window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Simak Kekurangan dan Kelebihan Suzuki Ertiga, Layak Dibeli?

Mark Jacob · 27 Mei, 2020 20:00

Simak Kekurangan dan Kelebihan Suzuki Ertiga, Layak Dibeli? 01

Suzuki Ertiga merupakan salah satu LMPV yang ada di Indonesia. Mobil buatan Suzuki Indonesia ini bisa dibilang punya kenyamanan yang sangat baik. Kendati lebih banyak kelebihannya, akan tetapi Suzuki Ertiga yang merupakan mobil Suzuki terbaru ini masih tetap memiliki kekurangan.

Mobil berkapasitas 7 penumpang ini bisa menjadi alternatif lain bagi yang kurang suka dengan Toyota Avanza, Daihatsu Xenia dan Honda Mobilio. Apa saja kekurangan dan kelebihan Suzuki Ertiga ini?

Mobil Suzuki Ertiga terbaru memiliki total 7 tipe. Harga Ertiga yang merupakan mobil Suzuki terbaru ini berkisar dari Rp 205 juta hingga Rp 261 jutaan. Ini merupakan harga mobil Suzuki terbaru di tahun 2020. Harga mobil Suzuki Ertiga terbaru ini tentu ditambah dengan berbagai spesifikasi unik yang disematkan padanya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sudah merilis Ertiga versi baru pada 2018 lalu di ajang IIMS. Tampilannya jauh lebih segar, dengan banyak lekuk tajam yang membuatnya agresif. Bagian eksterior dan interior Suzuki Ertiga terbaru dikoreksi sedemikian rupa hingga menghasilkan model yang cukup sedap dipandang. Tak usah berlama-lama ya, kami akan memulainya dari kelebihan Suzuki Ertiga.

Kelebihan Suzuki Ertiga

Mobil keluarga yang satu ini bisa dibilang lebih memiliki kelebihan yang lebih baik ketimbang para kompetitornya. Suzuki Ertiga generasi terbaru ini memiliki desain yang jauh lebih agresif, stylish, dan juga terlihat lebih mewah. Di bagian dalam, Suzuki Ertiga mobil Suzuki terbaru menawarkan interior berwarna hitam dan beige. Paduan tersebut juga masih ditambahkan dengan adanya panel kayu yang semakin membuat mobil mengeluarkan aura kemewahan.

Simak Kekurangan dan Kelebihan Suzuki Ertiga, Layak Dibeli? 01

Mesin pada mobil Suzuki Indonesia Suzuki Ertiga terbaru juga menjadi salah satu kelebihan utamanya. Mesin berkode K15B dengan kapasitas 1.500 cc, 4 silinder ini punya kemampuan yang cukup oke. Mesin K15B ini mampu mengeluarkan tenaga 103 hp dengan torsi 138 Nm. Pilihan transmisi yang ditawarkan pun terdiri dari manual 5 percepatan dan otomatis. Soal konsumsi bahan bakar, mobil ini bisa mencatatkan angka hingga 1 banding 25 km per liter.

Angka ini merupakan angka yang sangat baik untuk sebuah mobil di Indonesia. Hasil tersebut berhasil kami dapatkan pada saat test drive mobil Suzuki Ertiga terbaru di pulau Bali. Pada waktu diluncurkan, Suzuki mengadakan sesi test drive di Pulau Bali  dan saya berkesempatan mencicipi mobil ini. Hasilnya kabin memang jauh lebih senyap, lebih nyaman dan lebih menyenangkan untuk dikendarai. Suspensi pada mobil ini semakin baik, empuk dan stabil saat diajak bermanuver di tikungan.

Jangan lupa, konsumsi bahan bakar mobil Suzuki Indonesia Suzuki Ertiga terbaru ini sangat baik. Di Pulau Bali, kami mencatatkan angka hingga 27,8 km/liter untuk jarak sekitar 180 km. Angka ini merupakan konsumsi bahan bakar yang cukup baik. Dengan catatan, berkendaranya harus sabar, dan selalu menjaga putaran mesin di bawah 2 ribu RPM.

Simak Kekurangan dan Kelebihan Suzuki Ertiga, Layak Dibeli? 02

Kekedapan kabin dari Suzuki Ertiga terbaru ini juga menjadi salah satu kelebihan yang dimilikinya. Kabin benar-benar terasa cukup kedap, sehingga suara bising dari luar hanya sedikit yang masuk ke dalam. Kenyamanan kabin juga menjadi sangat nyaman berkat penggunaan jok berbahan fabric dan juga ac double blower yang mampu menghembuskan angin ke baris kedua dan ketiga. Bagaimana dengan fitur keamanan? Suzuki Indonesia mobil Suzuki Ertiga terbaru ini juga memiliki fitur keamanan yang cukup baik.

Sebagai perangkat keamanan, Suzuki Ertiga terbaru dibekali dengan 2 buah airbag di bagian depan. Hal ini berguna untuk memberikan perlindungan kepada pengemudi dan penumpang di bagian depan saat terjadi kecelakaan. Untuk mendukung pengereman, Suzuki Ertiga mobil Suzuki terbaru juga dilengkapi dengan rem anti lock braking system (ABS), electronic brake distribution (EBD), sensor parkir saat mundur, pengait ISOFIX dan door open stoppers. Fitur-fitur tersebut tentunya sangat berpengaruh kepada kenyamanan pada saat berkendara.

Untuk menambah kenyamanan, adanya head unit layar sentuh tentunya mampu memberikan hiburan yang cukup baik untuk penumpang Suzuki Ertiga keluaran Suzuki Indonesia ini. Head unit tersebut juga dapat disambungkan ke perangkat gadget dengan melalui sambungan Bluetooth yang ada. Dengan semua fitur tersebut, Suzuki Ertiga terbaru bisa dibilang menjadi mobil keluarga yang sangat worth it to buy. Ditambah dengan harganya yang berada di rentang Rp205 juta hingga Rp249 juta sangat terjangkau.

Kekurangan Suzuki Ertiga

Setelah membahas kelebihan dari Suzuki Ertiga yang merupakan mobil Suzuki terbaru, saatnya kita membahas kekurangan yang ada pada mobil ini. Kira-kira, apa saja yang menjadi kekurangannya? Salah satu kekurangannya terdapat pada bagian interior. Interior yang menurut kami sudah mewah ini sayangnya kurang diimbangi dengan penggunaan head unit yang berkualitas. Head unit pada Suzuki Ertiga terbaru memiliki desain yang kuno, jelek dan ketinggalan zaman. Walaupun sudah memakai layar sentuh, tetapi desainnya cukup jelek.

Simak Kekurangan dan Kelebihan Suzuki Ertiga, Layak Dibeli? 03

Kekurangan lain ada pada kenop putaran ac yang masih menggunakan model kompor. Tuas Ertiga terbaru ini juga dianggap sebagai desain yang kuno dan ketinggalan zaman. Di saat kompetitornya sudah memakai model digital, mobil Suzuki Ertiga terbaru masih tetap mempertahankan model kompor secara manual. Hal lain yang menjadi kekurangannya adalah sandaran kepala yang hilang pada baris kedua. Suzuki Ertiga terbaru mobil Suzuki Indonesia tak lagi memiliki sandaran kepala di jok tengah. Sehingga penumpang harus terpaksa menahan kepala dan ini mengurangi kenyamanan yang sebenarnya sudah ada pada mobil ini.

Kekurangan lain yang ada pada Suzuki Ertiga terbaru ini adalah minimnya soket pengisian daya. Di era milenial seperti ini, banyak konsumen yang mementingkan soket pengisian daya yang ada pada mobil. Mobilitas tinggi yang disertai dengan banyaknya konsumsi gadget membuat soket pengisian daya menjadi hal yang wajib ada pada mobil. Para kompetitornya pun sudah dilengkapi dengan soket pengisian daya yang ada pada mobil. Bahkan merek mobil China memberikan banyak soket pengisian daya untuk memanjakan penumpang di dalam mobil.

Hal terakhir yang menjadi kekurangannya adalah tiada indikator ECO pada mobil ini. Toyota Avanza dan Honda Mobilio sudah dilengkapi dengan Eco indicator. Fitur ini akan menyala di panel instrumen bila pengemudinya mengendarai mobil secara hemat bahan bakar. Fungsi ini absen di Ertiga baru. Informasi indikasi berkendara yang efisien pun tak bisa didapatkan pengemudinya.

Sekilas info, mobil Honda Mobilio memiliki total 5 tipe. Harga Honda Mobilio baru berkisar dari Rp 206 juta hingga Rp 261 jutaan. Ini merupakan harga mobil Honda Mobilio di tahun 2020. Sedangkan tipe mobil Toyota Avanza berjumlah 5 tipe. Harga Toyota Avanza berkisar dari Rp 200 juta hingga Rp 230 jutaan. Ini merupakan harga new Avanza di tahun 2020 dan tidak beda jauh dengan harga mobil Avanza 2019. Saudara Toyota Avanza, Toyota Veloz memiliki 4 tipe. Harga Toyota Veloz 2020 berkisar dari Rp 225 juta hingga Rp 249 jutaan.

Meski demikian, harga mobil Ertiga terbaru ini terbilang lumayan ok. Ditambah lagi dengan penampilan mobil Ertiga terbaru yang sangat menarik perhatian. Terakhir, inilah kelebihan dan kelemahan dari mobil Ertiga terbaru yang merupakan keluaran mobil Suzuki terbaru.Semoga bermanfaat bagi penggemar dan calon pembeli mobil Ertiga.

Mark Jacob

Tergila-gila dengan mobil tua, apalagi buatan Eropa. Pastinya suka berteman dengan mobil yang boros, dan pintunya cuma dua.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Suzuki XL7 Hybrid Beta MT 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil