesifikasi Renault Triber Melawan Datsun Cross Renault Triber merupakan sebuah mobil baru yang cukup menarik. Dengan range harga Rp 166,9 juta hingga Rp 184,9 juta, Triber harusnya bisa mengganggu model LCGC maupun low hatchback seperti Datsun Cross.Triber sendiri saat ini tercatat sebagai mobil merek Eropa paling murah yang dijual di Indonesia. Triber sendiri masuk ke Tanah Air dengan status impor utuh (CBU) dari pabrik Renault di India.Mobil ini secara kapasitas, mampu untuk mengangkut 7 orang penumpang. Namun seolah membaca tren dan

Lebih

Rekomendasi Mobil

Terbaru Populer
Mazda CX 8
Rp 664,80 - 746,80 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Mercedes-Benz A-Class Sedan
Rp 899,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Avanza
Rp 191,10 - 221,25 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Brio
Rp 147,00 - 199,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Kijang Innova
Rp 312,05 - 414,75 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Jazz
Rp 249,50 - 292,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Civic
Rp 527,90 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Agya
Rp 138,20 - 158,60 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Nissan Livina
Rp 205,30 - 269,10 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Mobilio
Rp 203,00 - 258,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik