Suzuki Ignis VS Honda Brio RS, Mana yang Lebih Irit?

Suzuki Ignis merupakan sebuah mobil yang berada dalam kelas Low Hatchback. Dalam kelas ini Suzuki Ignis harus bertarung dengan produk Honda, yakni Brio RS.

Keduanya saling berebut hati konsumen dengan mengedepankan desain body yang atraktif dan mesin yang sama-sama disebut irit bahan bakar. Dari situ, pertanyaan pun muncul. Mana yang lebih irit? Brio RS ataukah Ignis?

Sebagai modal mencetak efisiensi bahan bakar yang terbaik, baik Ignis dan Brio RS sama-sama dibekali mesin cukup ringkas. Dapur pacu Ignis berkapasitas 1.200 cc berkonfigurasi empat silinder tercatat mampu menghasilkan daya maksimum sebesar 83 ps pada 6.000 rpm. Sedangkan torsi tertingginya bisa mencapai 113 Nm pada 4.200 rpm. 

Sedangkan Brio RS juga sama-sama 1.200 cc, empat silinder dan mampu menghasilkan tenaga lebih besar. Honda mengklaim Brio RS mampu merilis 90 ps pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 110 Nm pada 4.800 rpm. Brio RS sendiri sebenarnya masih satu darah dengan Brio Satya, mesin keduanya sama saja. Hanya Brio Satya masuk ke dalam skema Low Cost Green Car (LCGC) sedangkan Brio RS tidak dan membuatnya otomatis punya banderol yang head to head dengan Ignis di kelas Low Hatchback.

Dalam kesempatan perbandingan konsumsi bahan bakar kali ini, kami ambil varian transmisi otomatis dari masing-masing. Maka Ignis AGS dan Brio RS CVT lah yang kita bandingkan. Nah, bicara transmisi, sebenarnya Brio RS lebih unggul karena teknologi CVT (continuously variable transmission) diyakini mampu membuat konsumsi bahan bakar lebih irit.

Sedangkan transmisi AGS sendiri, atau kepanjangan dari Auto Gear Shift, sebenarnya tak bisa dikatakan murni otomatik walau pedalnya hanya dua. Sebab transmisi milik Ignis ini memberikan pengalaman mengemudi dengan perpindahan gigi yang sekilas mirip transmisi manual.

Well, keduanya sama-sama memberikan kesempatan untuk kaki kiri pengemudi tak bekerja. Lantas, siapa paling irit? Dalam sebuah komparasi Ignis AGS dengan Brio RS yang dilakukan pada 2019, ternyata membuahkan hasil cukup mengejutkan.

Sebab ternyata Suzuki Ignis AGS lebih irit bahan bakar ketimbang Brio RS! Pada pengujian rute tol, Ignis mampu menorehkan kehematan 17,2 km/liter sedangkan Brio RS 16,2 km/liter.

Kehematan lebih tinggi bisa didapat pada rute tol. Ignis ternyata mampu menorehkan sampai 20,5 km/liter sedangkan Brio RS hanya 20 km/liter. 

Namun perlu diingat, angka konsumsi bahan bakar di atas dihasilkan dengan gaya mengemudi hemat bahan bakar. Akselerasi mendadak, mengemudi dengan cara agresif dan rem mendadak sangat sulit membuat kedua mobil tersebut bisa mencapai angka kehematan seperti di atas.

↓ ↓ ↓ Ayok Para Miliuner, Sukai dan Bagikan!

Berita Terbaru

Indonesia Bakal Jadi Negara Penting Bagi Mobil Listrik? Berita
Indonesia Bakal Jadi Negara Penting Bagi Mobil Listrik? Mobil listrik pastinya membutuhkan baterai lithium sebagai unsur utama sumder daya penggeraknya. Walau trend mobil listrik belum heboh, namun menariknya Indonesia disebut punya potensi sebagai produsen baterai lithium yang cukup besar di dunia.Hal itu dikatakan langsung oleh Luhut Binsar Pandjaitan selaku Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi pada sebuah webinar pada Minggu (28/6) kemarin. Dikutip dari Detik, Luhut mengatakan bahwa Indonesia akan memproduksi baterai lithium pada 2
Melihat Biaya Perawatan Toyota Calya dan Daihatsu Sigra Mana yang Termurah?
Melihat Biaya Perawatan Toyota Calya dan Daihatsu Sigra Mana yang Termurah? Toyota Calya dan Daihatsu Sigra merupakan dua mobil yang bermain di segmen yang sama. Sebagai mobil yang diplot sebagai mobil murah ramah lingkungan, keduanya punya banderol yang tidak terlalu mahal. Dan, keduanya merupakan produk kerjasama antara Toyota dan Daihatsu Indonesia dalam program mobil low cost green car (LCGC).Daihatsu Sigra dan Toyota Calya bermain di segmen MPV kecil. Status keduanya sama-sama memiliki panggilan mobil murah sejuta umat. Kami akan mencoba membahas biaya perawat
Komparasi Spesifikasi Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga, Mana yang Lebih Baik?
Komparasi Spesifikasi Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga, Mana yang Lebih Baik? Berbicara mengenai mobil keluarga atau MPV, rasanya ada dua mobil yang patut masuk ke dalam daftar pembelian. Keduanya adalah Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga. Kedua mobil ini bisa menjadi alternatif lain bagi mereka yang bosan dengan mobil keluarga seperti Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.Suzuki Ertiga punya harga Rp205 juta tipe terendah hingga Rp249 juta untuk tipe tertinggi. Sedangkan Honda Mobilio memiliki banderol Rp203 juta tipe terendah dan Rp259 juta tipe tertingginya. Kedua mo
Melihat Biaya Servis Toyota Agya dan Honda Brio, Mana yang Lebih Mahal?
Melihat Biaya Servis Toyota Agya dan Honda Brio, Mana yang Lebih Mahal? Mobil berukuran kecil dan kompak di Indonesia lebih memiliki banyak peminat. Hal tersebut dikarenakan mobilitas masyarakatnya yang tinggi dan jalanan yang kerap macet menjadi alasan utama. Alasan lain adalah, konsumsi bahan bakar dari mobil berukuran kecil juga terpantau sangat irit. Sehingga bisa memangkas pengeluaran. Toyota Agya dan Honda Brio menjadi dua mobil yang cukup laris di Indonesia. Keduanya merupakan pesaing terdekat untuk segmen mobil hatchback berukuran kecil dan kompak di Indones
Komparasi Spesifikasi Renault Triber Melawan Datsun Cross
Komparasi Spesifikasi Renault Triber Melawan Datsun Cross Renault Triber merupakan sebuah mobil baru yang cukup menarik. Dengan range harga Rp 166,9 juta hingga Rp 184,9 juta, Triber harusnya bisa mengganggu model LCGC maupun low hatchback seperti Datsun Cross.Triber sendiri saat ini tercatat sebagai mobil merek Eropa paling murah yang dijual di Indonesia. Triber sendiri masuk ke Tanah Air dengan status impor utuh (CBU) dari pabrik Renault di India.Mobil ini secara kapasitas, mampu untuk mengangkut 7 orang penumpang. Namun seolah membaca tren dan

Lebih

Rekomendasi Mobil

Terbaru Populer
Mazda CX 8
Rp 664,80 - 746,80 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Mercedes-Benz A-Class Sedan
Rp 899,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Avanza
Rp 191,10 - 221,25 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Brio
Rp 147,00 - 199,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Kijang Innova
Rp 312,05 - 414,75 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Jazz
Rp 249,50 - 292,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Civic
Rp 527,90 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Agya
Rp 138,20 - 158,60 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Nissan Livina
Rp 205,30 - 269,10 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Mobilio
Rp 203,00 - 258,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik