Siapakah Adalah Mobil MPV Indonesia Terbaik 2020?

Eko Kamil · 18 Feb 2020 01:00

Mobil MPV adalah jenis mobil keluarga yang diminati banyak penggemar otomotif Indonesia. Banyak Mobil MPV yang cukup terkenal di tahun 2019. Dan apabila kita lihat di tahun 2020, apakah akan sama? 

Berikut tiga mobil MPV adalah yang terbaik di tahun 2019, yakni Daihatsu Sigra, Datsun GO+ dan Toyota Calya.

Nama Daihatsu Sigra sebagai mobil MPV 7 penumpang sudah tidak asing lagi terdengar di Indonesia. Daihatsu Sigra hadir sebagai mobil LCGC dan dibanderol dengan harga yang murah meriah berkisar Rp 114 jutaan. 

Selain sebagai mobil keluarga, mobil ini juga sering dipakai sebagai mobil taksi online. Daihatsu Sigra tersedia dalam banyak varian.

Datsun GO+ disebut sebagai  mobil keluarga karena mampu membuat penumpangnya merasa nyaman di setiap perjalanannya. Harga mobil ini cukup terjangkau mulai dari Rp 115 jutaan hingga Rp153 jutaan.

Mobil ini merupakan mobil bertipe LCGC dengan harga murah yang memenuhi kebutuhan konsumen yang mencari MPV 7 penumpang di Indonesia.

Toyota Calya adalah mobil MPV 7 penumpang yang dibekali dengan penampilan yang menarik. Mobil ini hadir sebagai salah satu MPV LGC yang cukup laris dipasaran.

Mobil ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp 138 jutaan. Banyak keluarga muda dan generasi millenial yang menyukai mobil ini karena harganya yang cukup terjangkau.

Mobil MPV atau Multi Purpose Vehicle adalah mobil yang memiliki kemampuan untuk memuat banyak penumpang dan juga kenyamanan yang baik. Kedua hal ini membuat orang Indonesia lebih gemar memilih mobil bertipe MPV. 

Dulunya MPV hanya tersedia dalam kapasitas 5 orang penumpang, sekarang MPV tersedia dalam kapasitas 7 orang penumpang. 

MPV 7 penumpang disukai sebagai mobil keluarga yang mampu menampung lebih banyak orang. Apalagi orang Indonesia memang memiliki kebiasaan keluar beramai-ramai bareng keluarga maupun teman. 

MPV 7 penumpang memiliki ruang kabin yang lapang dan nyaman. Disamping itu, MPV 7 penumpang juga memiliki pengaturan kursi yang fleksibel. Dimana kursi di baris kedua dan ketiga dapat dilipat untuk mendapatkan ruang bagasi yang lebih besar. 

Di Indonesia sendiri menawarkan berbagai vendor MPV 7 penumpang dengan berbagai tingkat harga. Mobil MPV 7 penumpang yang ada mulai dari mobil LCGC (Low Cost Green Car) hingga MPV 7 penumpang Premium.

Dengan beragam jenis mobil yang dijual di Indonesia, penggemar otomotif roda empat sudah pasti tidak asing dengan istilah SUV dan MPV.

Kedua hal ini merupakan jenis mobil yang perbedaannya belum banyak yang tahu. Kita akan mengupas perbedaan MPV dan SUV dari pengertiannya terlebih dahulu. 

Pengertian Mobil MPV

Kendaraan Multi Guna atau Bahasa Inggrisnya adalah Multi Purpose Vehicle yang disingkat MPV. Mobil berjenis MPV berklasifikasi “multifungsi” karena berfungsi sebagai pengangkut penumpang sekaligus barang dan juga “minibus” karena dilihat dari bentuknya.

MPV memiliki 2 varian, yakni untuk membawa kargo dan juga penumpang. Dimana yang varian kargo tidak memiliki jendela dan kursi penumpang belakang karena khusu untuk membawa barang.

Pengertian Mobil SUV

Kendaraan Utilitas Sport atau Bahasa Inggrisnya adalah Sport Utility Vehicle yang disingkat SUV. Mobil SUV berklasifikasi mobil penumpang yang dibangun di atas kerangka truk ringan. Di Indonesia sering disebut “Jip”.

Diatas merupakan perbedaan MPV dan SUV yang ditinjau dari pengertiannya. Berikut ada beberapa SUV dan MPV ditinjau dari segi bentuk, mesin, dan hal lainnya yang dikutip dari beberapa sumber. Yuk kita simak bersama.

Kelebihan MPV (Multi Purpose Vehicle)

MPV (Multi Purpose Vehicle) jika dilihat dari bodinya terkesan lebih imut. Mobil jenis ini sering dijadikan sebagai mobil keluarga. 

Dengan bodi dan mesin yang tidak kalah bagus dan diikuti dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan Mobil jenis SUV. 

MPV menggunakan sistem penggerak 2 roda yang berguna sebagai efisiensi bahan bakar. 

Dikenal sebagai mobil keluarga, Mobil MPV mampu menampung 6 hingga 8 orang penumpang dengan ruang gerak yang lebih sempit dibandingkan dengan mobil SUV.

Deretan mobil MPV antara lain: Daihatsu Sigra, Toyota Calya, Avanza, Innova Xpander,dan lain-lain.

Kelebihan SUV (Sport Utility Vehicle)

SUV (Sport Utility Vehicle) jika dilihat dari bodinya terkesan tangguh dengan komponen dan jeroan yang gahar. 

Mobil jenis ini dibuat untuk melewati terjal, offroad maupun on road, dan medan sulit. Mobil jenis ini memiliki kapasitas mesin 1.5L, fitur lengkap, bagasi luas, dan menampung 6 hingga 8 orang penumpang dan juga suspensi kokoh. 

SUV menggunakan sistem penggerak 4 roda sebagai penghasil tenaga prima seimbang dengan bahan bakar yang digunakan. 

Ditinjau dari harga, mobil SUV yang dibekali dengan spesifikasi yang mewah pun dibanderol dengan harga yang lebih mahal dibandingkan dengan mobil MPV. 

Deretan mobil SUV antara lain: Pajero, Fortuner, Honda CRV, dan lain-lain.

Selain tiga mobil yang menduduki posisi atas sebagai mobil MPV Terbaik 2019, di bawah terdapat tiga mobil MPV 2020 yang patut Anda intip. 

Mitsubishi Xpander

Inilah mobil MPV dengan popularitas yang cukup baik. Dengan versi termurah yang dibanderol dengan harga  di bawah Rp 200 jutaan, ini merupakan harga yang sangat terjangkau bagi masyarakat Indonesia. 

Walaupun murah, tapi Mitsubishi Xpander memiliki banyak fitur menarik yang siap memanjakan konsumen Tanah Air. 

Desainnya yang sporty dan juga modern ini membuat MPV sekelasnya terlihat jadul. 

Mitsubishi Xpander memiliki fitur keamanan dan keselamatan yang lengkap, sehingga kita dapat dengan aman dan nyaman menggunakan mobil ini.

Wuling Confero S

Nama Wuling masih terkesan baru di Indonesia. 

Tapi Wuling berjanji menghadirkan mobil murah yang dicintai oleh orang Indonesia. Wuling mengawali kehadirannya di Indonesia dengan merilis dua jenis mobil MPV murah, yakni Wuling Confero dan Confero S. 

Wuling Confero S diminati oleh masyarakat Indonesia karena mobil ini memiliki berbagai fitur yang lengkap dan dibanderol dengan harga yang murah.

Mobil ini juga memiliki teknologi membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit dan efisiensi.

Fitur kedua jenis sangat lengkap dan didukung mesin yang kuat dan torsi besar. 

Toyota Avanza

Toyota Avanza berhasil menjadi mobil sejuta umat di Indonesia. 

Mobil MPV terbaik Toyota ini menjadi salah satu pilihan tepat untuk menjadi mobil keluarga karena ruang kabinnya yang luas dan juga harga yang cukup di kantong. 

Harga termurahnya dibanderol dengan harga Rp 190 jutaan dan menawarkan berbagai kemewahan dengan kabin luas dan mesin bertenaga prima. 

Toyota ini memiliki dua varian mesin, yakni 1300 cc dan 1500 cc. Tapi keduanya sama-sama bertenaga dan didukung teknologi Dual VVT-i yang membuat mesin ini responsif dan hemat bahan bakar.  

Sekian perkenalan dari mobil MPV. Semoga bermanfaat bagi anda sekalian.

Komentar

Mobil Terbaru