window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Suzuki New Ignis, Makin Berkelas Cuma Karena Ganti Baju

Yongki Sanjaya · 17 Sep, 2020 18:00

Suzuki New Ignis, Makin Berkelas Cuma Karena Ganti Baju 01

Pada bulan April lalu PT Suzuki Indomobil Sales memberikan penyegaran untuk New Ignis. Mobil dengan mesin berkapasitas 1.200 cc ini semakin banyak alasan untuk dibeli. Padahal, untuk update yang dilakukan sifatnya minimalis. Suzuki Ignis 2020 hanya mendapat sejumlah perubahan ringan di eksterior dan interior. Terdapat grill model baru, bumper depan dan belakang dengan diffuser serta lampu reflektor belakang baru.

New Ignis kini tampil lebih modern, memiliki banyak fitur untuk mendukung kenyamanan dan mobilitas. City car ini tetap mempertahankan ground clearance yang cukup tinggi di kelasnya sehingga menambah kebanggaan dalam menunjang kegiatan dan gaya hidup perkotaan yang dinamis. 

Suzuki New Ignis tetap hadir dengan 2 tipe yaitu GL dan GX dengan pilihan transmisi manual 5-percepatan dan Auto Gear Shift (AGS). Lantas, dengan wajah baru yang lebih segar, apakah Suzuki Ignis masih menarik sekarang? 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Suzuki Ignis, Satu-satunya City Car Rasa Crossover 

Suzuki New Ignis, Makin Berkelas Cuma Karena Ganti Baju 01

New Ignis ini adalah The New Breed of Urban SUV, karena hadir dengan desain yang lebih modern, lebih jantan, ground clearance tinggi, serta comfort dan convenience. Dari segi dimensi, New Ignis tetap hadir dengan dimensi yang sama yaitu 3.700 mm x 1.690 mm x 1.595 mm. Wheelbase sepanjang 2.435 mm, serta high ground clearance setinggi 180 mm yang memungkinkan kendaraan bermanuver di jalanan perkotaan.  

Bagian luar terasa sangat berbeda dibandingkan edisi pre-facelift. Bagian depan Suzuki Ignis sudah dilengkapi fog lamp dan lampu depan berteknologi projector LED ditambah guard diffuser dan bumper depan berwarna silver. Bumper belakang juga mendapatkan ubahan dengan diffuser layaknya bagian depan. Tambahan lainnya seperti wiper dan defogger untuk meningkatkan visibilitas pada saat hujan. 

Sayangnya, tidak ada update pada sisi kaki-kaki agar terlihat kekar. Dengan mengusung identitas sebagai Urban SUV dan ground clearance-nya cukup tinggi, sayangnya keempat ban Suzuki Ignis ukurannya kurang proporsional. Malah bisa dibilang ban berukuran 175/65 dalam lingkar pelek 15 inci miliknya tampak kekecilan.

Kabin Suzuki Ignis Cukup Luas Untuk Ukuran City Car 

Suzuki New Ignis, Makin Berkelas Cuma Karena Ganti Baju 02

Suzuki kali ini berhasil merancang kabin yang lega di balik sosok ignis yang dari luar terlihat imut. Tentu soal kelegaan kabin, mobil Suzuki Ignis masih berdiri sebagai juaranya. Ukuran kabin mobil Ignis ini pun tergolong lega karena punya dimensi wheelbase sepanjang 2.435 mm. Jika dibandingkan dengan kompetitornya, Honda Brio, dimensi wheelbase city car terlaris Honda itu hanya berada di angka 2.405 mm. 

Memang tak dipungkiri, kelegaan kabin suatu mobil banyak ditentukan oleh dimensi wheelbase dan lebar mobil. Semakin panjang wheelbase yang dimiliki maka semakin lega pula dimensi kabinnya. Ruang kaki pun masih longgar dan tidak ada gejala dengkul mepet di kursi belakang. 

Bahkan untuk urusan penyimpan barang bawaan, bagasi Suzuki Ignis sudah menyediakan tempat yang lapang. Dari halaman resminya, bagasi mobil mungil ini sudah sangat mampu untuk menampung 4 tas berukuran besar. Meski sosoknya sebagai mobil hatchback , tapi nyatanya Suzuki sudah memahami kebutuhan konsumennya.

City Car Murah Fitur Melimpah

Suzuki New Ignis, Makin Berkelas Cuma Karena Ganti Baju 03

Bicara soal kelengkapan fitur, maka akan menyinggung soal harga jual suatu mobil. Semakin lengkap fitur di suatu mobil niscaya semakin mahal harga yang ditawarkan. Namun, hal tersebut tidak terjadi pada Suzuki Ignis. 

Harga New Suzuki Ignis di Indonesia berkisar dari Rp 170 juta hingga Rp 200 juta. Artinya, masih mepet-mepet dengan LCGC tipe tertinggi dan selisih sedikit dengan Honda Brio RS. Dengan posisi di tengah-tengah, Ignis bisa menyajikan fitur tak kalah lengkap dari Brio RS. 

Ignis telah memiliki fitur start stop button dan AC berfitur Auto Climate di tipe GX. Fitur keyless tersebut punya fungsi untuk menyalakan mesin dengan hanya satu sentuhan saja. 

Suzuki New Ignis, Makin Berkelas Cuma Karena Ganti Baju 04

Pengemudi Suzuki Ignis tak perlu lagi memutar kunci dan remote pun cukup disimpan di saku. Kemudian fitur auto climate ini tentu sukses memberi kesan mahal dan canggih. Setirnya yang sudah dilengkapi tombol audio dan panggilan telepon cepat dengan pengaturan tilt steering. Semakin mempermudah konektivitas Anda, tanpa perlu khawatir kehilangan konsentrasi berkendara. Tilt steering berfungsi mengatur posisi setir ke atas dan ke bawah, disesuaikan dengan gaya berkendara Anda. 

Kesimpulan 

Suzuki New Ignis, Makin Berkelas Cuma Karena Ganti Baju 05

Anda yang menginginkan mobil mungil, mampu melewati kemacetan kota serta punya banyak fitur, tak salah lagi, Suzuki Ignis mampu menjawab kebutuhan Anda. Suzuki Ignis juga kian praktis ditunjang oleh fitur-fitur inovatifnya. 

Sayangnya, harga Suzuki Ignis tak lagi murah seperti ketika dulu pertama kali diluncurkan. Saat pertama kali meluncur di 2017, yang membuat Ignis banyak diminati salah satunya adalah harganya yang mulai dari Rp 130 jutaan. Dengan harga setara LCGC, Suzuki Ignis memiliki fitur yang jauh lebih lengkap dan desain unik ala crossover. 

Sayangnya pada mobil Ignis Suzuki Indonesia facelift 2020 ini harganya terendahnya saja sudah Rp 170 juta. Artinya, mobil ini tidak bisa lagi mengambil konsumen LCGC agar mau berpaling ke mobil non subsidi pajak dengan harga terjangkau. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Suzuki Ignis GX MT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil