Selalu diabaikan, tapi,Inilah Alasan Anda Tetap Harus Beli Toyota Calya 2021

Alex · 6 Des 2020 19:00

Ekonomis, ramah lingkungan, muat banyak penumpang. Tiga hal itu nampaknya jadi kata kunci Toyota Calya 2021 menyihir para konsumen Indonesia untuk meminangnya.

Toyota Caly 2021 sendiri kini sudah cukup lama eksis di Tanah Air. Meluncur secara perdana di tahun 2016 silam, Toyota Calya 2021 sudah mendapati satu kali penyegaran.

Di tahun 2019 lalu, PT Toyota Astra motor memberikan penyegaran ringan alias facelift. Improvisasi di bagian eksterior dan interior menjadikannya semakin menarik minat konsumen.

Toyota Calya 2021sendiri lahir dengan skema mirip dengan beberapa model kembar Toyota-Daihatsu lainnya. Toyota Calya 2021 memiliki kembaran bernama Daihatsu Sigra dengan perbedaan di eksterior ada di bagian bumper dan grill. 

Apakah Anda hendak membeli Toyota Calya 2021 tapi masih ada yang mengganjal di hati? Tenang saja, kami akan berikan panduan dan alasan untuk membelinya. Sekaligus kami jabarkan alasan untuk Anda pikir-pikir lagi untuk meminangnya.

Alasan Toyota Calya 2021 Layak Dibeli

1. Desain cukup menarik

Memang untuk urusan desain dan bentuk eksterior adalah urusan selera. Namun Toyota cukup baik menjawab kebutuhan dan profiling di segmen yang tergolong baru ini.

Walau sebenarnya Toyota Calya 2021 adalah mobil yang ekonomis, namun bentuk eksteriornya sulit untuk dibilang jelek. Lekukannya cukup modern dan mengikuti trend bahasa desain terkini.

2. Mesin efisien

Sebagai mobil LCGC tentu penting hukumnya memiliki mesin yang efisien dalam hal konsumsi bahan bakar. Toyota Calya 2021 yang menggunakan mesin berkapasitas hanya 1.200 cc tentu sangat mudah dalam memberikan kehematan bakar.

Namun ingat, hasil kehematan bahan bakar sangat bergantung juga dengan gaya mengemudi. Jangan sampai menerapkan gaya mengemudi agresif namun kaget karena mendapati bahan bakar yang boros.

3. Sabuk pengaman 3 titik

Walau mobil yang harganya tidak terlalu mahal, bukan berarti Toyota pelit memberi penunjang keselamatan. Hal ini terbukti dari ketersediaan sabuk pengaman.

Bukan sekedar menyediakan tujuh sabuk pengaman, namun ketujuh seatbelt tersebut sudah berstandar tiga titik. Bahkan seluruh penumpang Toyota Calya 2021 mendapatkan headrest. Sayangnya pada bagian jok depan headrestnya tak bisa diatur ketinggiaan.

4. Perawatan ekonomis

Toyota memang terkenal akan keberaniannya memberi purnajual yang cukup ekonomis. Demikian halnya dengan Toyota Calya 2021 yang biaya perawatannya cukup ekonomis.

Bayangkan saja, dari servis pertama sampai keenam atau sampai jarak tempuh 50.000 KM, Toyota memberikan gratis jasa servis untuk Toyota Calya 2021. Tentu hal itu jadi keunggulan tersendiri bagi Toyota Calya 2021. 

Alasan Toyota Calya 2021 Perlu Dipikir Dua Kali

1. Tak bisa mengharap performa mesin

Karena Toyota Calya 2021 mesinnya tak besar secara kapasitas maka jangan harap bisa mendapat tenaga buas. Karena memang mobil ini didesain bukan untuk dikuras tenaganya dan mendapatkan kesenangan mengemudi.

Tak banyak yang bisa diharapkan dari mesin 1.200 cc Toyota Calya 2021. Tenaganya maksimumnya hanya 88 PS pada putaran 6.000 Rpm. Sedangkan torsi tertinggi yang bisa diraihnya hanya berkisar 107 Nm di 4.200 Rpm.

2. Pilihan matic terbatas

Walau tipenya jumlahnya agak banyak, nyatanya konsumen yang butuh transmisi matic terbatas pilihannya. Untuk Anda yang mengincar Toyota Calya 2021 bertransmisi matic maka hanya bisa memilih di tipe G.

Seperti yang tertera di situs resmi PT Toyota Astra Motor, Toyota Calya 2021 tipe E tak tersedia dalam transmisi matic. Namun hal ini harusnya bukan masalah besar. Karena ada tipe bertransmisi matic saja sudah bagus untuk ukuran mobil LCGC seperti Toyota Calya 2021. 

3. Baris ketiga cukup sempit

Karena Toyota Calya 2021 dimensinya tidak sebongsor Avanza maka wajar saja keleluasaan kabinnya juga terbatas. Maka jangan kaget jika penumpang dewasa merasa kesempitan duduk di bangku paling belakang alias baris ketiga.

Lebar Toyota Calya 2021 sendiri hanya 1.655 mm dengan jarak poros roda 2.525 mm. Jadi wajar saja jika tercipta kabin yang tak terlalu lapang apalagi di bagian paling belakang.

4. Ban cukup kecil

Sekali lagi, Toyota sudah merancang dan memperhitungkan produknya satu ini dengan cukup baik. Termasuk ukuran keempat bannya. Apalagi Toyota Calya 2021 merupakan mobil yang secara ukuran tidaklah gambot.

Jadi wajar saja jika mobil ini menggunakan ban yang tidak besar. Toyota Calya 2021 menggunakan ban berukuran 175/65 dengan lingkar diameter 14 inci. Memang secara sekilas tampak kekecilan. Namun kembali lagi, Toyota Calya 2021  bukanlah mobil yang dirancang untuk dieksplorasi tenaga puncaknya. 

Kesimpulan

Memang sejatinya Toyota Calya 2021 dirancang untuk memenuhi kebutuhan dasar utilitas angkut penumpang. Mobil ini cocok bagi konsumen dengan profil keluarga kecil yang aktif bepergian.

Tentu fun to drive bukan lah benang merah dalam mengemudi sebuah Toyota Calya 2021. Namun jika hanya untuk transportasi harian, mobil ini sangat oke untuk diandalkan.

Komentar

Mobil Terbaru