window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Sensasi Berkendara Toyota C-HR, Apakah Lebih Asyik daripada Honda HR-V?

Yongki Sanjaya · 9 Jul, 2020 11:00

Sensasi Berkendara Toyota C-HR, Apakah Lebih Asyik daripada Honda HR-V? 01

Toyota C-HR mungkin kalah pamor dengan beberapa crossover merek lain yang ada di Indonesia. Mungkin bagi banyak orang, mobil seharga Rp509 jutaan ini kemahalan. Untuk model yang lebih valuable, masih ada New Honda HR-V yang tak kalah keren.

Toyota CHR hanya dalam 1 varian. Harga Toyota C-HR dibanderol dengan biaya sebesar Rp 511 jutaan. Ini merupakan harga C-HR di tahun 2020. Ada juga rival Toyota CHR yang tidak kalah terkenal, yakni Honda HRV.

New Honda HRV memiliki total 5 varian. Harga Harga New Honda HRV berkisar dari Rp 302 juta hingga Rp 421 jutaan. Ini merupakan harga HRV di tahun 2020. Konsumen juga bisa mencari harga promo Honda HRV dari situs otomotif.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Ada juga mobil Honda CRV tersedia dalam 3 varian. Harga Honda CRV berkisar dari Rp 468 juta hingga Rp 544 jutaan. Ini merupakan harga mobil CRV di tahun 2020.

Sekalipun mahal, Toyota C-HR bukan berarti tidak menarik. Mobil ini menawarkan suatu kenikmatan fun to drive ala Toyota. Penampilannya lebih agresif dengan sudut-sudut tegas.

Sebelum membahas soal impresi berkendara, kita harus tahu juga spesifikasi Toyota C-HR yang ada di Indonesia:

Spesifikasi Toyota C-HR
Mesin 1.798 cc
Tenaga 137 Hp
Torsi 171 Nm
Pilihan Transmisi 7-speed CVT
Sistem Penggerak Front Wheel Drive

Review Berkendara Toyota C-HR

Sensasi Berkendara Toyota C-HR, Apakah Lebih Asyik daripada Honda HR-V? 01

Membahas soal rasa berkendara mobil ini, cenderung mirip seperti mengendarai hatchback Yaris. Perbedaannya yaitu pada posisi mengemudi yang lebih tinggi. Kelincahannya pun patut diacungi jempol sekalipun punya badan yang bongsor.

Cukup dengan mengemudikan mobil ini beberapa kali, kita langsung mendapat feeling yang pas soal jarak ketika berbelok atau bermanuver. Setir dengan electric power steering ini juga pas, putarannya tidak terlalu enteng saat kecepatan rendah dan cukup mantap dan berat saat putaran tinggi.

Karena mobil SUV Toyota CHR ini ukurannya cukup bongsor, maka berpengaruh dengan kinerja pengereman yang sedikit lambat. Namun tenang saja, masih tetap responsif, kok. Layaknya saat kita mengemudikan low MPV Toyota seperti Sienta atau Avanza.

Sensasi Berkendara Toyota C-HR, Apakah Lebih Asyik daripada Honda HR-V? 02

Performa mesin juga responsif, terlebih di Toyota C-HR terdapat mode berkendara eco, sport, dan normal. Kita bisa menyesuaikan karakter mesin dengan kebutuhan. Pada mode normal, tenaga mengisi secara bertahap dan tidak ada jeda.

Hal yang menjadi ciri khas dari C-HR mungkin di posisi duduk yang rendah. Akibatnya, kita sedikit sulit melihat pojok sisi kiri. Desain kap yang besar ini ternyata membuat visibilitas jadi kurang leluasa. Masalah visibilitas ini bisa diatasi dengan adaptasi berkendara.

Kelemahan lain yang ada pada mobil SUV Toyota C-HR yaitu ruang penumpang yang tidak cukup lega dan nyaman. Visibilitas di kursi baris kedua juga buruk karena ukuran kaca jendela yang minimalis. Rupanya, untuk mendapat penampilan ganteng saja perlu mengorbankan kenyamanan.

Sensasi Berkendara di Honda HR-V

Sensasi Berkendara Toyota C-HR, Apakah Lebih Asyik daripada Honda HR-V? 03

Supaya adil, kita juga perlu membandingkannya dengan Honda HR-V. New Honda HRV memiliki total 5 varian. Dari sisi harga, Honda HR-V ini lebih murah yaitu antara Rp301,6 - Rp 420,8 Juta. Ini merupakan harga HRV di tahun 2020. Konsumen juga bisa mencari harga promo Honda HRV dari situs otomotif. Lantas, bagaimana sensasi berkendara dengan Honda HR-V yang menjadi rival utamanya?

Terlebih dahulu, kita perlu tahu spesifikasi Honda New HR-V ini seperti apa. Secara garis besar, HR-V punya kapasitas mesin serupa C-HR yaitu 1.5 liter. Tapi, pada mobil HR-V sempat ada versi 1.8 liter yang jauh lebih bertenaga.

Spesifikasi Honda HR-V
Mesin 1.500 cc dan 1.800 cc
Tenaga 120 ps/6.600 rpm (1.5L) dan 139 ps/6.500 rpm (1.8L)
Torsi 145 Nm/4.600 rpm (1.5L) dan 139 ps/169 Nm/4.300 rpm (1.8L)
Pilihan Transmisi Manual 6-Speed dan CVT
Sistem Penggerak Front Wheel Drive

Review Berkendara Honda HR-V

Sensasi Berkendara Toyota C-HR, Apakah Lebih Asyik daripada Honda HR-V? 04

Kabin New Honda HR-V ini terkesan mewah dengan jok yang dilapisi kulit baru. Desain joknya mengikuti bentuk tubuh dan modelnya memeluk badan. Tak hanya ergonomis, desain baru dan penggunaan warna kombinasi pada jok menambah kesan sporty.

Tidak seperti di C-HR, ruang kepala dan kaki di bagian penumpang Honda HR-V malah lebih luas. Belum lagi, bagasi belakangnya juga cukup lega untuk membawa barang-barang yang cukup besar.

Setelan suspensi di mobil HR-V juga pas khas Honda. Cukup nyaman saat melewati jalan rusak dan stabil ketika dipakai menikung. Putaran setir di New Honda HR-V juga tak kalah responsif dibandingkan Toyota C-HR yang jauh lebih mahal.

Kesimpulan

Sensasi Berkendara Toyota C-HR, Apakah Lebih Asyik daripada Honda HR-V? 05

Melihat sosok New Honda HR-V dan C-HR sudah seperti pertarungan David vs Goliath dari sisi harga. HR-V ramah di kantong dengan kabin lega, sedangkan C-HR tembus setengah miliar rupiah cuma banyak menjual sisi desain.

Dari sisi handling dan kenyamanan, keduanya bisa dibilang mirip. Bahkan, visibilitas di New Honda HR-V lebih baik dari sisi pengemudi dan penumpang. Tidak heran, bila jagoan Honda itu termasuk mobil yang laris di segmennya.

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Toyota CHR Hybrid 1.8L

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil