window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Ternyata Ini Keunggulan Ruang dan Kepraktisan Toyota Camry Dibanding Honda Accord

Anissa · 3 Agu, 2020 09:00

Ternyata Ini Keunggulan Ruang dan Kepraktisan Toyota Camry Dibanding Honda Accord 01

Toyota Camry adalah salah satu model mobil sedan yang sudah cukup lama berada di dunia otomotif. Pertama kali hadir pada tahun 1982 silam, mobil ini memiliki pasar utama di Amerika dan Australia. Mobil sedan high-end besutan Toyota ini juga sempat menjadi mobil terlaris di Amerika pada tahun 1997-2000, serta pada tahun 2002 dan terus berlanjut hingga saat ini.

Mobil Toyota Camry tersedia dalam 3 varian,yakni mobil Toyota Camry 2.5 V A/T, Toyota Camry 2.5 G A/T, dan Toyota Camry Hybrid A/T. Harga Toyota Camry berkisar dari Rp 642 juta, Rp 675 juta hingga Rp 842 jutaan. Ini merupakan harga Camry 2020. Kepopularitas mobil Toyota Camry sangat tinggi, saat ini masih banyak juga yang mengincar mobil Toyota Camry bekas. Harga Camry bekas bervarian dan tergantung dengan kondisi dari mobil tersebut.

Toyota Camry pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 1998. Mobil ini dirilis untuk menggantikan mobil Toyota Corona Absolute yang produksinya telah dihentikan. Dalam segmen sedan premium, Toyota Camry harus menghadapi banyak saingan, dan salah satunya ialah mobil Honda Accord.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Salah satu model mobil yang disebut sebagai pesaing utama dari Toyota Camry adalah mobil Honda Accord. Tidak heran, karena kedua mobil ini memiliki dimensi bodi yang tidak jauh berbeda. Bukan itu saja, performa yang dihasilkan oleh kedua model mobil ini juga hanya memiliki perbedaan yang tipis.

Mobil Honda Accord hanya tersedia dalam 1 varian. Harga mobil Honda Accord dibanderol dengan biaya sebesar Rp 734 jutaan. Ini merupakan harga mobil Honda Accord di tahun 2020.

Kali ini, kita akan membandingkan ruang dan kepraktisan dari Toyota Camry dan Honda Accord. Kira-kira, mana yang lebih unggul dalam hal ini?

Ruang

Jika dilihat secara sekilas, mobil Honda Accord dan Toyota Camry memang memiliki ukuran bodi yang tidak jauh berbeda. Tetapi ternyata, ada beberapa perbedaan dari kedua mobil ini. Agar lebih jelas, mari kita lihat tabel berikut ini.

Model Toyota Camry Honda Accord
Panjang 4.885 mm 4.894 mm
Lebar 1.840 mm 1.862 mm
Tinggi 1.445 mm 1.450 mm
Wheelbase 2.825 mm 2.830 mm
Kapasitas Penumpang 5 orang 5 orang
Kapasitas Bagasi 587 liter 453 liter

Melihat ukuran dimensinya, Honda Accord memang sedikit lebih panjang dan lebih lebar dibandingkan dengan Toyota Camry. Sementara Toyota Camry hanya 5 mm lebih tinggi dibandingkan pesaingnya tersebut. Tidak heran jika kedua mobil ini terlihat mirip.

Ternyata Ini Keunggulan Ruang dan Kepraktisan Toyota Camry Dibanding Honda Accord 01

Kendati demikian, kedua sedan berkapasitas 5 orang penumpang ini ternyata memiliki kapasitas bagasi yang cukup jauh perbedaannya. Toyota Camry memiliki kapasitas bagasi sebesar 587 liter, sementara kapasitas bagasi mobil Honda Accord hanya 453 liter.

Kepraktisan

Dashboard Toyota Camry yang mengusung konsep Wooden Instrument Panel Design memiliki head unit di bagian tengahnya. Letak head unit ini akan memudahkan pengemudi maupun penumpang di bagian depan untuk melakukan berbagai pengaturan ketika berkendara.

Tata letak berbagai tombol fungsional pada sistem kemudi mobil Toyota Camry juga terlihat sangat driver oriented atau mengutamakan kemudahan pengemudi dalam melakukan berbagai pengaturan. Tombol-tombol ini juga terintegrasi dengan sistem hiburan pada head unit, sehingga pengemudi dapat melakukan pengaturan fitur hiburan tanpa harus kehilangan fokus ketika berkendara.

Tidak hanya itu, pengemudi juga dapat dengan mudah memantau kondisi mobil Toyota Camry yang sedang dikendarai melalui layar MID. Layar MID ini juga menggunakan layar TFT berwarna yang terlihat menarik dan sangat informatif.

Ternyata Ini Keunggulan Ruang dan Kepraktisan Toyota Camry Dibanding Honda Accord 02

Sekarang kita beralih ke Honda Accord. Sama dengan mobil Toyota Camry, peletakan tombol-tombol kendali pada Honda Accord juga bersifat driver oriented. Uniknya, Honda Accord menyematkan teknologi memory seat yang bisa menyimpan 2 setelan berbeda pada kursi pengemudi.

Ada satu fitur lagi dari New Accord yang tidak bisa kita temukan pada Toyota Camry. Fitur ini adalah fitur Engine Remote Start yang memungkinkan kita menyalakan mesin dan AC meskipun masih berada di luar.

Ada pula beberapa fitur standar yang sama-sama dimiliki oleh kedua model mobil ini. Yang pertama adalah cup holder di dekat tuas transmisi. Baik mobil sedan Honda Accord maupun Toyota Camry ini juga sama-sama memiliki arm rest lipat dengan dua cup holder lainnya.

Selain itu, baik Toyota Camry maupun mobil Honda Accord, keduanya sama-sama memiliki fitur wireless charging. Fitur ini bisa ditemukan pada laci tertutup di depan tuas persneling untuk Honda Accord. Sedangkan pada Toyota Camry, fitur ini ada di dalam console box.

Kesimpulan

Jika melihat dari aspek ruang kabinnya, baik Toyota Camry maupun mobil sedan Honda Accord sama-sama memiliki ruang kabin yang mewah dan cukup leluasa. Keduanya juga memiliki kapasitas penumpang sebanyak 5 orang. Tetapi, untuk urusan kapasitas ruang bagasinya, Toyota Camry jelas mengungguli Honda Accord.

Ternyata Ini Keunggulan Ruang dan Kepraktisan Toyota Camry Dibanding Honda Accord 03

Kemudian untuk kepraktisannya, kedua mobil ini sama-sama menerapkan konsep driver oriented dalam meletakkan tombol-tombol kendali fungsional demi memudahkan pengemudi untuk melakukan pengaturan ketika berkendara. Tetapi, soal fitur kepraktisan yang lebih mutakhir, mobil Honda Accord tentu unggul dibandingkan dengan mobil Toyota Camry, karena mobil sedan Honda Accord memiliki beberapa fitur canggih pendukung kepraktisan yang belum bisa ditemukan pada pesaingnya.

Anissa

Baik mobil maupun kebudayaan, perkembangan keduanya bergantung pada hal yang sama: pemikiran manusia.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Toyota Camry 2.5 G

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil