window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Spesifikasi Perodua Ativa yang Kini Meluncur di Malaysia Mirip Daihatsu Rocky di Jepang, Indonesia Kapan?

Yongki Sanjaya · 3 Mar, 2021 19:30

Spesifikasi Perodua Ativa yang Kini Meluncur di Malaysia Mirip Daihatsu Rocky di Jepang, Indonesia Kapan? 01

Perodua sebagai agen pemegang merek Daihatsu di Malaysia hari ini akhirnya merilis Perodua Ativa D55L. Kepastian ini pun jelas disambut hangat setelah cukup santer desas-desus soal peluncuran Daihatsu Rocky di Malaysia beberapa wakru terakhir. Secara spesifikasi, Perodua Ativa ini mirip seperti Daihatsu Rocky di Jepang.

Artinya, opsi yang tersedia cuma ada tiga tipe yaitu Ativa 1.0 X, Ativa 1.0 H dan tipe tertinggi yaitu Ativa 1.0 AV. Bisa dilihat dari pilihan tipe ini hanya ada mesin 1.0 turbo, tidak ada opsi mesin 1.2 liter naturally aspirated seperti versi Indonesia yang terdaftar di NJKB.

Spesifikasi Perodua Ativa yang Kini Meluncur di Malaysia Mirip Daihatsu Rocky di Jepang, Indonesia Kapan? 02

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Seperti diberitakan sebelumnya, Perodua Ativa dibekali mesin tiga liter 1.0 liter turbocharged yang menghasilkan tenaga 98 PS dan 140 Nm, yang dihubungkan ke transmisi otomatis tipe CVT. Perlu juga dicatat bahwa D-CVT Ativa berbeda dari CVT biasa yang ada di mobil lain. 

Perodua Ativa hanya tersedia dengan penggerak roda depan.  Perodua mengatakan bahwa Ativa memiliki konsumsi BBM 5,29 liter/100 km (18,9 km/liter) dengan pengujian berstandar ECE. 

Desain Perodua Ativa, Sedikit Beda Dari Daihatsu Rocky

Spesifikasi Perodua Ativa yang Kini Meluncur di Malaysia Mirip Daihatsu Rocky di Jepang, Indonesia Kapan? 01

Untuk pasar Malaysia, Perodua sedikit mengubah desain Perodua Ativa supaya ada aksen lokal. Perodua Ativa mendapatkan bumper depan yang unik, gayanya berbeda dengan Daihatsu Rocky dan Toyota Raize untuk pasar Jepang.

Baca juga:

Adu Teknologi Keselamatan Aktif Daihatsu Rocky vs Toyota Raize 2021, Walau Kembar Tapi Beda Canggih

Bukan CVT Biasa, Transmisi D-CVT Pada Daihatsu Rocky dan Toyota Raize Anti Lemot?

Perodua Ativa (D55L) Akan Meluncur 3 Maret Mendatang! Daihatsu Rocky 2021 Siap Menyusul Segera?

Ativa mendapat gril depan yang memanjang dengan kedua lampu depan LED, yang jadi perlengkapan standar di seluruh tipe Perodua Ativa. Pada lampu kabut depan, dipercantik dengan garnish berbentuk L.

Perodua menawarkan dua ukuran velg pada Ativa dimana entry-level 1.0 X mendapatkan velg 16 inci berkelir silver. Sedangkan untuk varian 1.0 H dan 1.0 AV mendapatkan velg dual-tone 17 inci.

Spesifikasi Perodua Ativa yang Kini Meluncur di Malaysia Mirip Daihatsu Rocky di Jepang, Indonesia Kapan? 02

Selanjutnya pada bagian belakang Ativa dipercantik garnish krom yang menghubungkan kedua lampu belakang LED. Serupa seperti bumper depan, terdapat garnish bermotif huruf L untuk reflektor belakang. Kesan maskulin hadir dari underguard berwarna silver di bawah dudukan pelat nomor Ativa.

Pilihan Warna

Lima pilihan warna tersedia untuk Perodua Ativa yakni Glittering Silver, Granite Grey, Cobalt Blue, Pearl Delima Red, dan Pearl Diamond White.  Dari warna-warna ini, dua yang terakhir tersedia dengan opsi atap hitam dual tone khusus pada varian AV.

Aksesoris Tambahan

Bila merasa penampilannya kurang keren, Perodua juga menawarkan aksesori GearUp untuk Ativa yaitu bodykit Blaze, sarung jok Blaze, pelindung bumper belakang, dan masih banyak lagi. 

Interior Perodua Ativa Identik Gaya Daihatsu Rocky

Spesifikasi Perodua Ativa yang Kini Meluncur di Malaysia Mirip Daihatsu Rocky di Jepang, Indonesia Kapan? 03

Saat kita masuk ke kabin, panel instrumen ruang kemudi Perodua Ativa begitu identik dengan desain milik Daihatsu Rocky. Cluster instrumen digital 7 inci mewah yang Anda lihat di sini adalah unik untuk varian Ativa 1.0 H dan 1.0 AV.  Sama seperti Rocky dan Raize Jepang, cluster instrumen digital ini dapat disesuaikan dengan empat tema berbeda dan memiliki kemampuan untuk mengatur pengingat ulang tahun dan anniversary.

Perbedaan utama antara Ativa dan saudara kandungnya di Jepang adalah kontrol AC-nya. Ativa mendapat sistem digital yang dikendalikan tombol dengan dua pengaturan memori. Sedikit berbeda dengan Rocky/Raize yang masih ada pengaturan manual pakai dua kenop untuk kecepatan dan suhu AC.

Spesifikasi Perodua Ativa yang Kini Meluncur di Malaysia Mirip Daihatsu Rocky di Jepang, Indonesia Kapan? 04

Sistem infotainment juga berbeda, karena sistem layar sentuh 9 inci yang ditemukan di Ativa tidak memiliki dukungan untuk Android Auto dan Apple CarPlay. Head unitnya hanya mengandalkan SmartDeviceLink (SDL).

Menariknya, seluruh varian Perodua Ativa juga mendapatkan sandaran lengan depan tengah, tombol start push, jok belakang dengan fungsi recline, dan lantai bagasi dua tingkat.

Fitur Keselamatan Perodua Ativa, Sudah Didukung Teknologi A.S.A Terbaru Daihatsu

Dalam hal keselamatan, semua varian Perodua Ativa 2021 dilengkapi dengan ASA 3.0 ADAS suite, yang mencakup fitur-fitur seperti Pre-Collision Braking (PCB), Pre-Collision Warning (PCW), Pedal Misoperation Control (PMC), Front Departure Alert  (FDA), dan Lane Departure Warning (LDW).

Sementara untuk varian atas ditambah beberapa fitur lainnya seperti Adaptive Cruise Control (ACC), Lane Keep Control (LKC), Blind Spot Monitor (BSM), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), dan Adaptive headlights (Adaptive Driving Beam).

Peluncuran Daihatsu Rocky di Indonesia Tidak Lama Lagi

Daihatsu telah mengindikasikan akan memasarkan Rocky di Indonesia pada tahun ini. Kabar ini muncul seiring terdaftarnya Nilai Jual Kendaraan Bermotor Daihatsu Rocky di Permendagri.

Bahkan melalui press release yang kami terima, Daihatsu dalam hal ini PT Astra Daihatsu Motor memutuskan untuk mendaftarkan model Rocky. Walaupun produk ini belum diluncurkan pada waktu pengumuman relaksasi PPNBM, tetapi Daihatsu berencana akan memperkenalkannya pada periode program relaksasi pajak.

“Walaupun Daihatsu Rocky belum diluncurkan saat ini, kami percaya produk ini layak untuk mendapatkan relaksasi pajak karena akan diluncurkan pada periode program,” ujar Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning and Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Daihatsu Rocky hybrid 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil